Home / WordPress / Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya – Salah satu kelebihan WordPress dibanding CMS lainnya adalah tersedianya fitur untuk membuat Sticky Post. Membuat sticky post di WordPress tidak perlu menggunakan plugin atau kode. Bahkan pembuatan sticky post bukan hanya untuk WordPress.org saja, WordPress.com (WordPress gratisan) bisa memanfa’atkan fasilitas sticky post ini. Fitur sticky post sudah tersedia otomatis dari setiap versi CMS WordPress. Sedangkan kita hanya cukup mengaktifkannya saja. Tapi walaupun membuat sticky post tergolong mudah, saya yakin masih ada teman-teman yang kesulitan untuk menampilkan sticky post. Maka dari itu saya memutuskan untuk membuat tutorialnya saja.

Baca Juga : Cara Menghapus Link Gambar Di Posting WordPress

Jika diartikan sticky post adalah tulisan lengket. Maksudnya adalah tulisan atau postingan blog yang kita tentukan menjadi tulisan statis (tetap). Postingan lengket atau statis artinya postingan yang selalu tampil di halaman utama WordPress (homepage). Walaupun kita setiap hari selalu update artikel, maka posisi postingan sticky tidak akan pernah tergeser oleh artikel baru. Secara default daftar urutan artikel itu muncul dari yang terbaru hingga terlama. Namun karena adanya sticky post, artikel yang selalu teratas posisinya di homepage adalah artikel yang kita setting menjadi sticky post.

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya 1

Dalam contoh diatas jelas bahwa saya telah membuat sticky post di blog ini. Artikel yang saya buat menjadi sticky adalah yang berjudul Cara Membuat Blog Di WordPress Terlengkap. Artikel tersebut saya tulis tanggal 23 April 2015. Namun artikel tersebut tetap saja posisinya berada di urutan pertama homepage. Padahal dibawahnya sudah diterbitkan artikel lebih baru yaitu tanggal 26 Juni 2015. Nah itulah yang dinamakan Sticky Post.

Fungsi utama kita membuat sticky post adalah demi untuk memberikan perhatian khusus terhadap artikel yang kurang berkembang dari segi SEO. Diharapkan dengan dibuatnya sticky post maka artikel tersebut akan mencuri perhatian pengunjung. Dengan banyaknya dilihat oleh pengunjung, akan membuat penasaran pengunjung untuk membacanya. Maka jelaslah jika memang ternyata artikel tersebut bermanfa’at, maka akan naiklah posisi atikel di SERP.

Pembuatan sticky post adalah sebuah bentuk usaha untuk menaikkan ranking artikel di mata mesin pencari. Selain itu sticky post bisa kita isi dengan beberapa artikel unggulan. Karena didalam sticky post bukan hanya satu artikel saja yang bisa kita tampilkan. Hal ini jumlahnya tidak terbatas, berapapun yang ingin Anda tampilkan dalam sticky post itu tidak masalah.

Berikut Cara Membuat Sticky Post Khusus Untuk CMS WordPress

Baiklah jika kita sedikitnya sudah paham maksud sticky post dibuat berikut pengertian dari sticky post itu sendiri maka sekarang giliran membahas cara membuat sticky postnya. Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa menampilkan sticky post di WordPress sangat mudah.

Untuk membuat sticky post di WordPress terdapat dua langkah. Pertama kita bisa menampilkan sticky post melalui submenu All Post yang berada di halaman Dashboard. Lalu kedua sticky post bisa kita buat melalui submenu Add New dari menu Post Dashboard WordPress.

Langkah pertama yang akan kita bahas adalah dari menu Post kemudian submenu All Post. Menu-menu ini bisa kita temukan di halaman Dashboard WordPress setelah kita login di wp-admin.

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya 2

Jika kita sudah memilih submenu All Post, maka sekarang dihadapan kita akan terlihat semua artikel-artikel yang telah kita tulis di WordPress yang kita kelola. Kita tinggal memilih artikel mana yang akan kita jadikan sebagai sticky post. Jika sudah menemukan salah satu artikel yang akan kita buat menjadi sticky post, sekarang sorot artikel tersebut. Maka akan terlihat beberapa menu pilihan, kita pilih/klik Quick Edit.

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya 3

Kemudian lihat ke posisi sebelah kanan, tepatnya dibawah kotak input Tags. Disitu ada kotak yang harus kita centang, yaitu kotak Make this post sticky. Maka centanglah disitu, dan klik Update. Dengan begitu sekarang Anda sudah mempunyai artikel sticky post.

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya 4

Cara pertama untuk membuat sticky post di WordPress sudah beres. Sekarang mari kita bahas cara yang kedua, yaitu dari submenu Add New. Sub menu ini sering kita gunakan dimana kita akan membuat artikel baru di WordPress.

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya 5

Biasanya ketika kita selesai membuat artikel baru di WordPress agar artikel tersebut bisa diterbitkan, maka kita klik Publish. Nah didalam kotak Publish terdapat pengaturan Sticky Post yang tersembunyi didalam menu Public. Disitu ada kotak centang Stick this post to the front page, nah pengaturan tersebut fungsinya adalah untuk membuat postingan menjadi Sticky Post.

Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Dan Pengertiannya 6

Ok selesailah sudah artikel tentang Cara Membuat Sticky Post Di WordPress Lengkap Dengan Pengertiannya. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini dapat bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Pakai wordpres memang enak ya kang, bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan kita, seperti untuk membuat sticky post yang selalu menjadi terdepat di homepage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *