Home / WordPress / Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha – Anda pernah melihat login form, registrasi form, atau form komentar di suatu website sebelum klik login maka diwajibkan harus mengisi kode yang tampil? Atau jika kita ingin berkomentar di salah satu artikel blog yang kita kunjungi sebelum komentar tersebut dikirimkan untuk ditampilkan, kita diharuskan mengisi kode yang muncul. Nah kode yang tampil tersebut namanya re-Captcha. Kemudian jika kita berniat ingin membuat Captcha di login form atau form komentar pada blog yang kita miliki, maka disini saya akan coba membahasnya. Dengan memasang Captcha di login form, registrasi form, atau form komentar maka akan memperkuat blog kita dari serangan spam. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi kita.

Baca Juga : Membuat Link Sumber Ketika Copy Artikel Di WordPress

Bagi website CMS WordPress untuk sekedar memasang Captcha di form login, form registrasi, atau form komentar sangatlah mudah. Karena WordPress sudah didukung dengan ribuan plugin dan salahsatunya terdapat plugin untuk kebutuhan memasang Captcha.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 1

Plugin re-Captcha ini selain bisa kita manfa’atkan secara gratis, dan juga tampilannya lumayan menarik. Bahkan tampilan re-Captcha bisa kita rubah sesuai selera berdasarkan tema yang disediakan.

Berikut Cara Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha

Pertama yang Anda butuhkan untuk memasang Captcha di WordPress adalah sebuah plugin Better WordPress reCAPTCHA. Plugin Captcha ini sudah mendukung untuk plugin Akismet dan Plugin Contact Form7. Jadi plugin Captcha bisa kita pasangkan juga di tombol login yang ada di Contact Form7. Silakan Anda download plugin Better WordPress reCAPTCHA di web resminya. Kemudian upload ke WordPress Anda dari menu Plugin Dashborad atau dari cPanel Hosting dan aktifkan.

Setelah plugin Better WordPress reCAPTCHA diaktifkan, maka Dashboard WordPress Anda akan bertambah sebuah menu baru dengan nama BWP reCAPT. Hal selanjutnya agar plugin Better WordPress reCAPTCHA bisa berjalan dengan normal, maka Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu untuk mendapatkan Public Key dan Private Key. Silakan klik saja link google reCAPTCHA yang sudah tersedia di menu BWP reCAPT.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 2

Nanti Anda akan diantarkan ke sebuah halaman baru. Disana Anda harus login menggunakan akun Google terlebih dahulu.

Setelah login menggunakan akun Google yang Anda miliki, sekarang klik Get reCAPTCHA.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 4

Dan disini Anda harus mengisi form terlebih dahulu. Form yang harus Anda isi adalah kolom Label, kolom Domains, dan kolom Owners. Silakan Anda isi sesuai dengan yang seperti saya contohkan dibawah. Terakhir jika semua form Register a new site selesai diisi semua, klik Register.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 5

Nah inilah key yang kita butuhkan, yaitu Public Key (Site Key) dan Private Key (Secret Key). Salin terlebih dahulu kode yang tersedia yaitu Site key dan Secret key ke Notepad. Karena key ini akan kita pasangkan nanti di plugin BWP reCAPT.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 6

Paste atau tempelken key yang dihasilkan dari hasil register kita tadi ke dalam kolom yang sudah disediakan. Isikan kode dari Site key ke kolom Public Key dan kode Secret key ke dalam kolom Private Key.

Disini kita bisa mengatur untuk memasang Captcha di form login apa saja. Fungsi plugin Captcha bisa ditampilkan hanya di Comment form, Regsitrasion form, dan Login form.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 7

Selanjutnya kita juga bisa mengatur tampilan tema Captcha. Selain tampilan default theme red, dan juga tersedia tampilan white, black, clean atau bahkan kita ingin membuat tampilan sendiri dengan memilih Custom Theme. Jika kita memilih Custom Theme, maka kita harus menerapkan kode CSS didalamnya.

Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha 8

Selesai, sekarang form login WordPress Anda sudah terdapat Captchanya. Dan mungkin hanya itu saja tutorial Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha. Semoga sukses dan semoga bermanfa’at.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. kalau untuk di kontak form gimana gan?

    soalnya kalo di wp kan pake template php untuk form kontaknya, bingung nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *