Home / Tips Trik / 5 Alasan Utama Kenapa Saat Ini Bisnis Anda Wajib Memiliki Sebuah Website

5 Alasan Utama Kenapa Saat Ini Bisnis Anda Wajib Memiliki Sebuah Website

Bisnis Wajib Memiliki Website – Persaingan dalam dunia bisnis makin hari makin ketat saja sehingga dibutuhkan cara yang cerdas agar bisa menjadi pemenang. Agar bisa bertahan dan berkembang bisnis wajib memiliki website. Terlebih sekarang ini adalah era digital bukan lagi zamannya bisnis dilakukan dengan metode konvensional. Salah satu terobosan dalam jual beli zaman sekarang adalah toko online.

Baca Juga : Cara Membuat Website Gratis Selamanya Dan Mudah Cocok Untuk Belajar

Dulu orang hanya menjadikan sosial media yang ada secara gratis sebagai lapak atau toko online. Sekarang cara seperti itu sudah tidak efektif lagi karena pesaing datang setiap hari. Pelaku bisnis yang menjual produk sama dengan Anda semakin banyak jumlahnya sehingga dan secara otomatis menjadi saingan yang harus dikalahkan. Mulailah gunakan website kalau Anda ingin menjadi pemenang bisnis.

Mengapa bisnis wajib memiliki website? Tentu agar bisa bertahan dan memenangkan persaingan yang semakin berat. Inilah beberapa alasan mengapa website lebih efektif untuk bisnis Anda.

Berikut 5 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Website Untuk Bisnis

1. Jangkauan yang Luas

Bisnis Anda harus dikenal lebih banyak orang agar bisa mendapatkan lebih banyak konsumen dan pelanggan. Kalau hanya mengandalkan mulut saja untuk menawarkan produk dan bisnis Anda seberapa banyak orang bisa Anda gaet. Dengan cara konvensional seberapa jauh jangkauan Anda untuk mendatangi calon konsumen.

Tetapi dengan website Anda bisa mengenalkan bisnis Anda pada semua orang tanpa batasan. Jangkauan website yang bisa mencapai seluruh dunia tentunya akan memperbesar peluang bisnis Anda dikenal orang. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda semakin besar juga peluang Anda mendapatkan konsumen. Itu artinya produk Anda akan terjual lebih banyak dan laba semakin besar.

2. Meningkatkan Reputasi dan Kepercayaan Konsumen

Mengapa bisnis wajib memiliki website salah satunya adalah untuk membangun reputasi dan meningkatkan kepercayaan dari konsumen. Reputasi baik adalah hal yang penting bagi sebuah bisnis karena dari situlah konsumen bisa merasa yakin untuk melakukan transaksi. Kalau kepercayaan konsumen pada bisnis dan produk Anda sudah terbentuk tidak sulit untuk meningkatkan omzet.

Bukankah tujuan dari melakukan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan? Laba atau keuntungan yang besar adalah hasil dari penjualan tinggi dari konsumen. Website secara tidak langsung akan meningkatkan keuntungan dari bisnis Anda dengan menambah jumlah konsumen.

3. Mempermudah Akses

Bagaimana bisnis Anda bisa dikenal orang dan mendapatkan konsumen lebih banyak kalau aksesnya saja sulit. Orang jaman sekarang membutuhkan kemudahan dan kepraktisan dalam banyak hal termasuk dalam membeli sesuatu. Terlebih jika produk yang Anda jual memiliki target market orang-orang dengan kesibukan yang tinggi. Jelas mereka membutuhkan kemudahan akses dalam melakukan transaksi.

Orang dengan mobilitas tinggi seolah membutuhkan waktu 24 jam untuk melakukan apapun. Mereka bisa saja mencari apa yang dibutuhkan pada saat tengah malam. Inilah salah satu alasan yang membuat bisnis wajib memiliki website agar bisa diakses kapan saja dan dimana saja oleh calon pelanggan. Tidak seperti toko yang memiliki jam buka dan tutup.

Baca Juga : Cara Membuat Website Menggunakan WordPress Cocok Untuk Pemula

4. Lebih Hemat Anggaran

Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan website dikenal dengan istilah digital marketing. Maksudnya adalah cara memasarkan produk dan bisnis Anda lewat internet atau dunia maya. Digital marketing ini dari segi anggaran atau budget promosi jika dihitung akan lebih murah dan hemat dibandingkan dengan cara konvensional.

Kalau dulu orang memasarkan produknya dengan memasang iklan di media cetak maupun elektronik. Contohnya seperti di koran, majalah, radio atau televisi. Iklan juga dipasang di baliho ataupun spanduk. Dan semua itu tidak murah harganya sehingga membutuhkan dana yang cukup banyak. Berbeda dengan website, hanya dengan membuatnya sekali saja Anda bisa memasang produk di dalamnya.

Tetapi bukankah biaya pembuatan website juga tidak murah? Mungkin iya tetapi efektivitas dari website sebagai media promosi bisnis Anda jelas akan lebih tinggi dibandingkan iklan. Anda hanya cukup membayar setiap tahun saja untuk website dan hasilnya akan sepadan dengan biayanya. Lebih hemat dan efektif menjadi alasan bisnis wajib memiliki website.

5. Sebagai Katalog Produk

Setiap pedagang pastinya memiliki produk untuk dijual dan bukan hanya terdiri dari 1 jenis saja. Kalau dulu orang harus memiliki kios, toko dan sejenisnya sebagai tempat untuk memajang barang dagangan. Artinya Anda harus mengeluarkan uang untuk beli atau sewa kios tersebut. Itupun tidak semua dagangan atau produk bisa dipajang karena terbatasnya ruang atau tempat.

Katalog adalah salah satu alasan pelaku bisnis wajib memiliki website. Artinya Anda akan bisa memajang dan memperlihatkan contoh dari produk Anda di dalam website tersebut. Tidak ada lagi keterbatasan ruangan atau space untuk produk Anda. Tidak ada lagi keterbatasan jam operasional toko karena Anda bisa berjualan selama 24 jam dengan menggunakan website.

Anda juga tidak harus mencetak katalog produk yang biasanya hanya akan berakhir sebagai sampah kertas dan dijadikan bungkus saja. Sekarang katalog Anda berbentuk digital dengan menggunakan website. Mudah, praktis dan lebih murah tentunya.

Baca Juga : Sebelum Bikin Website Toko Online Pahami Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Apakah website hanya bisa berfungsi sebagai katalog jika produk berupa barang saja? Bagaimana dengan produk yang berupa jasa? Website adalah media promosi yang tidak terbatas dan bisa digunakan untuk apa saja. Jika sebuah situs memiliki batas mungkin kalimat bahwa bisnis wajib memiliki website tidak akan berlaku lagi karena akan menjadi kurang efektif.

Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis dengan produk berupa jasa tidak ada bedanya dengan produk barang. Anda tetap bisa mempergunakan website sebagai katalog untuk contoh produk agar konsumen tertarik. Jika produk berupa barang website akan berisi sampel barang tersebut maka pada jasa adalah portfolio.

Itulah gunanya bisnis wajib memiliki website karena Anda juga bisa memasang portfolio atau beberapa contoh dari hasil pekerjaan Anda di dalamnya. Sebagai contoh jika Anda pelaku bisnis yang bergerak dalam bidang jasa desain interior postinglah foto-fotonya. Itulah portfolio dari bisnis Anda yang bisa ditawarkan pada calon konsumen.

Website Untuk Bisnis Jangan Dibuat Asal-Asalan!

Melihat begitu pentingnya website untuk membangun bisnis Anda menjadi besar, Anda jangan sembarangan membuatnya. Buatlah website terbaik agar bisa menarik minat pengunjung. Bagaimana caranya? Cek di bawah ini.

1. Membuat Web yang Bagus

Memang betul jika dikatakan bisnis wajib memiliki website tetapi harus yang berkualitas. Buatlah web dengan konten yang bagus serta desain yang menarik pengunjung. Dengan cara ini traffic website bisa meningkat. Inilah yang diharapakan oleh para pelaku bisnis yaitu jumlah pengunjung bertambah sehingga akan meningkatkan jumlah konsumen yang menggunakan produknya.

2. Konten SEO Friendly

Konten adalah nyawa dari website jadi harus benar-benar diperhatikan. Jika Anda ingin website Anda bisa ditemukan lebih banyak orang buatlah yang SEO-nya tinggi. SEO akan mengoptimalkan hasil pencarian atas website Anda sehingga akan muncul di halaman pertama mesin telusur. Jika konten SEO bisa berjalan maksimal Anda akan merasakan manfaat dari bisnis wajib memiliki website yang sesungguhnya.

Baca Juga : Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

Dengan membaca ulasan diatas, mungkin Anda sedikit paham Kenapa Bisnis Itu Wajib Memiliki Website. Ok mungkin artikel ini dicukupkan sekian saja, semoga ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. hehehe iya juga ya kak,, lebih membuat mudah akses kita kak dalam berbisnis. Thanks kak infonya

  2. Terimakasih atas informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.