Home / Lainnya / Terbukti Dengan Cara Ini Bisa Menghemat Tagihan Listrik Yang Membengkak

Terbukti Dengan Cara Ini Bisa Menghemat Tagihan Listrik Yang Membengkak

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak – Wajibnya menghemat listrik dikarenakan saat ini hampir semua lapisan masyarakat mempunyai sifat ketergantungan terhadap energi hasil bumi ini. Semakin banyaknya listrik yang menggunakan tentunya lama kelamaan akan berkurang bahkan tidak menutup kemungkinan juga akan habis. Ketergantungan masyarakat terhadap listrik sangat dirasakan terlebih sejak hadirnya beberapa penemuan teknologi saat ini seperti gadget, laptop, dan masih banyak lagi. Ajakan untuk menghemat listrik terus dilakukan Pemerintah demi menjaga keberlangsungan energi yang tidak bisa diperbaharui ini.

Baca Juga : Cara Gampang Mengubah Nama Banyak File Sekaligus Otomatis Di Komputer

Bukan suatu hal yang mustahil jika kedepannya energi listrik ini akan habis serta tidak bisa diproduksi lagi jika terus menerus listrik digunakan. Dengan begitu kita akan kesulitan sendiri jika pola pikir kita terus berkutat pada bidang-bidang teknologi ini. Meski sudah hadir energi alternatif namun hingga kini masih banyak masyarakat yang mempunyai ketergantungan terhadap energi listrik. Karena memang masih tergolong sedikit perusahaan-perusahaan yang menjual alat energi alternatif.

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (1)

Mengingat masih belum banyaknya perusahaan yang memproduksi alat yang bisa digunakan dengan energi alternatif, maka dari itu kewajiban kita mulai saat ini untuk menghemat penggunaan listrik. Sejatinya keberlangsungan hidup setiap orang itu adalah tanggung jawab kita sendiri. Walaupun faktanya keadaan dunia memaksa kita untuk bergantung terhadap energi yang tidak bisa diperbaharui ini namun sudah sepantasnya kita sendiri untuk mengolah energi ini menjadi lebih hemat lagi.

Pentingnya menghemat listrik tentunya hubungannya bisa dikaitkan dengan jumlah tagihan listrik agar tidak membengkak. Meski saat ini harga listrik per KwH belum mencapai Rp 1.000,00 namun jika kita gunakan dengan cara boros setiap bulannya kita akan menerima tagihan yang besar juga.

Kita sadar kalau kebutuhan untuk memenuhi keperluan rumah tangga ini bukan hanya untuk membayar tagihan listrik saja. Anda bisa bayangkan sendiri jika tagihan ketergantungan terhadap sumber daya alam lainnya membengkak ditambah dengan tagihan bayaran listrik juga yang sangat besar. Sedangkan penghasilan Anda setiap bulannya tergolong pas-pasan.

Oleh karena itu demi meminimalisir bengkaknya tagihan bayaran listrik per bulannya sebaiknya Anda lakukan hal-hal berikut. Cara-cara ini sudah terbukti ampuh dapat menghemat tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya.

Berikut Cara Menghemat Tagihan Listrik Agar Bayarannya Tidak Membengkak

Lakukan cara-cara berikut untuk menggunakan energi listrik secara bijak walaupun Anda sendiri mampu untuk membayar tagihan listrik tersebut. Jika kita mampu untuk mengontrol penggunaan listrik maka secara tidak langsung juga kita sudah ikut berpartisipasi dalam menghemat listrik.

1. Jangan Menyimpan Makanan Panas Di Dalam Kulkas

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (2)

Memasukkan makanan panas ke dalam kulkas atau lemari es sangat tidak dianjurkan. Selain akan menyebabkan makanan cepat basi dan juga hal ini akan memberikan dampak tagihan listrik Anda membengkak.

2. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Dengan Kapasitasnya

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (3)

Memang kalau kita mencuci pakaian di mesin cuci dalam jumlah banyak sekaligus akan lebih praktis dan cepat selesai. Namun tanpa kita sadari kalau kita telah memberikan beban kepada mesin cuci yang diluar kapasitasnya. Banyak kerugiannya jika mencuci di mesin cuci melebihi kapasitasnya. Diantaranya adalah mesin cuci cepat rusak, cucian tidak akan bersih dengan sempurna, dan lagi tagihan listrik Anda juga akan membengkak. Ketika mesin cuci bekerja dengan beban diluar kapasitasnya maka mesin cuci akan bergetar hebat disebabkan berat yang tidak seimbang.

3. Gunakan Setrika Yang Mempunyai Pengatur Panas Otomatis

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (4)

Tentunya hal ini Anda bisa menjawabnya sendiri. Jika kita menggunakan setrika yang tidak mempunyai alat pengatur panas secara otomatis maka listrik akan terus mengalir selama proses menyetrika. Nah kegiatan ini tidak termasuk dalam cara menghemat tagihan listrik.

4. Gunakan Listrik Pra Bayar (Sistem Pulsa)

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (5)

Listrik pra bayar adalah program terbaru Pemerintah agar kita bisa mengontrol secara cermat penggunaan listrik per bulannya. Menggunakan listrik pra bayar Anda bisa menghemat tagihan listrik karena Anda dapat mengontrol penggunaan listrik per bulannya. Seperti halnya pulsa telepon maka Anda dapat menyesuaikan sendiri paket token pulsa dengan kuota yang ingin Anda tentukan. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan anggaran pengeluaran belanja setiap bulannya. Dengan mampunya Anda mengontrol tagihan listrik maka Anda akan lebih bijak lagi dalam mempergunakan listrik.

5. Cabut Kabel Steker Saat Tidak Digunakan

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (6)

Membiasakan kabel steker dicolokkan pada terminal saat tidak digunakan maka ini adalah tindakan yang tidak termasuk menghemat tagihan listrik. Tahukah Anda walaupun Anda sedang tidak menggunakan peralatan atau Anda sudah mematikan aliran listrik namun steker tidak dicabut maka sebenarnya listrik masih mengalir juga.

Lepas kabel steker setiap Anda selesai menggunakan peralatan listrik tersebut seperti televisi, komputer, charger handphone, dan sebagainya. Sangat disayangkan listrik akan terbuang secara percuma jika kebiasaan tidak melepas steker ini sering kita lakukan.

Selama ini Anda tidak cukup melakukan dengan menekan tombol off saja dari setiap alat elektronik jika sudah selesai digunakan. Silakan cabut juga kabel steker dari terminal apalagi jika peralatan elektronik akan tidak digunakan dalam jangka waktu panjang. Hindari juga pemasangan kabel steker dengan cara terlalu menumpuk. Karena hal ini sangat memicu kejadian konsleting dan bahkan akan menyebabkan kebakaran.

6. Gunakan Lampu Secara Hemat

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (7)

Jangan membiasakan menyalakan lampu begitu saja tanpa kita perlukan. Matikan saja lampu tersebut jika kita selesai menggunakannya apalagi jika disiang hari lebih baik kita memanfaatkan sumber energi cahaya alternatif yaitu sinar matahari.

Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menjual lampu yang tidak akan banyak membutuhkan aliran listrik. Gunakan lampu listrik jika memang benar-benar Anda butuhkan. Seperti lampu di kamar mandi sepertinya Anda tidak perlu menyalakannya setiap saat, cukup ketika Anda ingin ke kamar mandi saja.

7. Jangan Menyalakan Alat Elektronik Saat Anda Tidur

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (8)

Kegiatan yang menghambur-hamburkan energi listrik selanjutnya adalah kebiasaan menyalakan alat elektronik saat Anda sedang tidur. Sangat disayangkan jika hal ini terjadi karena Anda akan membuang energi listrik secara percuma saja. Misal Anda menyalakan televisi padahal Anda sendiri mau tidur, untuk apa?

Matikan semua perangkat elektronik seperti televisi, gadget, komputer, laptop, ketika Anda ingin beranjak tidur. Jangan membiasakan mengisi aliran listrik gadget dan laptop (charger) saat Anda tidur. Karena hal ini juga akan banyak membuang aliran listrik disaat pengisian daya sudah penuh.

Sebaiknya lampu juga Anda matikan ketika saat tidur untuk lebih menghemat lagi tagihan listrik agar tidak terlalu membengkak setiap bulannya.

8. Gunakan Monitor LCD atau LED Untuk Komputer dan Televisi

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (9)

Demi menghemat lagi pembayaran listrik Anda maka dari mulai sekarang gunakanlah monitor LCD atau LED. Karena terbukti kalau monitor LCD atau LED tidak banyak membutuhkan aliran listrik untuk menjalankannya. Coba Anda rasakan sendiri tagihan listrik sejak menggunakan monitor LCD atau LED, maka tagihan listrik Anda tidak akan membengkak. Monitor tabung seperti televisi dan komputer akan banyak menghabiskan aliran listrik dibanding LCD atau LED.

9. Gunakan Pendingin Ruangan (AC) Seperlunya

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (10)

Silakan Anda atur dan sesuaikan suhu pendingin ruangan (AC) berdasarkan luas ruangan yang digunakan. Jangan menyalakan AC secara berlebihan apalagi sedang tidak Anda perlukan. Lebih baik menggunakan pendingin alami saja dan hal ini dapat menyehatkan tubuh Anda dibanding menggunakan AC.

Tahukah Anda kalau AC ini bekerja dengan menggunakan aliran listrik lebih besar dibanding dengan alat-alat elektronik lainnya. Anda bisa bayangkan jika penggunaan AC terlalu berlebihan maka hal ini tentunya akan menyebabkan tagihan listrik Anda membengkak.

Sebaiknya gunakan juga AC yang lebih hemat energi dimana AC mempunyai kemampuan untuk menaikkan dan menurunkan suhu secara otomatis berdasarkan udara diruangan.

10. Gunakan Rice Cooker Dengan Cara Ini

Cara Menghemat Tagihan Listrik Membengkak (11)

Ketika Anda ingin memasak nasi menggunakan rice cooker biasanya kita suka mengisi air dengan air dingin. Lupakan kebiasaan ini dari mulai sekarang jika Anda ingin lebih memperhemat lagi pengeluaran bayaran tagihan listrik. Sebaiknya ketika Anda ingin memasak nasi dengan rice cooker maka gunakan air yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Dengan begitu proses memasak nasi akan lebih singkat lagi karena proses pemanasannya tidak menggunakan aliran listrik. Proses pemanasan air menggunakan aliran listrik akan membutuhkan aliran listrik yang sangat besar.

Ok mungkin hanya itu saja 10 Cara Menghemat Tagihan Listrik Agar Bayarannya Tidak Membengkak. Cara diatas sudah saya buktikan sendiri dan ternyata hasilnya sungguh menakjubkan. Tagihan listrik saya menurun drastis hingga 50% sejak menggunakan trik-trik diatas. Sekarang giliran Anda ….

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci, pendingin ruangan (AC) memang banyak sekali menguras arus listrik. namun di rumah saya belum ada mas peralatan seperti itu.. jadi ya tagihan listrik di rumah saya tidak terlalu membengkak, cuma pemakaian biasa saja ! hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *