Home / WordPress / Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress

Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress

Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress – Apakah Anda pernah mengalami kejadian galat (error) ketika sedang upload gambar di WordPress? Kejadian ini pernah saya alami ketika kemarin membuat tutorial daftar harga hardisk internal terbaru. Awalnya saya panik juga, karena dengan menambahkan gambar pada postingan kabarnya akan menambah nilai baik bagi SEO WordPress. Namun kepanikan saya itu alhamdulillah bisa teratasi karena setelah tahu bagaimana cara mengatasi error upload gambar di WordPress.

Baca Juga : Cara Update WordPress Manual Paling Lengkap

Mungkin Anda kesal karena tidak bisa upload gambar yang akan kita sisipkan didalam postingan. Kejadian ini aneh juga, karena setelah saya cek kuota internet ternyata masih ada. Dan juga jaringan internet ketika sedang melakukan upload gambar normal-normal saja. Kemudian setelah saya cek space hosting, masih tersisa banyak space hosting untuk upload gambar. Berikut penampakannya kejadian gagal upload gambar di WordPress :

Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress 1

Saya coba untuk menunggu beberapa saat seperti yang disarankan pada pesan error tersebut. Namun tetap saja hasilnya masih sama saya tidak bisa upload gambar. Hingga akhirnya saya mencoba tanya-tanya di grup Facebook, apa yang menjadi penyebab utama gagalnya upload gambar. Padahal masalah utama tidak sedang saya alami seperti internet lancar, space hosting juga tidak penuh.

Setelah berbagi masalah di grup Facebook, akhirnya saya menemukan solusinya. Dan disini saya akan bagikan caranya. Barangkali saja Anda pernah mengalami atau kemungkinan kedepannya Anda akan mengalami hal serupa.

Inilah Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di Blog CMS WordPress

Ternyata masalah tersebut letaknya berada di direktori utama WordPress wp-content. Kita harus merubah parameter permission yang berada di wp-content. Untuk pergi ke wp-content yang berada di direktori utama WordPress, kita meski login di cPanel Hosting. Tepatnya setelah kita login di cPanel kemudian dari File Manager > public_html > wp-content. Kemudian Anda klik folder uploads dan pilih Change Permission.

Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress 2

Secara default parameter permission wp-content>uploads adalah 7 5 5. Maka kita rubah parameter default tersebut menjadi 7 7 7. Kemudian klik Change Permission.

Cara Mengatasi Error Upload Gambar Di WordPress 3

Sekarang refresh dan hapus cookie browser yang Anda gunakan dengan cara menekan Ctrl+Shift+Delete pada keyborad. Setelah itu silakan coba lagi upload gambar, apakah sukses? Biasanya jika sudah melakukan cara ini, pengalaman saya sukses tidak ada masalah. Saya jadi bisa melakukan upload gambar di WordPress. Namun jika ternyata masih gagal juga, maka sebaiknya konsultasikan dengan pihak hosting Anda.

Mungkin hanya itu tulisan singkat tentang cara mengatasi error upload gambar di WordPress. Saya harap ada manfa’atnya dan selamat bereksperimen.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

12 comments

  1. oooh, makasih mas. Belom pernah ngalamin sih tapi kali aja suatu saat kejadian. :D

  2. saya mah bukan pengguna wordpress sih kang, tapi mungkin banyak pengguna wordpress yang membutuhkan cara ini.terimakasih, semoga bisa bermanfaat :)

  3. Saya pake webuzo. Tapi tidak ada menu permission, Read, Write dan Execute. Saya sudah cek semua kotak tapi tetap tidak berhasil. Apa ada cara lain gan.?

    • Permission adanya di dalam fitur cPanel gan. Saya belum pernah menggunakan webuzo. Mas coba searching di Google saja ya …

  4. semut jepang

    kalo saya bisa upload mas cuma gambarnya tidak mau berada di tempat yg sya inginkan, tapi selalu diatas sendiri..gimana tu mas solusinya..trims

  5. Thanks Gan Infonya …
    kebetulan lagi mengalami hal serupa ..
    sangat membantu banget atas artikel yang agan sajikan di website ..
    sekali lagi terimakasih ..

  6. Belum pernah ngalami kejadian seperti ini, tpi kalau pakai blogspot mh sering terjadi error ketika upload gambar ternyata gambarnya gak muncul pada postingan

  7. Makasih om infonya..tapi blog saya masih tetap tidak bisa untuk mengupload gambarnya..
    Pesannya seperti ini “tidak bisa memindahkan file ke upload…..”
    Solusinya gimana om..?
    makasih banyak atas jawabannya

    • Mungkin space hostingnya sudah penuh mas! Silakan dicek dulu di File Manager cPanel Hosting yang digunakan.

  8. Kok blum bisa gan,
    Sudah asli bawaan 777
    tapi kok ada yang bilang 755 atau 744
    Yang benar mana ini ?

  9. salam kenal bang admin.
    Saya ada kendala nih, kok saya kalo upload foto ke server via ftp selalu error ya. Padahal akun ftpnya sudah benar dan sudah diberi mode rw. Bukan hanya gambar sih, setiap upload file selalu error..

  10. Tetep ngga bisa gan. Saya pake hosting dr hawkhost. kata orang bagus padahal. Pindahan dari hostgator karena sering error. Apa mungkin ada kesalahan waktu pindah hosting yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *