Jangan Sampai Salah Lho! Begini 7 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Yang Tepat

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun

Info-Menarik.NET – Anak-anak pada usia 2 tahun merupakan anak-anak yang telah masuk dalam fase perkembangan emas. Semua hal yang dipelajari pada masa ini akan direkam dalam memori dan akan menentukan perkembangannya ketika telah melewati masa balita. Oleh karena itu, cara mendidik anak usia 2 tahun harus menggunakan cara yang tepat agar memiliki pondasi yang kuat tentang ilmu, sopan santun dan bertahan hidup.

Cara mendidik anak usia 2 tahun tentunya akan berbeda dengan mereka yang sudah besar. Anak-anak yang telah berusia 2 tahun ini masuk dalam fase balita. Dimana perkembangan fisik, emosional, motorik, kognitif, sensori dan bahasanya mengalami perkembangan pesat. Oleh karena itu, untuk mendidik pada masa emasnya ini amatlah penting sebagai pondasi masa perkembangan berikutnya.

Anak-anak pada masa emas ini pada umumnya memiliki rasa keingintahuan yang besar. Semua hal yang menurutnya menarik akan ditanyakan pada orang tua mereka. Namun sayangnya, ada juga yang justru menjadi amat pendiam. Sehingga sulit untuk belajar, bahkan takut untuk mulai berteman dan akhirnya sering menangis. Oleh karena itu, orang tua harus memiliki trik khusus untuk mendidik mereka.

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Mudah

Mendidik anak-anak usia 2 tahun harus dengan sabar dan pengertian. Selain itu, orang tua harus memiliki pengetahuan yang luas tentang kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat menjawab pertanyaan dari anak-anak yang seringnya pertanyaan unik. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mampu membuat jawaban yang bisa dimengerti oleh anak-anak pada usia 2 tahun. Berikut tips dan cara mendidik anak usia 2 tahun.

1.  Lemah Lembut

Sebagai orang tua, haruslah bersikap lemah lembut terhadap anak-anak. Apalagi saat mereka masih berumur sangat muda. Cara mendidik anak pada usia 2 tahun ini harus ditangani dengan lemah lembut. Mereka akan sering protes terhadap cara mendidik kita kalau tidak pas dengan mereka. Namun, kita juga harus memberikan pengertian dengan cara yang sabar dan lemah lembut agar mereka tidak tertekan.

Ajarkan si kecil sikap lemah lembut dengan orang lain. Agar sikap empati terhadap orang lain berkembang dengan baik. Misalnya dengan memberikan contoh cara menghadapi hewan peliharaan dengan baik dan tidak menyiksanya. Hal ini agar si kecil peka dan peduli terhadap alam. Sehingga, perkembangan mental si kecil dapat tumbuh dengan baik dan menjadi seorang penyayang.

2.  Sopan Dan Santun

Meskipun masih amat dini, sopan dan santun dimanapun harus diajarkan. Terutama sopan dan santun terhadap orang-orang yang memiliki usia lebih tua. Ajarkan mereka sopan dan santun saat makan. Biasakan anak-anak untuk memakan makanannya dengan baik dan tidak bersisa. Berikan pengertian bahwa makanan tidak seharusnya dibuang. Sehingga, anak-anak akan memiliki sikap peduli terhadap orang lain.

Selain itu, sikap sopan dan santun terhadap orang yang memiliki usia lebih tua amatlah penting. Biasakan mereka memberikan salam saat masuk dan keluar dari rumah. Selain itu, berikan contoh setiap keluar rumah untuk pamit dengan orang-orang yang ada di rumah. Sehingga sikap tanggung jawab atas dirinya sendiri akan tumbuh dengan baik. Pada akhirnya, sikap sopan dan santun akan menjadi kebiasaan si kecil.

3.  Pancing Kreativitas

Selain mengajari anak-anak tentang sikap empati dan sopan santun, anak-anak pada usia 2 tahun mulai kreatif. Sehingga, sebisa mungkin orang tua mengajak beraktivitas yang dapat memancing kreativitasnya. Sebaiknya jangan kenalkan gawai terlebih dahulu sebelum mereka paham fungsi gawai sebenarnya. Hal ini agar kemampuan psikomotorik dan sosial anak dapat berkembang dengan baik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.