Home / WordPress / Cara Backup File WordPress Di cPanel Dengan FTP Ke Google Drive Tanpa Plugin

Cara Backup File WordPress Di cPanel Dengan FTP Ke Google Drive Tanpa Plugin

Cara Backup WordPress Dengan FTP Ke Google Drive – Wajib hukumnya backup file WordPress secara berkala. Apalagi jika WordPress kita sudah mempunyai banyak konten, tidak ada alasan lagi untuk selalu rajin membackupnya. Coba Anda bayangkan jika suatu saat WordPress Anda bermasalah, kemudian Anda sama sekali tidak bisa masuk ke WordPress baik dari halaman Dashboard atau cPanel, apa yang akan Anda lakukan? Jika Anda mempunyai file backupnya, maka jika hal itu terjadi Anda tinggal melakukan restore seluruh file WordPress. Untuk itu demi antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan, maka selalu rajin backup dan simpan baik-baik file backup tersebut.

Baca Juga : Cara Memindahkan (Transfer) File Dari DropBox Ke Google Drive Tanpa Download

Media penyimpanan file backup WordPress silakan Anda pilih mana yang sekiranya aman untuk menyimpan file-file penting. Anda bisa menyimpannya di Komputer (offline) atau menyimpan di Cloud Storage (online). Di jaman serba digital seperti saat ini, banyak Cloud Storage yang bisa kita manfaatkan kapasitasnya untuk menyimpan file backup WordPress. Sebagai contoh adalah Cloud Storage Google Drive. Kapasitas gratis yang ditawarkan Google Drive lumayan besar, yaitu 15 GB. Anda dapat menyimpan file backup WordPress secara online tanpa takut perangkatnya rusak seperti kita menyimpan didalam hardisk komputer. Selama Anda masih bisa mengakses akun Google maka file backup WordPress aman-aman saja.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-0

Kita tidak perlu membackup seluruh file WordPress. Dalam hal ini kita cukup backup file-file pentingnya saja. Seperti yang sudah saya tulis pada artikel Cara Backup Semua Konten WordPress, maka file WordPress yang perlu kita backup adalah hanyalah file wp-content dan Database MySQL saja. Kedua file ini sudah bisa mewakili seluruh konten WordPress mulai dari artikel, gambar, komentar, halaman, dan konten-konten penting lainnya.

Berikut Cara Backup WordPress Dengan FTP Ke Akun Google Drive

Cara backup WordPress yang akan saya share disini adalah hanya untuk WordPress TLD saja. Artinya artikel ini bukan untuk WordPress Free atau WordPress.com. Kemudian juga WordPress yang saya maksud adalah WordPress yang menggunakan Shared Hosting bukan VPS. Untuk itu praktik dalam backup WordPress disini akan kita lakukan dari halaman cPanel memanfaatkan Akun FTP.

Hal yang sudah biasa ketika kita melakukan backup file WordPress adalah dengan menyimpan file WordPress kedalam media eksternal flashdisk, hardisk, atau komputer (offline). Atau mungkin Anda sudah terbiasa juga menyimpan file backup WordPress kedalam Cloud Storage seperti Google Drive, DropBox, AppBox, dan sebagainya. Namun mungkin ketika Anda melakukan backup kedalam Cloud Storage tersebut dengan cara download file kemudian upload file. Artinya download file backup dari halaman cPanel kemudian upload file ke Cloud Storage. Cara tersebut memang sudah benar, namun ada lagi cara yang lebih efektif dan tidak akan memerlukan waktu lebih lama lagi.

Disini kita akan melakukan backup file WordPress kemudian dipindahkan (transfer) ke Cloud Storage tanpa harus melewati proses download dulu. Ini bisa lebih menghemat paket kuota internet Anda terlebih jika file backup ukurannya besar. Disini kita akan menggunakan layanan online untuk transfer file backup WordPress yaitu MultCloud.

Untuk melakukan backup file WordPress di cPanel yang selanjutnya akan kita transfer ke Cloud Storage, saya membaginya menjadi 3 langkah saja.

1. Compress File WordPress Dari Halaman cPanel

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah compress file yang akan kita backup. Dalam hal ini kita akan backup file penting WordPress yaitu file wp-content. Silakan Anda login di halaman cPanel menggunakan akun login yang biasa digunakan.

Setelah login di cPanel sukses, Anda klik pilih File Manager > public_html. Pilih folder wp-content yang ada didalam direktori Public HTML kemudian Anda klik Compress. Disini Anda tidak perlu membuka folder wp-content, karena kita akan melakukan backup seluruh file yang berada didalam folder wp-content.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-1

Untuk Type Compress silakan Anda pilih Zip Archive kemudian klik pilih tombol Compress File (s). Tunggu beberapa saat karena halaman cPanel sedang bekerja untuk compress seluruh file yang ada di folder wp-content. Lama proses compress ini tergantung ukuran file wp-content Anda.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-2

Kini Anda sudah memiliki file wp-content dengan ekstensi .zip. Dengan begitu tugas kita compress file wp-content di cPanel sudah selesai dengan sempurna.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-3

2. Periksa Akun FTP cPanel

Menginjak ke langkah selanjutnya yaitu memeriksa akun FTP Anda. Jika Anda sudah mengetahui akun FTP dan menyimpannya di komputer, silakan lewati saja langkah ini. Untuk apa akun FTP? Akun ini akan kita perlukan nanti ketika kita menggunakan MultCloud.

Kita tidak perlu membuat akun FTP, karena secara default akun FTP telah dibuat secara otomatis oleh pihak Hosting. Artinya ketika kita pertama kali mengaktifkan Hosting/cPanel maka akun FTP ini akan dikirim pihak Hosting ke alamat email yang telah kita daftarkan. Untuk itu silakan coba cek dulu email Anda mungkin akun FTP masih tersimpan disana. Berikut adalah detail contohnya akun FTP yang dikirim pihak Hosting ke email :

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-4

Jika tidak ditemukan atau mungkin dengan sengaja atau tidak sengaja Anda telah menghapusnya, jangan khawatir. Karena disini kita bisa lagi memeriksa akun FTP dari halaman cPanel langsung. Silakan untuk memeriksa akun FTP dari Beranda cPanel klik pilih FTP Accounts.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-5

Jika Anda ingin mencoba membuat akun FTP baru, silakan ini form yang ada pada opsi Add FTP Account.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-6

Namun jika Anda ingin memeriksa akun FTP yang sudah otomatis dibuat oleh pihak hosting silakan geser kursor mouse kebawah sampai menemukan list Special FTP Accounts. Klik akun FTP yang paling atas untuk melihat detailnya dan lihat disitu akan tertulis FTP Username, FTP Server, dan FTP & Explicit FTPS Port. Yang Anda perlukan hanya FTP Username dan FTP Server saja. Silakan untuk sementara Anda catat dulu informasi penting akun FTP tersebut.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-7

3. Melakukan Transfer File Di MultCloud

Dua langkah diatas sudah selesai dilakukan yaitu compress file wp-content dan memeriksa akun FTP. Sekarang Anda login di halaman MultCloud dengan mengakses URL www.multcloud.com. Jika Anda belum mempunyai akun di MultCloud silakan daftar dulu menggunakan alamat email.

Saya anggap Anda sudah menambahkan beberapa Cloud Storage seperti AppBox, DropBox, dan Google Drive di deretan list Cloud Drives MultCloud. Dalam contoh disini saya akan menggunakan Cloud Storage Google Drive saja. Karena Cloud Storage ini kapasitas gratisnya lumayan besar yaitu 15 GB.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-8

Jika Anda sudah menambahkan Drives Cloud Storage yang dalam hal ini kita akan menggunakan Google Drive selanjutnya kita perlu menambahkan FTP kedalam Drives MultCloud. Setelah klik Add Cloud Drives kemudian Anda klik FTP dan Next.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-9

Nah disinilah kita memerlukan akun FTP. Silakan Anda masukkan akun FTP yang telah Anda simpan tadi. Display Name biarkan default saja atau FTP. Server silakan Anda masukkan FTP Server yang telah Anda dapatkan dari cPanel. Port biarkan 21 dan Username Anda isi dengan FTP Username. Sedangkan untuk Password, Anda bisa menggunakan Password akses akun cPanel. Klik Add FTP Account dan tunggu beberapa saat.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-10

Jika akun FTP sukses Anda tambahkan ke deretan list Drives MultCloud kini saatnya Anda melakukan backup file WordPress. Anda klik pilih FTP kemudian public_html dan cari file wp-content.zip atau file yang telah Anda compress tadi di halaman cPanel. Jika sudah ditemukan Anda klik kanan pada file kemudian klik pilih Copy. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa backup file WordPress disini kita tidak perlu melakukan download. Anda cukup melakukan copy paste file seperti halnya memindahkan file di halaman Windows Explorer Komputer.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-11

Setelah file backup Anda Copy, sekarang Anda buka Google Drive. Karena disini kita akan memindahkan file penting WordPress kedalam Google Drive. Kemudian dihalaman Google Drive Anda klik kanan dan Paste. Tunggu beberapa saat karena MultCloud sedang melakukan proses pemindahan file (transfer). Lama proses pemindahan file tergantung ukuran file wp-content Anda.

cara-backup-wordpress-dengan-ftp-ke-google-drive-12

Kini Anda sudah bisa backup file WordPress yang disimpan didalam Cloud Storage tanpa harus melakukan download dahulu. Bagaimana mudah bukan? Mungkin artikel Cara Backup WordPress Dengan FTP Ke Google Drive dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *