Home / WordPress / Bingung Membuat Breadcrumb WordPress?

Bingung Membuat Breadcrumb WordPress?

Bingung Membuat Breadcrumb WordPress? – Anda bingung cara membuat breadcrumb di blog CMS WordPress? Jika tidak bingung, sebaiknya baca artikel lain saja. Tapi kalau sebaliknya, simak tulisan ini sampai selesai. Karena memang disini saya akan berbagi info cara mudah membuat breadcrumb. Membuat breadcrumb WordPress penting sekali dipasang, karena konon kata sesepuh dengan breadcrumb mesin pencari akan senang. Lalu breadcrumb yang akan saya terangkan, hanya untuk WordPress saja. Tentunya WordPress TLD, bukan untuk WordPress.com.

Baca Juga : Cara Redirect Halaman Error 404 WordPress

Sebetulnya Apa Sih Breadcrumb Itu?

Hmmm apa ya? Saya juga kalimat tepatnya tidak tahu. Tapi saya akan coba mengira-ngira dan semoga perkiraan saya ini mendekati ke pernyataan yang benar. Breadcrumb adalah navigasi blog yang biasanya tampil diatas judul artikel atau di bawah judul. Struktur breadcrumb pada umumnya adalah Halaman Beranda » Kategori Artikel » Judul Artikel. Anda bisa lihat breadcrumb blog ini, saya pasang breadcrumb di atas Judul Artikel.

Breadcrumb juga tampil di hasil pencarian seperti Google. Tentunya ini akan menambah nilai lebih di mata mesin pencari. Karena dengan dipasang breadcrumb, artikel blog akan mempunyai struktur jelas. Misal artikel ini, ditulis pada kategori WordPress, maka jika Anda klik link WordPress akan tampil semua artikel yang dikategorikan kedalam WordPress.

membuat breadcrumb wordpress 1

Membangun struktur navigasi yang jelas, itu adalah diantaranya yang disarankan oleh Google. Dengan membuat navigasi jelas seperti breadcrumb, pembaca artikel akan menjadi tahu kategori apa yang sedang dia baca.

Lalu Bagaimana Caranya Membuat Breadcrumb WordPress?

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan breadcrumb, mari kita bahas ke cara membuatnya. Cara menampilkan breadcrumb di WordPress ada dua cara. Pertama dengan bantuan Plugin dan kedua tentunya Tanpa Plugin. Disini saya akan membahas cara kedua saja, yaitu cara membuat breadcrumb WordPress tanpa menggunakan plugin. Karena jika menggunakan Plugin Anda bisa menampilkan breadcrumb dengan bantuan Plugin SEO by Yoast. Dan itu sudah saya bahas di tulisan Cara Termudah Install dan Setting Plugin SEO by Yoast.

Berikut Cara Membuat Breadcrumb WordPress Tanpa Plugin

Untuk membuat breadcrumb di WordPress tanpa menggunakan plugin, Anda hanya butuh kode PHP dan CSS sedikit untuk mempercantiknya. Berikut kode PHP yang saya maksud :

 /*------------------------------------------------------------*/
 /* Breadcrumb WordPress
 /*------------------------------------------------------------*/
 function the_breadcrumb() {
 if (!is_home()) {
 echo '<a href="';
 echo get_option('home');
 echo '">';
 bloginfo('name');
 echo "</a> » ";
 if (is_category() || is_single()) {
 the_category(', ');
 if (is_single()) {
 echo " » ";
 the_title();
 }
 } elseif (is_page()) {
 echo the_title();
 }
 }
 }

Tempatkan kode PHP diatas di file functions.php tema yang digunakan. Setelah itu tempatkan juga kode PHP berikut di file single.php dibawah <header>.

<div id="breadcrumb">
 <?php the_breadcrumb(); ?>
 </div>

Agar tampilan breadcrumb sedikit lebih beda dengan tampilan menarik, atur style css sesuai dengan kebutuhan. Contoh style yang saya gunakan adalah :

/*-[ Breadcrumb ]-------------------*/
 #breadcrumb{
 margin-bottom: 15px;
 display:block;
 color: #777;
 font-weight: normal;
 border-left: 2px solid #b11c42;
 padding-left: 5px;
 }

Simpan semua pengaturan, dan lihat hasilnya di blog dan mesin pencari. Apakah sukses melakukannya, atau sebaliknya? Tapi mudah-mudahan Anda sukses membuat breadcrumb WordPress ini.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

54 comments

  1. Dwi Oetami Satyarini

    Menggunakan plugin seo by yoast bisa kan , min

  2. ketepatan sekali ni mas, tapi untuk breadcum nya itu untuk di google atau untuk di tampilan atas, sebab saya mau cari sistem breadcum yang berada di posisi di bawah posting :D

  3. Breadcrumb di WordPress dilakukan secara manual ya mas, Tidak termasuk bawaan template seperti blogspot? Buat Breadcrumb di blog memang berguna sekali untuk memberikan kategori artikel..

    • Sebetulnya di WordPresspun ada banyak tema yang sudah ada fasilitas breadcrumbnya mas. Ini hanya untuk sebagian tema saja yang tidak terdapat fasilitas tersebut.

  4. Keren mas, sebaiknya kita memang membiasakan membuat sesuatu dengan manual agar tidak tergantung sama plugin terus..

  5. kalau pake wp mesti banyak nih yg mesti dipelajari lagi mas.seperti membuat breadcrumb ini

    • Ya kang, tapi intinya kayaknya blogspot juga sama seperti itu. WordPress bagi yang malas oprek kode memang sebaiknya menggunakan plugin saja.

  6. Gak mudeng aku bro

  7. kelihatanya seperti mudah dan simple mas dari pada blogger, ga tahu prakteknya.. panduan jika saya nanti menggunakan wp.. trims ya

  8. dulu pake wordpress juga sempat bingung mau pasang breadcrumb. sekarang lagi belajar lagi wordpress kang. saya pelajari dulu ya kang dan terima kasih atas tutorialnya. salam sahabat blogger.

  9. Wah sayangnya belom bisa di apply ke saya. Penasaran deh jadi pengen beli TLD wp aja. :P

  10. Jd lebih meningkatkan seo dan penelusuran google ya gan. Nanti saya coba pasang di web ane. Makasih infonya mas. Sangat bermanfaat sekali

  11. ini nih yang tak cari, kebetulan masih agak bingung dengan wordpres dan masih harus belajar banyak kayaknya mas mengenai wordpress, saya coba terapkan dulu deh untuk breadcrumbnya, terimakasih banyak sudah berbagi

  12. Saya cukup nyari themes yang sudah ada breadcrumnya. Jadi gak repot-repot bikin breadcrumb.

  13. mau coba bikin breadcrumb tapi belum sempet coba2

  14. saya kok gagal ya? untuk penempatan di function php di letakkan nya di sebelah mana mas? saya coba pake childtheme karena takut gagal saya simpang kodenya paling bawah di function php

    • Kode php untuk breadcrumb mas simpan didalam file functions.php sebelum kode penutup php yg ada dalam file tersebut. Kode penutup php biasanya seperti ini ?>. Dimana saja letaknya, bisa diawal, ditengah, atau diakhir. Biar tidak terlalu dipusingkan masalah pemasangan breadcrumb, mas bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Lengkap banget plugin SEO ini. Penjelesannya ada di artikel ini.

      • iya mas saya juga pake plugin seo yoast. Tp di menu setting seo ga ada opsi internal link ? Makanya saya mau coba manual. Tp apa seo yoast itu beda-beda ya ? Sempet bingung juga ko plugin seo yoast yg saya pasang ga ada opsi internal link buat bikin breadcumbnya?

        • Mengaktifkan Breadcrumb menggunakan plugin SEO by Yoast ada dimenu “Lanjutan” mas. Disana ada kotak yang harus dicentang “Enable Breadcrumbs”. Untuk pemasangan kode breadcrumbnya mas bisa ikuti seperti artikel saya.

  15. ok mas makasih infonya, ohya pake hosting apa mas ? Ringan bgt? Apa karena gambar thumbnailnya ga di aktivin ya jd fastloading blognya?

    • Saya sewa host di idwebhost mas. Mungkin spedd blog ini cepat karena saya tidak menggunakan thumbnail dan juga saya tidak terlalu banyak menggunakan fitur-fitur ga penting seperti plugin, widget, dan lain-lain. Kemudian saya menggunakan trik ini mas.

      • breadcrumb udah tampil diatas judul mas. terimakasih.. tapi kalo mau nambahiin breadvrumb di bawah judul posting gimana mas? kaya blog infomenarik?

        • tambahan pertanyaan mas agar breadcrumb r tampil di mesin pencari gimana mas? maaf ya banyak tanya hehehe

          • Agar breadcrumbs bisa tampil SERP seperti Google mas harus membuat sitemap.xml dan submit sitemap di Google Webmaster Tool. Membuat sitemap.xml bisa menggunakan plugin Google XML Sitemaps seperti pada tulisan ini. Namun menggunakan Plugin Yoast bisa langsung mengaktifkan sitemap.xml tanpa harus menambah plugin baru lagi.

        • Kalau yang dibawah judul artikel itu bukan breadcrumbs mas, tapi itu post meta. Saya menggunakan kode ini untuk menampilkan post meta di dalam postingan :

          < ?php the_author_posts_link(); ?> » < ?php the_time( get_option( 'date_format' ) ); ?> » < ?php the_category(', ') ?> » ">< ?php comments_number();?>

          Tempatkan kode tersebut dibawah < ?php the_title(); ?> yang ada didalam single.php. Agar tampilan post meta lebih menarik lagi, tinggal menambahkan selektor khusus dan tambah style di style.css. Semoga sukses dan bermanfa’at.

          • pas awal2 bkin blog sitemap.xml udah saya submit ke webmastertool. Tp mungkin ada yang salah kali ya makanya breadcrumbnya ga muncul di Search engine. Terimakasih mas. Sukses terus!

            • Submit sitemap.xml di Google Webmaster Tool itu harus sesering mungkin mas, minimal ketika selesai membuat artikel baru maka submit sitemap.xml di GWMT.

  16. saya pake plugin gan
    jadi otomatis bikin sendiri

    tapi ini bisa untuk alternatif buat yang punya bandwidth sedikit di hosting

    • oh gtu ya mas, jd setiap bikin artikel musti di submit lagi ya ? breadcrumb saya sekarang sudah ada di serp google tapi kok cuma satu aja yg ke index dari 30artikel di blog saya. Apa karna google belum mengindex semua apa karena ada yang salah lg? Wordpres bikin kepala saya pusing mas hehe

      • Nah itu fungsinya submit sitemap.xml di GWMT setiap kali kita membuat artikel, yaitu untuk membantu pengindekan artikel secara keseluruhan di SERP. Selain itu mas harus melakukan Fetch As Google setiap selesai membuat artikel baru.

  17. oh gtu mas, untuk sitemap bner ga formatnya gini http://namadomain/sitemap.xml . Kalo fetch as google itu maksudnya setiap kali publish artikel url artikel kita submit di webmaster tool?

    • Ya betul sekali mas. Itu format sitemap.xml jika menggunakan plugin Google XML Sitemap. Namun jika kita menggunakan sitemap.xml dari plugin Yoast maka formatnya adalah namadomain/sitemap_index.xml
      Ya submit artikel di GWMT setiap kali kita membuat artikel baru.

      • oh jd kalo pake yoast itu beda ya formatnya? Kirain sama aja kaya sitemap default. Sekarang breadcrumb udah banyak yang muncul di serp cuma beberapa saja yg belum terindex. Tapi sekarang saya di pusingkan dengan tag dan kategori yang ter index. Nah cara hapus tags dan kategori archives yang ter indeks gimana mas ?

        • Untuk memecahkan masalah tag dan kategori ikut keindek sebagai duplikat konten, mas bisa coba baca-baca artikel saya disini.

          • sudah saya baca dan langsung di praktekin mas, nah kalo u/ tag yg sudah terlanjur di indeks google gimana ? Apa kita mesti hapus 1 per 1 tag tsb di GWMT ? Apa ada cara lain yg lebih efisien ?

            • Setelah membuat tag menjadi deindex, maka tag yang sudah terlanjur terindex maka hapuslah secara manual di GWMT. Jika besoknya muncul lagi hapus saja begitu seterusnya sampai benar-benar tidak ada.
              Cara menghapus tag di GWMT selain kita menandai di menu Kesalahan Perayapan dan memperbaiknya, kemudian hapus link tag di Google Indeks > Hapus URL. Prosesnya sampai benar-benar tidak ada lumayan lama. Namun jika mas rajin update artikel setiap hari lalu selalu submit ulang Sitemap.XML maka prosesnya tidak selama tanpa update.

  18. iya mas saya sudah hampir 1bulanan ngehapusin tag hehe pengenya sih update tiap hari mas soalnya banyak banget unek2 di otak saya tapi maklum lah mas saya cuma ngandelin fasilitas warnet. Kalo ada duit nyelap na pesak baru update artikel mas hehe. . Oh ya satu pertanyaan lagi ya pak. Kalo mau hapus tulisan archives di laman kategori gimana ya pak ? Misal saya klik breadcrumb Wordpres atau kategori wordpres di infomenarik nah kita di alihkan ke laman kategori tsb. Dan yang tampil hanya tulisan ‘Wordpres’ saja tanpa embel kata archives di belakangnya. Kalo di blog saya setiap kali saya klik kategori ‘tajwid’ misalnya, yang tampil adalah tulisan ‘tajwid archives’ menurut saya itu kurang sedap dipandang hehe

    • Untuk menghilangkan kata “Archives” di SERP mas harus pergi ke menu SEO by Yoast tepatnya di Titles & Metas > Taxonomies. Kemudian hilangkan setiap kata “Archives” pada kolom Categories, Tags, dan Format. Kemudian di tab Archives sebaiknya mas centang saja semuanya agar Archives tidak keindex di SERP. Dan di tab Other juga sebaiknya centang saja semuanya. Terakhir mas harus menghapus setiap kata “archive” yang ada di file archive.php tema yang digunakan.
      Perubahan semua ini membutuhkan waktu yang lumayan lama jika semua artikel sudah terlanjur keindex Google. Jangan malas update artikel, submit sitemap di GWMT untuk mempercepat perubahan.

  19. oh gtu, jd di archive.php semua kata archive di hapus semua ya mas ? Kalo di setting yoast sudah seperti diatas mas settinganya. . Ini cuma di dalam theme dan blog saya saja. Brarti jawabanya kita tinggal hapusin semua kata archive di theme kita ya mas ? Ok makasih bnyak jawabanya . Nanti saya pasti mampir lagi buat tanya2 hehe

  20. Gan saya memasang breadcrumb mengunakan seo by yoast, dan themplate blog saya juga seperti blog ini. yang menjadi pertayaan, jika pada menu general seting di centang atau di pilih trending. pada postingan blog saya breadcrumb nya beda sama judul postingan, malah munculnya pada kategori trending yang saya pilih. solusinya gimana gan. trims

    • Maksudnya mas centang menu general setting template atau seo by yoast? Mungkin mas sudah edit template/theme dari pengaturan default sehingga ada kesalahan edit.

  21. Mas tanya kebetulan saya pake tema yang sama dengan tema blog ini, biar sama breadcrumbsnya kayak blog ini gmn ya mas ?

    Sudah saya pasang trik di atas tapi malah error ya mas ?

    Plugin seo pun sudah saya enable breadcrumbnya kok belum muncul? kenapa mas

    • Errornya bagaimana mas? Barusan saya cek blognya mas sudah ada breadcrumbnya. Mas tinggal atur style.css saja agar tampilannya rapi dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *