Home / Microsoft Office / Cara Mudah Mengatasi File Office Excel Tidak Bisa Dibuka File Rusak (Corrupt)

Cara Mudah Mengatasi File Office Excel Tidak Bisa Dibuka File Rusak (Corrupt)

Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka – Jujur saya juga baru kemarin mengalami kejadian aneh ketika membuka file Excel malah muncul pesan error. Sebelumnya file tersebut normal-normal saja dan file error tersebut sebetulnya masih bisa dibuka, namun ketika berhasil dibuka malah yang tampil serangkaian huruf unicode asing. Entahlah saya juga tidak tahu penyebab pastinya. Jika itu pengaruh virus, saya yakin komputer yang digunakan terbebas dari virus karena saya menggunakan Anti Virus up to date. Ditambah file tersebut bukan kiriman dari orang lain atau komputer lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Office Word 2007 Yang Error Tidak Bisa Dibuka Di Windows 7

Sebelum masalah ini dapat teratasi, awalnya ketika membuka file Excel yang corrupt tersebut malah tampil pesan error seperti ini :

The file you are trying to open, ‘nama file.xls’ is in a different format than specified by the file extension. Verify that the file is not corrupted and is from a trusted source before opening the file. Do you want to open the file now?

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-0

Lebih jelasnya lagi, tampilan pesan errornya seperti ini :

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-1

Ketika saya klik Yes, maka yang tampil hanyalah serangkaian huruf unicode asing yang tentunya saya tidak mengerti apa maksudnya.

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-2

Kemudian jika pesan error tersebut saya klik No, eh malah tampil halaman kosong (blank) saja.

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-3

Sempat bingung dan panik juga karena file Excel tersebut sangat penting. Saya tidak mempunyai file backup atau cadangannya. Jika ternyata file tersebut tidak bisa diselamatkan, maka habislah sudah.

Baca Juga : Solusi “There Was A Problem Sending The Command To The Program” Di Excel

Saya coba cari informasi di internet dan alhamdulillah dapat menemukan solusinya. Jika Anda pernah mengalami hal serupa juga, silakan lakukan dulu cara yang akan saya bahas disini. Namun kabarnya dengan melakukan cara ini tidak semua file Excel rusak (corrupt) dapat teratasi. Jika tingkat kerusakan file Excel sudah parah, cara ini tidak akan membuahkan hasil yang kita harapkan. Namun barangkali saja Anda sukses juga seperti kasus yang pernah saya alami.

Berikut Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka Karena File Rusak (Corrupt)

Untuk mengatasi file Excel tidak bisa dibuka atau ketika dibuka malah muncul serangkaian huruf unicode asing, silakan lakukan dua cara berikut ini. Pertama coba Anda buka program Office Excel kemudian dari Office Button klik pilih Open.

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-4

Cari file Excel yang rusak tersebut dan klik tapi jangan dulu dibuka, namun dari tombol Open silakan pilih dulu Open and Repair.

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-5

Selanjutnya coba Anda pilih Opsi Repair atau Extract Data. Ikuti terus petunjuknya dan jika file Excel yang error tersebut masih bisa diselamatkan, maka dengan melakukan Repair ini dapat berhasil.

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-6

Ternyata dengan melakukan cara diatas tetap saja file Excel Anda corrupt. Jangan dulu patah semangat, coba dengan cara kedua ini. Cara kedua Anda bisa menggunakan aplikasi Recovery Toolbox for Excel. Namun untuk mendapatkan aplikasi tersebut Anda meski download dulu dari situs resminya. Tenang file tersebut hanya berukuran 4.69 MB saja. Jadi menurut saya tidak akan menghabiskan kuota internet untuk mengunduhnya.

Download Software

Untuk menggunakan aplikasi Recovery Toolbox for Excel caranya cukup mudah. Silakan Anda install dulu di komputer dan ikuti petunjuknya sampai selesai. Anda buka aplikasi Recovery Toolbox for Excel yang sudah sukses diinstall di komputer kemudian klik icon Open untuk membuka file Excel yang corrupt tersebut. Terakhir Anda klik pilih tombol Analyze dan tunggu hingga proses recovery selesai dengan sempurna.

cara-mengatasi-file-excel-tidak-bisa-dibuka-7

Lama proses recovery dengan aplikasi Recovery Toolbox for Excel ini tergantung ukuran file Excel yang corrupt tersebut. Semoga dengan melakukan cara ini file Excel rusak Anda bisa diselamatkan. Jika masih gagal juga kemungkinan Anda harus melakukan cara lain lagi. Namun sayangnya pengetahuan saya tentang Cara Mengatasi File Excel Tidak Bisa Dibuka karena corrupt hanya dua cara diatas saja. Jika Anda mempunyai pengalaman lain, silakan di share saja pada kolom komentar.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Saya suka excel, terima kasih infonya, ini menjadi tambahan ilmu atau pengetahuan saya tentang excel!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *