Home / WordPress / Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login WordPress Dengan Yang Lain

Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login WordPress Dengan Yang Lain

Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login – Bagi pengguna WordPress mungkin sudah tidak asing lagi dengan halaman WP-Admin atau WP-Login. Hampir setiap saat WordPresser selalu membuka halaman ini, karena halaman ini merupakan pintu masuk utama untuk melakukan editor seperti menulis artikel, membuat halaman, menjawab komentar, install plugin, dan sebagainya. Dengan begitu halaman WP-Admin atau WP-Login termasuk halaman paling vital dan wajib hukumnya untuk selalu dijaga kerahasiahannya. Menyerahkan hak akses WP-Admin atau WP-Login terhadap orang lain itu artinya kita telah memberikan blog WordPress secara cuma-cuma kepada orang lain.

Baca Juga : Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha

Meskipun kita masih bisa mengendalikan WordPress dari halaman cPanel (khusus Shared Hosting), namun bukan artinya tingkat keamanan WP-Admin atau WP-Login kita biarkan begitu saja. Kita meski hati-hati dan jangan mudah percaya untuk memberikan hak akses (User & Password) WP-Admin kepada orang lain. Jangan membiarkan celah masuk walaupun hanya sedikit untuk hacker menyelinap kedalam halaman WP-Admin atau WP-Login.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-1

Secara default URL untuk masuk ke halaman Dasboard WordPress adalah http://nama-domain.com/wp-admin atau http://nama-domain.com/wp-login.php. Tentu saja yang namanya URL default maka hampir setiap orang khususnya seorang WordPresser akan mengetahui URL tersebut. Demi untuk meningkatkan tingkat keamanan blog WordPress kita, maka sebaiknya URL default tersebut kita ubah dengan yang lebih unik lagi, misal http://nama-domain.com/sembunyi atau yang lainnya. Dengan mengubah URL halaman WP-Admin atau WP-Login maka itu termasuk salah satu bukti trik mengamankan blog WordPress dari serangan orang yang tidak bertanggungjawab terhadap blog kita.

Berikut Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login Dengan Plugin Dan Tanpa Plugin

1. Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login Dengan Plugin

Salah satu alasan banyak yang menyukai platform WordPress adalah kita bisa dengan bebas menginstall plugin demi untuk mengubah WordPress menjadi lebih mantab dari segala aspek. Untuk sekedar mengubah URL WP-Admin dan WP-Login juga tersedia pluginnya. Dengan begitu bagi Anda yang tidak mau dipusingkan dengan pengaturan kode, disarankan menggunakan Plugin saja.

Baca Juga : Cara Membuat Form Login & Register Penulis Tamu Di WordPress

Dari banyaknya Plugin yang khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan mengubah URL WP-Admin adalah Plugin WPS Hide Login. Plugin ini dapat kita nikmati secara gratis dan Plugin tidak akan memberatkan loading WordPress karena ukurannya sangat kecil.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-2

Silakan Anda download dan install dulu Plugin WPS Hide Login dengan cara yang Anda sukai, bisa melalui halaman Dashboard atau dari halaman cPanel Hosting. Karena sifatnya Plugin itu untuk mempermudah proses kita di WordPress, maka plugin WPS Hide Login juga tidak banyak pengaturan yang harus kita tentukan. Setelah Anda sukses menginstall Plugin WPS Hide Login, selanjutnya Anda pergi ke menu Settings > General. Kemudian scroll halaman kebawah hingga menemukan kolom Login URL. Anda isi kolom kosong tersebut dengan kata yang diinginkan untuk keperluan login nanti, misal saya mengisi sembunyi. Dengan begitu nanti halaman WP-Admin Anda akan berubah menjadi http://nama-domain.com/sembunyi.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-3

Jangan lupa untuk klik pilih tombol Save Changes dan keluarkan (logout) halaman Dashboard. Jika Anda menggunakan Plugin Cache, silakan dihapus dulu semua cache dan hostorynya. Selamat mencoba dan semoga sukses!

2. Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login Tanpa Plugin

Anda tidak suka dengan penggunaan Plugin? Atau mungkin Plugin yang sudah dipasang di WordPress sudah terlalu banyak sehingga tidak memungkinkan untuk menginstall Plugin baru lagi. Maka jika itu alasannya silakan praktikkan cara kedua ini yaitu mengubah URL WP-Admin dan WP-Login tanpa menggunakan Plugin.

Baca Juga : Solusi Jitu Gagal Login Di WP-Admin WordPress

Tidak banyak langkah yang meski kita tempuh dalam cara ini. Jika lancar kurang dari 5 menit maka Anda bisa menyelesaikan cara berikut. Hal pertama untuk menggunakan cara kedua ini Anda harus login ke halaman cPanel Hosting. Silakan Anda buka halaman File Manager > Public HTML. Anda cari file php wp-login tepatnya berada dibawah file wp-load.php. Anda ubah nama file wp-login dengan cara klik kanan di wp-login.php dan klik pilih Rename.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-4

Nanti akan tampil halaman popup untuk mengubah nama file (Rename). Silakan Anda ketik secara manual dengan kata yang Anda inginkan untuk halaman login nanti, misal sembunyi. Dengan catatan, Anda jangan sampai menghapus kata (ekstensi)  .php. Klik pilih tombol Rename File jika sudah selesai.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-5

Refresh halaman Public HTML agar perubahan nama file tadi bisa kita lihat hasilnya. Kini nama file wp-login.php sudah berubah menjadi sembunyi.php. Langkah selanjutnya silakan Anda pilih file .php yang baru saja diubah nama filenya (sembunyi.php) kemudian klik Edit untuk masuk kedalam file tersebut.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-6

Begitu kita klik Edit maka akan muncul tab baru yaitu isi kode dari yang tadi kita pilih. Tugas kita disini sekarang adalah mengubah seluruh kata wp-login sesuai dengan nama file yang tadi kita tentukan, contoh tadi sembunyi. Ingat jangan sampai menghapus ekstensi .php-nya! Gunakan fitur Find dengan menekan Ctrl+F untuk mempercepat proses. Kata wp-login yang harus Anda ubah dalam halaman ini berjumlah 12. Jika sudah selesai jangan lupa klik Save.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-7

Kembali kehalaman Public HTML, dan tugas kita sekarang adalah memilih folder wp-include > general-template.php. Setelah file general-template.php Anda temukan, silakan klik Edit lagi untuk membuka isinya seperti langkah diatas ketika membuka halaman wp-login.

cara-mengubah-url-wp-admin-dan-wp-login-8

Anda ganti lagi setiap kata wp-login dengan kata yang sesuai dengan langkah pertama diatas, misal sembunyi. Dihalaman general-template.php kata wp-login berjumlah 5 dan gunakan juga fitur Find untuk mempercepat proses pencarian.

Agar orang lain tidak bisa melakukan redirect halaman dari WP-Admin ke halaman yang Anda tentukan untuk login, sebaiknya kata wp-login kedua yang berada didalam file general-template.php Anda hapus saja (tidak diganti). Dengan begitu kata wp-login yang diganti dengan nama baru hanya berjumlah empat saja.

Berikut adalah penampakan wp-login kedua sebelum dihapus :

function wp_login_url($redirect = '', $force_reauth = false) {
 $login_url = site_url('wp-login.php', 'login');

Anda hapus saja kode wp-login.php sehingga nantinya menjadi seperti ini :

function wp_login_url($redirect = '', $force_reauth = false) {
 $login_url = site_url('', 'login');

Jangan lupa jika sudah selesai melakukan perubahan didalam file general-template.php (mengganti 4 wp-login dan 1 menghapusnya) Anda klik Save. Refresh halaman blog WordPress dan jika menggunakan plugin cache Anda hapus seluruh cache dan history. Sekarang URL WP-Admin atau WP-Login Anda sudah berubah dengan URL yang telah Anda tentukan.

Ok mungkin hanya itu saja artikel Cara Mengubah URL WP-Admin Dan WP-Login baik yang menggunakan Plugin maupun Tanpa Plugin. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi siapapun yang memerlukannya. Sampai bertemu lagi di artikel keren lainnya dan salam sukses selalu!

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

3 comments

  1. Arikel yang bermanfaat nih. emang harus secepatnya diganti tuh url admin. jangan sampe jadi makanan empuk buat para hacker.

  2. Sudah saya coba langsung nembak /wp-admin/ di blog ini ternyata masih bisa ya? Apa memang masih tetap jalan atau dicoba di web lainnya tutorial ini.

    Tutorial bagus anyway, saya pernah menggunakan salah satu plugin keamanan untuk hal ini dulu dari Tips and Trick HQ.

    • Untuk WEB ini memang sengaja dibuat default saja mas. Mungkin kedepannya akan coba terapkan untuk blog ini. Dulu sempat menggunakan Captcha untuk loginnya, tapi dicopot lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *