Senin, 20 September 2021

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Lengkap Melalui Handphone dan ATM

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Info Menarik – Sayang sekali jika Kamu sebagai nasabah Mandiri tapi tidak memiliki akses ke internet banking. Pasalnya banyak fitur-fitur berguna untuk kemudahan transaksi melalui layanan ini. Untuk itu, silakan segera aktifkan e-Banking Mandiri Kamu. Jika bingung, pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara daftar internet banking Bank Mandiri.

Baca Juga: Mandiri Internet Bisnis ~ Manfaat, Cara Daftar, Hingga Cara Menggunakannya

Penting Kamu ketahui bahwa transaksi perbankan akan lebih mudah dengan menggunakan layanan internet banking. Untuk sekedar transaksi, Kamu tidak perlu menggunakan ATM atau pergi ke kantor Bank. Kamu cukup melakukan transaksi dari aplikasi e-Banking di rumah, atau di mana pun Kamu berada. Dengan memiliki koneksi internet yang stabil, urusan transaksi dapat terselesaikan secara efisien.

Kini hampir semua bank sudah memiliki aplikasi layanan e-Banking termasuk Bank Mandiri. Namun untuk memanfaatkan fitur ini, tidak serta merta akan aktif otomatis setelah daftar menjadi nasabah Bank. Kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu dengan cara-cara yang sudah bank tetapkan.

Pengertian Internet Banking Mandiri

Saat ini perkembangan teknologi dan informasi sudah merambah ke setiap elemen termasuk tidak ketinggalan dengan dunia perbankan. Sebagai implementasi dari terobosan ini adalah adanya layanan internet banking. Hal ini untuk mendukung setiap nasabah dalam layanan finansial jarak jauh.

Melalui layanan aplikasi internet banking, Kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor Bank. Kamu cukup melakukan transaksi di rumah atau di kantor menggunakan handphone atau laptop. Tentu saja hal ini jika perangkat yang Kamu gunakan memiliki koneksi internet yang stabil.

Setiap Bank saat ini sudah memiliki layanan internet banking termasuk Bank Mandiri. Khusus pengguna atau nasabah individu bisa menikmati layanan internet banking atau e-Banking dan SMS Banking. Sedangkan bagi nasabah perusahaan bisa menggunakan layanan Internet Mandiri Bisnis.

Internet Banking Mandiri atau dalam artikel ini saya cukup menyebut e-Banking Mandiri adalah layanan untuk mengakses rekening nasabah melalui jaringan internet dengan perangkat handphone atau laptop. E-Banking Mandiri dapat nasabah gunakan secara real time (24 jam atau 7 hari dalam seminggu) selama nasabah memiliki perangkat dan koneksi internet.

Adapun fitur yang ada dalam aplikasi layanan e-Banking Mandiri adalah:

  • Memiliki kontrol penuh dalam hal finansial;
  • Transaksi finansial yang dapat Kamu gunakan seperti: top up, transfer, pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan PDAM, pembayaran tagihan kartu kredit, beli pulsa, dan masih banyak lagi;
  • Bisa melakukan isi ulang (top up) e-Money, e-Cash, M-Tix, Go-Pay, serta uang elektronik lainnya;
  • Dapat melakukan transfer antar bank;
  • Memiliki histori transaksi sangat lengkap, seperti: cek mutasi rekening, cek saldo, dan sebagainya;
  • Bisa membuka deposito serta tabungan;
  • Memiliki akses web dengan aplikasi yang sudah terintegrasi;
  • Memiliki sistem keamanan yang kuat.

Kelebihan Internet Banking Mandiri

Memang tidak diragukan lagi kelebihan aplikasi atau layanan e-Banking Mandiri ini. Dengan memiliki akses ke e-Banking, maka sejumlah layanan finansial Kamu dapat terselesaikan dengan mudah.

Adapun kelebihan layanan e-Banking Mandiri ini adalah sebagai berikut:

  • Layanan dan aplikasi sangat praktis Kamu gunakan dan dapat Kamu akses selama 24×7 hari;
  • Di mana pun Kamu berada asal memiliki koneksi internet yang stabil, maka aplikasi atau layanan ini dapat Kamu gunakan;
  • Tampilan aplikasi yang mudah Kamu pelajari sehingga tidak menyulitkan Kamu ketika menggunakan aplikasi;
  • Banyak fitur yang tersedia dalam aplikasi selain dapat melakukan cek saldo;
  • Cukup satu user ID untuk mengakses seluruh layanan Bank Mandiri seperti Deposito, Tabungan Giro, Kartu Kredit, dan sebagainya;
  • Layanan ini dapat Kamu gunakan dengan konfigurasi browser standar;
  • Semua transaksi tidak dikenakan biaya sepeserpun kecuali biaya perbankan yang umum seperti transfer antar bank;
  • Karena memiliki sistem keamanan yang berlapis, sehingga penggunaan aplikasi sudah terlindung demi kenyamanan nasabah ketika transaksi;
  • Semua jenis rekening Mandiri sudah bisa mengakses layanan e-Banking, baik itu nasabah individu atau tabungan bisnis.

Biaya Layanan Internet Banking Mandiri

Asal Kamu tahu bahwa semua transaksi yang Kamu lakukan di e-Banking Mandiri adalah gratis, kecuali transfer antar Bank. Selain itu untuk pembelian token juga Kamu akan dikenakan biaya. Namun biaya ini hanya sekali saja yaitu ketika pertama kali atau ketika pendaftaran.

Biaya token adalah Rp 20.000 dan jika token hilang biaya untuk mengganti token baru adalah sebesar Rp 100.000.

Lalu apa itu token? Token adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menambahkan lapisan keamanan e-Banking. Setiap Kamu login untuk mengakses layanan e-Banking maka akan memerlukan token ini. Token akan membuat onetime PIN atau Password e-Banking Kamu secara dinamis.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri Melalui Handphone dan ATM

Setelah Kamu mengenal dengan jelas fitur serta kelebihan memiliki akses ke e-Banking Mandiri, kini waktunya untuk daftar menjadi bagian dari e-Banking. Cara daftar internet banking Mandiri sangat mudah. Kamu tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam.

Sebelumnya pastikan dulu bahwa:

  • Sudah terdaftar menjadi nasabah Mandiri Tabungan;
  • Kamu sudah memiliki Kartu Mandiri Debit;
  • Memiliki MPIN dan sudah mengaktifkan fitur SMS Banking Finansial Mandiri.

Untuk memiliki MPIN serta memiliki fitur SMS Banking ini, Kamu meski datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri dengan membawa KTP, Kartu Debut, dan Buku Tabungan Mandiri.

Kamu tidak perlu datang ke kantor cabang, jika daftar ketika membuka rekening tabungan Kamu lakukan secara online di join.bankmandiri.co.id. Karena MPIN dan fitur SMS Banking Mandiri akan aktif otomatis.

Setelah semua persyaratan di atas Kamu penuhi, untuk proses daftar internet banking Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Cara Daftar e-Banking Mandiri Melalui Handphone

Adapun syarat perangkat yang dapat Kamu gunakan untuk proses daftar e-Banking Mandiri adalah Android dengan minimal menggunakan OS Lolipop 5.1. Sedangkan untuk iOS adalah versi 8 ke atas.

e-Banking Mandiri sudah mendukung penggunaan nomor operator Indosat, Telkomsel, Smartfren, XL, dan 3 (Tri). Pastikan juga pulsa Kamu mencukupi, karena aplikasi e-Banking (Livin) akan mengirimkan SMS verifikasi nomor. Biaya pengiriman SMS akan dibebankan kepada penerima.

  • Silakan Kamu download aplikasi Livin Mandiri di Google Play Store atau App Store;
  • Setelah aplikasi Livin Kamu download, sekarang masukkan Nomor Kartu Debit Mandiri pada aplikasi berikut Tanggal Lahir dan Expiry Date;
  • Lakukan verifikasi melalui SMS ke nomor handphone Kamu;
  • Setelah sukses verifikasi nomor Kamu, sekarang tentukan User ID serta Password aplikasi e-Banking. Gunakan password yang sulit diketahui orang lain namun mudah Kamu ingat;
  • Kamu masukkan alamat email dan tambahkan gambar profil. Setelah itu Kamu klik Buat Akun;
  • Sekarang Kamu masukkan MPIN yang telah Kamu dapatkan dari pendaftaran Tabungan Mandiri online atau dari kantor cabang Mandiri;
  • Selesai dan sekarang Kamu bisa mencoba Login dengan User ID serta Password yang telah Kamu tentukan tadi.

2. Cara Daftar e-Banking Mandiri Melalui ATM

  • Di ATM setelah memasukkan Kartu Debit Mandiri, pilih menu Registrasi e-Banking lalu ikuti semua instruksi yang tampil di layar ATM;
  • Silakan Kamu buat ID Akses menggunakan 16 digits yang tertera di Kartu Debit Kamu;
  • Setelah memperoleh kode akses, Kamu pergi ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk memperoleh Token;
  • Kemudian isi formulir registrasi e-Banking di kantor Bank Mandiri;
  • Kamu akan memperoleh email dari Bank Mandiri yang berupa ID Akses. Lalu silakan ambil token di kantor Bank Mandiri;
  • Langkah selanjutnya silakan Kamu Aktifkan Mandiri Internet serta Token di halaman ibank.bankmandiri.co.id;
  • Silakan Login dengan User ID dan Password yang telah Kamu dapatkan dari pihak Bank Mandiri.

Tingkat Keamanan Internet Banking Mandiri

Sebagai platform untuk mengakses layanan perbankan seperti e-Banking Mandiri, maka harus sudah teruji kualitas keamanannya. Supaya Kamu tidak ragu lagi untuk menggunakan aplikasi layanan e-Banking dari Bank Mandiri, berikut adalah perlindungan yang Mandiri tawarkan:

  • Setiap Kamu melakukan transaksi di e-Banking Mandiri maka akan menggunakan program internasional yang paling canggih saat ini. Setiap transaksi yang Kamu lakukan tidak akan mudah di retas oleh hacker. Pasalnya e-Banking Mandiri sudah memiliki standardisasi SSL 3.0 dengan enkripsi 128 bit;
  • Jika Kamu sudah terdaftar di e-Banking Mandiri maka akan memperoleh User ID dan Password unik. Maka dari itu User ID dan Password ini tidak akan sama atau terjadi duplikasi dengan nasabah Mandiri yang lain. Nasabah pun hanya memperoleh 3 kali kesempatan untuk memasukkan password ketika login. Sehingga hal ini bisa mencegah terjadi penyusupan kepada akun Bank Kamu;
  • Ketika nasabah melakukan transaksi e-Banking browser komputer atau laptop, maka pengguna harus menggunakan fitur keamanan tambahan yaitu token.

Baca Juga: Cara Transfer Internet Banking Mandiri, Sesama Bank dan Bank Lain (Antar Bank)

Dengan kehadiran e-Banking Mandiri tentu saja hal ini dapat memberikan kemudahan nasabah dalam setiap melakukan transaksi. Nasabah tidak perlu cape-cape harus datang ke ATM atau ke kantor Bank Mandiri lagi ketika ingin melakukan kegiatan transaksi. Untuk itu tidak ada alasan lagi dengan tidak menggunakan aplikasi layanan super canggih ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.