Home / WordPress / Cara Paling Cepat Dan Mudah Menghilangkan Tanggal Postingan Di WordPress

Cara Paling Cepat Dan Mudah Menghilangkan Tanggal Postingan Di WordPress

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Di WordPress – Secara default WordPress akan menampilkan waktu pada setiap postingan. Waktu ini meliputi dari tanggal dan jam pada saat postingan tersebut diterbitkan. Walaupun waktu ini tampil secara default, namun jika kita ingin menghilangkannya kapanpun bisa kita lakukan. Nantinya setiap artikel yang kita buat tidak akan ada tanggal dan juga jam pembuatan artikel. Selain itu juga kita sewaktu-waktu bisa mengubah tanggal dan jam tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Kemudian tanggal dan jam ini sebetulnya tidak hanya tampil di postingan saja, selain itu waktu juga akan tampil pada komentar, halaman, widget popular post, widget recent post, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah Waktu Komputer Windows Melalui Command Prompt

Jika kita ingin menghapus tampilan tanggal dan jam pada WordPress caranya sangat mudah. Saya prediksi kurang dari satu menit cara tersebut akan bisa diselesaikan. Mungkin lebih tepatnya bukan menghapus, karena sebenarnya tanggal dan jam ini masih ada didalam database WordPress. Namun kita hanya menyembunyikannya sehingga tidak tampil. Lalu kedepannya jika kita ingin menampilkannya kembali maka dapat dilakukan dengan cara mudah juga. Nanti jika sebelumnya tanggal dan jam ini pernah dihilangkan kemudian ditampilkan dalam kurun waktu yang lama, maka tanggal dan jam tersebut tidak akan direset kembali ke nol. Namun tampilannya akan otomatis mengikuti waktu saat itu.

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Di WordPress (1)

Lalu kenapa sih tanggal dan jam di blog WordPress sampai harus dihilangkan, apa penyebabnya? Sebagian WordPresser memang ada yang tidak suka untuk diketahui tanggal dan jam postingan diterbitkan. Mungkin tujuan dihilangkannya tanggal pada postingan adalah agar artikel terkesan tidak akan lekang oleh waktu. Artinya postingan tersebut akan terkesan abadi atau tidak basi dan juga tidak fresh. Banyak pengunjung blog yang akan memperhatikan tanggal postingan tersebut dibuat. Maka jika tanggal tidak tampil maka seolah-olah artikel tersebut masih baru padahal entah kapan diterbitkannya. Menurut saya padahal bukan itu yang membuat artikel terkesan abadi. Jika konten yang ditulis dalam artikel pembahasannya sudah basi, tentu saja ya tetap basi walaupun tanggal postingan tidak diketahui. Kecuali jika pembahasan artikel memuat konten yang abadi, ilmu pasti yang tidak akan lekang oleh waktu meskipun tanggal diperlihatkan.

Saya sudah pernah menulis seperti bagaimana sih contoh artikel yang bersifat abadi itu? Praktikkan 5 Cara Ini Agar Blog Ramai Pengunjung Meskipun Jarang Update!

Berikut Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Pada WordPress

Masalah menghilangkan dan menampilkan tanggal postingan di blog WordPress itu semua sebetulnya tergantung terhadap konsistensi postingan blog Anda. Jika Anda adalah seorang admin blog yang sanggup memperbarui artikel secara teratur baik itu setiap hari satu artikel, setiap dua hari sekali, dan seterusnya maka hal ini akan menguntungkan dengan ditampilkan tanggal posting. Hal ini akan memberitahukan terhadap pengunjung bahwa Anda telah konsisten serta teratur dalam update artikel.

Namun kenyataannya jika Anda tidak bisa secara rutin atau konsisten dalam update artikel karena disebabkan oleh hal-hal tertentu maka mungkin sebaiknya dihapus saja tanggal postingan ini. Namun itu juga saya serahkan terhadap Anda masalah menampilkan atau menyembunyikan tanggal posting ini.

Apapun alasannya jika Anda tertarik atau ingin mencoba untuk menghilangkan tanggal postingan, maka silakan ikuti cara yang akan saya bahas disini. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, disini saya membagikannya kedalam tiga cara.

1. Menghilangkan Tanggal Posting WordPress Dengan Menggunakan Plugin

Jika Anda tidak ingin ribet untuk sekedar menghapus tanggal dan jam di WordPress, silakan gunakan plugin saja. Plugin apa untuk menyelesaikan permasalahan ini? Plugin yang tepat adalah plugin WP Post Date Remover. Saya rasa untuk menginstall dan menggunakan plugin ini tidak perlu saya bahas lagi. Karena menginstall plugin serta menggunakan plugin WP Post Date Remover tergolong mudah.

2. Menghapus Tanggal Posting di WordPress Dengan Menggunakan Script

Anda tidak suka dengan menggunakan plugin karena alasan akan memberatkan loading blog? Ok sebaiknya hindari saja penggunaan plugin berlebih karena memang akan memberikan efek beratnya blog ketika diakses. Selain itu banyaknya plugin yang diinstall di WordPress maka nanti bandwith hosting juga akan cepat habis. Maka daripada itu untuk menghapus tanggal di posting WordPress silakan gunakan cara kedua ini yaitu dengan menerapkan kode berikut :

.entry-date {
 display:none;
 }

Anda tempatkan kode diatas pada style.css template yang digunakan.

3. Menyembunyikan Tanggal dan Jam Postingan Dari Pengaturan Dashboard

Langkah ketiga ini adalah langkah paling mudah dibanding dua cara diatas. Silakan Anda login di WordPress dari wp-admin untuk masuk ke halaman Dashboard. Anda klik pilih menu Settings kemudian General.

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Di WordPress (2)

Perhatikan pengaturan Date Format dan Time Format. Ini adalah pengaturan untuk mengubah tampilan tanggal dan waktu di WordPress. Jika ingin menghilangkannya silakan Anda klik pilih Custom dan kosongkan saja pada kolom yang disediakan.

Bagaimana mudah bukan? Silakan Anda pilih saja metode mana yang Anda anggap paling mudah dan paling cocok dengan selera. Semoga artikel Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Di WordPress ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel menarik lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Mas, kalau saya sudah menerapkan cara Menyembunyikan Tanggal dan Jam Postingan Dari Pengaturan Dashboard, terus kalau saya jg menrapakan cara dengan cara Menghapus Tanggal Posting di WordPress Dengan Menggunakan Script bisa ndak mas?

  2. Mas admin, jika kita menyembunyikan tanggal postingan melalui dashboard akan menyebabkan error “hilang update” di Webmaster apa tidak ya mas ? Kalau iya lalu bagaimana cara mengatasinya ya mas ? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *