Home / Lainnya / Please Jangan Buang 9 Benda Ini Ke Tempat Sampah, Berbahaya Dampaknya!

Please Jangan Buang 9 Benda Ini Ke Tempat Sampah, Berbahaya Dampaknya!

9 Benda Berbahaya Di Buang Ke Tempat Sampah – Ingat ketika kecil dulu guru SD mengajarkan bahwa kita harus selalu membuang sampah pada tempatnya. Bahkan agama Islam-pun mengajarkan begitu, kebersihan adalah sebagian daripada Iman. Bedanya dulu dengan saat ini adalah, dulu belum dikenalkan tempat sampah khusus. Semua jenis sampah kita buang pada satu tempat saja. Namun dijaman modern seperti saat ini cara tersebut kurang tepat. Kita dituntut meski jeli lagi dalam memilah-milah sampah yang akan dibuang. Apakah sampah tersebut termasuk jenis sampah organik atau sampah anorganik. Dari sekian banyak sampah diantaranya terdapat sampah yang bisa kita manfaatkan lagi. Selanjutnya terdapat juga benda yang dikategorikan sangat berbahaya jika dibuang ke tempat sampah meski benda tersebut sudah tidak digunakan lagi.

Baca Juga : Please Jangan Makan 10 Makanan Ini Saat Menderita Gatal dan Alergi Badan!

Jenis sampah yang digolongkan kedalam benda berbahaya adalah tidak termasuk kedalam jenis sampah organik dan juga anorganik. Artinya benda-benda bekas ini kita usahakan agar tidak membuangnya ke tempat sampah. Karena memiliki dampak berbaya serta demi menjaga keamanan lingkungan sebaiknya Anda harus tahu benda-benda apa saja yang tidak boleh dibuang ke tempat sampah tersebut.

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-1

Berikut 9 Benda Berbahaya Dan Sebaiknya Jangan Di Buang Ke Tempat Sampah

1. Batu Baterai

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-2

Batu baterai termasuk jenis sampai B3 atau Bahan Berbahaya dan Beracun. Mulai saat ini Anda harus berhenti membuang batu baterai ke tempat sampah. Bahan yang terkandung dalam batu baterai sangat berbahaya. Batu baterai mengandung logam berat seperti seng, nikel, alkali, serta kadminium. Jika bahan yang terdapat dalam batu baterai mengendap terlalu lama dapat berbahaya. Ketentuan ini berlaku pada semua jenis batu baterai baik batu baterai jenis isi ulang atau sekali pakai.

Lantas harus membuang kemana batu baterai yang sudah tidak terpakai ini? Di negara kita memang belum ada atau belum banyak tempat sebagai penampungan sampah batu baterai yang disediakan oleh Pemerintah. Solusinya Anda bisa mengumpulkan terlebih dahulu sampah batu baterai kemudian diserahkan kepada pengepul sampah batu baterai.

2. Obat-obatan Kimia

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-3

Please jangan membuang obat-obatan kimia ke tempat sampah! Bahan kimia yang terkandung didalamnya sangat berefek buruk bagi lingkungan Anda. Biasanya kita membuang obat kimia karena obat sudah kadaluarsa atau penyakit yang diderita sudah terlanjur sembuh sedangkan obat masih tersisa. Jika Anda usdah sembuh dan obat masih ada sebaiknya Anda sumbangkan obat kepada orang lain.

Kumpulkan obat-obat kimia yang akan Anda buang dan selanjutnya Anda bisa menyerahkan obat tersebut ke rumah sakit atau apotik. Biasanya nanti di apotik atau rumah sakit obat-obat ini akan dimusnahkan dengan cara yang benar. Selanjutnya jika obat masih bisa digunakan, sebaiknya Anda sumbangkan ke orang lain atau Yayasan Amal, bukankah itu akan lebih bermanfaat?

3. Korek Gas

Jpeg

Umumnya yang memiliki korek gas ini adalah peroko. Namun tidak menutup kemungkinan juga Ibu Rumah Tangga memiliki korek gas. Siapapun yang memilikinya mulai saat ini hapus kebiasaan membuang korek gas ke tempat sampah.

Benda kecil mungil ini bisa berbahaya jika dibuang ke tempat sampah. Bahkan jika korek gas kita simpan ditempat terbuka yang terkena sinar matahari bisa meledak. Maka daripada itu korek gas ini jangan kita buang seenaknya ke tempat sampah. Apalagi jika korek gas tersebut masih tersisa cairan didalamnya. Sebaiknya jika korek gas sudah habis Anda serahkan kepada tukang isi ulang korek gas. Tentunya dengan begitu maka korek gas bisa digunakan lagi.

4. Barang Elektronik

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-5

Tidak benar juga suka membuang sampah benda-benda elektronik. Hal ini bisa menyebabkan polusi tanah dan air. Sebaiknya benda-benda elektronik yang sudah tidak diperlukan lagi Anda simpan dan kumpulkan saja di gudang. Selanjutnya benda tersebut bisa Anda serahkan kepada tukang reparasi supaya bisa didaur ulang lagi.

Tahukah Anda bahwa benda elektronik seperti Printer, Komputer, TV, DVD, dan sebagainya mengandung bahan logam berat seperti timah dan kadminium. Kandungan tersebut jika Anda buang sembarangan bisa menyebabkan polusi tanah dan air. Limbah benda elektronik akan mengkontaminasi tanah dan air yang bersumber dari logam berat tersebut serta bisa beracun juga makhluk hidup.

5. Cat Sisa

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-6

Umumnya kasus kelebihan cat adalah jika kita membeli cat untuk keperluan renovasi rumah. Cat sisa yang saya maksud yang tidak boleh dibuang ke tempat sampah biasa adalah cat yang berbahan dasar minyak. Lain lagi jika cat yang berbahan air, itu boleh Anda buang kaleng dan cat sisanya ke tempat sampah biasa. Alasannya cat yang berbahan dasar minyak adalah mengandung bahan kimia. Oleh karena itu seharusnya Anda habiskan dulu catnya atau simpan saja dulu untuk kita gunakan dilain kesempatan. Selanjutnya kaleng bekas cat tersebut bisa Anda kumpulkan dan serahkan kepada pengepul sampah.

6. Lem Sisa

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-7

Boleh-boleh saja kita membuang lem sisa ke tempat sampah biasa. Namun sangat disarankan sebelum Anda membuang lem sisa tersebut agar dikeringkan dulu lemnya. Memang jika kita lihat sepintas hal ini sangat sepele. Namun asal Anda tahu kalau lem ini mengandung bahan kimia berbahaya. Jika kita membuang lem sisa yang masih mencair bisa mencemari lingkungan dan juga bisa membahayakan makhluk hidup.

Silakan Anda keringkan dulu lem sisa tersebut sebelum Anda buang ke tempat sampah. Jangan pernah membuang lem sisa yang masih dalam kondisi cair.

7. Kaleng Semprot

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-8

Kaleng semprot seperti bekas obat nyamuk, parfum, pilok, pengharum ruangan, dan sebagainya jangan pernah Anda buang ke tempat sampah biasa. Kaleng-kaleng semprot ini mengandung bahan kimia yang sangat membayakan seperti korek gas. Bahan-bahan tersebut akan mudah terbakar dan beresiko juga terjadi ledakan. Tentunya hal ini sangat membayakan bagi makhluk hidup.

Anda kumpulkan kaleng semprot seperti bekas obat nyamuk, parfum, pilok, pengharum ruangan, dan sebagainya kemudian Anda serahkan ke pengepul. Jangan sekali-kali untuk membakarnya sendiri kaleng-kaleng semprot ini, berbahaya!

8. Lampu Neon

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-9

Apakah Anda suka membuang lampu neon yang sudah tidak terpakai ke tempat sampah? Mulai sekarang jangan lakukan lagi! Zat merkuri yang terdapat dalam lampu neon sangat berbahaya. Lampu neon berbeda dengan lampu pijar atau lampu halogen. Lampu TL atau lampu neon mengandung senyawa berbahaya atau mengandung kimia beracun. Senyawa ini akan keluar ketika lampu neon pecah. Oleh karena itu tidak disarankan untuk membuang lampu neon ke tempat sampah biasa.

Jika Anda mempunyai lampu neon yang sudah tidak terpakai baik itu pecah ataupun sudah rusak, maka sebaiknya Anda kumpulkan dulu dalam kardus. Selanjutnya Anda berikan kepada petugas pengepul sampah.

9. Oli Sisa Kendaraan

9-benda-berbahaya-di-buang-ke-tempat-sampah-10

Ini adalah benda terakhir yang jangan Anda buang ke tempat sampah karena berbaya. Oli sisa kendaraan bermotor jika kita buang seperti halnya sampah biasa maka bisa mengganggu proses daur ulang air. Dengan begitu oli sisa ini dapat mencemari lingkungan kita.

Perlu Anda ketahui dan ini sangat penting, satu galon oli bekas jika Anda buang dengan ceroboh maka akan merusak satu juta galon air bersih. Lalu jika Anda membuang oli sisa ke saluran air sungai maka bisa merusak habitat makhluk hidup lain. Silakan Anda kumpulkan oli bekas tersebut dalam kaleng kemudian Anda serahkan kepada orang lain yang menerima oli bekas untuk di daur ulang. Kalau bukan sendiri lalu siapa lagi untuk menjaga kelestarian bumi ini. Kecerobohan kita saat ini efeknya akan terasa oleh keturunan kita kelak.

Ok mungkin artikel 9 Benda Berbahaya Di Buang Ke Tempat Sampah dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *