Waspadai 4 Stadium Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya Segera

Gejala Ambeien Dan Cara Mengobatinya – Ambeien (hemoroid) atau  dikenal juga dengan wasir merupakan penyakit dengan benjolan yang muncul di bagian sekeliling anus. Benjolan tersebut berasal dari pelebaran hingga meradangnya pembuluh vena (pembuluh balik) di daerah tersebut.

Baca Juga : Sakit Perut Jangan Dianggap Enteng! Ketahui Jenis Sakit Perut Anda Dari Ciri-Cirinya

Penyebab penyakit ini biasanya berawal dari hal-hal sepele seperti pola makan dan pola hidup yang kurang sehat. Misalnya kebiasaan kurang mengonsumsi makanan berserat sehingga sulit BAB (sembelit).

Bermula dari sembelit tersebut, secara otomatis anus akan bekerja lebih keras untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan (feces) dari usus besar. Gejala seperti sembelit tersebut merupakan gejala ringan penyakit ambeien. Jika diabaikan, tidak menutup kemungkinan akan timbul gejala yang lebih parah lagi.

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini, maka kenalilah lebih mendalam gejala ambeien dan cara mengobatinya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Anda dapat mencegah sedari dini supaya terhindar dari ambeien dengan mencari tahu mengenai gejala ambeien dan cara mengobatinya.

Berikut ini beberapa ulasan supaya Anda lebih waspada terkait gejala ambeien. Disajikan pula penjelasan cara pengobatan secara alami maupun medis yang perlu Anda ketahui.

1. Sembelit Disertai Rasa Tidak Nyaman Ketika BAB (Stadium I)

Pada stadium ini sudah mulai terdeteksi pembesaran vena sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman ketika BAB. Sembelit menjadi awal timbulnya gejala stadium ringan ini. Pada keadaan sembelit kita harus mendorong lebih kuat untuk mengeluarkan feces. Hal tersebut mengakibatkan pembuluh vena di sekitar anus mengalami pembesaran walaupun masih kecil.

Suatu saat pembesaran tersebut dapat pecah karena kuatnya tekanan ketika mendorong. Pecahnya pembuluh tersebut ditandai dengan rasa perih di anus seusai BAB. Kurangnya konsumsi makanan berserat dan air putih menjadi faktor penyebab sembelit.

Jika dibiarkan, gejala ini berpotensi menimbulkan ambeien. Oleh karena itu dapat dikatakan sembelit merupakan gejala ambeien dan cara mengobatinya, mulailah dari sekarang  perbanyak konsumsi makanan berserat dan minum air putih minimal 2 liter setiap hari.

2. Sesekali Muncul Benjolan Di Daerah Sekitar Anus (Stadium II)

Benjolan di sekitar anus ini mulai dapat dirasakan dengan cara diraba. Hal tersebut disebabkan oleh pembuluh vena yang semakin membesar hingga dapat dirasakan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. berarti kalau mau mencegah dari penyakit ambeien itu harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat vitamin biar tidak terkena penyakit ambeien ya mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.