Home / Pendidikan / Sekolah Negeri Atau Swasta, Mana Yang Terbaik? Berikut Adalah Perbandingannya

Sekolah Negeri Atau Swasta, Mana Yang Terbaik? Berikut Adalah Perbandingannya

Sekolah Negeri Atau Swasta Mana Terbaik – Orangtua menginginkan anaknya sekolah ditempat yang terbaik. Sebagian besar orangtua berpendapat bahwa sekolah negeri sangat baik, sehingga anaknya harus sekolah disana. Sayangnya daya tampung sekolah negeri tidak banyak, sehingga siswa yang tidak diterima pada sekolah negeri akan belajar di sekolah swasta. Sebenarnya manakah yang terbaik antara sekolah negeri atau swasta? Anda bisa mengetahui jawabannya disini.

Berikut Perbandingan Sekolah Negeri Atau Swasta

Orangtua jangan merasa kecewa terlebih dahulu ketika anaknya tidak masuk ke sekolah negeri. Banyak sekolah swasta yang kualitas pendidikannya tidak kalah bagus dengan swasta. Bukan berarti sekolah swasta itu kurang bagus. Bila Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai sekolah negeri atau swasta maka, Anda harus melihat perbandingannya.

Baca Juga : Penting! 7 Rahasia Cepat Adaptasi Di Sekolah Baru Bagi Peserta Didik

Berikut merupakan perbandingan yang bisa membuat Anda menentukan untuk menyekolahkan anak ke sekolah negeri atau swasta.

1. Interaksi siswa

Siswa di sekolah negeri memiliki kepribadian yang berbeda, karena mereka berasal dari latar belakang yang tidak sama. Sedangkan murid swasta berasal dari latar belakang sosial relatif sama.

Orangtua harus mengetahui bahwa anak bisa berinteraksi lebih baik jika berada di lingkungan berbeda. Mereka mencoba memahami serta bersikap sopan terhadap sesama temannya. Jika anak berada di lingkungan sosial yang sama maka, mereka berusaha untuk menyesuaikan diri agar terbiasa pada lingkungan atau golongan sama.

2. Biaya sekolah

Sudah beberapa tahun lalu pemerintah membebaskan siswa untuk tidak membayar uang SPP. Kebijakan ini hanya berlaku pada sekolah negeri saja. Meskipun bebas SPP, orangtua siswa tetap membayar biaya tembahan lainnya seperti uang pembangunan gedung, les tambahan, dan keperluan ekstrakurikuler.

Untuk sekolah swasta, siswa tetap membayar SPP dan biaya wajib lainnya yang telah ditetapkan oleh sekolah. Siswa juga diwajibkan membayar uang daftar ulang. Biasanya uang daftar ulang ini dilakukan selama setahun sekali ketika memasuki tahun ajaran baru.

3. Kelengkapan fasilitas

Sebelum mendaftarkan anak ke sekolah negeri atau swasta, lebih baik terlebih dahulu melihat fasilitasnya. Sekolah negeri atau swasta memiliki fasilitas berbeda. Analisa fasilitas yang berada disekolah, mulai dari fasilitas gedung, laboratorium, media pembelajaran, dan fasilitas pendukung lainnya. Orangtua dapat bertanya kepada pihak guru mengenai fasilitas, supaya bisa mendapatkan gambaran yang jelas sehingga tidak khawatir kalau siswa belajar di sekolah tersebut.

4. Lamanya waktu belajar

Sekolah negeri atau swasta menawarkan jam belajar yang berbeda-beda. Jam belajar di sekolah negeri biasanya lebih singkan dibandingkan swasta. Biasanya waktu belajar yang singkat bisa membuat siswa kurang dalam memahami materi. Mereka tidak bisa memahami, karena waktu belajarnya kurang.

Sekolah swasta menawarkan jam belajar yang panjang. Apalagi untuk kelas unggulan, waktu belajarnya ditambah hingga siswa pulang pada sore hari. Waktu belajar yang banyak membuat siswa dapat memahami materi sampai bisa. Namun, menghabiskan waktu belajar yang lama dapat membuat siswa merasa bosan. Mereka lelah karena seharian di sekolah, sehingga saat di rumah mereka langsung istirahat dan melupakan bermain dengan teman sebayanya.

5. Daya tampung

Pada umumnya daya tampung siswa per kelas di sekolah negeri sekitar 40 anak. Kita tahu bahwa satu ruangan dengan jumlah 40 anak itu cukuplah besar. Lebih parahnya, tidak semua anak pendiam. Ada beberapa anak yang membuat kegaduhan. Guru sering tidak dapat mengkondisikan kelas, karena siswanya terlalu banyak. Guru bisa mendisiplinkan siswa jika menggunakan aturan tata tertib yang agak keras, seperti siswa yang membuat gaduh sebaiknya keluar kelas tidak diperbolehkan mengikuti pelajaran.

Berbeda dengan sekolah swasta, jumlah muridnya maksimal berjumlah 20 siswa. Jumlah siswa yang sedikit membuat guru lebih mudah dalam menertibkan kondisi kelas. Bagi orangtua yang menginginkan anaknya belajar tenang, bisa memilih sekolah swasta.

Baca Juga : Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah? Jangan Pesimis, Coba Bujuk Dengan Cara Ini!

Nah demikian perbedaan sekolah negeri atau swasta yang harus diketahui oleh orangtua. Bila sudah membaca perbedaan di atas maka, Anda telah memahami bahwa antara sekolah negeri dan swasta memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Tinggal orangtua saja apakah mampu mencarikan sekolah terbaik. Mencari sekolah berkualitas baik tidak bisa cepat, sehingga orangtua harus melakukan survey sekolah satu ke lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.