Rabu, 25 Januari 2023

Cara Mewarnai Mata di Photoshop dengan Cepat Menggunakan Color Balance

Info Menarik – Dalam hal edit foto atau gambar memang Photoshop-lah termasuk program yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari banyaknya tool Photoshop, salah satu diantaranya adalah kita bisa mewarnai bola mata, rambut, kulit, gambar rumah, dan sebagainya. Gambar yang dihasilkan hampir mendekati sempurna dan hampir tidak terlihat hasil editing komputer. Terlebih lagi jika pengerjaannya ditangani oleh seorang yang profesional dibidangnya.

Dari dulu hingga sekarang program Photoshop merupakan salah satu program andalan bagi seseorang yang bergelut di bidang desain grafis. Karena selain memiliki tool lengkap, juga tampilan Photoshop termauk cukup mudah kita gunakan meskipun tingkat pemula (user friendly).

Baca Juga : Cara Membuat Animasi Format GIF Dengan Photoshop

Kembali ke topik permasalahan …

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa di Photoshop itu kita bisa mengedit foto untuk pemberian warna, salah satunya adalah memberi warna pada bola mata. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

Cara Mewarnai Mata di Photoshop 0

Gambar di atas itu sudah saya edit atau sudah saya beri warna pada bola matanya. Jika Kamu ingin tahu bagaimana langkah-langkahnya, silakan ikuti saja artikel ini sampai selesai …

Agar mudah dalam mengikuti tutorial, sebaiknya Kamu gunakan gambar yang sama persis dengan tutorial ini. Silakan download gambar mata yang sudah saya siapkan pada tombol di bawah ini:

Cara Mewarnai Mata Pada Foto atau Gambar di Photoshop

1. Buka Photoshop dan Foto atau Gambar

Langkah awal setelah selesai download foto atau gambar selanjutnya silakan Kamu buka Photoshop yang sudah terinstall di komputer atau laptop. Dalam artikel ini saya menggunakan Photoshop CS3.

Setelah program Photoshop terbuka selanjutnya Kamu buka foto atau gambar yang sudah Kamu download tadi. Untuk membuka file silakan klik menu File kemudian Open atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + O di keyboard secara bersamaan.

Langkah selanjutnya setelah gambar atau foto berhasil Kamu open pada layar kerja Photoshop, kemudian duplikat gambar dengan cara menekan tombol Ctrl + J pada keyboard secara bersamaan sehingga pada Pallet Layers akan menghasilkan sebuah Layer duplikat.

Cara Mewarnai Mata di Photoshop 1

2. Seleksi Bagian yang Akan Diberi Warna

Sekarang tugas kita adalah menyeleksi bagian yang akan kita beri warna. Dalam tutorial ini kita akan mewarnai bola mata yang ada pada foto atau gambar. Maka oleh karena itu silakan Kamu seleksi bola mata menggunakan Ellipse Tool (lingkaran).

Kamu setting juga pada Toolbar Ellipse Tool menjadi Paths.

Cara Mewarnai Mata di Photoshop 2

Jika sudah menyeleksi atau membuat lingkaran pada bagian mata yang akan kita beri warna lain, klik kanan di lingkaran yang baru saja kita buat lalu klik Make Selection… Setting Feather Radius menjadi 0 pixels.

Cara Mewarnai Mata di Photoshop 3

3. Beri Warna Lain pada Bola Mata

Setelah bagian bola mata terseleksi dengan benar, sekarang saatnya kita beri warna sesuai dengan keinginan.

Sebetulnya dalam memberi warna pada mata ini banyak sekali caranya. Namun pada artikel ini saya akan memberi warna pada mata menggunakan Color Balance. Untuk mengaktifkan Color Balance tekan tombol Ctrl + Alt + B pada keyboard secara bersamaan.

Pemberian warna menggunakan Color Balance terdiri dari 3 pilihan Tone Balance, pada tutorial ini saya memilih model tone Midtones. Untuk warnanya silakan Kamu sesuaikan saja, atau jika ingin menyamakan dengan tutorial ini, bisa melihat contoh pengaturan pada gambar di bawah ini:

4. Hapus Warna yang Tidak Diinginkan

Selesai menentukan warna yang tepat, selanjutnya klik menu Layer > Layer Mask > Reveal Selection. Maka otomatis pada Pallet Layers akan terbentuk sebuah Layer Mask baru.

Tentunya Kamu kurang puas dengan proses pemberian warna pada mata ini. Karena masih terlihat warna yang keluar dari bola mata. Hal ini tentu saja pengerjaan kita terlihat tidak rapih. Kita meski menghapus warna yang diluar bola mata tersebut.

Untuk menghapusnya, silakan gunakan Brush Tool. Karena tutorial ini masih sama langkahnya dengan cara pemberian warna pada rambut, silakan Kamu bisa lihat tutorial Cara Mewarnai Rambut dengan Photoshop.

Bagaimana mudah bukan? Ok, selamat mencoba dan semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. Ref yg bagus, makasih pencerahannya tentang photoshop…

  2. Ah, jadi inget masa-masa kuliah waktu aktif-aktifnya pake photoshop euy..

  3. oke, simak saja dulu mba tutorialnya …

  4. milih warnanya pas, mata hijau, coba warna merah, serem kayaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.