Home / WordPress / Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress

Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress

Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress – Menampilkan tulisan terbaru (recent post) di WordPress merupakan salah satu hal wajib dilakukan oleh webmaster. Karena jika tersedia recent post maka pengunjung akan tahu tulisan terbaru apa saja yang ditulis oleh pemilik blog. Hal ini akan memberi peluang terhadap pengunjung untuk membaca artikel lainnya berdasarkan yang tampil di deretan tulisan terbaru terbaru. Anda lihat saja blog-blog terkenal, pasti mereka selalu mengaktifkan recent post ini.

Baca Juga : Cara Mudah Mematikan Update Otomatis WordPress

Tulisan terbaru atau recent post bisa kita buat dengan mudah. Biasanya fasilitas untuk menampilkan tulisan terbaru ini adalah widget bawaan (default) WordPress. Baik WordPress.org maupun WordPress.com. Namun itu dia tampilan default recent post WordPress menurut saya kurang menarik. Jika kita ingin mempercantik lagi tampilan recent post, kita harus sedikit tahu tentang kode (khusus WordPress.org). Biasanya tampilan recent post selalu mengikuti pengaturan tema/template yang kita gunakan.

Widget recent post default WordPress biasanya tampil berdasarkan tulisan artikel terbaru seluruh kategori yang kita buat. Jika kita ingin menampilkan tulisan terbaru atau recent post berdasarkan kategori tertentu, maka kita tidak bisa menggunakan fasilitas widget recent post default WordPress. Disini kita harus membuat pengaturan lagi yang fungsinya untuk menampilkan recent post berdasarkan kategori.

Bagaimana Cara Membuat Recent Post Berdasarkan Kategori ?

Untuk membuat recent post berdasarkan kategori, bagi blog CMS WordPress lebih mudahnya bisa menggunakan plugin. Tapi disini saya tidak akan membahasnya hal tersebut. Namun pada kesempatan ini saya akan membahas cara membuat recent post kategori tanpa plugin.

Untuk membuat recent post berdasarkan kategori di WordPress tanpa menggunakan plugin, kita harus bersusah payah dulu mengedit kode sendiri. Berikut kode untuk menampilkan tulisan terbaru (recent post) berdasarkan kategori khusus CMS WordPress :

/*--------------------------------------------------------*/ 
/* Recent Post Kategori
/*--------------------------------------------------------*/
function im_artikelkategori() {
// the query
$the_query = new WP_Query( array( 'category_name' => 'kategori yang ingin ditampilkan', 'posts_per_page' => jumlah tulisan terbaru yang ingin ditampilkan ) );
// The Loop
if ( $the_query->have_posts() ) {
 $string .= '<ul class="artikel_list_kategori">';
 while ( $the_query->have_posts() ) {
 $the_query->the_post();
 if ( has_post_thumbnail() ) {
 $string .= '<li>';
 $string .= '<a href="' . get_the_permalink() .'" rel="bookmark">' . get_the_post_thumbnail($post_id, array( 60, 60) ) . get_the_title() .'</a></li>';
 } else {
 // if no featured image is found
 $string .= '<li><a href="' . get_the_permalink() .'" rel="bookmark">' . get_the_title() .'</a></li>';
 }
 }
 } else {
 // belum ada artikel
}
$string .= '</ul>';
return $string;
/* Restore original Post Data */
wp_reset_postdata();
}
// Add a shortcode
add_shortcode('kategoriartikel', 'im_artikelkategori');
// Enable shortcodes in text widgets
add_filter('widget_text', 'do_shortcode');

Sebelum kita pasang kode diatas di WordPress, sebaiknya kita tentukan dulu kategori mana yang akan kita tampilkan tulisan terbarunya. Tentukan pada kode ‘category_name’. Kemudian tentukan juga jumlah recent post yang hendak kita tampilkan dari kategori tersebut pada ‘posts_per_page’.

Kemudian kode tersebut kita tempatkan di dalam file functions.php tema yang kita gunakan. Untuk masuk ke file functions.php bisa melalui cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress.

Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress 2

Contoh diatas saya ingin menampilkan recent post berdasarkan kategori Photoshop dan jumlah tulisan terbaru dari kategori Photoshop saya tentukan hanya 6 artikel saja.

Agar recent post yang baru saja kita buat berdasarkan kategori tampilannya tidak acak-acakan, maka kita harus menerapkan kode tertentu di dalam file style.css tema yang kita gunakan. Contoh saya menentukan kode style.css seperti ini :

/*-[ Recent Post Kategori ]-------------------*/
.artikel_list_kategori li {
list-style-type: none;
float: left;
width: 100%;
box-sizing: border-box;
margin: 0px 0px 10px;
padding: 0px 0px 10px;
border-bottom: 1px solid #E4E4E4;
position: relative;
}
.artikel_list_kategori img {
float:left; 
padding:0px;
margin:0px;
border-radius: 5px;
}

Tempatkan kode tersebut di dalam style.css melalui cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress.

Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress 3

Mungkin sekarang Anda bingung bagaimana untuk menampilkan recent post tersebut yang baru saja sudah kita tentukan kodenya di dalam file functions.php dan di dalam Stylesheets atau style.css. Biasanya recent post tampil di sidebar blog. Disinipun saya akan memberi contoh untuk menampilkannya di sidebar. Maka caranya silakan Anda pergi ke menu Appearance > Widgets dari dasboard wp-admin. Kemudian Anda buat Widget Text baru (drop & drag) untuk ditampilkan di Sidebar. Beri judul Widget Text tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Kemudian Anda salin kode ini [kategoriartikel] dan tempatkan di dalam Widget Text tersebut.

Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress 4

Jangan lupa klik simpan dan lihat hasilnya! Ini contoh tampilan recent post WordPress yang dibuat berdasarkan kategori tertentu :

Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress 5

Bagaimana mudah bukan? Selesai sudah tulisan Cara Membuat Recent Post Kategori Di WordPress. Silakan selamat mencoba dan semoga sukses. Jika ada pertanyaan, bisa Anda sampaikan di kotak komentar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

8 comments

  1. Keren Mas. Mungkin judulnya dilengkapi “tanpa plugin”. Kalau bikin populer post tanpa plugin, tutorialnya ada gak yah Mas di sini.

    • Popular post tanpa plugin sedang saya persiapkan mas. Nanti saya akan bagikan disini tunggu saja tanggal mainnya :D

  2. fitur recent post ini sangat bagus gan, membuat pengunjung jadi penasaran ingin membacanya artikel, tapi fitur ini bisa diterapakan pada mywapblog tdk gan?

    • Belum pernah gan saya coba di mywapblog. Tapi kalau CMS tersebut menggunakan PHP pasti bisa gan. Dicoba saja dulu …

  3. Kl mau menempatkan lebih dari 1 recent post untuk kategori yg berbeda gmna ya mas….
    Apa menempatkan ke file di function.php sebanyak yg kita inginkan…
    Mohon pencerahanannya

    • Saya belum mencoba trik tersebut mas, dulu pernah mencobanya dengan menambahkan nama kategori lebih dari satu, tapi hasilnya gagal. Nanti jika saya sudah menemukan caranya akan dishare disini.

  4. Kalau Recent post tanpa kategori gimana mas?
    jadinnya setiap artikel terbaru maka akan terlihat di sidebar dan terlihat gambar nya.
    Kalau diblog saya gambarnya gak ada, cuman teks nya saja. Theme saya Frontier mas.

    Ada solusi nya?

    • Recent Post tanpa kategori atau bukan berdasarkan kategori itu adalah recent post default WordPress. Jadi kita tidak perlu setting lagi tinggal menampilkan recent post biasa di Widget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *