Home / Teknologi / Cara Mengubah Link Download DropBox Menjadi URL Download Langsung (Direct Link)

Cara Mengubah Link Download DropBox Menjadi URL Download Langsung (Direct Link)

Cara Mengubah Link Download DropBox (Direct Link) – DropBox adalah salah satu Cloud Storage ternama saat ini. Seperti halnya Cloud Storage lainnya Google Drive dan AppBox, di DropBox kita bisa menyimpan dan berbagi file apapun secara gratis. Dengan menyimpan file di DropBox maka kapanpun dan dimanapun kita dapat dengan mudah menggunakan file tersebut jika diperlukan. Tidak khawatir lagi dengan kerusakan file yang bisa menyebabkan kehilangan data penting kita. Selama akun DropBox aman atau masih bisa dikendalikan oleh kita, maka tidak akan terjadi apa-apa dengan file yang tersimpan didalamnya.

Baca Juga : Cara Memindahkan (Transfer) File Dari DropBox Ke Google Drive Tanpa Download

Tampilan DropBox yang sederhana sehingga akan memudahkan siapapun dalam menggunakannya. Tak heran jika saat ini sudah banyak pengguna internet yang memanfaatkan DropBox sebagai media penyimpanan file-file penting di atas awan. Mereka tidak takut lagi akan kehilangan data-data penting. Karena memang masalah keamanan sudah ditanggungjawab oleh pemilik DropBox.

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-1

Ketika kita sudah mengunggah (upload) file di DropBox, maka file tersebut bisa kita bagikan (share) ke orang lain untuk di unduh (download). Nantinya semua orang akan bisa memperoleh file yang kita bagikan meski orang tersebut tidak mempunyai akun di DropBox.

Secara default link download DropBox akan membawa setiap orang yang klik link download ke halaman DropBox terlebih dahulu. Jika Anda tidak suka dengan metode link download tersebut, maka DropBox telah memberikan alternatif lain. Kita bisa mengubah link download tersebut menjadi link download langsung. Artinya ketika orang lain klik link download DropBox maka akan langsung melakukan proses download dan tidak lagi dibawa ke halaman DropBox untuk melihat pratinjaunya.

Berikut Cara Mengubah Link Download DropBox Menjadi Download Langsung (Direct Link)

Ternyata mengubah link download menjadi link download langsung ini tidak hanya bisa kita lakukan di Cloud Storage Google Drive saja. Cloud Storage DropBox juga menyediakan fitur tersebut secara gratis. Artinya meski akun DropBox Anda menggunakan versi gratis, maka bisa menggunakan cara ini. Hal ini sangat cocok Anda gunakan pada situs download. Sangat tidak efeketif dan efesien jika kita memberikan link download kepada orang lain yang isinya muter-muter membingungkan.

Mengubah link download menjadi link download langsung istilah lainnya adalah Direct Link. Artinya kita akan mengalihkan link download default DropBox menjadi link download langsung.

Saya anggap Anda saat ini sudah mempunyai akun di DropBox. Dan rasanya saya tidak perlu menjelaskan bagaimana cara membuat akun di DropBox. Silakan Anda kunjungin URL www.dropbox.com dan gunakan alamat email aktif saat ini.

Saya anggap juga kalau Anda saat ini sudah mempunyai file yang tersimpan di akun DropBox. Jika belum, silakan Anda Upload dulu file apa saja (gambar, video, mp3, dokumen, dan sebagainya). Kenapa saya memerintahkan agar upload file dulu? Karena disini kita sekarang akan praktik cara mengubah link download DropBox menjadi langsung atau direct link.

Contoh disini saya akan mengubah link download pada file Action Long Shadow.rar. Tugas pertama yang harus kita lakukan adalah mengubah pengaturan link menjadi yang bisa di download oleh orang lain. Silakan Anda klik pilih icon rantai (tautan) yang saya beri tanda panah merah pada gambar di bawah :

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-2

Hal yang akan kita lakukan sekarang adalah kita akan mengaktifkan file berbagi atau menjadi bisa di download oleh orang lain. Disini kita klik pilih Pengaturan tautan.

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-3

Anda perlu memilih Siapa saja yang memiliki tautan dan pilih opsi Tidak pada pengaturan tanggal kadaluwarsa tautan. Artinya file yang Anda bagikan sampai kapanpun akan bisa di download orang lain dan tidak terbatas waktu. Terakhir jangan lupa Anda klik pilih Simpan Pengaturan.

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-4

Kembali ke halaman awal dan disini Anda perlu mengetahui link file yang nantinya akan dibagikan kepada orang lain. Untuk mengetahui sekaligus menyalin tautan (copy link) silakan klik Salin tautan.

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-5

Nah sekarang Anda sudah bisa melihat link file yang harus Anda bagikan ke orang lain untuk di download. Contoh link yang saya punya adalah https://www.dropbox.com/s/eknkolszxz5laq1/Action%20Long%20Shadow.rar?dl=0 Dengan link tersebut maka orang lain akan bisa mengunduh file Anda dari DropBox.

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-6

Copy link tersebut dan paste dulu di Notepad atau di Office Word juga tidak masalah. Jika link tersebut tidak Anda ubah maka ketika orang lain klik link akan diantarkan ke halaman Unduh DropBox seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

cara-mengubah-link-download-dropbox-direct-link-7

Lalu setelah orang lain klik pilih tombol Unduh maka proses download-pun terjadi. Dengan begitu jika menggunakan link default DropBox maka yang download akan melakukan klik sebanyak dua kali. Belum lagi jika yang download benar-benar tidak tahu mana tombol yang harus mereka klik. Beda lagi jika kita telah mengubahnya menjadi download langsung (direct link).

Secara deafult link download file DropBox adalah sebagai berikut :

https://www.dropbox.com/s/eknkolszxz5laq1/Action%20Long%20Shadow.rar?dl=0

Sedangkan link download yang sudah diubah hasilnya akan seperti ini :

https://dl.dropbox.com/s/eknkolszxz5laq1/Action%20Long%20Shadow.rar?dl=2

Lihat perbedaan kedua link tersebut diatas! Mana yang berubah atau berbeda? Silakan Anda lihat lagi pada huruf yang sudah saya cetak tebal dan diwarnai tersebut. Tulisan www diubah dengan dl dan angka 0 menjadi 2.

Bagaimana mudah bukan? Hanya mengubah itu saja maka kini link download DropBox Anda akan menjadi link download langsung (direct link). Untuk memastikannya silakan Anda coba klik tombol dibawah. Tombol tersebut linknya sudah saya modifikasi atau menjadi direct link.

Test Direct Link

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengubah Link Download DropBox (Direct Link). Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya. Salam sukses selalu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *