Home / EPS-Topik Korea / Tips Dan Trik Prosedur Melamar Pekerjaan Di Korea Selatan

Tips Dan Trik Prosedur Melamar Pekerjaan Di Korea Selatan

Tips Dan Trik Prosedur Melamar Pekerjaan Di Korea Selatan – Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada tulisan Contoh Formulir Pendaftaran EPS-Topik dan Cara Pengisiannya, bahwa untuk bisa melamar pekerjaan di Korea Selatan sebagai TKI maka Anda harus sudah lulus ujian EPS-Topik yang diselenggarakan oleh pemerintah HRD-Korea di Indonesia. Jika Anda lulus Ujian EPS-Topik, maka Anda berhak mengajukan lamaran pekerjaan yang dikirim langsung ke HRD-Korea melalui BNP2TKI. Itupun jika Anda lulus dan sudah melakukan sending data (mengirim lamaran pekerjaan) bukan sebuah jaminan Anda bisa diterima bekerja di Korea. Pihak Korea akan mengadakan seleksi lagi, dan tergantung pihak pabrik yang memilih sendiri lamaran pekerjaan di Nodongbu Korea. Jadi lulus ujian hanya sebuah persyaratan Anda bisa mengirim lamaran pekerjaan saja ke HRD-Korea.

Baca Juga : Berikut Daftar Kebudayaan Sehari-hari Korea Selatan

Tips-Dan-Trik-Prosedur-Melamar-Pekerjaan-Di-Korea-Selatan

Berikut Prosedur Melamar Pekerjaan Di Korea Selatan

Jika Anda berminat untuk menjadi TKI di Korea Selatan, langkah awal yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Usia yang diperbolehkan untuk melamar pekerjaan di Korea Selatan adalah antara 18 tahun sampai dengan 39 tahun.
  2. Pendidikan minimal adalah SMP atau Sederajat dan tidak diwajibkan mempunyai keahlian khusus.
  3. Orang yang tidak memiliki catatan masa lalu tentang deportasi atau keberangkatan orderform di bawah HRD-Korea.
  4. Orang yang tidak dikenakan larangan untuk bepergian ke luar negeri di negara asalnya.
  5. Anda harus sudah LULUS ujian Bahasa Korea atau test EPS-Topik.
  6. Ujian Bahasa Korea terdiri dari soal Mendengarkan (Listening) 25 soal, dan Membaca (Reading) 25 soal, total 50 soal dengan total waktu keseluruhan adalah 70 menit. Semua soal adalah Pilihan Berganda sebanyak 4 pilihan dari setiap soal.
  7. Seritifkat kelulusan ujian Bahasa Korea atau test EPS-Topik berlaku hanya selama dua tahun. Artinya, jika Anda selama dua tahun belum diterima juga untuk bekerja di Korea setelah mengajukan lamaran, maka Sertifikat Anda sudah tidak berlaku lagi dan Anda harus mengikuti Ujian Bahasa Korea ulang.
  8. Dan yang tidak kalah pentingnya bahwa Pelamar untuk melamar pekerjaan di Korea Selatan melalui Program EPS-Topik tidak dijamin akan mendapat pekerjaan di Korea 100%. Karena EPS-Topik adalah sebuah sistem dimana hanya calon majikan saja yang dapat memilih pekerja diantara pekerja yang terdaftar di Program EPS-Topik.

Selanjutnya setelah Anda memahami keterangan prosedur untuk bisa melamar pekerjaan di Korea Selatan seperti yang diterangkan di atas, maka langkah selanjutnya Anda harus mempersiapkan diri untuk belajar Bahasa Korea. Belajar Bahasa Korea bisa Anda lakukan secara mandiri dengan mempelajari buku panduan resmi Bahasa Korea atau belajar Bahasa Korea Online. Selain itu, Anda juga bisa belajar Bahasa Korea di sebuah Lembaga Pendidikan Keterampiran (LPK) Bahasa Korea.

Dalam memilih LPK Bahasa Korea, sebaiknya Anda harus berhati-hati. Karena saat ini, banyak sekali LPK-LPK nakal, yang sukanya hanya meraih keuntungan materi semata dari CTKI Korea. Kenapa demikian? Karena mungkin menurut mereka (LPK) CTKI akan berani membayar berapapun asalkan cita-citanya tercapai untuk bisa melamar pekerjaan di Korea Selatan. Pungutan biaya di sebuah LPK wajar-wajar saja, jika memang biaya yang diminta tidak menyalahi prosedur. Karena mungkin lembaga juga membutuhkan operasional untuk pengelolaan dan lain sebagainya. Tapi kalau pungutan itu diluar batas normal, maka Anda harus menindaklanjuti akan kebenarannya.

Berikut Tips Dalam Memilih LPK Bahasa Korea AMANAH

Lalu bagaimana caranya dalam memilih LPK Bahasa Korea agar Anda tidak tertipu? Berikut Tips dalam memilih LPK Bahasa Korea AMANAH :

  1. Karena peran LPK disini adalah sebagai lembaga untuk memberikan pendidikan Bahasa Korea, maka sebaiknya Anda perhatikan atau tanya langsung alumni lulusan LPK tersebut bagaimana metode yang diterapkan dalam pembelajarannya. Berapa persen lulusan LPK tersebut yang berhasil LULUS dalam setiap penyelenggaraan Ujian EPS-Topik. Dan apakah LPK tersebut menggunakan materi Kurikulum terbaru sesuai dengan yang diterbitkan oleh HRD Korea.
  2. Selain bertugas untuk mengajar Bahasa Korea, apakah LPK tersebut memberi pengarahan juga segala proses dari awal semenjak lulus ujian EPS-Topik sampai berangkat atau terbang. Dan ingat, LPK hanya membantu saja dalam hal progress pengiriman data lamaran sampai diterima bekerja. Jadi jika ada LPK yang menjanjikan bahwa 100% akan diterima bekerja di Korea, maka itu adalah bohong besar.
  3. LPK yang baik harus menerima siswanya dengan ramah jika siswa berkonsultasi tentang prosedur EPS-Topik walaupun siswa tersebut sudah tidak belajar lagi di LPK tersebut, artinya siswa tersebut sedang menunggu proses selanjutnya setelah lulus ujian EPS-Topik.
  4. Biaya sending data tidak lebih dari Rp. 25.000 atau sesuai dengan biaya Kantor Pos. Sending data adalah, semua lamaran pekerjaan ke Korea Selatan setelah lulus ujian EPS-Topik dari mulai scan paspor, formulir lamaran, copy kartu keluarga, dan lain-lain yang dikirimkan ke HRD-Korea melalui BNP2TKI. Prosedur sebenarnya dalam mengirim sending data adalah ke Kantor Pos yang dituju BNP2TKI Jakarta yang selanjutnya dari BNP2TKI sending data tersebut akan dikirimkan ke HRD-Korea. Dalam sending data ini, kebanyakan pihak LPK memberi bandrol yang amat MAHAL, dari Rp. 5.000.000 sampai dengan Rp. 20.000.000 (hanya untuk sending data) dengan dalih jika bayarnya mahal, maka akan lebih cepat juga diterima bekerja di Korea. Padahal kejadian sebenarnya adalah hanya dikirim melalui Kantor Pos tidak lebih sekitar Rp. 25.000.
  5. LPK tidak menahan dokumen penting CTKI, seperti Paspor, Ijazah, Sertifikat Tanah, Password Akun EPS-Topik, dan lain-lain.
  6. Biaya total proses untuk melamar pekerjaan di Korea Selatan seharusnya adalah tidak lebih dari Rp. 20.000.000 (dari semenjak pendidikan sampai dengan terbang).

Kesimpulannya dalam memilih LPK yang AMANAH adalah sebaiknya Anda teliti dulu dengan benar semua metode-metode yang diterapkan di LPK yang akan Anda jadikan tempat belajar sampai yang membimbing Anda kedepannya jika Anda lulus ujian EPS-Topik. Berhati-hatilah dengan uang, dan ingat Anda pergi ke Korea bukan karena Anda mempunyai uang, tapi Anda membutuhkan uang. Jadi Anda jangan bertindak gegabah dalam hal ini dan sebaiknya Anda putuskan untuk tidak masuk atau daftar di LPK yang tidak sesuai dengan prosedur.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

116 comments

  1. Saya jadi ingat teman saya yang mau jadi tki ke korea. Berati rata-rata ke korea selatan yah, bukan korea utara

  2. didaerah saya biayanya bisa membengkakbukan 20jutaan tetapi menjadi antara 70-80 juta lomas

    • Wow daerah mana tuh mas? Saya baru denger kalau ada LPK yang memberi bandrol sampai mahal amat begitu …

  3. bagus juga nih buat dicoba…tapi tamat kuliah dulu…hehe

    • Ok gan selamat mencoba jika berminat mau bekerja di Negeri Ginseng …

    • kak wiki kuliah apa ? aku juga pengen bgt kerja di korsel tp nunggu tamat kuliah dulu.. tlg kirim email ke aku ya kak …

  4. sepertinya sangat menjajikan ya mas bekerja di korea, tapi kalua saya pribadi lebih baik kerja di indo aja mas.

  5. ternyata untuk melamar pekerjaan di Korea Selatan, ternyata bisa di bilang cukup sulit ya… kalau di tempat saya gampang gan tetapi untuk melakukan pekerjaannya sangat susah sekali.

  6. penting itu bagi mereka yang mau kerja di Korea Selatan

  7. kunjungan perdana ijin nyimak dulu ya, nice info

  8. oke mas terimakasih atas informasinya … :)

  9. Jauh banget biaya sending data itu, wah kalau gak tahu bisa kasihan juga calon tki.

    • Justru itu mas, itulah Indonesia segala apapun dimanfa’atkan dengan meraih keuntungan pribadi …

  10. wah ternyata ada tips tersendiri ya untuk melamar pekerjaan di Korea ya…

  11. terimaksih atas informasinya

  12. Saya berkeinginan Kerja ke Korsel tp caranya Mas..? Klo boleh nomor kontaknya Mas…?

  13. semoga dengan mulainya pendaftaran EPS-TOPIK ONLINE seperti ini, semakin kecil peluang sponsor untuk memperoleh keuntungan pribadi dari para Calon TKI. Amin

    • Amiin mas. Jangan pernah percaya sedikitpun dengan sponsor ataupun LPK yang tidak amanah!

  14. terimakasih banyak untuk informasinya, sngat brguna untuk CTKI ke Korea

  15. Mas aku mau tanya….kalao cewek kerja dikorea itu dibidang apa aja sih. Kan rencananya februari mau daftr . mohon infonya. Makasih

    • Perempuan di Korea kerjanya di pabrik/manufaktur mba. Hanya ada dua sektor saja untuk Indonesia, manufaktur dan fishing. Jadi mana mungkin perempuan di fishing.

  16. brmnfaat bngt ka’ infonya…hhe…emang bner ka byk sponsor nkal di Indon yg memnfaatkn CTKI dng iming” gji n fasilitas best pdhal mah bhong bngt….huhuhu
    klo mu jd tki ke korea utk tahun depan seh gimana caranya yach ka???

    • Setiap tahunpun sama saja prosesnya. Yaitu agar bisa melamar kerja di Korea Selatan, kita harus sudah lulus Ujian EPS-Topik. :)

      • Gan , ane pengen kerja di korsel nih. Tapi ane musti tamat kuliah dulu. Hehehe. Tapi masih bisa kan ya mas? Om saya kerja di korsel. Tapi kerja nya di pabrik mur gitu..

        • Maksimal usia untuk bekerja di Korea Selatan adalah 40 tahun dan pendidikan minimal SMP. Kemudian harus sudah lulus ujian Bahasa Korea.

        • mba santii kuliah apa … aku juga pengen bgt kerja di korsel tp hrs lulus dulu … chat yuk mba biar makin akrab hehe

          • Tutty Kiranat

            wah,,senengnya bisa punya temen berwawasan internasonal. boleh kenal mbak. ini email saya [email protected] dan pin saya 579d6acd

  17. try Sulistyo

    Di daerah saya kursus per semerternya itu 2,800,000 itu wajar ngak mas.?
    .sekarang saya mau kelas 3 dan saya ingin kerja ke korea setelah apa mas tipsnya..? Apa saya kursus saat kelas 3 atau nunggu lulus…?

    • Yang jelas kunci utama bisa melamar kerja ke Korea itu kita harus sudah lulus test EPS-Topik. Nanti sertifikat kelulusannya adalah syarat utama agar bisa melamar kerja.
      Untuk biaya, total segitu wajar-wajar saja mas …

  18. mas saya kan mau kerja korea, tapi apa semua kerja nya cuman di pabrik gitu? temen saya ada yang kerja dijepang tapi diperhotelan gitu. sistem nya beda ya? terus kalau mau kerja korea prosesnya berapa lama? udah baca baca ada yang ampe bertahun tahin masa :( jadi bingung

    • Kerja di Korea untuk Indonesia hanya bisang Manufaktur (pabrik) dan Fishing (laut) saja. Kerja di Korea beda dengan Jepang, Korea itu harus sudah lulus tes EPS-Topik atau ujian Bahasa Korea. Proses ke Korea memang lama, karena nanti ketika sudah luluspun Sertifikat hanya digunakan untuk melamar kerja saja. Jadi masalah diterima atau tidaknya itu tergantung perusahaan yang memilih. Tapi rata-rata kalau sudah lulus ujian, lama-lama juga Insya Allah berangkat.

  19. Mas aku pun pengn .ngdaftr .gimna caranya aku sendiry masih d brunei .insayallah buln Agustus aku blk indon .dan pengn lngsung ngedaftar .

    • Nanti setelah pulang ke Indonesia, mas langsung mengikuti pelatihan Bahasa Korea di LPK. Dan setelah lancar Bahasa Koreanya, mas bisa coba daftar untuk mengikuti Ujian Bahasa Korea (Test EPS-Topik.

  20. baimprasetyo

    mas,,bisa tolong dishare tentang cara pengisian formulir pengisian untuk sending data,soalnya saya masih bingung di bagian lokasi kerja..
    karena saya pernah denger kalo jenis pekerjaan harus sesuai dgn lokasi kerja..
    misal kita isi,jenis pekerjaan pembuatan mobil dan suku cadang,lokasi seoul…tapi ternyata di seoul tidak ada pabrik mobil dan suku cadang,jadinya ga nyambung kan..
    nah takutnya kaya gitu,,jadi mohon pencerahannya..

    • Sebenarnya tidak terlalu penting juga mas masalah pengisian Formulir itu. Intinya lamaran kerja ke Korea itu cuma Sertifikat Kelulusan, Foto, dan hasil MCU. Terutama data-data penting-penting seperti Nama Lengkap dan Tanggal Lahir semua data harus sama. Banyak kasus dari pemilihan tempat kerja ini nyatanya tidak sesuai dari formulir ajuan dengan kontrak kerja nanti (SLC). Jadi wewenang penentuan tempat kerja ditentukan oleh EPS-Topik HRD-Korea.

  21. Gan,,saya mau tanya,,apakah untuk belajar bahasa korea,,bisa dengan belajar sendiri.,tnpa mengikuti kursus,.
    .trus apakah agan prnah bekerja d korea,,

    • Metode apapun yang ditempuh dalam belajar Bahasa Korea sah-sah saja mas. Yang penting ketika nanti mengikuti ujian EPS-Topik bisa lulus.

  22. ari apriyanto

    Mantap gan,saya juga mau kerja ke korea,tapi masih bingung gimana caranya,tolong bantu ya gan,kalo boleh minta nomornya.

  23. .oh gitu.y gan…
    ,masalah nya kalo ikut kursus,saya tidak punya cukup dana..
    .d tempat saya. 1 bulan 3.5jt
    minimal harus mengikuti 3 bulan kursus.,itu pun kalo otak kita nya encer.,baru bisa lancar bhs.korea dlm wktu 3 bulan. :-D

  24. .satu lagi,,saya mau tanya..apakah melamar pekerjaan ke korsel ada batas minimal tinggi badan buat laki-laki. .?

    .sebelum.y trimakasih..atas info.y

    • Tinggi dan berat badan tidak dipermasalahkan mas. Yang penting mas sehat terbebas dari penyakit menular dan lulus ujian Bahasa Korea.

      • Pa, bnr nih tinggi bdan tdk d prhtungkn dn bw parsial bsa msuk tnpa kndala ?? Ktanya tes kshtan dlkukn 2x d indo dn di koreanya ?

        • Memang benar tinggi badan tidak dipermasalahkan dan yang penting sehat serta lulus Ujian EPS-Topik. Kegiatan Medical Check Up dilakukan sebanyak 3 kali. Pertama untuk melengkapi berkas sending, Kedua ketika melakukan Prelim/PAP, dan Ketiga ketika kita di KBIZ Korea sebelum kita dijemput oleh majikan.

  25. Kisah Sukses Suami saya menjadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk Agusdin Subiantoro yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi penempatan BNP2TKI no hp beliau 0853-1115-1157

  26. Ms mau tanya ,kalau qt buta warna parsial/sebagian bisa gak buat ketrima kerja di korea ?
    Trus di korea rata2 gajinya berapa ,gajinya banyakan yg dimanufaktur atau fishing ms ?

    • Asal jangan buta warna total itu bisa mas. Gaji Korea relatif mas dan rata-ratanya sekitar 16 jutaan. Manufaktur dan Fishing sama saja namun kalau Manufaktur banyak lemburnya.

  27. Mas mau tnya kalau nanti di terima kerja d korea,,,biaya brangkatnya di tanggung sendiri apa sama BNP2TKI???
    Trus nanti d snanya tempat tinggalnya di bri oleh prusahan atau tdak???

    Thanks mas

    • Semua biaya ditanggung sendiri mas. Namun mas nanti bisa pinjam dengan Program KUR BRI. Nanti jika mas sudah di Korea, makan dan asrama disediakan oleh perusahaan.

  28. DhEwie CheeMueth

    mas mf sebelum’a q mau tny . Q pngn krj d korea tp q g tau dmn q hrz dftr u/ bljr bhs korea . Q org jatim mas

  29. Eka widiarti

    Mas, maaf mau nanya. Kalau krj di korea Itu biasanya kontraknya berapa tahun? Terus kalau udah habis kontrak bisa diperpanjang gak? Makasih

    • Maksimal kontrak 4 tahun 10 bulan, jika sudah mencapai masa maksimal maka TKI harus pulang ke Tanah Air. Nanti jika mau kerja ke Korea lagi maka ikut ujian CBT.

  30. prmsi mas no tnya utk th 2017 nti..ad pndftran lg bln brp ya mas…trs kira2 LPK mana yg bnr2 amanah gtu….soalny bnyk bngt LPK….
    dan ad lowongan utk prmpuan ga…mkch

    • Setiap tahunnya ujian EPS-Topik PBT dilaksanakan pada bulan Juni. LPK Amanah untuk perbandingan mas bisa tanya-tanya kepada alumni LPK. Setiap tahun lowongan untuk Perempuan ada, cuma jumlahnya lebih banyak Laki-laki.

  31. joko prasetyo

    Mas kalau kerja di korea kendala nya setlah llus tes nunggu berapa lama ya mas .trus tes nya itu berpa soal ..

    • Tidak bisa ditentukan juga mas karena sangat sulit diprediksi. Ada yang cepat ada juga yang prosesnya sangat lambat, semua tergantung nasib mas.

  32. erika septiana wulane

    mas jadi tuh pertama kita harus medical dulu fit atau ga? trus belajar bahasa biar lulus ujian? trus mendaftar di bnp2tki dg syarat* lengkap (Sending), trus nunggu ada perusahaan yang menerima kita? mas ada perbedaan penempatan tidak mas antara smp,sma, d3,d4,s1 dst? trus disana kita tempat tinggal dan makan ditanggung sendiri apa dari perusahaan?

    • Tidak akan ada perbedaan apapun yang berdasar pada kualifikasi pendidikan dan nilai ujian EPS-Topik. Kerja di Korea semua sama dan yang membedakan adalah skill kerja kita serta semangat kerja saja.

  33. erika septiana wulane

    hehe mf y mas kalo banyak nanya, maksud disini medical dulu biar tau fit apa ga sebelum kursus, kan buang* biaya kalo udah kursus trus lulus tapi ga fit, nah misalnya disini kita fit, pas dikorsel di check up lg ternyata unfit gimana mas? oh iya kalo yang punya riwayat patah tulang gimana?

    • Kalau tiba di Korea dan hasil MCU UNFIT itu tergantung jenis penyakitnya. Umumnya hanya penyakit menular dan penyakit berbahaya saja yang akan dipulangkan ke Indonesia. Seperti penyakit HIV Aids, TBC, dan penyakit menular lainnya. Patah tulang asal sudah sembuh boleh …

  34. mas.saya posisinya masih kuliah tpi saya udah mengikuti sekolah bahasa dah berjalan 1 bulan…. seumpama tes bahasanya itu saya ikut stelah 2 thun lulus kuliah bsa gk mas…….. ..mohon d blas maz……….

    • Kapanpun bisa mas, santai saja dan selesaikan dulu pendidikannya. Intinya kerja ke Korea itu adalah lulus Ujian/Tes EPS-Topik (Bahasa Korea).

      • mas … d lingkungan saya ada info .. byar 65 jta . lngsung bsa brangkat. …dlam waktu 2 mnggu apkah btul mas.. sperti itu. mhon d blas sblum trerlnjur……..

        • Saya tidak tahu mas! Setahu saya program resmi EPS-Topik kerjasama HRD-Korea dan BNP2TKI (G to G) tidak ada pungutan biaya sampai puluhan juta tersebut. Program resmi paling menghabiskan biaya antara 20 s.d. 25 juta saja.

          • Mas mf sya mau tnya.. Ktanua ke korea masuk PT dlu gt byr ny 85 juta.. Dlm wkt 3 bln bs trbng. Bnr ga mas.. Maksi

  35. mas saya … mau tanya. saya masih kuliah sambil kursur bhsa. udah brjlan 1 bulan .. tpi untuk tes eps nya saya ingin ikut 2 thun stlah lulus kuliah nanti .bsa gak mas….. .

  36. ms.. saya mndapat tewaran hari ini …. byar 65 jt lngsung terbng .. dlam jngka 2 mnggu .. mnurut mas gmna . mndukung nggak .

    • Bohong itu mas! Kecuali mas kalau menjadi turis, atau membeli Visa Tour. Namun disananya Visa Turis itu terbatas waktunya, kalau tidak salah cuma 3 bulan izin tinggalnya. Dan selanjutnya mas jadi status Ilegal. Tanpa prosedur EPS-Topik ke Korea itu mudah mas.

  37. kalau dafatar eps topik .berangkat secara individu atau tdak lewat lembaga bisa gak maz. . .tolong di balaz maz unttk penjelasanya.

    • Daftar EPS-Topik tidak ada hubungannya dengan LPK mas. LPK hanya tempat belajar dan untuk memberikan pengarahan prosedur saja. Belajar di LPK manapun tidak akan ada perbedaan pelayanan ketika daftar EPS-Topik. Intinya kita siap dan mampu mengerjakan soal ujian EPS-Topik.

  38. Mas Mau Tanya,,untuk biaya pendaftaran ujian Eps Topik th 2016 berapa yah….?di LPK Saya mengatakan th kemarin biaya pendaftarannya Rp.1,5juta untuk pendaftaran Sama validasinya,,,Dan untuk pendaftaran online apakah masih berlaku?mohon penjelasannya & tolong beri Saya tutorial pendaftaran via online,,,,,terimakasih jika mas menjelaskannya

  39. eko supriyanto

    q lulus kuliah . pengen kerja di korea selatan. katanya tahun ini gak ada tes . ada tes buat yg khusus kuliah gk .

    • bung mau tanya,buat tahun 2016 denger-denger lowongan di korsel cuma ada fishing doang? apa bener ? tolong balas ya bung. masalahnya, kurang berminat kalo buat di tempatin di pelayaran.

  40. Saya perempuan 33 th. Kita2 masih mungkin bisa kerja di korea g mas? Mengingat dinegeri kita sendiri usia segitu susah cari kerja, dianggap kurang produktif. Takutnya perusahaan korea juga sama kayak disini, lebih prioritas yg muda.

  41. maaf min , apakah diperbolehkan ikut jika seseorang ada TATO-nya ? , tapi dia itu sudah MCU sehat-sehat aja ga ada penyakit .

    • Untuk masalah tersebut hingga kini belum ada keputusan. Dulu sih kalau masalah Tato dan Tindik tidak masalah, tapi sekarang ada kebijakan baru. Semoga kedepannya kebijakan ini diubah lagi.

  42. Ujian EPS-topik itu apanya mas dan adanya di mana nya mas.soalnya saya pungin kerja di korea sebagai waiter pun gx papa klu pembantu rumah tangga saya gx mau,bisa gx klu kerja selain pembantu rumah tangga

    • Ujian EPS-Topik adalah ujian resmi yang diselenggarakan HRD-Korea dan BNP2TKI untuk penyeleksian CTKI yang berminat bekerja di Korea Selatan. Ke Korea harus sudah lulus Ujian EPS-Topik dan ujian ini diselenggarakan satu tahun satu kali. Terus pantau web Info Menarik untuk mengetahui jadwal perkembangan ujian EPS-Topik!

  43. Mau tanya dong min saya ingin sekali menjadi tki di korea tetapi saya mengalami masalah buta warna apakah saya bisa lolos dan dapat di terima di korea bagian pabrik?

  44. Min mau tanya orang yang buta warna sebagian apakah bisa untuk di terima untuk melamar di pabrik korea saya ingin banget kesana tp saya mengalami buta warna sebagian dan saya masih ragu tolong pencerahanya terimakasih

  45. ane sih mau banget kerja dikorsel, mmpg masi nganggur + blom nikah.
    skrg sh otodidak, msih bljr pmbntukan klimat sma partikel2. untk baca udah lumyn lncr.
    nnti klo udah bisa ngmg dkit2 baru ikut les bahasanya. jadi ga lama di daerah tmpt les. mklum ane dibangka, tmpt lesnya kbnykn dipulau jawa.
    untuk prosedurnya sh udah tau, biaya smp brgkt kisarn 15-20jt. cma masi bingung mslh gaji, trus fasilitas disananya. enak nh klo bsa tanya2 sma yg udah prnah/masih krja dikorea. gak mau aja nanti malah tekor, pulang gak bawa duit.
    xD

  46. ini kkakq udh ada dikedutaan slma 1 mggu nggu visa x kontrak x sudah d tanda tangani kira2 kpn ya visa x jd biar cpt brgkat

  47. Kalo mau daftar ujian Eps topik kita mesti ke LPK apa kemana mas ?
    Trus mas ini dari LPK apa gimana ?

    • LPK hanya membantu pembelajaran Bahasa Korea saja. Untuk proses pendaftaran EPS-Topik bisa langsung ke tempat yang ditentukan oleh BNP2TKI sendiri. Nanti biasanya akan ada pengumuman tempat pendaftaran jika BNP2TKI telah membuka program EPS-Topik. Atau pantau terus web ini karena nanti juga akan saya umumkan.

  48. Handokodiningrat

    Pagi admin, saya mau tanya apakah dalam waktu bulan September 2016 ,masih ada yang buka kursus bahasa ke korsel, trus saya bta warna parsial apakah bisa masuk, juga tinggi saya kurang, tolong infonya,…?

    • Kursus di LPK setiap bulanpun ada dan masalah buta warna parsial nanti saya konsultasikan dulu. Sedangkan untuk tinggi badan Insya Allah tidak akan bermasalah.

  49. Handokodiningrat

    Gimana admin ,saya mnunggu jawabannya ,apakah buta warna parsial bisa masuk gak? dan peluang kerjanya bagaimna? soal saya juga masih bimbang ni.

    • Insya Allah kalau buta warna parsial bisa gan. Intinya tergantung nasib juga gan! Buta warna parsial diantaranya ada yang tidak lolos tapi ada juga yang lolos. Dicoba aja dulu daftar!

  50. AndreKunyum27

    saya umur 18 tahun…cari info lpk di malang ada yang 40-60 jt trus kata bapak langsung ke BNPTKI aja biayanya gak lebih dari 25 jt udah sama uang saku nya
    tapi masih bingung cari tempat kursus bahasanya…yang tau info tempat kursus bahasa korea coret2 ya

  51. mas kalo kerja disana bisa masuk perusahaan sesuai bidang keahlian waktu sekolah ga ? saya lulusan analis bisa ga masuk kerja di perusahaan farmasi disana?

    • Kerja di Korea untuk Indonesia saat ini hanya sektor Manufaktur dan Fishing saja dan bukan kerja sesuai profesi dan skill. Untuk Manufaktur kerja disekitar lingkungan pabrik dan Fishing di laut.

  52. Maass.. Mau tanya donkk.. Berat. Badan dan tinggi badan berapa minimalnya. Ada whatsapp tidak..apa ini berlaku untuk provinsi jatim

    • Bukan hanya Provinsi Jatima saja, ini seluruh wilayah Indonesia. Bahkan penyelenggara EPS-Topik ada 15 negara bukan hanya Indonesia. Berat dan tinggi badan tidak menjadi syarat utama, yang penting sehat dan lulus ujian.

  53. Maaf mas mau tanya ,kalau kita sudah lulus ujian eps-topik ,lulus mcu ,bolehkah kita sending data nya langsung oleh kita sendiri tanpa melalui lpk ? Kan lpk suka kasih tarif mahal untuk sending data aja,mohon pencerahannya mas .. Thanks before :)

  54. adinda mutmainah

    Maaf mas mau tanya. Kalau tinggi badan kurang dari 150cm betul2 nggak bisa yach? Soal nya tinggi badan saya cuma 148cm. Tapi kepengen banget bisa pergi ke korea. Frustasi jadi nya mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *