Home / Microsoft Office / 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu – Saya yakin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu apa itu program Office Word. Sebagai pengguna komputer tentunya sudah sangat familiar dengan program Office Word. Wajar saja karena Office Word usianya memang sudah tua. Bahkan sebelum Windows dirilis Office Word sudah ada. Tepatnya tahun 1983 Office Word sudah hadir dikalangan pengguna komputer. Disamping itu Office Word memang sangat efisien untuk kita gunakan sebagai program pengolah kata. Banyak yang merasa terbantu dengan adanya program yang satu ini. Semua tugas sekolah, kuliah, dan perkantoran bisa terselesaikan dengan hanya menggunakan program Office Word.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Spasi Berubah Menjadi Titik Di Microsoft Office Word

Tahukah Anda kalau program Office Word menyimpan beberapa trik rahasia? Trik-trik ini bisa kita gunakan untuk mempercepat proses pekerjaan Anda? Contoh kecilnya saja ketika kita ingin melakukan copy paste di Office Word, maka cara cepatnya kita bisa menggunakan shortcut Ctrl+C (Copy) dan Ctrl+V (Paste). Meskipun trik ini bukan hanya bisa kita nikmati di Office Word saja. Asal Anda tahu juga sebetulnya masih banyak trik-trik mempercepat pekerjaan Di Office Word.

trik-microsoft-office-word-wajib-tahu

Trik Copy Paste dengan Ctrl+C dan Ctrl+V mungkin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu. Namun saya yakin untuk trik lain yang akan saya bahas disini hanya sebagian saja yang tahu. Untuk itu silakan simak artikel ini sampai selesai.

Berikut 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

1. Mengubah Lowercase Ke Uppercase Atau Sebaliknya

Ketika kita ingin mengetik huruf kecil (Lowercase ) di layar kerja Office Word maka kita harus mematikan tombol Caps Lock pada keyboard. Karena jika tombol Caps Lock aktif maka otomatis huruf yang dihasilkan akan menjadi kapital (Uppercase). Lalu bagaimana jika proses pengetikan sudah selesai dan kita ingin mengubah ketikan yang semula huruf kecil menjadi kapital atau sebaliknya? Apakah kita meski menghapus semua ketikan tersebut dan menggantinya dengan huruf yang kita inginkan? Coba Anda bayangkan jika ketikan berjumlah 10 halaman atau lebih!

Menurut saya itu adalah trik yang salah kaprah. Karena hal tersebut hanya akan menghabiskan waktu Anda secara percuma. Ada trik cepatnya jika kita ingin mengubah huruf di Office dari Lowercase ke Uppercase atau sebaliknya, yaitu menggunakan keyboard shortcut. Kita hanya membutuhkan dua kombinasi tombol keyboard saja, yaitu tombol Shift dan F3 ditekan secara bersamaan (Shift+F3). Caranya silakan Anda block huruf atau kalimat yang diubah, kemudian tekan shortcut Shift+F3. Ketika pertama huruf kecil semua maka setelah diberi efek Shift+F3 maka huruf awalnya akan menjadi kapital, dan jika ditekan lagi Shift+F3 maka tulisan menjadi kapital semua.

2. Memindahkan Kursor Lebih Cepat

Apa itu kursor di Office Word? Kursor adalah sebutan untuk penunjuk di Office Word yang berupa garis tegak yang berkedip-kedip. Lebih jelasnya lagi bentuk kursor ini menyerupai huruf I. Kursor ini hanya bisa kita gerakkan serta dipindahkan pada area yang sebelumnya sudah ada naskah ketikan saja.

Ketika kita ingin memindahkan kursor di layar Office Word biasanya kita menggunakan tombol panah pada keyboard. Atau trik lainnya kita bisa menggunakan mouse. Namun tahukan Anda untuk memindahkan kursor ini ada juga trik cepatnya, yaitu menggunakan shortcut Shift+F5. Ketika kita menekan Shift+F5 maka kursor mouse akan berpindah cepat ke spot terakhir yang awalnya kita edit. Hal ini sangat berguna ketika jumlah halaman di Office Word sudah banyak. Trik ini akan berfungsi juga walaupun file dokumen Office Word sudah Anda tutup.

3. Memindahkan Ketikan Lebih Cepat

Terkadang ketika kita mengetik di Office Word ingin memindahkan text satu kalimat atau lebih ke paragraf yang lain. Cara yang sudah umum dilakukan adalah dengan block tulisan kemudian copy lalu hapus dan paste di tempat yang dimaksud. Padahal ada lagi trik yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+F3 untuk copy tulisan sekaligus menghapus dan Ctrl+Shift+F3 untuk paste tulisan.

Cara cepat lainnya adalah dengan menggunakan tombol F2. Block tulisan yang ingin dipindah, tekan F2 lalu pindahkan kursor ke lokasi tempat yang dituju dan Enter untuk proses paste.

Baca Juga : 3 Trik Aneh Dan Unik Komputer Yang Mungkin Selama Ini Anda Belum Tahu

4. Block Tulisan Lebih Cepat

Ketika kita ingin block satu paragraf biasanya kita akan melakukan klik tiga kali dengan cepat pada paragraf yang dimaksud. Atau ketika kita ingin mem-block semua tulisan di Office Word maka cara cepatnya bisa menggunakan shortcut Ctrl+A. Lalu bagaimana jika kita ingin block paragraf dalam bentuk kotak apakah bisa kita lakukan? Tentu saja bisa! Namun ketika Anda melakukan block pada paragraf harus sambil menekan tombol Alt kemudian klik dan seret menggunakan kursor mouse.

5. Menghilangkan Styling / Convert To Plain Text

Terkadang kita ingin menghilangkan styling atau efek-efek tertentu di layar kerja Office Word seperti efek bold, italic, underline, font syle, font size, dan sebagainya. Jika jumlah styling tersebut sedikit tentunya kita bisa menghilangkannya secara manual, misal menghilangkan efek bold (tulisan tebal) maka bisa mem-block tulisan lalu klik Bold atau Ctrl+B. Namun bagaimana jika styling tersebut jumlahnya banyak? Cara cepatnya Anda bisa menggunakan shortcut Ctrl+Spacebar atau bisa juga dengan menekan Ctrl+Shift+N. Jangan lupa sebelum menggunakan shortcut Anda harus mem-block dulu text yang akan diubah atau dihilangkan stylingnya.

Mengkonversi text ke mode plain text atau menghilangkan styling juga kita butuhkan ketika kita mengcopy paste tulisan dari halaman web. Karena biasanya tulisan yang kita hasilkan dari halaman web begitu di paste di layar kerja Office Word akan berantakan.

6. Menempatkan Kursor Sesuka Hati

Diatas sudah saya bahas apa itu kursor pada layar kerja Office Word. Secara default kursor ini akan berada pada akhir tulisan/text. Ketika kita ingin membuat garis baru/paragraf maka harus menekan Enter pada keyboard. Tapi sebetulnya kursor tersebut bisa kita tempatkan dimana saja atau ditempat yang kita butuhkan. Hal ini seperti kita layaknya menulis di papan tulis. Caranya kita tinggal melakukan klik ganda / double klik pada area manapun. Misal kita ingin menempatkan kursor di tengah halaman, maka tinggal klik ganda saja menggunakan mouse di tengah halaman atau tempat yang akan kita jadikan tulisan baru.

7. Mengcopy Hanya Format Text

Pernahkan Anda terpikirkan bagaimana cara copy paste format text dan bukan textnya itu sendiri? Bingung ya? Contohnya kita mengetik kata “bingung” kemudian kata tersebut kita beri format atau efek bold, italic, underline, dan warna merah. Maka nantinya akan menjadi seperti ini “bingung“. Nah yang saya maksud format text tersebut adalah efek style bold, italic, underline, dan warna. Kemudian kita ingin melakukan copy paste hanya pada formatnya saja bukan pada text “bingung” tersebut. Misalnya format style bold, italic, underline, dan warna itu ingin diterapkan juga pada ketikan “pusing”.

Ternyata dengan menggunakan shortcut tertentu kita bisa melakukan copy paste hanya pada format textnya saja. Setelah di block tulisan yang akan diambil formatnya, tekan Ctrl+Shift+C untuk proses copy kemudian block juga ketikan yang akan diberi efek format lalu tekan Ctrl+Shift+V untuk proses paste.

Baca Juga : 7 Tips Dan Trik Yang Wajib Anda Tahu Untuk Mempercepat Proses Kerja Di Photoshop

8. Mengulang Perintah Terakhir

Biasanya ketika kita ingin mengulang perintah terakhir di Office Word yang dengan menggunakan fitur Undo atau keyboard shortcutnya adalah Ctrl+Z. Tahukah Anda bahwa untuk mengulang perintah terakhir tersebut bisa juga dengan menekan tombol F4 di keybaord. Coba Anda buat tulisan sembarang di layar kerja Office Word dan beri format bold misalnya, kemudian tekan tombol F4, lalu apa yang terjadi?

9. Membuat Automatic Page Break

Apa yang Anda lakukan ketika ingin membuat sebuah page break di layar kerja Office Word? Apakah dengan menekan Enter secara terus menerus hingga membentuk sebuah page break? Ya memang betul trik tersebut juga bisa membuat page break. Namun masalahnya jika membuat page break dengan cara tersebut ketika Anda mengedit halaman diatasnya maka secara otomatis halaman selanjutnya akan berubah. Ada cara lain dalam membuat automatic page break dan dijamin halaman selanjutnya tidak berubah, yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+Enter.

10. Memperbesar/Memperkecil Text Secara Cepat

Hal yang sudah kita bisa lakukan ketika ingin mengubah ukuran huruf di layar kerja Office Word adalah ketika text sudah ter-block maka memilih Font Size yang posisinya berdampingan dengan Font Syle. Sebetulnya ada trik lebih cepat dalam mengubah ukuran huruf ini tanpa harus lompat ke Font Size. Caranya yaitu block text yang akan diubah ukurannya kemudian tekan Ctrl+Shift+> untuk memperbesar dan Ctrl+Shift+< untuk memperkecil.

Ok mungkin artikel 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu dicukupkan sekian saja. Apakah Anda mempunyai trik lain juga? Silakan bisa disampaikan di kotak komentar! Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Mantab gan triknya.. mudah-mudahan saya bisa melakukan pekerjaan dengan mudah dan lancar doakan saya gan..
    Saya tunggu kunjungan balik dari agan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *