Sabtu, 21 Januari 2023

Contoh Formulir Pendaftaran EPS-Topik Lengkap Dengan Cara Pengisiannya

Info Menarik – Untuk Kamu yang sedang belajar Bahasa Korea dengan tujuan ingin mencoba daftar test EPS-Topik, maka silakan ketahui bentuk dan cara pengisian formulir pendaftaran EPS-Topik. Dengan sudah mengetahui cara pengisian formulir maka sedikit kemungkinan nanti pada waktu pengisian terjadi kesalahan. Silakan Kamu pelajari dan pahami dulu cara pengisiannya yang akan saya bahas pada artikel ini.

Apa itu EPS-Topik?

Employment Permit System (EPS-Topik) adalah sistem yang memberi ijin untuk mempekerjakan tenaga kerja asing secara legal kepada perusahaan menengah dan kecil yang susah mendapatkan tenaga kerja. Pekerja asing yang dapat pekerjaan melalui EPS dilindungi setara orang Korea dengan hukum tenaga kerja seperti undang-undang standar tenaga kerja dan lain-lain. Oleh karena itu, pekerja asing harus menaati kewajiban yang diatur oleh hukum, dan jika melanggar maka akan dikenai sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku.

Baca Juga: Prosedur Perkembangan Tampilan Kemajuan Imigrasi EPS-Topik

Kelulusan EPS-Topik Bukan Jaminan Bekerja di Korea Selatan

Untuk bekerja di Korea Selatan, Calon Pekerja Migran (CPM) harus lulus ujian Eps-Topik yang diselenggarakan di masing-masing negara penyelenggara EPS-Topik (contoh Indonesia) dibawah naungan HRD-Korea. Kelulusan test EPS-Topik merupakan syarat utama agar peserta dapat menempuh ke proses selanjutnya yaitu melamar pekerjaan ke Korea Selatan. Kemudian kelulusan test EPS-Topik bukan sebuah jaminan untuk bisa bekerja di Korea Selatan. Dengan kata lain kelulusan ini hanya untuk memenuhi persyaratan lamaran kerja saja. Sehingga yang namanya lamaran kerja itu tentunya ada yang diterima dan ada juga yang tidak diterima.

Memang sangat sulit untuk bisa bekerja di Korea Selatan. Persaingan yang ketat, dan juga peraturan serta materi soal ujiannyapun tidak bisa kita anggap enteng. Tapi jika Kamu mempunyai tekad yang kuat serta usaha yang maksimal, maka akan membuahkan hasil yang setara juga. Man jadda wajada “barangsiapa bersungguh-sungguh maka pasti akan mendapat hasilnya”.

Formulir Pendaftaran EPS-Topik dan Cara Pengisiannya

Setelah Kamu siap untuk bekerja di Korea Selatan dan siap untuk menempuh ujian EPS-Topik, sebaiknya berlatih juga dalam mengisi Formulir Pendaftaran EPS-Topik.

Contoh Formulir Pendaftaran EPS-Topik

Berikut adalah Contoh Formulir Pendaftaran EPS-Topik. Silakan Kamu pelajari dengan seksama:

Formulir Pendaftaran EPS-Topik

Jika Kamu ingin download contoh formulir tersebut, silakan klik link download di bawah ini:

Download Contoh Formulir

Cara Pengisian Formulir Pendaftaran EPS-Topik

Adapun cara pengisian formulir pendaftaran EPS-Topik berdasarkan contoh formulir di atas adalah sebagai berikut:

Dalam mengisi Formulir Pendaftaran Tes Bahasa Korea EPS-Topik, semua item harus Kamu tulis dengan huruf KAPITAL/BESAR, dan sebaiknya gunakan ballpoint warna hitam yang bukan bahan dasar CAIR/GELL.

Adapun item-item formulir EPS-Topik adalah sebagai berikut:

① 성 명 = Nama [Nama sesuaikan dengan nama di PASPOR / KTP / IJAZAH terakhir yang Kamu gunakan sebagai syarat pendaftaran Tes EPS-Topik. Jangan sampai salah, karena berbeda satu huruf-pun akan bermasalah. Contoh MUHAMAD FAJAR tentu beda dengan MUHAMMAD FAJAR atau MUHAMAD PAJAR].

② 생년월일 = Tanggal Lahir [Pengisian tanggal lahir juga harus Kamu samakan dengan data yang di PASPOR / KTP / IJAZAH terakhir yang Kamu gunakan sebagai syarat pendaftaran Tes EPS-Topik. Tanggal lahir Kamu isi dengan angka, contoh 01-01-1990].

③ 성별 = Jenis Kelamin [Pilih jenis kelamin yang sesuai dengan cara menghitamkan bulatan, 남성 = laki-laki dan여성 = perempuan].

④ 여권(신분증)번호 = Nomor Identitas Diri Paspor / KTP [Pilih identitas yang Kamu gunakan pada saat mendaftar dengan cara menghitamkan bulatan, 여권 untuk Paspor dan신분증 untuk KTP. Lalu isi kolom yang tersedia dengan Nomor Identitas yang Kamu pakai].

⑤ 구직신청분야 = Jenis Industri [Pilih jenis pekerjaan yang Kamu tentukan dengan cara menghitamkan bulatan, 제조업 untuk Manufaktur dan어업 untuk Perikanan. Jika Kamu sudah memilih Jenis Pekerjaan, maka Kamu tidak boleh mengubahnya lagi, apalagi memilih kedua-duanya].

⑥ 전화번호 = Nomor Telepon [Silakan isi kolom yang tersedia dengan nomor telepon / handphone Kamu yang masih aktif / yang bisa dihubungi].

⑦ 응시번호 = Nomor Peserta [Untuk nomor peserta, ini sudah terisi / tertulis otomatis. Jadi Kamu tidak perlu mengisinya lagi dan jangan Kamu ubah].

⑧ 시험일시 및 시험장 = Waktu dan Tempat Tes [Sedangkan untuk waktu dan tempat tes Bahasa Korea EPS-Topik, ini akan Kamu peroleh informasinya dari BP2MI. Dan biasanya sudah tertera tanggal pengumuman, waktu dan tempat tes Bahasa Korea EPS-Topik pada formulir pendaftaran].

⑨ 여권사진 = Photo [Tempelkan photo berwarna background putih ukuran 3.5 x 4.5. Usahakan photo yang terbaru dan sopan].

⑩ 여권(신분증)사본 = Copy Identitas Diri Paspor atau KTP [Tempelkan copy Paspor atau KTP yang jelas. Disarankan jika Kamu mendaftar menggunakan Paspor, sebaiknya Paspor yang Kamu tempel adalah Paspor hasil Scan Warna].

*서명 = Tandatangan [Sebelum tandatangan, sebaiknya isi dulu titimangsanya (tanggal – bulan – tahun pada saat mendaftar) dengan angka yang tepat di atas tempat tandatangan. Setelah itu tandatangan formulir pendaftaran tepat di atas “huruf tandatangan” yang warna buram].

*응시표 = Kartu Peserta Tes EPS-TOPIK [Isi juga pada bagian Kartu Peserta dan lakukan hal yang sama seperti pada point ① dan  ④ di atas, dan tempelkan juga photo yang sama pada ⑨ 여권사진. Selanjutnya formulir pendaftaran ini akan di potong pada bagian Kartu Peserta, yang selanjutnya Kartu Peserta tersebut akan kita perlukan ketika Pelaksanaan Tes Bahasa Korea EPS-Topik (JANGAN SAMPAI HILANG)].

Selesai! Sebelum Kamu setorkan kepada Panitia EPS-Topik periksa lagi semuanya dan jangan sampai salah. Jika terdapat kekeliruan dalam mengisi, gunakan tip-x untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Cara Melakukan Pembayaran Daftar Ujian EPS-Topik Korea Melalui ATM BRI

Semoga artikel bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

25 comments

  1. Yang tulisan bahasa jepang itu, menggunakan huruf kanji yah

  2. Informasi seperti ini jarang di dapat di internet, dan minimal kita harus menguasai bahasa korea ya gan untuk bisa bekerja di Korea Selatan. Salam kenal untuk info-menarik. :)

  3. wah ribet juga ya untuk ngurus surat ijinnya ya mas, salam kenal :D

  4. suryadarmawan

    dengan mengikuti ujian eps topik tahun ini semoga menjadi keberuntuntungan ku….amiiiinnn
    kabulkan semua do’a2 ku slm ini ya rab….hanya pada mu aku memohon keberkahan dari mu. amiiiiinnnnnn…….

    • Aaamiin Yaa Allah Yaa Rabbal ‘Aalamiin. Tetap semangat mas untuk menjadi pahlawan devisa.

  5. cara untuk mengisi pendaftarannya gmn mas

  6. Asslmualaikum.. gan cra daftar online gmn y, .
    Trus untuk d daerah cikarang tempat tes nya dimana ya. .

    • Wa’alaikumsalam … Sekarang bukan waktu pendaftaran gan. Sebentar lagi test EPS-Topik akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

  7. assalmua’laikum.wr.wb
    untuk pendaftaran eps topik kpn y mas?
    1 th berapa kali ujianya?
    …………………………………..

    • Wa’alaikumsalam. Belum ada info resmi tentang pendaftaran EPS-Topik. Biasanya untuk jenis PBT satu tahun sekali dan CBT bisa lebih dari sekali dalam setahunnya.

  8. saya ingin bekerja ke korea selatan….
    gmana cranya…
    dan apa persaratanya…..
    pt’ya pa namanya……
    lokasinya mna…..
    brapa bulan prosesnya…..
    pendaftaranya berapa….

  9. bisa berbagi ilmu gak.?
    tpi kalau mau berusaha pasti ada jlan kan..?
    untuk ujian nya biasanya diadakan bulan berapa gan..?

  10. dacep sonjaya

    Untuk ditahun 2017 katanya smua materi yg d ujiankan pakai sistem cbt ya gan? Dan diwajibkan yg lolos eps topik untuk mngikuti skill test? Klo bnener,brrti makin susah ya untuk lolos nya…

    감사합니다

  11. Nuhun tos berkunjung pak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.