Home / Teknologi / 5 Cara Sederhana Membuat Laptop Tetap Prima Meskipun Laptop Jadul

5 Cara Sederhana Membuat Laptop Tetap Prima Meskipun Laptop Jadul

Cara Sederhana Membuat Laptop Tetap Prima – Laptop sudah menjadi suatu kebutuhan yang saat ini tidak dapat diremehkan peran pentingnya. Hampir setiap saat Kita menggunakan laptop untuk berbagai keperluan mulai dari belajar, mencari informasi, sarana hiburan, hingga media utuk pekerjaan. Hampir semua aktivitas menggunakan laptop. Maka tidak heran jika bagaimana cara untuk membuat laptop tetap prima merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Baca Juga : 8 Trik Cara Mengatasi Overheat (Panas Berlebih) Pada Laptop Tanpa Software

Membuat laptop tetap prima sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, hanya saja masih banyak orang yang menyepelekan dan cenderung tidak terlalu memperhatikan hal ini, padahal dengan cara-cara sederhana pun Kita sudah bisa membuat laptop agar tetap berada dalam kondisi yang prima. Dan berikut ini merupakan ulasan informasi selengkapnya untuk Anda.

Pentingnya Menjaga Peforma Laptop

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa menjaga laptop agar tetap prima memang bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, hanya saja banyak orang yang cenderung menyepelekan hal ini. Membuat laptop tetap prima menjadi suatu hal yang penting karena intensitas penggunaan laptop yang Kita lakukan cenderung tinggi.

Dan untuk menjaga peforma laptop agar tidak menurun dan selalu dalam peforma terbaik menjadi hal yang wajib untuk dilakukan jika ingin membuat laptop yang Anda miliki selalu bisa digunakan dan tidak mengalami kerusakan.

5 Cara Membuat Laptop Tetap Prima

Untuk membuat laptop tetap prima, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan. Dan berikut ini diantaranya:

1. Hindari meletakkan laptop diatas kasur

Salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah meletakkan laptop mereka langsung tepat diatas kasur. Memang hal ini akan terasa lebi nyaman menggunakan laptop diatas kasur, tapi hal ini justru akan berdampak sangat buruk bagi laptop Anda.

Baca Juga : Berbahaya, Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur! Berikut Adalah Alasannya

Hal ini disebabkan, ketika meletakkan laptop diatas kasur, panas dari laptop tidak akan keluar dengan sempurna dan inilah yang menyebabkan panas akan tetap berkumpul didalam laptop Anda dan pada akhirnya akan membuat peforma laptop Anda menjadi turun. Membuat laptop tetap prima bisa Anda awali dengan tidak meletakkan laptop diatas kasur.

2. Jauhkan minuman dari laptop

Jangan sekali-kali meletakkan minuman didekat laptop Anda. Hal ini akan sangat berbahaya karena jika minuman itu tumpah dan mengenai laptop Anda, maka komponen yang ada dalam laptop Anda bisa terancam dengan adanya aliran air tersebut. Untuk membuat laptop tetap prima tentu hal ini sangat perlu untuk diperhatikan.

3.  Hindari meletakkan benda berat diatas laptop

Kebiasaan yang seringkali dilakukan oleh banyak orang adalah meletakkan benda berat diatas laptop mereka, padahal hal semacam ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan laptop yang Anda miliki terutama bagian layar laptop. Tidak jarang ada yang sampai menyebabkan layar laptop mereka pecah. Maka dari itu, untuk membuat laptop tetap prima, hindari meletakkan benda berat diatas laptop Anda.

4. Jangan terlalu sering memainkan game berat di laptop

Memainkan game berat di laptop juga bisa menjadi salah satu penyebab peforma laptop menjadi menurun. Hal ini disebabkan ketika memainkan game berat di laptop apalagi dalam waktu yang lama, komponen yang ada didalam laptop Anda akan mengalami overheat atau terlalu panas sehingga menyebabkan peformanya menurun.

Baca Juga : Laptop Gaming Asus FX-Laptop Gaming Pilihan Cerdas Harga Terjangkau

Jika ingin membuat laptop tetap prima, maka memainkan game berat akan jauh lebih baik jika Anda memainkannya di PC komputer karena akan jauh lebih baik dan tidak meningkatkan resiko laptop Anda menurun.

5. Rapikan file secara teratur dan bersihkan optical drive secara rutin

Kebiasaan lain yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah tidak merapikan file didalam laptopnya. Padahal ketika file dalam kondisi rapi ini akan mempermudah kinerja dan memperingan kinerja laptop. Selain itu bersihkan optical drive Anda secara rutin.

Baca Juga : 7 Faktor Utama Penyebab Hardisk Komputer Cepat Rusak Yang Harus Anda Hindari

Optical drive yang sangat rentan terhadap debu ini perlu untuk dibersihkan secara rutin demi membuat laptop tetap prima. Bersihkan secara hati-hati debu yang banyak menempel pada bagian optical drive secara berkala dan juga rutin, maka hal ini bisa menjaga peforma laptop Anda dengan sangat signifikan.

Itulah  beberapa cara sederhana yang bisa Anda terapkan agar laptop bisa tetap prima. Merawat dengan benar tentu perlu dilakukan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. wah makasi banget infonya mas, ane biasanya klo main game suka lemot. ternyata ini toh penyebabnya..

  2. Betul gan, selain itu perlu juga dilakukan cleaning atau pembersihan secara berkala komponen-komponen yang ada di dalam laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.