Home / EPS-Topik Korea / Dokumen Persyaratan Sending CTKI Korea Program EPS-Topik

Dokumen Persyaratan Sending CTKI Korea Program EPS-Topik

Dokumen Persyaratan Sending CTKI Korea Program EPS-Topik – Setelah Anda mengetahui Tips Dan Trik Prosedur Melamar Pekerjaan Di Korea Selatan dan Anda lulus dalam ujian EPS-Topik, maka langkah selanjutnya yang harus Anda persiapkan adalah dokumen persyaratan untuk melakukan sending. Dokumen persyaratan sending CTKI Korea meliputi berkas-berkas lamaran pekerjaan yang dilampirkan juga data pendukung lainnya. Nantinya data dokumen persyaratan sending CTKI Korea ini Anda kirim melalui Kantor Pos ke BNP2TKI yang selanjutnya akan dikirim ke HRD-Korea untuk disebarkan ke pabrik-pabrik sesuai isi permohonan lamaran pekerjaan.

Baca Juga : Berikut Daftar Kebudayaan Sehari-hari Korea Selatan

Setelah Anda lulus ujian EPS-Topik, sebaiknya Anda harus secepat mungkin untuk melakukan sending data. Mengingat untuk bisa bekerja di Korea Selatan banyak peminatnya, maka tentunya persaingannya juga sangat ketat. Semakin cepat Anda sending data, maka kemungkinan akan semakin cepat juga Anda mendapatkan kontrak kerja (SLC). Tapi jika nilai ujian EPS-Topik Anda memasuki kriteria yang layak untuk mengikuti Skill Test (ujian kemampuan/keahlian), sebaiknya Anda menunggu sampai proses Skill Test selesai.

Dokumen-Persyaratan-Sending-CTKI-Korea-Program-EPS-Topik

Berikut Langkah-langkah Setelah Lulus Ujian EPS-Topik

Adapun langkah-langkah setelah Anda membaca pengumuman kelulusan dan ternyata nama Anda masuk ke daftar yang lulus, sambil menunggu dibukanya penerimaan berkas dokumen persyaratan sending CTKI Korea oleh BNP2TKI, adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan test kesehatan Anda (Medical Check Up) di klinik yang sudah memenuhi persyaratan. Dokumen yang dibawa ketika MCU, photo berwarna ukuran 3 x 4 = 2 lembar, photo copy / salinan KTP atau passpor yang masih berlaku (photo dan salinan KTP/passpor harus sama dengan yang digunakan ketika daftar ujian EPS-Topik). Jika hasilnya UNFIT, secepatnya Anda selesaikan dengan melaksanakan semua instruksi dari pihak klinik tempat Anda MCU. Biaya MCU tergantung daerah masing-masing, sekitar Rp. 200.000 s.d. Rp. 300.000. Kecuali kalau Anda UNFIT, maka akan ditambah biaya untuk poses pengobatan.
  2. Buat Passpor di kantor Imigrasi terdekat dengan membawa dokumen persyaratan : photo copy kartu keluarga dan aslinya yang masih berlaku, photo copy KTP dan aslinya yang masih berlaku. Sebagai antisipasi, bawa juga semua data-data penting lainnya, seperti Ijazah dan lain-lain. Untuk photo, biasanya dilakukan ditempat Imigrasi langsung. Biaya pembuatan Passpor, tergantung daerah masing-masing, sekitar Rp. 300.000 s.d. Rp. 700.000. Jika Anda ditanya alasan membuat passpor sama pihak Imigrasi, sebaiknya jangan dijawab untuk bekerja ke Korea. Karena nanti Anda ditanya harus melampirkan Sertifikat Kelulusan Ujian EPS-Topik, sedangkan Sertifikat Kelulusan biasanya dikeluarkan pada saat dibukanya penerimaan dokumen persayaratan sending. Kalau menunggu sertifikat diterbitkan, maka Anda akan ketinggalan untuk melakukan sending data.
  3. Buat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kepolisian Daerah (Polda) tempat domisili Anda. Dalam membuat SKCK, sebaiknya Anda lakukan dari tingkat Kelurahan/Desa setempat dulu, berikut Contoh Surat Keterangan dari Desa untuk membuat SKCK. Setelah itu, Anda pergi ke Polsek setempat dengan membawa Surat Keterangan dari Kelurahan/Desa dan photo berwarna ukuran 4 x 6 = 6 lembar. Langkah selanjutnya, Anda pergi ke Polres setempat dengan membawa SKCK dari Polsek dan photo berwarna ukuran 4 x 6 = 6 lembar. Terakhir baru Anda pergi ke Polda Provinsi dengan membawa SKCK Polres dan photo ukuran 4 x 6 = 6 lembar. Selain photo berwarna, untuk antisipasi bawa juga photo copy dan aslinya : KTP, Kartu Keluarga, dan Ijazah. Jangan lupa setelah Anda selesai membuat SKCK di Polda, photo copy SKCK Polda ditempat itu juga dan legalisir SKCK hasil copynya sebanyak minimal 5 lembar.
  4. Buat Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning/AK-1) di Depnaker setempat dengan membawa dokumen persyaratan : Photo Copy KTP, Photo Copy Kartu Keluarga, Photo Copy Ijazah (legalisir), Photo berwarna ukuran 3 x 4 = 4 lembar. Legalisir juga Kartu Kuning sebanyak minimal 5 lembar.
  5. Selanjutnya buat Surat Pernyataan Izin Orangtua atau Suami/Istri jika Anda sudah mempunyai keluarga. Surat Pernyataan tersebut harus diketahui oleh Kepala Desa. Berikut Contoh Surat Pernyataan Izin Orangtua atau Suami/Istri.
  6. Sebaiknya untuk antisipasi photo copy secukupnya semua berkas penting Anda, seperti : KTP, Kartu Keluarga, Legalisir Ijazah terakhir/yang dipakai ketika daftar ujian EPS-Topik, Photo berwarna ukuran 3 x 4 dan 4 x 6.

Setelah semua dokumen persyaratan sending CTKI Korea diatas selesai Anda lakukan, sekarang Anda tinggal menunggu pengumuman untuk pengambilan Setifikat Ujian EPS-Topik dan Formulir Pendaftaran untuk melamar pekerjaan di Korea Selatan.

Nanti ketika Anda mengambil Setifikat Ujian EPS-Topik dan Formulir Pendaftaran, dokumen yang harus Anda bawa adalah : Kartu Peserta Ujian EPS-Topik, Photo copy KTP dan aslinya, Photo copy Ijazah (legalisir) dan aslinya, Materai Rp. 6.000 satu lembar.

Setelah Anda menerima Setifikat Ujian EPS-Topik maka segera photo copy minimal 5 lembar dan isi dengan lengkap Formulir Pendaftaran yang dilampirkan beserta Sertifikat Ujian EPS-Topik.

Cara Menyusun Dokumen Persyaratan Sending CTKI Korea

Nah, sekarang Anda tinggal menyusun semua berkas dokumen persyaratan sending CTKI Korea yang dimasukkan kedalam StofMap. Untuk susunannya, Anda bisa menyimak web BN2TKI, karena biasanya diumumkan juga tentang tata cara penyusunan dokumen persyaratan sending CTKI Korea. Biasanya susunannya adalah sebagai berikut :

  1. Formulir aplikasi lamaran pekerjaan diisi dengan lengkap dan jelas.
  2. Photo copy atau scan warna KTP yang masih berlaku 1 (satu) lembar.
  3. Photo copy Kartu Keluarga 1 (satu) lembar.
  4. Photo ukuran 3 x 4 berwarna dengan latar belakang putih tiga lembar, satu lembar ditempel di kolom formulir aplikasi aplikasi lamaran pekerjaan.
  5. Photo copy Ijazah (legalisir) pendidikan terkahir satu lembar.
  6. Photo copy Sertifikat Ujian EPS-Topik (bukan yang asli).
  7. Photo copy SKCK (legalisir) Polda satu lembar.
  8. Asli Surat Keterangan MCU dari Rumah Sakit/Sarkes yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  9. Asli Surat Keterangan Ijin dari Orangtua atau Suami/Istri yang sudah ditempel meterai Rp. 6.000.
  10. Photo copy Kartu Kuning (AK-1) yang sudah dilegalisir satu lembar.
  11. Poto copy atau scan warna Paspor yang masih berlaku dan copy paspor atau scan warna harus jelas (tidak gelap/kabur) terutama pada bagian wajah dan mata.

Semua berkas dokumen persyaratan sending CTKI Korea tersebut yang telah lengkap dimasukkan ke dalam SofMap dan Amplop Coklat. Kemudian dikirimkan menggunakan jasa Kantor Pos ke alamat PO BOX 4451 JKTM 12700. Biaya sending data menggunakan jasa Kantor Pos kira-kira tidak lebih dari Rp. 25.000.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

82 comments

  1. kalau pekerjaan seni ada gak ya di korea. terus kira-kira mengajar atau pementasan gimana? maksudnya apa saja persyaratannya? terima kasih sebelumnya.

    • Yang saya tahu hanya prosedur untuk menjadi TKI Korea melalui Program EPS-Topik saja. Kerjanya hanya dibidang Manufaktur (pabrik) dan Fishing (laut). Selain itu ma’af saya kurang tahu …

      • Maaf mas mau tanya ,, itu medikal che up nya di rs mana ,, terus . Kalau berkas dah lengkap .apa memang bener di kirim lewat pos ., apa lewat online., nanti takutnya kalau lewat pos, terus ngendep di bnp2tki. Gak dikirim ke hrd. Korea. Karna mungkin gk ada orang dalem gtu mas.,jwb ya mas trmksi

        • Melakukan Medical Check Up di mana saja mas, yang penting lembaga kesehatan resmi mempunyai ijin dari Dinas Kesehatan. Prosedur Sending Data sekarang melalui online, baik lulusan PBT atau CBT.

  2. Unfit apaan yah? Gak lolos gitu

  3. itu dokumen untuk persyaratan tenaga kerja di korea ya Mas ?

  4. info pendaftaran ctki go korea kapan y…
    trims….

  5. Kalo Jepang gimana mas? Rencananya sih abis lulus mau langsung ke Jepang

    • Jepang kurang tahu mas, yang jelas kalau ke Jepang tidak ada test ujian. Cuma Jepang kerjanya magang, beda dengan Korea satu kontrak minimal 3 tahun maksimal 5 tahun …

  6. Sya mau tanya, data ijazah sma sya kan berbeda dngn data akte lahir, kk, ktp…di ijazah SMA saya tertulis nama sya “ARIP” seharus’y “ARIF” pake huruf “F” yg benar…kalo di data yg lain’y sdh benar cuma di ijazah SMA aja yg berbeda…apakah nanti’y kalo misalkan sya sending lamaran dngan perbedaan 1 huruf za dipermasalahkan?? karna yg saya takutkan nanti’y sya sudah kirim lamaran tpi tdk dipanggil2. Skrng sya sudah daftar ujian pelaksanaan’y tgl 27 juni. Mohon info dan solusi’y pak!! Trima kasih sebelum’y.

    • Terus lanjutkan mas prosesnya, jangan berhenti! Masalah perbedaan satu huruf di ijazah, untuk antisipasi ketika validasi nannti, pakai surat keterangan saja dari sekolah SMA yang bersangkutan. Isinya menyatakan bahwa nama “ARIP” seharusnya “ARIF”. Jangan lupa, surat keterangannya ditandatangan Kepala Sekolah serta cap/stempel basah.

  7. Saya sudah selesai validasi data waktu pendaftaran, kartu ujian jga sudah dapat, tinggal ujian’y aja pak…pas validasi kmren itu saya sempat tanya ke karyawan bp3tki, kata’y tergantung HRD korea’y….apakah ada validasi data lgi pak setelah ujian??? Apa surat keterangan dari sekolah itu saya lampirkan saja ke dalam map berkas lamaran’y.

    • Validasi yang paling menentukan itu validasi ketika prelim nanti mas. Jika lulus ujiannya, sebaiknya sertakan juga surat keterangan tersebut.

  8. Owh begitu pak…oke pak terima kasih bnyak info dan solusi’y.

  9. mau tanya pak.apakah pengidap alergi/ kulit kentang ( sensitive gigitan nyamuk ) bisa kerja di korea ??

    • Asal jangan penyakit menular dan penyakit yang dapat mengganggu ketika bekerja nantinya, maka bisa melamar kerja ke Korsel.

  10. Mas, saya mau kurang paham dengan kalimat di atas yang berbunyi “Tapi jika nilai ujian EPS-Topik Anda memasuki kriteria yang layak untuk mengikuti Skill Test (ujian kemampuan/keahlian), sebaiknya Anda menunggu sampai proses Skill Test selesai”. Jadi kita sending datanya harus nunggu skill testnya selesai maksudnya ? Makasih :)

    • Ya betul sekali mas. Karena walaupun sending belakangan bagi yang layak Skill Test, tapi biasanya akan lebih diprioritaskan prosessnya.

      • Oowh begitu yaa Mas. Tetapi kemarin saya bertanya juga di salah satu grup dengan pertanyaan yg sama seperti di atas..katanya gak apa2 sending dipercepat karena nilai skill test akan otomatis masuk..bagaimana menurut Anda ?

        • Ya betul. Nilai skill test nanti akan otomatis masuk ke akun EPS masing-masing di menu Uji Keterampilan. Sekarang mas percepat saja untuk urus data-data sendingnya.

          • Oke Mas :). Jadi tidak apa2 ya walaupun nilai skill test belum keluar tetapi kita sudah sending duluan ?

  11. Mau tanya temen…kalo kriteria peserta yang ngikutin skill test kira2 nilai berapa ya…saya hanya 160,ketika ingin menyelesaikan dokumen persiapan sending pun saya masih ada keraguan..dikhawatirkan masuk kriteria test skill,jadi kan mesti nunggu…

    • SKL untuk ikut skill test itu ditentukan oleh BNP2TKI berdasarkan informasi dari HRD-Korea. Nanti juga akan diumumkan di WEB BNP2TKI dan Insya Allah saya sharing juga disini, kita tunggu saja. Yang jelas SKL untuk skill test setiap tahun berbeda-beda dan mengikuti terhadap nilai SKL Test EPS-Topik.
      Dokumen sending data mulai urus saja dari sekarang. Karena kalau seandainya harus ikut skill test juga itu tidak menjadi masalah terhadap dokumen sending.

  12. 1. Sebelumnya saya sudah pernah ikut tes skill, Boleh ngga ikut tes skill lagi?
    2. saya mau pindah data dari eps topik lama ke data eps topik baru, apakah nilai tes skill yang lama otomatis masuk ke data eps topik yang baru?
    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • 1. Kenapa ikut skill test lagi, alasannya bisa diperjelas lagi mas?
      2. Satu akun eps-topik hanya untuk satu orang berdasarkan nomor registrasi/nomor eps-topik. Nilai Skill Test biasanya berkaitan dengan Nomor Registrasi.

      • 1.Alasannya supaya cepat berangkat kerja di korea.
        2. Saya sudah mengganti data eps lama ke data eps baru, tetapi saya tidak menemukan nilai tes skill saya yang lama di data eps saya yang baru.
        Misalnya saya tidak di perbolehkan ikut tes skill lagi, berarti saya tidak punya nilai skill di data eps saya yang baru,padahal saya dulu pernah ikut tes skill dan nilainya di atas 250.

        • Maksudnya mas adalah peserta yang lulus eps-topik tahun 2014 dan sudah ikut skill test tapi sampai sekarang belum berangkat ke Korea ya? Terus mas ikut ujian eps-topik lagi tahun ini dan hasilnya lulus. Begitu bukan?

  13. Pak…MAU TANYA PENTING. saya dpt panggilan prelim besok senin.tp SKCK&Suratijin yg asli ikut saya ssending 3bln yg lalu…SKCKnya msh berlaku sampe september besok..jd gk bs bikin lagi…gimana nih…apa skck saya yg asli msh disimpen bnp2tki ato dah dikirim ke korea. Klo msh disimpen…saya besok kesana..tolong bgt mas….hub saya di bbm: 75ADB401. cz dr kmrn bnp2tki ditelpon gk diangkat. Mgkn msh libur

    • Tapi mas masih punya copy SKCK kan? Kalau tidak punya juga mas datang saja nanti ketika Prelim dan jelaskan permasalahannya pada mereka. Nanti pasti akan menemukan solusi terbaiknya karena intinya Prelim itu masalah keuangan dan validasi data seperti Ijazah dan lain-lain.

  14. Mau tanya mas,..…. Ini says mau bikin paspor, tapi says bingung paspor yang digunakan yang berapa halaman ya?

    • Buat passpor yang 48 halaman mas. Dan ingat jangan pernah bilang ke petugas imigrasi kalau mas mau ke Korea. Karena nanti akan diminta bukti kelulusan (sertifikat). Sedangkan sertifikat kan belum ada.

  15. Mau tanya, sy sudah lulus eps topik dan kebetulan nilai sy layak utk ikut tes skill..nah biasanya setelah skill test hasilnya keluar brapa lama??melakukan sending stelah ada hasilnya atau bisa diawal ketika dibuka sending??mkshhh

    • Hasil Skill Test akan langsung masuk kedalam akun EPS-Topik didalam Ujian Keterampilan. Mulailah untuk mengumpulkan persyaratan sending dari sekarang, dan nanti ketika diumumkan untuk melakukan sending data maka data sudah selesai semua. Tidak perlu menunggu hasil ujian Skill Test.

  16. ircham hidayat

    mas,,emang kalo bilang buat kerja ke korea pas buat passport musti nunjukkin sertifikat kelulusannya ya??apa gak bisa kalo nunjukkin print kelulusannya aja yg dr web bnp2tki.kan sama aja to udah nunjukkin kalo lulus.

    • Tidak semua petugas Imigrasi seperti itu juga. Dan untuk antisipasi maka sebaiknya jangan bilang mau kerja di Korea agar tidak ribet akhirnya. Tidak apa-apa karena di Passpor juga tidak ada penjelasan negara tujuan.

  17. Oya mau tanya lagi ni min..apa semua pembuatan berkas2 utk sending sebaiknya menggunakan identitas paspor??banyak yg bilang begitu..tp sy dulu daftar ujian pke KTP. Gmn min berpengaruh tdk?

    • Semua disesuaikan dengan data ketika daftar EPS-Topik saja mas. Nanti akan bermasalah kalau tidak sama.

  18. Maaf mau tanya . Jika sending menggunakan paspor berstempel pelaut ‘ apakah bisa digunakan ???
    Apakah ke depannya tidak akan bermasalah ?

    • Itu passpor pelaut bekas kerja di mana mas? Yang penting data mas di Imigrasi aman tidak pernah ilegal di Korea. Kalau memang itu passpor bekas kerja Fishing di Korea Selatan. Dan harus ingat juga mas dulu ketika daftar EPS-Topik menggunakan passpor itu atau KTP? Pilih yang sesuai daftar untuk sending datanya.

  19. maaf min mau tanya apakah hasil mcu saat akan sending harus pke huruf hangel?? apkah brpengaruh klo pke bhsa inggris?? mohon pncerahannya.. trmakasih

    • Hasil MCU tidak perlu yang ada tulisan Koreanya. Yang penting tempat kita MCU sudah diakui sama Dinas Kesehatan. Bukan SARKES abal-abal harus yang sudah mempunyai ijin resmi.

  20. maaf mau nanya, klo RS untuk medical dtentukan bnp y? biasanya pengumuman lewat web atau RS nya sama dgn tahun2 sebelumnya? saya barusan nlpn k bp3tki bandung tp pihak sana tidak tahu soal tsb dan saya dsuruh nanya k bnp, tp dtlpn g ada yg angkat, makasi sebelumnya

    • Mas tinggal didaerah mana? Lebih cepatnya lagi dan lebih praktisnya lagi mas bisa tanya ke Senior yang telah lebih dulu mengikuti program EPS-Topik yang ada di daerah mas. Biasanya setiap RS resmi bisa menangani MCU ke Korea Selatan. Sayapun dulu tidak menggunakan RS yang direkomendasikan oleh BNP2TKI, tapi RS yang saya gunakan adalah RS resmi.

  21. mas saya menderita buta warna parsial dan mata kiri min1/4 . apa masih bsa bekerja ke korea. terima kasih

    • Teman saya banyak yang mempunyai masalah dengan matanya mas. Dan yang mempunyai masalah pada mata tersebut sekarang sudah berhasil bekerja di Korea Selatan.

  22. Mas mau tanya..saya kan sedang dalam proses buat skck, ..tapi ketika proses pembuatan baru sampai di tingkat polres alamat saya kurang tepat ditulis di surat rekomendasinya. Pertanyaan saya : apakah kita bisa menyuruh petugas untuk merubahnya ? atau saya harus ulang lagi dari kelurahan. Trims

    • Sebaiknya mas berhenti dulu untuk pembuatan SKCK dan yang lainnya, karena sekarang proses sending menggunakan sistem online. Kemudian persyaratan sending data untuk sistem online menjadi dirampingkan. Silakan mas lihat pada tulisan ini.

  23. mas untuk sending online pada kolom bagian medikal ada tulisan tanggal,
    yang saya tanyakan dikolom tanggal itu di isi tanggal medikalnya atau tanggal habis masa medikalnya?

    • Tanggal ketika mas melakukan Medical Check Up (MCU). Pastinya tanggal tersebut pasti sudah tercantum didalam hasil MCU.

  24. Mas mau tanya sy lulusan pbt 2014 tp wktu itu sy dlm keadaan hamil jd datanya tdk dikirim dulu nunggu anak lahir..lha taun ini mau saya kirim tp pbt 2015 kn pke sending online sementara sy msih sending manual apa ttp diurus sm petugas bnp ya mas

    • Sepertinya mba harus sending data menggunakan sistem tahun ini, yaitu sistem online. Namun untuk memastikannya sebaiknya mba telepon saja dulu ke BNP2TKI. Gunakan nomor ini 08001000 (bebas pulsa).

  25. mas saya mau tanya, saya mau sending data tapi bingung sertifikat kesehatan sama hasil MCU itu sama atau ngga??
    terimakasih

    • Sama mas. Itu semua adalah berkas/kertas hasil laporan Medical Check Up (MCU) kita yang menyatakan kesehatan kita FIT.

  26. Klau nama klinik atau rumah sakit yg di rekomendasi oleh korea daerah cilacap dan purwokerto apa ya gan?

    • Mas bisa lihat di web BNP2TKI atau web G2G setelah berhasil login menggunakan Username dan Password yang telah diberikan ketika pengambilan sertifikat eps-topik. Disitu sudah didaftar dengan lengkap SARKES yang diperbolehkan oleh BN2TKI.

  27. Mas, kalo gigi graham berlubang trus pernah operasi bisa ikut gk ya ?
    Terus kalo untuk badan harus proporsional gk ?

    Terima kasih atas pencerahannya .

    • Asalkan sekarang mas sudah sehat, Insya Allah bisa mas. Intinya proses ke Korea itu harus lulus tes Bahasa Korea nanti.

  28. Mas mau tanya… skill test itu apa saja yang di ujikan ? Dan kalau wawancara apa harus jawab pakai bahasa korea ya? Tolong infonya banget ya . Makasih

  29. Mas mau tanya lagi kalo kita udh pilih sektor manufaktur trus kan d bawah ada pekerjaan yg di isi.. itu biasa’y di isi apa ya mas??

    • Pilih saja jenis pekerjaan Manufaktur apa yang diminati sama mas! Contoh pabrik onderdil mobil, pengolahan produk plastik, dan lain-lain.

  30. Mas saya sampai hari ini blim bisa sending kuota’y selalu penuh, klo sampe tgl7 lamaran sayang blum k sending gmna mas?? Apa ada tambahan kuota atau ngga?? Mohon bantuan’y mas

    • Batas waktu maksimal untuk melakukan sending online ada kemungkinan diperpanjang sampai akhir bulan September, jadi tenang saja.

  31. saya tidak belajar dilpk manapun cm sering iseng buka internet,nton film korea dan skarang q merasa mampu bhs korea,bisa g yah kalo lsg ikut daftar tes epsd topik

    • Untuk membuktikannya silakan mas daftar saja tes EPS-Topik nanti jika sudah dibuka pendaftarannya. Semoga sukses mas.

  32. saya tidak belajar dilpk
    manapun cm sering iseng
    buka internet,nton film
    korea dan skarang q
    merasa mampu bhs
    korea,bisa g yah kalo lsg ikut daftar tes epsd topik

  33. endang susriyati

    Maaf saya mau tanya saya berminat kerja di korea selatan langkah awal apa yang harus saya tempuh terlbih dahulu apa saya harus khursus bahasa korea dulu? Apa bagaimana Terimakasih

    • Ya langkah awal yang harus mas tempuh adalah belajar Bahasa Korea, yang bisa dilakukan secara mandiri atau belajar di LPK.

  34. Dhiyanbadhai

    Mas mau tanya..saya sudah prelim tp medikl unfit..
    Trs klo udh berobt trs fit saya harus gimna..mohon infonya yg jelas..soalnya saya bingung..trimakasih sebelumnya

    • Kalau sudah selesai Prelim tapi ada kendala dengan kesehatan, sebaiknya segera mas konsultasikan dengan BNP2TKI bagian Penempatan mas.

  35. mas yang bertindik boleh bekerja di korea nggak? karena saya bertindik tapi saya ingin bekerja di korea

  36. Yang mau saya tanyakan mas, saya punya riwayat patah tulang bahu (caviculla) dan sampai sekarang masih terpasang pen. Apakah ada harapan untuk bekerja ke korea?
    Kedua, gigi gerahang saya bagian dalam juga copot. Karena kecelakaan, apakah juga ada harapan untuk bisa bekerja disana?
    Terima kasih sebelumnya,.

    • Wah kalau itu saya kurang tahu mas! Mungkin teman-teman lain bisa membantu! Mas coba gabung di grup Facebook “Berbagi Info EPS-Topik Korea” dan tanyakan disana.

  37. Saya ingin ikut program g to g korea. Tapi sya ada mslah dg pasaport.. Tahun lahir d passpor sya 1990, sdgkn d ijaza 1992. Passport mah berlaku 3 tahun lagi. Apa anda punya solusi untuk ini

    • Passpor dibenarkan dengan mengikuti data yang ada di Ijazah saja mas. Proses ke Korea itu semua data harus akurat antara Passpor, Ijazah, Kartu Keluarga, KTP, dan sebagainya.

  38. Mau tanya ini mas, kalau gigi geraham berlubang bisa lolos buat kerja ke korea enggak mas? .

  39. Mas, di situ tertera persyaratan ijazah mininal SMP, untuk lulusan S1 ada perbedaan penempatan kerja/penempatan perusahaan tdk? Dan kalau badan bertato dan telinga bertindik itu bisa berangkat ga? Trims..

    • Tidak ada perbedaan kerja walaupun lulusan S1 mas. Untuk tato dan tindik dulu saya sempat baca info di BNP2TKI katanya tidak bisa mas, tapi tidak tahu. Coba konsultasikan langsung ke BNP2TKI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *