Home / Teknologi / Cara Meminimalisir Dampak Negatif Teknologi Internet Terlebih Untuk Anak

Cara Meminimalisir Dampak Negatif Teknologi Internet Terlebih Untuk Anak

Cara Meminimalisir Dampak Negatif Teknologi Internet – Ditengah kemajuan jaman yang semakin hari semakin pesat, teknologi internet menjadi hal yang sangat kita butuhkan dalam aktivitas kita sehari-hari. Rasanya, semua aspek dalam kehidupan kita bergantung pada manfaat dari internet itu sendiri. Akan tetapi, apakah dampak negatif teknologi internet itu tidak ada?

Baca Juga : Cara Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif

Maka jawabannya adalah jelas ada. Sama seperti teknologi lain pada umumnya, internet juga memiliki dampak negatif yang jika tidak ditangani dengan baik bisa merugikan diri Anda sendiri. Dan berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif teknologi internet.

Apa Saja Dampak Negatif Teknologi Internet?

Seperti yang teah disinggung sebelumnya, bahwa internet juga memiliki beberapa dampak negatif yang tidak bisa dipandang sebelah mata atau sepele. Hal ini dikarenakan jika dampak negatif teknologi internet tersebut kita biarkan saja, maka yang terjadi adalah diri kita sendiri akan menjadi rugi karena dampak negatif tersebut.

Lalu, apa saja sih sebenarnya dampak negatif teknologi internet itu?

1. Penyalahgunaan Internet

Dampak negatif teknologi internet yang pertama adalah adanya penyalah gunaan internet. Belakangan ini sering kita jumpai kasus yang dilatar belakangi oleh penyalah gunaan internet, dan hal itu menjadi satu bukti bahwa tidak selalu internet memberikan pengaruh positif, akan tetapi juga negatif.

Banyak sekali bentuk dari penyalah gunaan internet seperti contohnya adalah kejahatan dunia maya (cybercrime), kemudian cyber bullying, penyebaran hoax yang masif, dan masih banyak lagi. Kejahatan-kejahatan tersebut diakibatkan karena masih banyak orang yang belum memahami hakikat dan kaidah penggunaan internet, dan malah menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik.

2. Sifat Asosial

Sifat asosial atau anti sosial bisa muncul pada diri pengguna internet apabila mereka sudah sampai taraf kecanduan internet hingga mengabaikan kehidupan nyata yang mereka miliki. Sifat asosial tersebut juga bisa terbentuk dalam sifat yang individualis.

Seringkali kita cenderung untuk mengabaikan lingkungan sekitar kita karena asyik dengan internet dalam artian terlalu nyaman dengan dunia maya dari pada dunia asli yang harusnya tidak boleh kita abaikan. Dan inilah yang menjadi akar dari adanya sifat asosial tersebut.

3. Menganggu Kesehatan

Dan dampak negatif teknologi internet yang terkahir adalah mengganggu kesehatan, terutama kesehatan mata. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berselancar di dunia maya, tentunya bisa membuat kesehatan mata kita menjadi terganggu.

Bagaimana Cara Meminimalisir Dampak Negatif Tersebut?

Nah, setelah mengetahui dampak negatif teknologi internet, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif tersebut?

1. Pahami Hakikat Penggunaan Internet

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari internet adalah dengan memahami hakikat dari internet. Yang harus selalu diingat adalah bahwa internet merupakan sebuah alat, atau media yang memiliki fungsi untuk mempermudah segala kegiatan atau aktivitas manusia dalam kesehariannya.

Sehingga, sebagai seorang pengguna agaknya jangan sampai kita malah menjadi budak dari internet itu sendiri. Pahamilah selalu bahwa internet hanya menjadi alat untuk kita bukan malah membuat kita mengabaikan kehidupan nyata yang harus kita jalani sehari-hari.

2. Harus ada Hukum yang Tegas dan Mengikat

Kemudian, langkah kedua yang bisa diambil untuk menimaliasir dampak negatif dari teknologi internet ini merupakan langkah yang berasal dari pemerintah. Yang mana harus membuat suatu hukum yang tegas dan mengikat dalam rangka untuk melindungi para pengguna internet dan dalam waktu yang bersamaan juga mencegah terjadinya kejahatan internet atau cybercrime yang bisa merugikan masyarakat.

3. Batasi Penggunaan Harian

Dan langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif dari internet adalah dengan membuat batas penggunaan harian dari internet itu sendiri. Hal ini menjadi penting karena dengan membuat batas semacam ini, kita bisa mengatur dan membatasi diri dari bahaya kecanduan internet yang mengancam setiap pengguna internet.

Baca Juga : Teknologi Selain Mempunyai Efek Positif Ternyata Memiliki Dampak Negatif Juga

Nah, itulah informasi lengkap mengenai dampak negatif internet dan bagaimana cara untuk dapat meminimalisir dampak negatif teknologi internet tersebut. Semoga sebagai seorang pengguna dan pemanfaat internet, kita bisa menggunakannya dengan bijak ya!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.