Home / WordPress / Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google

Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google

Artikel Yang Bisa Cepat Terindex Oleh Google – Saya yakin setiap WordPresser atau Blogger mempunyai tujuan yang sama dalam menulis artikel di blog yang dikelolanya. Yaitu tujuan yang diharapkan agar artikel yang diterbitkan dapat terindex cepat oleh Google. Bahkan mungkin mengharapkan agar semua artikel diblognya mendominasi diurutan sepuluh halaman pertama Google.

Baca Juga : Cara Membuat Pagination Komentar Di WordPress

Kenapa yang menjadi target utama adalah “search engine” seperti Google? Karena judul topik ini adalah tentang Google dan dari berbagai macam pilihan mesin pencari, sampai saat ini hanya Google yang paling populer banyak digunakan. Tapi mesin pencari lainnyapun jangan sampai diabaikan. Karena bisa saja ada pengunjung yang berhasil menemukan artikel kita melalui mesin pencari bukan hanya dari Google saja, misal dari Bing  atau dari Yahoo.

Jika Anda mencari artikel serupa dengan topik artikel cepat terindex oleh Google, pasti akan banyak yang membahasnya. Jadi untuk melengkapi referensi silakan Anda search di Google. Dan disini saya hanya akan membahas yang saya tahu dan yang saya bisa lakukan.

Lalu Bagaimana Agar Artikel Bisa Cepat Terindex Oleh Google?

1. Buat Judul Artikel Yang Unik

Tentunya hal pertama yang kita lakukan dalam membuat artikel adalah menentukan sebuah judul. Judul artikel yang unik bukan berarti judul yang kita buat belum pernah ada yang membahasnya. Tapi yang lebih bagus, seperti itu. Kitalah orang pertama yang membahas tentang artikel yang kita tulis. Namun itu sangat jarang sekali, mungkin 1000 berbanding 1. Judul unik selain artikel cepat terindex oleh Google dan juga biasanya artikel akan bertahan lama tampil dihalaman terbaik Google.

Yang dimaksud judul artikel unik menurut saya adalah, judul artikel usahakan jangan sampai sama persis dengan judul artikel yang sudah dibahas oleh orang lain. Misal, kita ingin membahas artikel tentang Cara Menanam Jagung. Maka kita bisa bereksplorasi lagi dengan menambahkan kata-kata lain yang relevan, contoh Cara Menanam Jagung Yang Baik, Trik Ampuh Cara Menanam Jagung Yang Baik, Cara Menanam Jagung Agar Hasilnya Bagus.

Untuk mencari judul artikel agar tidak sama persis dengan judul artikel blog lain, kita bisa mencarinya di pencarian Google dengan mengetikkan judul artikel yang akan kita buat. Jika hasilnya ada yang sama, maka carilah dengan kalimat lain.

2. Buat Isi Artikel Yang Benar-Benar Unik

Langkah selanjutnya jika kita sudah menemukan judul yang tepat, maka saatnya sekarang mengisi artikel dengan kalimat-kalimat yang bermanfa’at. Usahakan juga dalam membuat artikel yang benar-benar unik. Artinya kalimat-kalimat yang kita gunakan dalam membuat isi artikel belum pernah ada yang menggunakannya. Jika Anda membuat artikel tentang Cara Menanam Jagung maka di Google pasti akan banyak yang sudah membahasnya. Tapi tentunya cara penyajian isi artikel harus beda dengan blog lain. Dengan begitu artikel yang kita buat akan cepat terindex oleh Google dan panjang umurnya.

Jika Anda terpaksa harus melakukan copy paste, jangan lupa untuk menyertakan link sumber aktif (live link) yang menuju ke blog yang di copy paste. Tapi menurut saya daripada harus melakukan copy paste, mending pakai jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Jadi intinya selalu berusaha agar penyajian isi artikel jangan ada satu kalimatpun yang sama dengan artikel serupa blog lain.

Untuk memudahkan, sebelum kita menerbitkan artikel sebaiknya cek dulu apakah artikel kita benar-benar unik atau tidak. Untuk mengecek keunikan artikel, Anda bisa memanfa’atkan web SmallSEOTools. Berapa persen menurut SmallSEOTools keunikan konten yang Anda buat?

Artikel Agar Cepat Terindex Oleh Google 2

3. Buat Gambar Pendukung Yang Relevan

Untuk melengkapi keunikan artikel, sebaiknya gunakan juga sebuah gambar yang benar-benar relevan dengan artikel. Namun agar gambar menjadi lebih ramah dimata SEO, selalu gunakan Alt Text, Anchor Title, dan lain-lain. Silakan Anda search di google bagaimana cara mengoptimalkan gambar agar benar-benar ramah dimata SEO. Penempatan gambar yang benar, akan membantu artikel cepat terindex oleh Google.

Dan jangan sampai lupa untuk mengoptimasi gambar dengan mengompressnya. Gambar tanpa dikompress, loading blog akan lambat. Karena merupakan salah satu penunjang SEO juga dalam membuat blog menjadi kencang ketika diakses. Bagi blog WordPress dalam optimasi gambar bisa dibaca pada artikel Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it.

4. Beritakan Artikel Baru Melalui Google Ping

Ketika selesai membuat artikel, jangan sampai lupa untuk melakukan submit artikel melalui ping otomatis. Bukan hanya Google Ping saja yang menyediakan tool ping otomatis. Tapi saya lebih suka menggunakan GooglePing untuk memanggil robot pencarian Google.

Untuk mencari ping blog otomatis lainnya, silakan Anda cari sendiri di Google. Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalau ping blog otomatis itu bukan hanya GooglePing saja.

5. Submit Artikel Ke Sosial Media Ternama

Jangan remehkan sosial media, karena tidak menutup kemungkinan pengunjung blog mengetahui blog kita melalui sosial media. Tentunya ini akan membantu artikel kita cepat terindex oleh Google. Untuk saat ini banyak sekali sosial media yang sering digunakan oleh semua kalangan. Contoh sosial media yang sudah tidak asing lagi ketenarannya, Facebook dan Twitter.

Selain kita bisa memanfa’atkan sosial media untuk mendatangkan trafik pengunjung, gunakan juga web sosial bookmark. Kita bisa memanfa’atkan web bersatatus sosial bookmark seperti LintasMe dan masih banyak lagi.

6. Beritahukan Kepada Google Kalau Kita Sudah Membuat Artikel Baru

Untuk memberitahu Google agar artikel kita cepat terindex sama Google, kita bisa menggunakan Fetch as Google. Fetch as Google ini bisa kita temukan di WEB Master Tool Google. Tentunya jika blog kita harus sudah terdaftar di WEB Masternya Google. Bagi yang belum terdaftar blognya di Google WEB Master Anda bisa mencarinya di mesin pencari seperti Google, pasti sudah banyak yang membahasnya.

Artikel Agar Cepat Terindex Oleh Google 3

Lakukan  Fetch as Google di WEB Master Google setiap kita selesai membuat artikel. Untuk melakukan Fetch as Google, bisa ditemukan di halaman WEB Master tepatnya di Crawl > Fetch as Google.

Mungkin tulisan tentang artikel yang bisa cepat terindex oleh Google dicukupkan sekian saja. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya bagi mereka yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

38 comments

  1. ini nih yang banyak dicari orang, kebetulan saya juga belum bisa praktekin ini sepenuhnya. makasih infonya..

  2. Infonya mantab gan, salam sukses blogwalking :)

  3. Wahh sip mas trik nya.. disave dulu hehe *ctrl+D

  4. Saya sudah menerapkan beberapa tips di atas. Cuma yang baru saya poin terakhir, Fetch as Google.
    Semoga bermanfaat. :)

    • Iya manfa’atnya saja fasilitas yang ada untuk memaksimalkan pengindekan artikel di Google.

  5. hmm..pantesan artikel saya 2 minggu baru muncul, berarti itu tandanya diindeks cukup lama ya mas,langsung praktek dech,,soalnya saya masih baru ngeblog, jadi taunya cuma buat artikel doang, makanya blog saya juga acak-acakan gak karuan, tidak seperti blog ini yang rapi dan terarah..

    terimakasih mas, untuk infonya, sangat—sangat bermanfaat buat saya yang pemula. hehe..

    • Segera ke TKP saja mba dan jangan lupa untuk mendaftarkan blognya di webmaster google dan webmaster lainnya …

  6. Izin serep tipsnya
    trima kasih

  7. Oh ya mas untuk memasukan urlnya yang akan diambil dan di render di web masternya apa kita masukin urlnya atau menunggu. Nantinya bakal muncul sendiri

    • Setelah masuk kehalaman Fetch as Google, langsung input URL artikel yang akan di Fetch, lalu klik Fetch and Renden.

  8. bagus juga nih tipsnya mas,akan coba saya terapkan

  9. saya jarang banget melakukan optimasi diatas, pantesan blog saya lambat pertumbuhannya

  10. Kalau saya baru sampai pada blogwalking. belum sampai pada tips agar terindeks google.

    • Blogwalking juga jangan sampai dilupakan walaupun sayapun suka lupa kegiatan ini … :)

  11. saya suka info ini..banyak manfaatnya

  12. Simak aja kalau memang ada manfa’atnya … hihihi

  13. Hoo. maturnuwun Mas.. :D

  14. Tips menarik dan jitu agar artikel cepat terindex oleh google dengan cepat. trims mas.

  15. Informasi seperti ini penting sekali agar artikel cepat terindeks, mas. Namun tidak hanya cepat terindek, lebih dari itu adalah tampil di halaman pertama pencarian google. Terima kasih tutorialnya…

    • Kalau agar tampil dihalaman pertama sepertinya banyak caranya mas. Intinya SEOnya mantab.

  16. Sepertinya saya baru kali ini tahu yg nomor 6, terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini ya gan….

  17. sangat bermanfaat mas, dan yang paling penting original.
    sukses selalu mas.

  18. saya coba terapkan mas, ada trik buat naikin kata kunci ga mas?misalkan kata kunci kita ke 3 atau ke 4 kalo pngen kesatu gimana ya mas?mohon pencerahannya karna saya adalah pemula.terimakasih :)

  19. Kalau saya menemukan hers gondo lalu
    saya Search : hers gondo digoogle muncul
    bermacam macam situs. Itu apa namanya? Saya bisa membuka bermacam macam situs hanya dg namaku. Tolong jelaskan bung … trim’$

    • Saya sudah cek dengan KW hers gondo di search engine tapi tidak satupun domain yang menggunakan KW tersebut. Mungkin yang muncul ya nama tersebut sudah diketikkan di beberapa situs, contoh di web ini mas mengetikkan nama tersebut.

  20. Saya pernah coba pakai tool spinner hasilnya mantap meskipun artikel unik yang dihasilkan bahasanya aneh

  21. kalo fetch as google itu sama dengan google ping gk?? aku gk pernah memainkan webmaster soalnya, pertama daftar, dioptimasi, submit sitemap, trus gk pernah diurusin lagi deh, :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *