Home / Teknologi / Cara Memindahkan (Transfer) File Dari DropBox Ke Google Drive Tanpa Download

Cara Memindahkan (Transfer) File Dari DropBox Ke Google Drive Tanpa Download

Cara Memindahkan File DropBox Ke Google Drive – Di jaman modern seperti saat ini, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan sebutan Cloud Storage. Seiring perkembangan jaman, kini kapasitas Cloud Storage makin lama makin besar saja kapasitasnya. Contohnya kapasitas yang ditawarkan oleh Google Drive, untuk fitur gratisnya saja Google Drive mampu menampung file sebesar 15 GB. Tentunya dengan kapasitas sebesar ini, kita bisa menyimpan berbagai macam file seperti foto, dokumen, video, dan file lainnya. Jika kapasitas tersebut masih kurang, Google Drive menawarkan harga murah untuk upgrade kapasitas defaultnya.

Baca Juga : Cara Mengubah Link Download Google Drive Menjadi Link Download Langsung

Solusi terbaik untuk mengamankan data-data penting adalah dengan menyimpannya secara online di Cloud Storage. Anda bisa pilih sendiri Cloud Storage yang disukai, misal Google Drive, Dropbox, AppBox, dan sebagainya. Hebatnya lagi Cloud Storage tidak hanya bisa diakses oleh perangkat desktop, namun kini Cloud Storage juga bisa diakses dengan menggunakan perangkat mobile.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-0

Saya tidak akan membahas lebih jauh lagi tentang masing-masing Cloud Storage secara lebih rinci. Namun pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara transfer file dari DropBox ke Google Drive.

Untuk memindahkan file dari Cloud Storage DropBox ke Google Drive sebetulnya kita tidak perlu download file kemudian di upload. Artinya kita tidak perlu download file dari DropBox kemudian di upload ke Google Drive. Dengan cara ini tentunya akan menghabiskan waktu lebih lama lagi. Belum lagi paket internet Anda akan banyak terbuang secara percuma.

Berikut Cara Memindahkan File Dari DropBox Ke Google Drive Tanpa Download

Cara yang akan saya bagikan disini akan lebih praktis dalam transfer file dari DropBox ke Google Drive. Hal ini dapat kita lakukan layaknya kita transfer file dari komputer ke media eksternal seperti flashdisk. Disini kita cukup menggunakan fasilitas copy dan paste saja layaknya Anda memindahkan file di halaman Windows Explorer.

Sebelum memulai praktik ini, diwajibkan Anda harus membuat akun di MultCloud. Kenapa? Karena nanti kita akan memindahkan file dari DropBox ke Google Drive menggunakan layanan ini. Silakan Anda membuat akun dulu di MultCloud dengan mengakses URL www.multcloud.com. Karena membuat akun di MultCloud itu bisa dikategorikan mudah, oleh karena itu disini saya tidak akan menjelaskannya.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-1

Saya anggap Anda sekarang sudah mempunyai akun atau terdaftar di website MultCloud. Silakan Anda login disana menggunakan akun yang didaftarkan tadi. Tugas pertama setelah login di MultCloud adalah menambahkan Cloud Storage kedalam list Add Cloud Drives di MultCloud. Karena disini kita akan memindahkan file dari DropBox maka pada list Add Cloud Drives kita pilih Dropbox kemudian klik Next.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-2

Tidak perlu basa-basi lagi, disini Anda cukup klik pilih tombol Add Dropbox Account. Ini artinya kita sekarang akan menambahkan Cloud Storage Dropbox kedalam Drives di MultCloud.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-3

Anda akan diminta untuk menyetujui hak akses dari Dropbox ke MultCloud, untuk menyetujuinya cukup klik pilih Allow. Dan jika sebelumnya Anda belum login di Cloud Storage DropBox, maka silakan login dulu menggunakan akun DropBox.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-4

Selamat! Kini Cloud Storage DropBox sudah berhasil ditambahkan. Tugas selanjutnya adalah menambahkan Cloud Storage Google Drive kedalam Cloud Drives di MultCloud seperti ketika menambahkan DropBox. Klik Google Drive kemudian klik pilih Next untuk melanjutkan.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-5

Seperti halnya menambahkan DropBox, disinipun silakan Anda klik pilih tombol Add Google Drive Account.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-6

MultClooud akan melihat dan mengelola file di Google Drive, mengetahui siapa Anda di Google, dan melihat alamat email Anda. Untuk menyetujuinya silakan klik pilih saja Izinkan. Jika sebelumnya Anda belum login di Google Drive, silakan login dulu menggunakan akun Google.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-7

Sekarang kita sudah berhasil menambahkan Cloud Storage DropBox dan Google Drive kedalam Drives MultCloud.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-8

Kini saatnya Anda beraksi yaitu memindahkan file dari DropBox kedalam Google Drive atau sebaliknya. Pertama silakan Anda klik pilih Cloud Storage yang filenya akan dipindahkan, contoh kali ini saya akan memindahkan file dari DropBox. Misal saya akan memindahkan file yang bernama “Actions Photoshop.jpg” yang berada di dalam DropBox. Klik kanan pada file yang akan dipindahkan kemudian klik pilih Copy.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-9

Kemudian klik pilih Cloud Storage yang akan kita isi dengan file pindahan tadi. Contoh saya akan memindahkan file kedalam Cloud Storage Google Drive. Di Cloud Storage Google Drive klik kanan dan pilih Paste.

Sekarang MultCloud sedang bekerja memindahkan file yang baru saja Anda proses copy paste. Lama proses ini tergantung kapasitas file yang Anda pindahkan.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-10

Jika sudah selesai, silakan Refresh halaman MultCloud dan lihat hasilnya. Tadi saya sudah memindahkan file yang bernama “Actions Photoshop.jpg”. Kini file tersebut sudah berada di dalam Cloud Storage Google Drive.

cara-memindahkan-file-dropbox-ke-google-drive-11

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba artikel Cara Memindahkan File Dari DropBox Ke Google Drive tanpa harus melakukan proses download dan upload. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *