Tidak Hanya Pintar Saja, Kamu Perlu 5 Tips Meraih Beasiswa Luar Negeri

Tips Meraih Beasiswa Luar Negeri – Mupeng kuliah di Harvard atau Oxford University seperti para cendekia? Biaya mahal tentu menjadi alasan Anda enggan mengambil kuliah di luar negeri. Jangan ragu sebab Anda memiliki kesempatan meraih beasiswa kuliah di luar negeri. Berbagai institusi menawarkan fasilitas beasiswa dengan nilai besar lho! Anda harus memenuhi semua persyaratan yang diberikan agar mampu bersaing di antara jutaan peminat lain. Berikut tips meraih beasiswa luar negeri yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca Juga : 5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Berikut 5 Tips Sukses Untuk Meraih Beasiswa Luar Negeri

1. Yakin Dan Motivasi

Percayakah Anda bahwa tips meraih beasiswa luar negeri adalah keyakinan dan motivasi diri yang kuat? Ya, selama Anda memiliki keyakinan bahwa impian kuliah di universitas ternama bisa terjadi, tidak ada hal mustahil lho! Keyakinan yang kuat membuat Anda memiliki motivasi besar untuk mendapatkan impian tersebut. Motivasi akan membuat Anda lebih berusaha dalam memenuhi semua persyaratan beasiswa dan mengikuti tes secara maksimal.

2. Menentukan Pilihan Universitas

Mencari informasi lengkap mengenai universitas yang menawarkan beasiswa wajib Anda lakukan lebih dulu. Pilih jurusan yang memang sesuai passion atau minat dan bakat Anda. Jangan memilih jurusan yang salah sehingga menimbulkan masalah kemudian hari.

Setiap universitas memiliki jurusan dengan reputasi berbeda. Jurusan kuliah universitas bisa memiliki peringkat berbeda di dunia. Tetapkan pilihan sejak awal mulai jurusan kuliah dan universitas yang diinginkan agar Anda bisa konsisten meraih beasiswa luar negeri. Setiap universitas juga memiliki kebijakan dalam mencari kandidat penerima beasiswa lho! Tak hanya nilai akademik saja, pihak penyelenggara juga menginginkan kandidat yang aktif non akademik. Tips meraih beasiswa luar negeri adalah Anda harus aktif di berbagai kegiatan sebagai poin lebih dibandingkan kandidat lain.

3. Melengkapi Seluruh Persyaratan

Ketahui seluruh persyaratan yang diajukan oleh universitas tujuan Anda secara detail. Anda harus melengkapi CV, surat referensi dan motivation letter yang bisa meyakinkan pihak pemberi beasiswa bahwa Anda merupakan kandidat yang paling tepat. Tips meraih beasiswa luar negeri adalah memastikan diri memiliki kemampuan lebih dibandingkan orang lain. Setidaknya Anda harus memiliki nilai TOEFL yang bagus termasuk kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

4. Ajukan Beasiswa Yang Sesuai Pilihan

Ada banyak jenis beasiswa luar negeri yang ditawarkan universitas ternama. Anda harus selektif memilih jenis beasiswa yang tepat agar tidak menimbulkan masalah saat Anda sudah diterima. Ada beasiswa penuh sampai lulus kuliah, beasiswa pendidikan saja, beasiswa lengkap dengan biaya hidup dan lain-lain. Kalau Anda tertarik memilih jenis beasiswa yang menawarkan kontrak kerja, bisa memilih program dari intitusi pemerintah atau perusahaan tertentu. Pastikan mempertimbangkan program tersebut sebelum mengajukan pada penyelenggara ya!

5. Siap Mengikuti Tes

Tips meraih beasiswa luar negeri selanjutnya adalah bersiap mengerjakan tes secara maksimal. Selain mengajukan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan seperti CV dan berkas lain, Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengikuti tes. Bisa jadi universitas menerapkan berbagai tes untuk menguji kemampuan dan kelayakan calon penerima beasiswa. Tes TOEFL, SAT dan ACT wajib Anda ketahui jika hendak mengajukan beasiswa di Amerika Serikat. Tingkatkan kemampuan di bidang Matematika, Bahasa Inggris dan Sains.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.