10 Kesalahan Strategi Pemasaran Online Sebaiknya Anda Hindari Mulai Saat Ini

Kesalahan Strategi Pemasaran Online

Info Menarik – Kesalahan strategi pemasaran online dapat membuat bisnis Anda lambat berkembang, atau bahkan mengalami kerugian dalam penjualan. Hal ini tentu sesuatu yang sangat dihindari dan jangan sampai terjadi pada bisnis yang Anda jalankan. Berbisnis memang merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Namun, jika dilakukan pelan-pelan sambil terus belajar maka percayalah bisnis Anda akan berhasil.

Baca Juga : 3 Hal Penting Strategi Berjualan Online Agar Mencapai Kesuksesan

Dalam setiap langkah bisnis juga harus ada perencanaan yang matang. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan atau kerugian yang dapat terjadi pada bisnis. Namun, beberapa pelaku bisnis kadang melakukan kesalahan dalam menjalankan strategi pemasaran online sehingga membuat bisnisnya gagal.

10 Kesalahan Strategi Pemasaran Online

Nah, agar tidak mengalami kegagalan dalam berbisnis, berikut ini ada 10 kesalahan yang sering dilakukan dalam strategi pemasaran online, yaitu:

1. Tidak Mau Membangun Website

Berbisnis bisa dilakukan di mana saja baik secara online maupun offline. Tetapi seperti yang Anda ketahui bahwa ranah online saat ini cukup efektif dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, hal ini perlu dimanfaatkan dengan baik untuk melancarkan strategi bisnis pemasaran secara online.

Kesalahan strategi pemasaran online yang sering dilakukan pelaku bisnis adalah tidak mau belajar dan mencoba membuat website bisnis. Padahal website adalah salah satu media yang sangat efektif dalam pengenalan dan penyebaran informasi tentang bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga : 5 Alasan Utama Kenapa Saat Ini Bisnis Anda Wajib Memiliki Sebuah Website

2. Perencanaan Kurang Matang

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus cerdas dan berpikir keras dalam strategi pemasaran agar tidak mengalami kegagalan. Buatlah perencanaan yang matang dengan rincian yang lengkap untuk membantu Anda menjalankan bisnis. Banyak pelaku bisnis yang akhirnya gagal karena mereka tidak mau membuat perencanaan bisnis dan hanya menjalankan bisnis apa adanya.

3. Tidak Mau Mengoreksi atau Menganalisa Kinerja

Kesalahan strategi pemasaran online selanjutnya adalah tidak mau menganalisa traffic bisnis. Traffic bukan hanya berbicara soal angka dan grafik keuangan yang terjadi pada bisnis Anda. Namun, berisi beragam hal dan bisa Anda gunakan untuk menganalisa minat pelanggan, produk populer, waktu penjualan yang tepat dan lainnya.

Jika Anda menggunakan website untuk bisnis, maka traffic adalah fitur gratis yang dapat diakses dan berisi informasi-informasi penting. Jadi, jangan malas untuk mengoreksi atau menganalisa kinerja bisnis dengan membaca traffic atau data yang tersedia

4. Kurang Memanfaatkan Media Sosial

Pelaku bisnis yang tidak suka bermain sosial media adalah salah satu kesalahan strategi pemasaran online. Hal ini akan mengakibatkan kesulitan dalam mencari informasi pelanggan dan menyebarkan promosi atau pemasaran mereka.

Media sosial adalah platform paling pas untuk berbagi informasi mengenai bisnis Anda sehingga akan diketahui oleh lebih banyak orang. Dengan sosial media, Anda bisa tahu apa yang sedang tren dan disukai pelanggan, sehingga bisa Anda wujudkan dalam strategi bisnis. Cobalah memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan lain sebagainya.

Baca Juga : Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

5. Pelit dan Tidak Mau Mengeluarkan Biaya Marketing

Marketing memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Namun, hal ini terkadang dianggap sepele dan tidak dilakukan dengan baik. Salah satu kesalahan strategi pemasaran online yang sering dilakukan adalah tidak mau mengeluarkan biaya marketing. Padahal marketing berbayar bisa efektif dan bekerja optimal untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

6. Tidak Ada atau Telat Memberi Respon

Kemudahan pelanggan dalam berkomunikasi dengan pemilik atau admin bisnis adalah salah satu kebutuhan pelanggan. Meskipun semua infromasi mengenai produk sudah dijelaskan pada website atau katalog, tentu masih akan ada pelanggan yang mengajukan pertanyaan. Pertanyaan pelanggan bisa berkaitan dengan produk atau hal lain seperti berapa lama waktu pengiriman, dikirim dari mana dan lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. klo boleh nambahin , harus tetap berinovasi dan ikuti kemauan pelanggan jangan mengikuti ego pemiliki usahanya .

    Artikel bermanfaat banget gan cocok untuk semua kalangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.