Home / Pendidikan / 7 Jurusan Kuliah Yang Paling Diminati Lulusan SMA Karena Memiliki Prospek Cerah

7 Jurusan Kuliah Yang Paling Diminati Lulusan SMA Karena Memiliki Prospek Cerah

Jurusan Kuliah Yang Paling Diminati Lulusan SMA – Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion tentu sangat disarankan. Pasalnya, Anda bisa memiliki pekerjaan atau karir sesuai dengan disiplin ilmu. Tentu jurusan kuliah yang memiliki prospek dan peluang cerah menjadi rebutan banyak lulusan SMA dari berbagai wilayah. Apalagi Anda yang membidik masuk jurusan kuliah favorit di PTN ternama, wajib menyiapkan diri agar lolos seleksi dari ribuan orang. Berikut 5 jurusan kuliah paling diminati sejak dulu hingga sekarang yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tepat Tak Salah Jurusan Sesuai Kepribadian

Berikut 7 Jurusan Kuliah Yang Paling Diminati Lulusan SMA Karena Memiliki Peluang Cerah

1. Kedokteran

Sejak jaman dahulu sampai era digital saat ini, jurusan Ilmu Kedokteran masih menjadi jurusan kuliah yang paling favorit. Anak-anak yang masuk jurusan Kedokteran dikenal cerdas, tekun dan berani menerima semua tantangan. Kuliah kedokteran juga menjamin masa depan yang lebih cerah untuk karir Anda mendatang. Tak hanya bisa berkarir sebagai dokter umum saja, Anda bisa pula mengambil bidang spesialisasi yang lebih menantang seperti dokter anak, dokter gizi, dokter kandungan, dan lain-lain.

2. Akuntansi

Jurusan kuliah paling diminati lulusan SMA selanjutnya adalah Akuntansi. Jurusan yang masuk dalam Fakultas Ekonomi memang paling diincar pada saat seleksi penerimaan mahasiswa baru di Indonesia. Tak heran kalau Akuntansi masuk dalam grade tertinggi. Selain itu, jurusan Manajemen di Fakultas yang sama juga tak kalah menarik. Lulusan Akuntansi atau Manajemen dicari banyak instansi dan perusahaan untuk memenuhi kualifikasi staf keuangan terbaik.

3. Teknik Informatika

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, jurusan kuliah paling diminati lulusan SMA selanjutnya adalah Teknik Informatika. Prospek karir yang cerah menjadi alasan utama anak-anak memilih jurusan favorit ini. Anda bisa memiliki peluang karir sebagai analis data IT, pengembang software atau perintis bisnis startup yang digandrungi Millenial. Buat Anda yang suka ilmu Matematika dan komputer, wajib masuk dalam jurusan Teknik Informatika.

4. Sastra Inggris

Kenapa banyak lulusan sekolah menengah ingin mempelajari Sastra Inggris? Sebab jurusan kuliah paling diminati lulusan SMA ini memiliki peluang karir yang mentereng. Anda bisa mempelajari segala hal mengenai bahasa Inggris termasuk budaya, sejarah dan linguistik. Banyak prospek kerja yang membutuhkan lulusan Sastra Inggris antara lain penulis, tour guide, dosen, pariwisata, dan lain-lain. Kalau Anda mengambil jurusan Sastra Inggris konsentrasi minat penerjemahan, peluang menjadi seorang penerjemah handal dengan bayaran fantasis sangat besar.

5. Teknik Industri

Tidak hanya lulusan SMA saja, banyak lulusan SMK juga tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan kuliah paling diminati yaitu Teknik Industri. Anda akan belajar mengenai Ilmu Teknik, Manajaemen, Matematika dan Fisika. Tiga bagian vital yang dipelajari dalam jurusan Teknik Industri adalah sistem manufaktur, manajemen industri serta sistem industri dan teknik ekonomi.

Lulusan Teknik Industri dibutuhkan di berbagai perusahaan swasta atau lembaga pemerintah. Anda bisa menjadi bagian staf manajemen yang memiliki peran besar dalam memajukan produktifitas perusahaan. Tak heran kalau bayaran fresh graduate lulusan TI sangat besar.

6. Hukum

Sebagai negara besar dengan jumlah penduduk mencapai 262 juta jiwa, Indonesia merupakan negara multietnis yang beragam. Permasalahan hukum baik perdata atau pidana bukan hal yang asing di Indonesia. Tak heran kalau lulusan Hukum memiliki prospek karir besar sebagai pengacara atau bergabung dalam lembaga advokat. Jurusan ini masih menjadi pilihan favorit banyak kalangan setelah lulus SMA/Sederajat.

7. Ilmu Komunikasi

Prospek karir cemerlang juga ditawarkan jurusan kuliah paling diminati lulusan SMA yaitu Ilmu Komunikasi. Ilmu yang mempelajari Komunikasi Massa, Hubungan Masyarakat dan Periklanan akan membantu Anda memiliki pekerjaan impian. Lapangan pekerjaan terbuka luas untuk jurusan Ilmu Komunikasi mulai bekerja di media cetak, televisi  hingga staf marketing komunikasi di perusahaan-perusahaan besar. Lembaga swadaya masyarakat pun membutuhkan jasa humas yang memahami komunikasi dengan baik.

Baca Juga : 5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Tentu masih ada banyak jurusan kuliah paling diminati lulusan SMA yang tidak pernah lekang oleh waktu seperti Psikologi, Arsitektur dan lain-lain. Jurusan kuliah favorit yang memiliki prospek kerja luas tentu memiliki seleksi cukup ketat. Siapkan diri Anda sebaik mungkin agar bisa lolos seleksi di antara ribuan sampai jutaan calon mahasiswa yang mendaftar. Pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan keinginan atau bakat minat Anda ya!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.