Selasa, 27 Februari 2024

10 Kesalahan Strategi Pemasaran Online yang Sebaiknya Kamu Hindari Mulai Saat Ini

Kesalahan Strategi Pemasaran Online

Info Menarik – Kesalahan strategi pemasaran online dapat membuat bisnis Kamu lambat berkembang, atau bahkan mengalami kerugian dalam penjualan. Hal ini tentu sesuatu yang sangat harus Kamu hindari dan jangan sampai terjadi pada bisnis yang Kamu jalankan. Berbisnis memang merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Namun, jika Kamu lakukan pelan-pelan sambil terus belajar maka percayalah bisnis Kamu akan berhasil.

Baca Juga: 3 Hal Penting Strategi Berjualan Online Agar Mencapai Kesuksesan

Dalam setiap langkah bisnis juga harus ada perencanaan yang matang. Hal ini perlu Kamu lakukan untuk menghindari kesalahan atau kerugian yang dapat terjadi pada bisnis. Namun, beberapa pelaku bisnis kadang melakukan kesalahan dalam menjalankan strategi pemasaran online sehingga membuat bisnisnya gagal.

Berikut 10 Kesalahan Strategi dalam Pemasaran Online

Nah, agar tidak mengalami kegagalan dalam berbisnis, berikut ini ada 10 kesalahan yang sering dilakukan dalam strategi pemasaran online, yaitu:

1. Tidak Mau Membangun Website

Berbisnis bisa Kamu lakukan di mana saja baik secara online maupun offline. Tetapi seperti yang Kamu ketahui bahwa ranah online saat ini cukup efektif dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, hal ini perlu Kamu manfaatkan dengan baik untuk melancarkan strategi bisnis pemasaran secara online.

Kesalahan strategi pemasaran online yang sering dilakukan pelaku bisnis adalah tidak mau belajar dan mencoba membuat website bisnis. Padahal website adalah salah satu media yang sangat efektif dalam pengenalan dan penyebaran informasi tentang bisnis yang Kamu jalankan.

Baca Juga: 5 Alasan Utama Kenapa Saat Ini Bisnis Kamu Wajib Memiliki Sebuah Website

2. Perencanaan Kurang Matang

Sebagai pelaku bisnis, Kamu harus cerdas dan berpikir keras dalam strategi pemasaran agar tidak mengalami kegagalan. Buatlah perencanaan yang matang dengan rincian yang lengkap untuk membantu Kamu menjalankan bisnis. Banyak pelaku bisnis yang akhirnya gagal karena mereka tidak mau membuat perencanaan bisnis dan hanya menjalankan bisnis apa adanya.

3. Tidak Mau Mengoreksi atau Menganalisa Kinerja

Kesalahan strategi pemasaran online selanjutnya adalah tidak mau menganalisa traffic bisnis. Traffic bukan hanya berbicara soal angka dan grafik keuangan yang terjadi pada bisnis Kamu. Namun, berisi beragam hal dan bisa Kamu gunakan untuk menganalisa minat pelanggan, produk populer, waktu penjualan yang tepat dan lainnya.

Jika Kamu menggunakan website untuk bisnis, maka traffic adalah fitur gratis yang dapat diakses dan berisi informasi-informasi penting. Jadi, jangan malas untuk mengoreksi atau menganalisa kinerja bisnis dengan membaca traffic atau data yang tersedia

4. Kurang Memanfaatkan Media Sosial

Pelaku bisnis yang tidak suka bermain media sosial adalah salah satu kesalahan strategi pemasaran online. Hal ini akan mengakibatkan kesulitan dalam mencari informasi pelanggan dan menyebarkan promosi atau pemasaran mereka.

Media sosial adalah platform paling pas untuk berbagi informasi mengenai bisnis Kamu sehingga akan diketahui oleh lebih banyak orang. Dengan sosial media, Kamu bisa tahu apa yang sedang tren dan disukai pelanggan, sehingga bisa Kamu wujudkan dalam strategi bisnis. Cobalah memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

5. Pelit dan Tidak Mau Mengeluarkan Biaya Marketing

Marketing memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Namun, hal ini terkadang kita anggap sepele dan tidak kita lakukan dengan baik. Salah satu kesalahan strategi pemasaran online yang sering kita lakukan adalah tidak mau mengeluarkan biaya marketing. Padahal marketing berbayar bisa efektif dan bekerja optimal untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Kamu.

6. Tidak Ada atau Telat Memberi Respon

Kemudahan pelanggan dalam berkomunikasi dengan pemilik atau admin bisnis adalah salah satu kebutuhan pelanggan. Meskipun semua infromasi mengenai produk sudah Kamu jelaskan pada website atau katalog, tentu masih akan ada pelanggan yang mengajukan pertanyaan. Pertanyaan pelanggan bisa berkaitan dengan produk atau hal lain seperti berapa lama waktu pengiriman, dikirim dari mana dan lainnya.

Inilah fungsi admin bisnis, untuk melayani pertanyaan pelanggan dengan sigap dan cepat. Banyak bisnis yang memiliki kualitas respon yang buruk atau sangat lambat sehingga pelanggan pun satu per satu menghilang. Inilah kesalahan strategi pemasaran online yang sering dilakukan. Pelanggan tentu akan lebih suka dengan website atau bisnis yang siap melayani pertanyaan selama 24 jam atau pada jam kerja.

7. Menutup Mata Terhadap Bisnis Pesaing

Persaingan bisnis adalah hal yang biasa kita temui, namun jangan sampai hal ini membuat Kamu menutup mata terhadap mereka. Banyak pelaku bisnis yang tidak mau tahu dengan perkembangan bisnis pesaing dan fokus pada bisnisnya sendiri. Padahal mengamati bisnis pesaing bisa jadi pelajaran bagi Kamu. Banyak hal seperti strategi bisnis mereka yang bisa Kamu lihat dan Kamu contoh serta Kamu lakukan dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: Langkah Demi Langkah Kiat Usaha dari Nol Hingga Berpeluang Menjadi Sukses

8. Egois atau Tidak Tahu Kapan Perlu Bantuan

Menjalankan sebuah bisnis tidak bisa hanya dikerjakan oleh Kamu seorang diri. Kamu akan membutuhkan karyawan, kenalan, bahkan beberapa ahli untuk membantu pekerjaan bisnis. Kesalahan strategi pemasaran online yang banyak dilakukan adalah bersikap egois dan mengerjakan semuanya sendiri untuk meminimalkan pengeluaran.

Padahal, mengerjakan semua hal sendiri akan menghabiskan waktu Kamu bahkan mengorbankan waktu istirahat. Istirahat yang tidak cukup akan membuat otak Kamu tidak bekerja secara maksimal. Selain itu, Kamu akan kehilangan waktu untuk mengamati pasar dan menganalisa kinerja bisnis.

Kamu harus tahu kapan harus meminta bantuan orang lain, misalnya saat membangun website jangan egois melakukannya sendiri. Meski bisa Kamu lakukan sendiri secara gratis, namun apakah hal itu lebih efektif daripada dikerjakan jasa ahli? Ahli pembuat website pasti lebih tahu bagaimana membuat website Kamu berfungsi dengan baik dan optimal.

9. Tidak Mau Belajar

Menjalankan bisnis seperti proses belajar saat di bangku sekolah, yaitu sama-sama perlu belajar ilmu satu ke ilmu lainnya. Semakin lama ilmu bisnis semakin berkembang sehingga pelaku bisnis perlu update dan selalu memperbarui mindset bisnisnya. Kesalahan strategi pemasaran online yang berujung pada kerugian dan kegagalan adalah karena mereka tidak mau mengikuti perubahan zaman.

Sebagai pelaku bisnis Kamu harus selalu memperbarui wawasan bisnis terutama mengenai strategi pemasaran yang semakin beragam. Hal-hal seperti inilah yang akan membantu bisnis Kamu tetap bertahan dan semakin berkembang di zaman sekarang ini. Salah satu perubahan pesat yang terjadi adalah perkembangan teknologi yang sangat cepat dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk pemasaran bisnis.

10. Kurang Berinteraksi Sosial

Jika Kamu menjalankan sebuah bisnis, maka berinteraksi dengan sosial atau orang banyak adalah suatu kebutuhan. Hal ini karena bisnis membutuhkan pemasaran dan hal itu tidak akan berhasil jika Kamu hanya berdiam diri di rumah. Berinteraksi dengan banyak orang akan membantu bisnis Kamu semakin berkembang. Mengapa demikian?

Kegiatan promosi atau pemasaran produk akan lebih efektif dan meluas jika Kamu memiliki banyak kenalan dari interaksi sosial. Selain itu, mereka juga bisa memberi kritik atau saran yang bisa Kamu jadikan sebagai masukan untuk perkembangan bisnis Kamu selanjutnya. Dengan berinteraksi sosial, Kamu juga bisa tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Tanpa Modal Sepeserpun yang Menjanjikan Layak Dicoba

Penutup

Nah, itulah 10 macam kesalahan strategi pemasaran online yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis. Dengan ini, Kamu jadi lebih tahu dan bisa menghindarinya agar tidak terjadi kerugian atau kegagalan bisnis. Semoga informasinya bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. klo boleh nambahin , harus tetap berinovasi dan ikuti kemauan pelanggan jangan mengikuti ego pemiliki usahanya .

    Artikel bermanfaat banget gan cocok untuk semua kalangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.