Home / Microsoft Office / Cara Menggunakan Software Cek Ejaan Bahasa Indonesia Microsoft Office Word

Cara Menggunakan Software Cek Ejaan Bahasa Indonesia Microsoft Office Word

Cara Cek Ejaan Bahasa Indonesia di Microsoft Office Word – Sedang ada tugas membuat artikel/paper/jurnal berbahasa Indonesia? Atau mungkin, kamu sedang menulis novel, dan berusaha memastikan kata-kata yang kamu gunakan sesuai PUEBI?

Baca Juga : 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Tidak ada langkah lebih simpel untuk melakukan spell checking Bahasa Indonesia, selain memanfaatkan Microsoft Office secara langsung. Ya, Ms. Office bukan sekadar software pengetik data. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai software cek ejaan bahasa Indonesia.
Penasaran bagaimana caranya?
Banyak yang masih tidak tahu Ms. Office bisa dimanfaatkan sebagai spell checker (pengecek ejaan). Padahal hampir semua versi Ms. Office telah menyediakan fitur ini secara langsung. Tanpa mengharuskan user menginstal software tambahan.

Biasanya, fitur ini telah aktif sendiri. Namun kebanyakan dari kita tidak menyadarinya.

Coba kamu buka salah satu docs Ms. Word milikmu. Perhatikan, apakah kalimat-kalimat yang diketik memiliki garis bawah merah? Adakah yang bergarisbawah hijau?

Jika ya, itu tanda bahwa spell checker Ms. Office-mu aktif. Secara default, spelling yang digunakan biasanya berasal dari kamus bahasa Inggris. Secara bahasa Inggris, kalimat bergaris bawah merah berarti salah ejaan. Sedangkan yang hijau berarti sebaliknya.

Baca Juga : Kosakata Bahasa Indonesia Sehari-hari Yang Paling Sering Salah Dieja

Terkait dengan kamus, kamu juga bisa menjadikan Ms. Office sebagai software cek ejaan bahasa Indonesia. Dengan menginstal kamus Bahasa Indonesia dalam sistem Ms. Office.

Berikut ini kami beri panduan lengkap memanfaatkan Ms. Office untuk mengecek ejaan bahasa Indonesia.

Cara Menginstal Proof Bahasa Indonesia Untuk Microsoft Office Spell Checker

Untuk memanfaatkan Ms. Office sebagai software cek ejaan Bahasa Indonesia, lakukan langkah-langkah berikut ini. Disini saya memberikan contoh pada Microsoft Office Word 2007.

  1. Buka Ms. Word, klik Office Button (biasanya di pojok kiri atas Office Word);
  2. Pilih “Word Options”;
  3. Pilih “Proofing” dan klik “Custom Dictionaries”;

  1. Pilih “New” lalu buat satu file kamus berformat .dic. Beri nama Indonesia.dic (sekedar contoh);

  1. Klik Ok dan beri checklist/centang pada file baru tersebut. Sedangkan file kamus “Custom.dic” sebaiknya dihilangkan saja checklist/centangnya.

  1. Sekarang buka Explorer dan pergi ke folder “C:\Users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\UProof”. Jika “AppData” tidak ditemukan, silakan aktifkan Show Hiden Files dulu;
  2. Buka file .dic yang kamu buat tadi dengan Notepad, dimana file .dic yang kita buat tadi adalah Indonesia.dic;

  1. Download file IndoWordList lalu buka dengan Notepad dan copy semua filenya kemudian paste kedalam file Indonesia.dic tadi.

Cara Mengaktifkan Microsoft Office Spell Checker

Setelah kamu menginstal proof bahasa Indonesia dalam program Ms. Office, maka selanjutnya kamu perlu mengaktifkannya. Untuk melakukannya, kamu perlu mengikuti langkah-langkah aktivasi berikut.

  1. Buka kembali Ms. Office Word, klik menu “Review” kemudian “Set Language”;

  1. Klik aktifkan “English (Indonesia)” kemudian cheklist/centang “Detect language automatically”. Terakhir klik Ok;

  1. Cek keberhasilan aktivasi dengan mengetik kata dalam bahasa Indonesia. Jika kata tersebut bergarisbawah hijau, maka proof bahasa Indonesia telah aktif.

Cara Mengoperasikan Microsoft Office Spell Checker

Sebenarnya, kamu bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan Ms. Office Spell Checker dengan sesuka hati. Untuk menggunakannya sebagai alat pemeriksa ejaan, terapkan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka Ms. Office Word, klik tab “Review”;
  2. Klik “Spelling & Grammar”;

  1. Setelah panel Spelling and Grammar muncul, kamu bisa mengecek langsung kata-kata yang mungkin salah eja dalam dokumenmu. Ms. Office Word akan mengajukan beberapa alternatif kata yang lebih sesuai. Pilih kata yang paling sesuai dengan ejaan;

  1. Klik tombol “Change”;
  2. Ms. Office Word akan terus memeriksa ejaan hingga akhir dokumen. Setelah proof-edit dilakukan, sebuah kotak dialog yang menandakan spell checking selesai.

Cara Mengabaikan Koreksi Ejaan dari Microsoft Office

Sekarang, coba perhatikan poin nomor 5 di atas. Ms. Office Word akan terus memeriksa ejaan hingga kata terakhir. Jika kamu ingin melewatkan beberapa kata dari koreksi Spell Checker Ms. Office Word, kamu dapat menerapkan hal berikut.

Setelah ada di panel Spelling and Grammar, kata-kata yang perlu dicek akan muncul secara bergantian. Jika kamu ingin melewatkan suatu kata dari checking, silakan klik tombol Ignore yang tersedia atau Ignore Once untuk pengabaian sekali. Sedangkan fungsi dari Ignore All untuk pengabaian hingga akhir dokumen.

Cara Mengatur Microsoft Office Agar Mengoreksi Ejaan Secara Otomatis

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatur Ms. Office Word agar melakukan spell checking secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot mengecek satu demi satu kata yang tepat. Ms. Office Word akan langsung melakukannya untukmu.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik tab “Review” kemudian klik “Spelling & Grammar”;
  2. Setelah keluar box perintah, klik Options di sudut kiri bawah;
  3. Klik Proofing;
  4. Centang kalimat perintah “Check spelling as you type” dan “Use contextual spelling”;

Nah, cara-cara di atas merupakan panduan lengkap buatmu yang ingin memaksimalkan manfaat Ms. Office sebagai software cek ejaan bahasa Indonesia. Mudah, bukan?

Baca Juga : Cara Mengganti Kata Yang Salah Secara Otomatis Di Office Word (Find and Replace)

Mungkin hanya itu saja artikel Cara Cek Ejaan Bahasa Indonesia di Microsoft Office Word. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren serta menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.