Home / Pendidikan / 7 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini Yang Harus Diperhatikan Oleh Orangtua

7 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini Yang Harus Diperhatikan Oleh Orangtua

Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini – Semua orangtua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk buah hati. Harapan agar anak bisa memiliki kecerdasan sejak dini membuat orangtua bingung memilih sekolah yang tepat. Ada baiknya orangtua tetap mempertimbangkan kesiapan fisik dan psikis anak sebelum memasukkan mereka ke lembaga preschool.

Baca Juga : Perlukah Anak Sekolah PAUD Sebelum Masuk Ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi?

Pastikan anak-anak telah berusia 4-5 tahun sebagai umur ideal masuk PAUD seperti TK atau RA ya! Nah, berikut tips memilih sekolah anak usia dini yang bisa Anda jadikan referensi.

Berikut Tips Untuk Orangtua Ketika Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini

1.  Jarak Rumah Ke Sekolah

Jangan mudah tergoda tren memasukkan anak ke sekolah tertentu karena teman-teman anak di lingkungan sekolah di tempat A. Sebaiknya pertimbangkan jarak rumah ke sekolah yang tidak terlalu jauh. Faktor jarak dianggap paling penting agar si kecil tidak merasa lelah.

Perjalanan pulang pergi ke sekolah yang lumayan jauh akan membuat mereka merasa bosan dan penat. Bisa saja rasa lelah menuju ke sekolah menyebabkan anak tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Anda jelas tidak ingin anak-anak mogok sekolah setelah menjalani pembelajaran sekian tahun, bukan? Jadi, pastikan Anda menerapkan tips memilih sekolah anak usia dini yang paling vital ini.

2.  Sistem Pendidikan

Tips memilih sekolah anak usia dini memang bisa disesuaikan dengan keinginan. Anda bisa memilih program pendidikan di sekolah TK yang lebih condong ke pembelajaran materi secara umum atau sekolah RA yang lebih fokus pada materi agama. Baik TK atau RA wajib menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Pastikan anak-anak senang mengikuti setiap pelajaran dan metode kreatif yang meningkatkan tumbuh kembang mereka.

3.  Tenaga Pendidik Berkualitas

Sebagai orangtua, Anda sebaiknya mengecek rekam jejak sekolah tak hanya prestasi saja. Pastikan tenaga pendidik atau guru di sekolah memiliki kualitas yang mumpuni. Sekolah yang terlalu banyak murid dengan guru pembimbing yang sedikit jelas bisa mempengaruhi perkembangan si kecil. Ada baiknya pilih sekolah yang menerapkan aturan jumlah murid dan guru yang seimbang. Setidaknya Anda yakin bahwa anak-anak akan diarahkan secara maksimal oleh tenaga pendidik di sekolah.

4.  Utamakan Sekolah Yang Mengembangkan Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Maksimal

Dewasa ini, banyak anak-anak usia dini yang dipaksa bisa calistung sejak awal. Padahal, usia dini merupakan periode emas yang lebih mengutamakan perkembangan emosional. Tips memilih sekolah anak usia dini yang baik adalah sekolah yang memiliki sistem pembelajaran mengutamakan perkembangan anak.

Baca Juga : Mengenal Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Orangtua

Tidak hanya mengejar akademik semata, tetapi anak-anak akan belajar banyak hal yang bisa mengembangkan kemampuan kognitif, bahasa, sosialisasi, moral, dan lain-lain. Anak-anak yang belajar adab, sopan santun dan tata krama sejak dini jauh lebih bermanfaat dibandingkan calistung. Namun, pilih sekolah yang tetap mengajarkan anak-anak belajar mengenal angka dan bahasa ya!

5.  Lingkungan Sekolah

Hal paling penting pula dalam tips memilih sekolah anak usia dini adalah memastikan kondisi lingkungan sekolah yang kondusif. Anda bisa melihat langsung bagaimana penataan kelas dan lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman. Selain itu, Anda juga harus mengecek tingkat keamanan di sekolah sehingga anak-anak bisa belajar lebih baik.

Sekolah yang memiliki lingkungan asri dan asyik untuk belajar sangat mendukung perkembangan si kecil. Ia akan belajar banyak hal seperti komunikasi, mencari teman, sosialisasi, dan lain-lain dengan baik. Pastikan para orangtua melakukan riset terlebih dahulu sebelum memasukkan anak ke sekolah tertentu.

6.  Program Belajar Terbaik Dan Sarana Prasarana

Tips memilih sekolah anak usia dini yang terbaik adalah mempelajari program belajar di sekolah. Orangtua bisa mencari informasi lebih lanjut terkait program belajar yang diadakan pihak sekolah. Pembelajaran lingkungan atau program outdoor activity bisa menjadi pertimbangan yang lain.

Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung tentu wajib Anda perhatikan. Pastikan Anda memasukkan anak ke sekolah yang memiliki fasilitas memadai. Tak harus fasilitas mewah, tetapi sarana prasarana yang bisa mendukung perkembangan anak secara optimal.

7.  Biaya Sekolah

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah memilih sekolah TK atau RA yang sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksa diri untuk memasukkan anak ke sekolah swasta elit yang mematok biaya mahal. Anda jelas tidak ingin mengalami kesulitan finansial akibat terlalu menuruti gengsi, bukan?

Sekolah yang mematok biaya mahal mahal bukan jaminan anak bisa tumbuh berkembang sempurna dengan hasil yang memuaskan, begitu pula sebaliknya.  Jangan ragu menyekolahkan anak di sekolah yang memiliki biaya standar, tetapi memberikan hasil yang baik untuk peningkatan kecerdasan mereka.

Baca Juga : Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah? Jangan Pesimis, Coba Bujuk Dengan Cara Ini!

Beberapa tips memilih sekolah anak usia dini di atas bisa Anda jadikan pertimbangan tersendiri. Pastikan Anda mencoba menanyakan keinginan sekolah pada anak terlebih dahulu. Jangan sampai anak masuk lembaga PAUD hanya karena paksaan orangtua saja. Biarkan mereka tumbuh berkembang sesuai dengan tahapan usia ya! Yuk, selektif memilih sekolah untuk sang buah hati tercinta Anda!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.