Apa Saja Pola Hidup Sehat Anak Usia Dini Agar Terbiasa Hingga Dewasa Nanti?

Pola Hidup Sehat Anak Usia Dini

Pola Hidup Sehat Anak Usia Dini – Pola hidup sehat itu semeskinya ditanamkan sejak anak usia dini. Jika hal ini sudah terbiasa diajarkan maka anak akan terbiasa hidup sehat hingga dewasa nanti. Tentunya tugas utama dalam mendidik anak adalah orang tuanya. Untuk itu silakan bagi orang tua agar memberikan pelajaran berharga pada anak tentang pola hidup sehat.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Pola Hidup Sehat Itu Mudah Dilakukan oleh Siapapun

Menanamkan pendidikan langkah-langkah hidup sehat sejak kecil berperan penting untuk lebih membantu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak hingga dewasa menjadi sehat. Peranan serta dukungan orang tua sangatlah penting dan tentunya dapat menunjang pada kunci kesuksesan. Dalam hal ini orang tua agar berperan aktif bukan hanya membimbing anak tapi harus memberikan contoh langsung bagaimana berperilaku hidup sehat.

Menurut WHO, anak akan mengamati dan membentuk kebiasaan dan suka meniru orang lain terutama hal yang dilakukan orang tuanya. Maka sangat jelas dalam hal ini jika orang tua tidak serius dalam mengarahkan dan memberikan contoh pola hidup sehat pada anaknya, maka mustahil akan sukses.

Lalu Apa Sajakah Pola Hidup Sehat Yang Meski Ditanamkan Pada Anak Usia Dini?

1. Kebersihan Pribadi Anak

a. Mandi

Tanamkan sejak dini pada anak untuk membiasakan mandi minimal 2 kali dalam setiap harinya. Setap pagi dan sore setiap harinya anak harus mandi demi menjaga kebersihan pribadi anak. Terutama jika anak sudah melakukan atifitas lebih diluar ketika sampai di rumah disarankan untuk mandi bersih menggunakan sabun.

b. Gosok gigi

Silakan ajari anak oleh orang tuanya bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Orang tua bisa mengajari anak cara menggosok gigi yang benar melalui pemutaran film animasi atau pemberian contoh langsung oleh orang tuanya. Tanamkan kebiasaan gosok gigi minimal 2 kali dalam sehari yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur.

c. Berpakaian

Beri pengetahuan pada anak bagaimana cara berpakaian yang benar termasuk mana pakaian yang layak dipakai dan pakaian kotor yang sudah tidak layak pakai. Orang tua juga harus memberikan pengarahan dalam memilih mana pakaian yang harus digunakan untuk sekolah, untuk bermain, untuk bepergian, dan sebagainya.

d. Memotong kuku

Kuku yang kotor akan menjadi sarang kuman dan tentunya ini bukan termasuk prilaku dalam menjaga kesehatan. Pola hidup sehat yang harus ditanamkan pada anak sejak dini adalah melatih anak untuk membiasakan membersihkan kuku. Sebaiknya kuku dipotong dalam setiap 1 pekan sekali agar kebersihan anak selalu terjaga. Latih dan ajari anak bagaimana cara memotong kuku yang benar.

e. Mencuci rambut

Anak biasanya takut ketika mau mencuci rambut (keramas). Namun berikan arahan yang bijak pada anak agar terbiasa mencuci rambutnya minimal 2 hari sekali. Lebih bagusnya lagi mencuci rambut setiap kali mandi pagi ketika anak mau ke sekolah.

2. Kebersihan Lingkungan

a. Buang sampah pada tempatnya

Hal sepele namun jika tidak dihiraukan bisa berakibat fatal adalah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Tentunya hal ini bukan untuk anak saja! Setiap orang wajib untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.

Agar terbiasa hingga dewasa, silakan orang tua didik agar anak selalu membuang sampah pada tempatnya. Beri anak pelajaran macam-macam tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Apa itu sampah organik, an organik, dan sampah plastik.

Sampah-sampah dipisahkan sesuai dengan jenisnya kemudian dibimbing agar dimasukkan ke tempat sampai yang sesuai. Sampah plastik dimasukkan ke tempat khusus sampah plastik dan begitu selanjutnya.

Membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya merupakan hal gampang namun hal ini sulit juga untuk membiasakannya. Untuk itu latih anak sejak dini agar ketika dewasa nanti menjadi terbiasa. Anak juga diberikan pemahaman apa akibatnya jika kita tidak membuang sampah pada tempatnya.

b. Penggunaan jamban untuk buang air kecil dan besar

Silakan tanamkan kebiasaan anak dari sejak dini agar selalu membuang air kecil dan besar di jamban yang sudah disesuaikan dengan penggunaannya. Beri juga pemahaman pada anak apa akibatnya jika kita tidak membuang air kecil dan besar di jamban.

Latih sejak dini agar anak ketika buang air besar di jamban sehingga jamban sesuai dengan penggunaannya. Dengan begitu selain anak akan paham dan juga memberikan pelajaran supaya anak terbiasa hingga dewasa.

c. Tidak meludah sembarangan

Beri pelajaran pada anak agar ketika mau meludah jangan sampai sembarangan. Lihat situasi di sekitar atau tempat berada sebelum meludah. Jika di tempat umum atau ketika banyak orang meludahlah dengan cara yang sopan.

Selain hal-hal diatas, pola hidup sehat anak usia dini selanjutnya adalah agar orang tua rajin untuk melakukan menimbangan berat badan pada anak. Dengan melakukan penimbangan berat badan anak maka orang tua dapat memantau berat badan anak ketika orang tua memberi asupan gizi yang dibutuhkan anak.

Berikan gizi yang seimbang terhadap anak dan sesuaikan dengan kebutuhan anak. Pantau juga oleh orang tua ketika anak memilih jajanan. Berikan makanan/jajanan pada anak yang sehat dan bergizi. Hindari makanan yang menggunakan bahan pengawet, pemanis buatan, dan hal yang tidak ada manfaatnya pada anak.

Baca Juga : Dipusingkan dengan Anak Suka Jajan! Berikut Tips Ngasih Uang Jajan Anak

Ok mungkin hanya itu saja Pola Hidup Sehat Anak Usia Dini yang dapat saya sampaikan. Saya tahu kalau artikel tidak lengkap, untuk itu silakan lengkapi pembahasan ini dengan menyampaikannya di kotak komentar.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.