Home / Photoshop / Bagaimana Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Save, Simaklah Penjelasan Berikut

Bagaimana Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Save, Simaklah Penjelasan Berikut

Cara Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Save – Seperti yang telah kita ketahui bahwa aplikasi yang memberikan hasil terbaik soal ngedit mengedit foto adalah Photoshop. Meskipun demikian bukan berarti aplikasi ini tidak lepas dari sebuah permasalahan, hal ini disebabkan karena PC yang Anda gunakan untuk mengoperasikan aplikasi ini kurang memiliki intensitas nya, dalam artian memang bukan PC yang ditujukan untuk menjalankan aplikasi semacam ini.

Baca Juga : 7 Tips Dan Trik Yang Wajib Anda Tahu Untuk Mempercepat Proses Kerja Di Photoshop

Sehingga terkadang dalam beberapa kasus, Photoshop tidak bisa save dan PC yang digunakan langsung error atau bahkan langsung mati. Tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa PC yang memang dipaksakan untuk menjalankan sebuah aplikasi ini. Tidak masalah sebenarnya, hanya saja tetap diberikan batasan-batasan sederhana agar PC tersebut tetap kuat.

Solusi Untuk Mengatasi Photoshop Tidak Bisa Save

Sebenarnya banyak faktor penyebab Photoshop bermasalah, terkadang kita tidak menyadari bahwa PC yang kita gunakan lah penyebab utamanya. Nah berikut uraiannya :

1. Gunakanlah Monitor Yang Lebih Besar

Nah penting sekali hal semacam ini untuk diperhatikan, Anda bisa memilih monitor atau PC yang lebih besar, sehingga jangkauan untuk mencapai hal yang lebih besar sekalipun bisa diatasi. Selain itu menggunakan monitor yang lebih besar juga sangat memudahkan dalam hal lainnya pula. Yang jelas keuntungan dalam kemudahan yang Anda dapatkan semakin banyak. Namun hal ini kurang praktis jika Anda gunakan, mengapa demikian? karena hanya untuk men-save file yang baru saja Anda edit harus menggotong monitor yang lain. Tapi hal ini tetap menjadi salah satu pilihan solusi yang bisa digunakan.

2. Dengan Cara Dipaksa

Dengan cara sedikit riskan ini kadangkala menjadikan PC yang Anda gunakan dapat berakibat yang kurang baik nantinya, jika hal tersebut digunakan beberapa kali. Namun jika hanya beberapa waktu saja, sekiranya tidak masalah. Caranya adalah dengan memaksa PC yang Anda gunakan untuk merubah registry agar resolusinya berubah menjadi besar. Alhasil PC Anda akan ber-resolusi besar.

Baca Juga : Cara Mengubah Resolusi Layar NetBook Dari Registry ~ Menambah Resolusi

3. Menggunakan Alternative Save

Untuk solusi selanjutnya yang tak kalah praktisnya adalah dengan memilih menu file yang ada di monitor Anda, kemudian pilih menu Save for Web. Untuk masuk ke menu Save for Web langkah cepatnya bisa menggunakan keyboard shortcut Alt+Shift+Ctrl+S.

Setelah itu atur lah format file yang Anda edit dalam bentuk jpg. Namun dalam beberapa keadaan biasanya sudah dalam bentuk jpg. Kemudian barulah tekan enter pada keyboard Anda.

4. Pilihlah Menu Close atau tanda “X” Pada Layar

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Photoshop tidak bisa save adalah dengan memilih menu close pada layar, lebih tepatnya lembar kerja Photoshop bukan aplikasi yang di keluarkan.

Nah ketika Anda menekan tombol keluar, tentu sebelum tertutup ada peringatan secara otomatis untuk save, barulah Anda menekan tombol yes. Sebelum itu Anda juga jangan lupa untuk mengatur format file terlebih dahulu, barulah klik save.

5. Mengkonversi File Dari PSD Ke JPG

Menggunakan cara ini adalah dengan membuat lembar kerja baru dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan kita. Misalkan ukuran yang diinginkan adalah 1366x768px, setelah Anda memilih pastikan bahwa Anda memilih RBG 16bit, atau jika tidak RGB 8bit. Nah setelah membuat lembar kerja baru, Anda kembali lagi ke lembar kerja yang ingin Anda simpan dalam format jpg.

Sebelumnya Anda harus menjadikan satu semua layer yang telah ada tersebut, caranya adalah dengan marge visible  semua layer Anda. Nah setelah layer tersebut menjadi satu, maka langkah selanjutnya adalah pindah ke lembar kerja yang telah kosong, barulah Anda memilih save as jpg. Bisa dipastikan bahwa tersimpan dalam format jpg.

6. Menggunakan Aplikasi Tambahan “Photoscape”

Sedikit rumit tapi praktis kok ditimbang diatas, cara ini adalah dengan menambah aplikasi tambahan. Anda bisa gunakan aplikasi tambahan ini saat mengalami kendala dalam men-save file yang telah Anda edit.

Nah begini caranya, saat Anda hendak save file yang Anda edit tersebut, bukalah aplikasi photoscape dengan tidak meminimize Photoshope. Kemudian setelah photoscape terbuka, pilihlah tombol menangkap layar lalu klik menangkap area, dan crop bagian foto yang akan disave. Setelah file tersebut berhasil di copy dalam photoscape maka Anda tinggal memilih save.

Baca Juga : 5 Pengaturan Photoshop Yang Wajib Ditampilkan Untuk Memudahkan Desain

Nah beberapa tips tersebut bisa Anda terapkan jika menghadapi permasalahan tentang Photoshop tidak bisa save. Tentunya dalam beberapa solusi tersebut bisa Anda pilih salah satu atau dua diantara pilihan tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan jenis PC yang akan Anda gunakan, jangan sembarang menggunakan, sebab hal ini dapat meminimalisir kendala semacam itu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *