Minggu, 19 September 2021

Mandiri Internet Bisnis ~ Manfaat, Cara Daftar, Hingga Cara Menggunakannya

Mandiri Internet Bisnis 1

Info Menarik – Untuk nasabah individu Bank Mandiri mungkin belum mengenal layanan Mandiri Internet Bisnis. Bagi mereka hanya tahu aplikasi Bank Mandiri yang sudah familiar saja yaitu Mobile Banking Livin.

Memang, Mandiri Internet Bisnis adalah layanan Bank Mandiri yang dirancang khusus untuk para pengusaha atau pebisnis. Aplikasi ini merupakan layanan perbankan elektronik yang Mandiri rancang untuk transaksi finansial maupun non-finansial khusus bagi nasabah bisnis, baik nasabah perorangan maupun korporasi.

Baca Juga: Bisnis yang Laku Tiap Hari Tidak Mengenal Hari Libur, Cocok Jadi Referensi Kamu

Bank Mandiri adalah salah satu bank milik negara yang paling populer di Indonesia. Bank ini menawarkan berbagai produk dan layanan tabungan yang cocok untuk nasabah individu maupun nasabah bisnis. Untuk nasabah individu bisa menikmati aplikasi Internet Banking (IBANK), sedangkan untuk nasabah bisnis dapat mengakses aplikasi Mandiri Internet Bisnis (MIB).

Layanan MIB secara umum mirip dengan IBANK. Namun Mandiri merancang MIB khusus hanya untuk para pengusaha, terutama usaha kecil dan menengah. Aplikasi MIB menyediakan banyak fitur dan layanan yang bermanfaat bagi para profesional keuangan.

Mandiri Internet Bisnis Layanan e-Banking Bank Mandiri

1. Pengertian Mandiri Internet Bisnis

Mandiri Internet Bisnis atau pada artikel ini kita sebut MIB saja adalah layanan perbankan elektronik Bank Mandiri untuk melakukan transaksi finansial seperti transfer ke sesama bank atau bank lain dan transaksi non finansial seperti cek saldo. Aplikasi MIB sangat cocok untuk klien bisnis dari perusahaan kecil hingga perusahaan menengah ke bawah.

Sedangkan untuk mengakses layanan MIB dapat Kamu lakukan di https://mib.bankmandiri.co.id/sme.

Di sana Kamu akan menemukan sejumlah fitur perbankan online seperti informasi rekening, pembayaran, transfer uang, pembelian, perjanjian manajemen, serta informasi bisnis lainnya.

Dengan bantuan layanan ini, Kamu dapat mengelola semua pengelolaan keuangan perusahaan Kamu dengan benar dan baik.

Bank Mandiri menyadari bahwa bisnis memiliki kebutuhan perbankan yang berbeda dengan nasabah individu. Untuk itulah layanan MIB Bank Mandiri perkenalkan. Produk ini lahir untuk menjawab kebutuhan para pengusaha akan transaksi yang cepat serta mudah.

Bagi pengusaha, waktu benar-benar uang. Oleh karena itu, setiap aktivitas yang Kamu lakukan harus dengan cara yang tepat. Salah langkah sekecil apa pun dapat kehilangan peluang untuk memaksimalkan bisnis dan akan kalah oleh pesaing.

2. Aplikasi Hanya Untuk Pelaku Bisnis

Di era yang serba cepat seperti saat ini, seluruh bank di Indonesia terus berinovasi dan meningkatkan kualitas mereka melalui kenyamanan dan keamanan nasabah dalam bertransaksi. Dalam hal ini Bank Mandiri juga merupakan salah satu bank BUMN terkemuka dan menjadi favorit banyak klien di Indonesia.

Bank Mandiri sudah membuktikan beberapa produk bermanfaat bagi nasabah mereka. Mulai dari SMS Banking, M-Banking, Mandiri I-Bisnis hingga Mandiri Corporate Management. Beberapa dari produk ini dapat nasabah gunakan untuk keperluan pribadi serta tujuan bisnis.

Khusus untuk para pebisnis yang memiliki banyak pekerjaan, Bank Mandiri meluncurkan aplikasi MIB. Layanan MIB yang memungkinkan para pebisnis Indonesia bertransaksi melalui smartphone tanpa harus mengantri di bank.

Dengan menggunakan internet banking, Kamu dapat melakukan berbagai fungsi transaksional. Mulai dari transfer, tagihan kartu kredit atau pembelian online, pembelian, deposit dan pembukaan rekening hingga informasi perbankan Mandiri lainnya.

Selanjutnya aplikasi MIB merupakan layanan perbankan elektronik untuk memproses transaksi keuangan dan non keuangan dengan menggunakan aplikasi Internet Banking. Fitur yang termasuk dalam layanan MIB meliputi informasi untuk memenuhi sejumlah aktivitas bisnis Kamu.

MIB merupakan produk layanan dari Bank Mandiri yang memudahkan nasabah dalam memproses transaksi dari rekening mereka. Tujuan utama dari fasilitas ini tentu saja untuk memudahkan bisnis.

3. Manfaat Menggunakan Mandiri Internet Bisnis

Dengan mendaftar untuk layanan ini, Kamu dapat dengan mudah mengelola operasi keuangan perusahaan. Kamu juga dapat bertransaksi kapan saja, di mana saja, dan tidak ada biaya bulanan atau batasan harian pada fitur transaksi yang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Selain itu, layanan ini juga memberikan keamanan bagi nasabah ketika aplikasi ini menggunakan keamanan SSL. Untuk masuk ke layanan ini, Kamu akan diminta untuk memasukkan ID Perusahaan, ID Pengguna, dan PIN Internet Banking. Selanjutnya untuk melakukan transaksi bisnis, Kamu harus menggunakan token agar keamanan lebih diperhatikan.

Sedangkan manfaat menggunakan layanan MIB adalah:

  • Menjadi lebih mudah bagi klien untuk mengelola operasi keuangan perusahaan (terutama yang direncanakan);
  • Tidak ada biaya dan batasan transaksi bulanan untuk meningkatkan kinerja pelanggan;
  • MIB dapat Kamu gunakan dimana saja, kapan saja, selama ada koneksi internet;
  • Keamanan terjamin karena aplikasi ini sudah lengkap dengan sistem keamanan SSL.

Baca Juga: Cara Menjadi Orang Sukses Berbisnis Meskipun Di Sekitar Banyak Saingan

4. Daftar Layanan Aplikasi untuk Bisnis

Layanan internet banking memang sangat penting untuk semua institusi perbankan. Untuk menciptakan kenyamanan nasabah, Bank Mandiri tentu saja tidak mau ketinggalan.

Selanjutnya untuk menjadi nasabah bisnis Bank Mandiri, pertama-tama tentu saja Kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Sedangkan untuk daftar, Kamu harus datang ke cabang Bank Mandiri terdekat. Proses daftar tidak sulit jika Kamu membawa sejumlah persyaratan berikut:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Rekening Tabungan untuk Perorangan serta bukti kepemilikan perusahaan;
  • Nasabah wajib mengisi formulir Aplikasi MIB;
  • Setelah Kamu menyelesaikan proses pendaftaran, selanjutnya Kamu akan menerima Starter Pack yang isinya buku petunjuk serta token yang dapat Kamu ambil setelah 14 hari kerja. Pengambilan dapat Kamu lakukan di Kantor Cabang tempat melakukan pendaftaran;
  • Kamu akan menerima ID Perusahaan, ID Pengguna dan PIN Internet Banking untuk login yang semuanya akan Kamu terima melalui alamat email.

5. Penggunaan Aplikasi

Setelah terdaftar, Kamu dapat melakukan transaksi melalui website resmi layanan MIB. Namun sebelumnya jangan lupa untuk mengaktifkan account Internet Banking.

Untuk mengaktifkan account Internet Banking, silakan login ke www.bankmandiri.co.id. Nanti akan muncul menu New User/New Registration. Kemudian pilih “Klik di sini”. Saat muncul halaman Mandiri Web Activation, baca syarat dan ketentuan lalu klik “Accept”.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan 16 digits access ID dan kode akses Internet Banking yang merupakan kode PIN. Kamu kemudian harus mengisi kolom Company ID, User dan Password untuk Login.

Kemudian Kamu harus memverifikasi diri menggunakan aplikasi di smartphone Android atau iOS. Kemudian Kamu juga harus kembali ke proses token jika ingin melakukan transaksi finansial.

Di aplikasi MIB, Kamu juga harus memasukkan daftar penerima terlebih dahulu. Setelah masuk daftar penerima, baru bisa melakukan transfer. Meskipun sedikit rumit tapi mudah Kamu pelajari dan tidak merepotkan karena dapat Kamu lakukan kapan saja serta di mana saja.

6. Tarif Layanan Aplikasi

Tarif tertentu berlaku untuk berbagai layanan aplikasi MIB. Jumlahnya tergantung pada layanan yang Kamu gunakan. Misalnya biaya penukaran token Rp 25.000, transaksi SKN Rp 3.500, dan transaksi RTGS Rp 15.000.

Dengan menggunakan layanan aplikasi MIB ini, Kamu juga bisa bertransaksi di luar negeri. Biayanya adalah $5 untuk telex dan $25 untuk jumlah penuh. Sedangkan untuk kebutuhan gaji pegawai, payroll tidak dihitung sama sekali jika rekening yang Kamu tuju adalah Bank Mandiri. Sementara itu, jumlah untuk rekening bank lain adalah Rp 2.500 per rekening.

7. Persyaratan Layanan Aplikasi

Layanan ini dapat Kamu gunakan oleh seluruh nasabah Bank Mandiri, namun dengan beberapa syarat, yaitu:

  • Memiliki rekening Bank Mandiri, baik rekening giro atau tabungan bisnis;
  • Menyerahkan asli serta salinan bukti kepemilikan rekening dan melengkapi, menandatangani Formulir Permohonan Internet Banking di Kantor Manajemen Rekening;
  • Jika layanan ini mencakup rekening orang lain, Kamu juga harus memberikan surat kuasa asli dari pemegang rekening;
  • Jika suatu rekening atas nama pihak ketiga dihentikan untuk keperluan transaksi, Kamu harus memberitahu bank bersama dengan penarikan awal dari pemegang rekening. Baca, pahami, dan tanda tangani Terms of Service Mandiri Internet Bisnis.

8. Transfer Menggunakan Aplikasi

Aplikasi MIB menawarkan fungsionalitas yang jauh lebih luas daripada penggunaan individu. Tampilan aplikasi MIB dan IBANK relatif sama, sehingga masih memudahkan nasabah. Di bawah ini adalah contoh cara melakukan transaksi transfer bank ke rekening sesama Bank Mandiri.

  • Langkah awal, masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Kamu;
  • Pilih transfer kemudian pilih transfer sesama rekening mandiri;
  • Pastikan nomor rekening sudah sesuai;
  • Transfer Antar Mata Uang: Pilih Tidak jika Kamu akan mentransfer dalam mata uang yang sama yaitu (IDR);
  • Pilih daftar tujuan transfer yang ditunjukkan oleh ikon pencarian. Jika Kamu memilih ikon tersebut, Kamu akan melihat transaksi yang telah Kamu lakukan dan selesaikan sebelumnya;
  • Masukkan Deskripsi maksimal 20 karakter. Jika lebih dari 20 karakter, Kamu dapat menambahkan penjelasan di bagian detail transaksi;
  • Pada bagian waktu pelaksanaan, Kamu dapat mengkonfigurasi dengan waktu transfer. Artinya, jika Kamu ingin menjadwal ulang besok, Kamu dapat memasukkan tanggal dan waktu sesi di menu. Selanjutnya jika Kamu ingin melakukan transfer saat itu juga, dapat memilih waktu Sekarang;
  • Kemudian untuk notifikasi, jika sebelumnya Kamu telah menentukan penerima tertentu dengan memasukkan pemberitahuan di bagian ini, alamat email akan terisi secara otomatis saat memilih daftar penerima;
  • Setelah memasukkan informasi transfer, Kamu dapat melanjutkan dengan memilih informasi di sudut kanan bawah.

9. Daftar Tarif Limit serta Biaya Layanan Aplikasi

Untuk pengguna layanan aplikasi MIB terbagi menjadi dua, yaitu: Limit Single User dan Limit Non-Single User. Tentu saja hal ini memiliki nilai-nilai minimum serta maksimum yang berbeda. Sedangkan untuk biaya layanan ini masih sama.

Selanjutnya perlu Kamu ketahui bahwa selain biaya limit di atas, Bank Mandiri juga menentukan biaya untuk pembuatan token dan hal ini tentu saja hanya untuk pengguna layanan aplikasi MIB.

Pengguna MIB akan dikenakan biaya Rp 50.000 untuk pembuatan token baru dan Rp 100.000 untuk token yang hilang atau rusak. Sedangkan untuk penggantian token karena baterai habis, Mandiri tidak akan meminta pembiayaan.

Baca Juga: Pelajari 10 Penyebab Penting Kenapa Bisnis Online Anda Sering Gagal

Mungkin sampai ini saja pembahasan Mandiri Internet Bisnis. Pada dasarnya dengan adanya aplikasi MIB akan memudahkan kepentingan bisnis Kamu dari segi finansial dan non-finansial. Semoga artikel bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.