Home / Kesehatan / Cara Mengobati Wasir, Bisa Dengan Ramuan Tradisional Tanpa Efek Samping

Cara Mengobati Wasir, Bisa Dengan Ramuan Tradisional Tanpa Efek Samping

Cara Mengobati Wasir Dengan Ramuan Tradisional – Wasir bisa saja bukan salah satu penyakit yang mematikan, namun jika tidak diobati dengan segera maka akibatnya bisa fatal, yakni bisa menganggu system saraf. Karena itu agar tidak terlanjur fatal dan menyebabkan sakit yang lebih parah, maka ada cara mengobati wasir, diantaranya bisa tanpa operasi, namun juga sudah parah, maka tidak ada jalan lain selain operasi.

Wasir merupakan penyakit yang mengakibatkan pembuluh darah membesar atau membengkak di area anus atau dubur. Pembengkakan ini terjadi akibat aliran darah yang menuju dubur terhalang.

Baca Juga : Waspadai 4 Stadium Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya Segera

Pembuluh darah membengkak di area anus yang kemudian jadi penyakit wasir ini terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat. Misalnya, Anda terlalu sering duduk pada posisi yang sama terus menerus, hal ini kemudian diperparah dengan kurangnya minum air putih atau bahkan kurang mengonsumsi makanan berserat.

Selain pola hidup yang kurang sehat, faktor lain seperti mengejan terlalu keras saat Buang Air Besar (BAB), obesitas atau berat badan berlebih, dan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas bisa jadi penyebab timbulnya wasir.

Wasir ini sering juga disebut ambeien. Tatkala penyakit ini menyerang, Anda akan merasakan sakit luar biasa pada bagian dubur yang diiringi dengan keluarnya lendir yang disertai darah pada saat BAB.

Gejala lainnya dari wasir ini adalah munculnya benjolan pada anus disertai rasa panas serta gatal. Jika kemudian lender yang keluar disertai dengan darah, maka bisa dipastikan ambeiein yang diderita sudah cukup parah.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini, cara mengobati wasir dilakukan dengan operasi, yakni operasi pengangkatan bejolan yang ada pada anus atau dubur. Tetapi jika wasir belum parah atau masih gejala-gejala awal, maka bisa diatasi dengan ramuan tradisional.

Ramuan tradisional ini cukup mudah untuk dibuat karena berasal bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, sehingga Anda tak perlu repot untuk mendapatkannya.

Untuk lebih jelasnya berikut cara mengobati wasir dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan, seperti dikutip dari harapanrakyat.com:

1. Kulit Manggis

Kulit mangggis memiliki zat anti oksidan atau anti racun, yang juga disertai zat xanthone. Karena itu kulit manggis ini berkhasiat dalam mengobati kanker, diabetes hingga bisa menghentikan peradangan.

Untuk menjadikan kulit manggis sebagai ramuan tradisional dalam cara mengobati wasir secara alami, terlebih dahulu kulit manggis harus dikeringkan, setelah itu Anda bisa merebus kulit manggis yang sudah kering tersebut. Selanjutnya tinggal diminum air rebusannya. Pastikan Anda meminumnya setiap hari untuk hasil pengobatan wasir yang maksimal.

2. Bawang Putih

Sebagian orang mungkin tidak suka bawang putih lantaran baunya, namun bahan yang kerap ditemukan di dapur ini memiliki khasiat yang tak bisa diragukan untuk kesehatan.

Hal ini karena bawang putih mengandung vitamin C, zat besi, kalsium, dan terutama allicin yang membuat bawang putih bisa dimanfaatkan untuk cara mengobati wasir. Allicin yang terkandung dalam bawang putih berkhasiat sebagai anti bakteri dan juga anti oksidan.

Ramuan herbal untuk mengatasi wasir dari bawang putih bisa Anda buat, pertama dengan menyediakan terlebih dahulu dua suing bawang putih, tumbuk bawang putih tersebut sampai lembut. Hasil tumbukan bawang putih inilah yang kemudian bisa dioleskan pada bagian dubur atau anus yang benjol karena wasir.

Jika Anda ingin memanfaatkan bawang putih untuk membasmi bakteri dalam tubuh, anda bisa membuat jus dari bawang putih ini dan meminumnya tiap hari. Tentu saja ini bagi Anda yang tidak alergi terhadap bau bawang putih yang cukup menyengat itu.

3. Akar Kangkung

Kangkung dikenal sebagai sayuran yang kaya akan zat besi. Daunnya bisa Anda olah sebagai masakan, sementara akar kangkung ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi wasir.

Akar kangkung ternyata juga mengandung vitamin B1 dan vitamin C, selain itu juga kaya akan kalsium, fosfor dan protein. Hal ini amat bermanfaat untuk mengatasi wasir yang belum cukup parah.

Untuk memanfaatkan akar kangsung sebagai cara mengobati wasir, akar kangkung harus direbus terlebih dahulu dengan dua gelas air, setelah itu angkat ketika sudah mendidih dan tersisa satu gelas air, nah rebusan itu bisa Anda minum untuk mengatasi wasir.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya selain berkhasiat untuk menyuburkan rambut, ternyata juga ampuh sebagai salah satu alternative untuk mengatasi wasir. Hal ini lantaran lidah buaya mengandung zat antioksidan dan juga detoksifikas tubuh.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati wasir, Anda bisa mencucinya dan memotong-motongnya jadi beberapa bagian terlebih dahulu. Selanjutnya Anda blender sampai halus, jus dari lidah buaya ini bisa Anda minum untuk mengobati wasir.

5. Daun Sirsak

Cara mengobati wasir lainnya adalah dengan memanfaatkan daun sirsak yang mengandung senyawa anti bakteri. Cara membuat ramuan herbal dari daun sirsak juga cukup mudah.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat ramuan tradisional dari daun sirsak adalah merebus lima lembar daun sirsak dengan dua gelas air. Biarkan mendidih dan matang, setelah tersisa satu gelas, matikan api dan tuangkan ke dalam gelas. Anda bisa meminumnya pada malam hari atau pun pagi hari.

6. Cocor Bebek

Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan tanaman cocor bebek untuk mengatasi wasir. Cocor bebek mungkin dikenal sebagai tanaman hias, namun ternyata cocor bebek mengandung magnesium malat, tanin, biofilin, kalsium yang berkhasiat sebagai anti peradangan.

Anda perlu membersihkan cocor bebek terlebih dahulu sebelum memanfaatkannya untuk obat herbal untuk mengatasi wasir. Selanjutnya jemur sampai kering lalu tumbuk sampai halus.

Hasil cocor bebek yang sudah ditumbuk ini bisa langsung diseduh dengan air panas, caranya sama seperti ketika Anda menyeduh teh. Setelah selesai Anda bisa meminumnya untuk mengobati wasir.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati wasir. Bahannya cukup mudah didapat, begitupun cara membuatnya pun amat mudah. Semoga lekas sembuh.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.