Home / Teknologi / 10 Cara Mengenalkan Teknologi Pada Anak Usia Dini Yang Efektif

10 Cara Mengenalkan Teknologi Pada Anak Usia Dini Yang Efektif

Cara Mengenalkan Teknologi Pada Anak

Info Menarik – Cara mengenalkan teknologi pada anak sejak usia dini sangat penting. Perkembangan teknologi pada saat ini tidaklah mudah untuk dihindari. Apalagi untuk anak-anak yang masih berusia dini. Ketika kita sudah mengurangi penggunaannya, namun lingkungannya tidak mendukung, maka perkembangan teknologi ini akan berdampak. Masalah yang kemudian terjadi adalah kecanduannya anak-anak terhadap permainan yang disajikan pada gawai ataupun tontonan yang tidak seharusnya.

Baca Juga : Penting Diketahui, Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi Dengan Tepat

Sebagai orang tua yang bijak, ketahuilah waktu yang tepat kapan anak-anak bisa memulai memainkan gawai atau mengenal tekonologi komputer. Selain itu, selalu kontrol penggunaannya ketika memang anak-anak telah diperbolehkan untuk memakai gawai. Karena pada dasarnya mereka juga harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dengan baik. Sehingga ilmu yang mereka dapat sesuai dengan kemampuan.

Cara Mengenalkan Teknologi Pada Anak Usia Dini

Agar anak-anak diusia dininya tepat saat mengenal teknologi dan tidak menjadi kecanduan, orang tua sebaiknya memiliki trik khusus untuk menanganinya. Berikut adalah tips yang efektif cara mengenalkan teknologi pada anak usia dini.

10 Tips Penting Cara Mengenalkan Teknologi Terhadap Anak Melalui Arahan Orang tua

1. Pahami pengembangan keterampilan anak

Berbeda umur maka berbeda pula kebutuhan dan perkembangan mental anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua sebaiknya mengenali keterampilan-keterampilan apa yang seharusnya diketahui anak-anak pada umur-umur tertentu. Sehingga, mereka akan berkembang sesuai dengan perkembangan mental mereka.

Meskipun ada dampak negatif yang ditimbulkan dari pengenalan gawai sejak dini, namun mereka juga harus mengenali secepat mungkin. Untuk menyiasatinya pilihlah program-program khusus yang menunjang perkembangan pertumbuhan mental mereka. Sehingga pengenalan teknologi pada anak usia dini  dapat sesuai dengan umurnya.

2. Membatasi keamanan gawai

Internet merupakan tempat dimana apapun ada, termasuk cyberbullying. Bahkan informasi-informasi yang seharusnya tidak boleh dilihat oleh anak-anak akan terlihat juga. Oleh karena itu, orang tua harus paham penggunaan gawai. Sehingga dapat melakukan pembatasan terhadap konten yang hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak usia dini. Hal ini untuk menjaga agar anak-anak tidak terkontaminasi tontonan dewasa.

3. Instal aplikasi yang sesuai

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang ditawarkan pada play store atau app store. Oleh karena itu, tidak membiarkan anak-anak menginstal sendiri adalah jalan terbaik untuk membatasi penggunaannya. Orang tua harus membekali gawai dengan aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang perekembangan keterampilan mereka.

Baca Juga : Jangan Salah! Berikut Tips Memilih Game Android Yang Baik Untuk Anak-Anak

Misalnya untuk menunjang visual, motorik dan bahasa orang tua dapat menginstal permainan pengenalan warna ataupun pengenalan bahasa. Sehingga, selain untuk bermain gawai dapat memberikan ilmu untuk anak-anak. Yang pada akhirnya perkembangan kecerdasannya dapat berkembang dengan baik.

4. Batasi penggunaannya

Bermain gawai dapat membuat anak-anak kecanduan jika orang tua tidak memahaminya. Biasakan untuk membatasi lama penggunaannya, agar mereka  tidak terlalu lama bermain gawai. Hal ini karena dapat mengganggu kesehatan mata dan badan bagian belakang. Selain itu, dapat menimbulkan nyeri sendi pada tangan. Oleh karena itu, orang tua harus segera menyadari jika si kecil terlalu lama bermain gawai.

5. Picu keingintahuan si kecil

Anak-anak yang masih dini, memanfaatkan gawai hanya untuk bermain dan belajar hal-hal sederhana yang pada dasarnya tanpa gawai mereka masih dapat belajar dan bermain. Oleh karena itu, orang tua harus tahu bagaimana cara mengganti gawai dengan permainan yang nyata. Sebaiknya pilihlah mainan yang mampu memicu keingintahuan anak-anak dalam hal teknologi. Misalnya membelikan mainan pesawat.

Permainan yang memicu keingintahuan tentang teknologi otomatis akan menghantarkan konten-konten yang hanya berhubungan dengan teknologi. Sehingga, anak-anak tidak terkontaminasi dengan tontonan dewasa dan dapat manfaat dari perkembangan teknologi pada anak usia dini. Selain itu, gawai akan lebih bermanfaat dibandingkan hanya untuk bermain saja.

6. Atur konten perlindungan anak

Salah satu aplikasi yang paling banyak diminati anak-anak adalah Youtube. Selain dapat menonton film anak-anak, mereka juga dapat belajar apapun yang mereka inginkan. Oleh karena itu, lakukan pengaturan terhadap tayangan-tayangan yang mungkin tidak cocok untuk anak-anak. Sehingga tayangan yang muncul hanyalah konten untuk anak-anak saja.

Selain itu, orang tua juga tetap harus mengawal anak-anak ketika mereka menonton youtube. Sebaiknya ketika anak-anak sedang menonton youtube orang tua juga ikut menontonnya. Sehingga ketika ada konten yang belum sesuai perkembangan umur mereka orang tua dapat menjelaskannya dengan baik.

7. Ajak interaksi

Meskipun bermain gawai dapat meningkatkan kecerdasan pengetahuannya, lebih cepat dalam kemampuan membaca dan berhitung serta mengenali warna. Namun, ketika si kecil terlalu banyak bermain gawai, akibatnya kemampuan sosial dan psikomotoriknya tidak berkembang dengan baik. Ini merupakan salah satu dampak negatif teknologi pada anak usia dini yang arus dihindari orang tua.

Sekali-kali ajak anak-anak berinteraksi dengan orang tua dengan mengajaknya bertemu dengan teman-teman seumurannya atau bermain di taman bersama. Selain dapat mengalihkan anak dari gawai, kemampuan psikomotorik dan sosialnya dapat berkembang dengan baik.

8. Menjadi teladan

Pengenalan anak-anak pada dunia digital sejatinya adalah dari kebiasaan orang tua mereka. Orang tua yang tidak bisa lepas dari gawai membuat anak-anak menjadi penasaran dengan apa yang selalu dipegang orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus menjadi teladan yang baik untuk anak-anak. Lakukan kebiasaan yang baik terhadap gawai, misalnya tidak membawa handphone saat makan atau saat ngobrol.

Selain itu, sebisa mungkin tidak memegang gawai ketika orang tua sedang berinteraksi dengan anak-anak. Berikan perhatian yang tulus ketika sedang berinteraksi dengan anak-anak. Memberikan perhatian tulus akan membuat mereka merasa dihargai ketika mereka sedang bermain bersama orang tua mereka. Sehingga pengenalan teknologi pada anak usia dini tidak perlu dikhawatirkan.

9. Miliki kemampuan soal gawai

Orang tua selain sebagai teladan yang baik, sebaiknya  harus memiliki kemampuan dasar soal gawai. Sehingga, gawai dapat benar-benar terkontrol oleh orang tua. Meskipun orang tua sudah melakukan pengaturan terhadap konten-konten yang dianggap tidak sesuai dengan umur anak. Sehingga pengenalan teknologi pada anak usia dini dapat tepat dan tidak berdampak negatif.

10. Ikuti passion anak

Adanya pengawasan selama menggunakan gawai dapat membantu orang tua untuk mengenali passion anak mereka. Sehingga orang tua dapat melakukan pengembangan dan dukungan terhadap passion mereka. Selain dapat meningkatkan kemampuan anak-anak, lama-lama mereka tidak tergantung pada gawai untuk bermain. Namun akan ada pergeseran fungsi menjadi mengakses ilmu pengetahuan.

Baca Juga : Adakah Nilai Positif Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!

Arahkan anak-anak untuk menekuni passion mereka dengan didukung teknologi yang semakin pesat seperti ini. Sehingga, kemampuan mereka akan lebih bagus dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengenal gawai sejak dini. Perlu diingat orang tua adalah mengenalkan teknologi pada anak usia dini memiliki dua sisi, positif dan negatif. Oleh karena itu, selalu bijaklah saat anak-anak memang waktunya mengenal teknologi.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.