Senin, 20 September 2021

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Lengkap dengan Contoh dan Daftar Perintah

Cara Transfer SMS Banking Mandiri

Info Menarik – Setelah sukses daftar SMS Banking, yang jadi pertanyaan Kamu selanjutnya adalah bagaimana cara transfer SMS Banking Mandiri? Tenang, pada artikel ini saya akan membahas sampai tuntas. Kemudian tidak hanya cara transfer, namun lengkap dengan contoh berikut daftar perintah m-Banking Mandiri.

Baca Juga: Cara Daftar dan Aktivasi SMS Banking Mandiri di ATM Berikut Syarat Ketentuan

Untuk memudahkan nasabah ketika melakukan kegiatan transaksi, bank Mandiri telah menghadirkan berbagai macam teknologi perbankan mutakhir. Hal ini sama seperti bank lain, bank Mandiri telah menawarkan berbagai fitur transaksi yang tidak hanya dapat kita lakukan melalui jaringan ATM saja. Kemudian selain e-Banking, bank Mandiri juga menghadirkan m-Banking. Bahkan untuk pebisnis, bisa mencoba fitur Mandiri Internet Bisnis.

Melakukan transaksi finansial atau non finansial dengan SMS Banking Mandiri, merupakan alternatif lain jika Kamu berada di lokasi kurang stabil jaringan internet. Kemudahan ini akan menjadi pilihan Kamu karena dapat Kamu lakukan secara praktis dan efektif.

Jenis Transaksi m-Banking Mandiri

  • Dapat melakukan transfer dana baik itu transfer antar rekening bank Mandiri (sesama bank) atau transfer ke bank lain (antar bank);
  • M-Banking Mandiri dapat Kamu gunakan untuk cek saldo rekening tabungan serta tabungan pinjaman dan valas;
  • Dapat mengetahui informasi tagihan Mandiri Visa, suku bunga tabungan dan kurs Valuta Asing, suku bunga Deposito, dan mengetahui informasi 5 transaksi terakhir rekening Mandiri Kamu;
  • Kemudian bisa Kamu gunakan untuk melakukan pembayaran: Telkom, tagihan Mandiri Visa, Kartu Halo, Telkom Flexi, XPlor, Matrix, Esia, Fren, Garuda, StarOne, Air Esia, Air Efata, Merpati Air, Adam Air, Travel Agent, Riau Air, PBB, PLN, XL Kita, Kompas, CBN Internet, Indosat Net, Indo Vision, Kabel Vision, Axa Mandiri, Multiartha, Perbanas Jakarta, Bina Sarana Informatika, dan Amikom Yogya;
  • Selanjutnya dapat memberikan kemudahan dalam pembelian: voucher isi ulang IM3 Smart, Simpati, Mentari, Flexi Trendy, XL Bebas, Esia dan Fren, serta StarOne;
  • Demikian pula Kamu akan menerima notifikasi SMS ketika: kegiatan debit atau kredit pada nilai tertentu, penolakan cek atau bilyet giro, jatuh tempo rekening Deposito Mandiri, saldo rekening Mandiri pada nilai tertentu;
  • Selain itu Kamu dapat melakukan perubahan PIN.

Limit Transaksi m-Banking Mandiri

No Fitur Mandiri Limit (Rp) / Hari
1 Transfer 100 juta
2 Pembayaran Non Kartu Kredit 100 juta
3 Pembayaran Kartu Kredit:
– Bank Mandiri 100 juta
– Bank Lain 50 juta
4 Isi Ulang Pulsa 5 juta

Biaya SMS m-Banking Mandiri

Perlu Kamu ketahui, bank Mandiri tidak memberikan beban biaya untuk kegiatan transaksi melalui m-Banking (gratis). Sedangkan untuk biaya ini adalah beban dari operator telepon yang Kamu gunakan.

Untuk biaya SMS berbeda-beda, hal ini tergantung kebijakan dari operator yang Kamu gunakan.

  • Telkomsel: Kartu Halo Rp 500, Kartu AS Rp 550, dan Kartu Simpati Rp 550;
  • Indosat dan XL: Transaksi Informasi Rp 500, Transaksi Transfer, Pembayaran, dan Pembelian Rp 1.000;

Biaya di atas adalah biaya per-transaksi yang akan mengurangi jumlah pulsa Kamu jika menggunakan Pra Bayar. Jika Kamu menggunakan Pasca Bayar maka akan masuk ke tagihan bulanan.

Cara Transfer SMS Banking Mandiri Berikut Contoh

Terdapat dua cara untuk melakukan kegiatan transaksi menggunakan m-Banking Mandiri, yaitu: dengan cara Ketik SMS dan Pilih Menu.

Ketik SMS adalah transaksi yang Kamu lakukan dengan cara mengetik manual format perintah khusus pada layar SMS handphone. Selanjutnya SMS tersebut Kamu kirim ke nomor 3355. Cara ketik SMS ini dapat Kamu lakukan pada nomor telepon GSM dan juga CDMA.

Pilih Menu adalah kegiatan transaksi dengan cara memilih menu pada Mandiri SMS di ponsel. Layanan pilih menu ini hanya bisa Kamu nikmati pada nomor telepon GSM saja.

Adapun format perintah SMS Banking Mandiri itu tentu saja berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan kebutuhan Kamu. Di bawah saya akan memberikan contoh format transaksi yang paling sering digunakan.

Format Perintah Informasi Saldo

SAL(spasi)<kode rekening sendiri>(spasi)<4 digit terakhir rekening>. Contoh: SAL 1 5678

Format Perintah Informasi Mutasi 5 Transaksi Terakhir

TRN(spasi)<kode rekening sendiri>(spasi)<4 digit terakhir rekening>. Contoh: TRN 1 5678

Format Perintah Transfer ke Rekening Sendiri dalam Rekening Mandiri

TRS(spasi)<kode rekening sendiri 1>(spasi)<kode rekening sendiri 2>(spasi)<jumlah>. Contoh: TRS 1 2 1000000

Format Perintah Transfer ke Rekening Lain Sesama Bank Mandiri

TRT(spasi)<kode rekening sendiri>(spasi)<no rekening lain>(spasi)<jumlah>. Contoh: TRT 1 0700001234888 250000

Format Perintah Transfer ke Rekening Lain Antar Bank (Beda Bank)

TRB(spasi)<kode rekening>(spasi)<kode bank tujuan>(spasi)<nomor rekening tujuan>(spasi)<jumlah transfer>(spasi)<no referensi>. Contoh: TRB 1 002 0950107890888 1000000 1234

Contoh antar bank di atas adalah, transfer ke bank BRI (002). Selengkapnya untuk mengetahui kode bank seluruh Indonesia dapat Kamu lihat pada tautan berikut.

Jika format perintah SMS sudah Kamu kirim, nanti akan mendapat SMS balasan atau notifikasi. Jika semua informasi yang Kamu terima benar, silakan balas SMS tersebut dengan 2 digits PIN SMS Banking bank Mandiri.

Daftar Perintah SMS Banking Mandiri

Untuk mengetahui daftar perintah yang lain, silakan bisa Kamu download file berikut:

Download Daftar Perintah m-Banking Mandiri PDF

Baca Juga: Cara Transfer Internet Banking Mandiri, Sesama Bank dan Bank Lain (Antar Bank)

Mungkin hanya itu saja pembahasan tentang cara melakukan transfer m-Banking bank Mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.