Home / WordPress / Cara Pasang Matched Content Google AdSense (Konten Sesuai) Di Blog WordPress

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (Konten Sesuai) Di Blog WordPress

Cara Pasang Matched Content Google AdSense – Baru dua hari ini blog Info Menarik mendapat ijin untuk pasang “Matched Content” dari Google AdSense. Matched Content adalah salah satu jenis iklan terbaru dari Google AdSense. Matched Content atau konten sesuai atau konten yang tersesuai (bahasa Indonesia) merupakan fitur baru iklan Google AdSense yang bentuknya mirip dengan related post atau artikel berkaitan. Sampai artikel ini diterbitkan, Matched Content masih dalam proses percobaan (beta) dan tidak semua publisher Google AdSense yang diberikan ijin untuk pasang Matched Content. Mungkin kedepannya jika tahap beta sudah selesai semua publisher Google AdSense akan bisa merasakan untuk pasang Matched Content di blognya.

Baca Juga : Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan

Matched Content atau konten yang tersesuai adalah layanan gratis Google AdSense yang menampilkan semua konten relevan dari situs yang bersangkutan layaknya related post. Matched Content akan mampu membantu untuk meningkatkan pageview (tampilan halaman) blog/website sehingga mampu menurunkan angka bounce rate blog. Karena dengan adanya Matched Content pembaca blog/website bisa menghabiskan waktu lama dengan klik artikel-artikel lain yang tampil di Matched Content.

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (1)

Mungkin sebagian blogger atau WordPresser ada yang masih bingung bagaimana cara pasang Matched Content di blog? Atau mungkin bagaimana cara membedakan akun Google AdSense antara yang sudah diperbolehkan pasang Matched Content dan yang belum?

Sebelum dilanjut, seperti apakah penampakan Matched Content Google AdSense ini? Anda bisa melihatnya pada contoh gambar berikut, Matched Content yang dipasang di blog ini :

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (2)

Berikut Cara Pasang Matched Content Google AdSense Di Blog WordPress

Pastikan sebelum  mempraktikkan cara ini kalau akun AdSense Anda sudah diberikan hak penuh untuk memasanganya. Untuk memeriksanya silakan Anda login di akun Google AdSense kemudian dari ikon roda gigi klik Settings.

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (3)

Jika blog Anda sudah mendapatkan ijin untuk pasang Matched Content, maka pada bilah sisi kiri My sites akan bertambah fitur baru Matched Content. Kemudian Anda klik disitu untuk melihat blog/website mana yang diperbolehkan untuk memasang fitur terbaru Google AdSense ini, jika memang lebih dari satu blog yang Anda pasang iklan AdSense dari satu akun. Karena perlu Anda ketahui bahwa jenis iklan Matched Content ini hanya akan tampil pada blog/website yang sudah diberi ijin AdSense saja walaupun secara keseluruhan akun Google AdSense sudah mendapatkan ijin Matched Content.

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (4)

Jika blog/website Anda sudah diperbolehkan untuk pasang Matched Content, kini saatnya untuk membuat unit iklan baru. Caranya Anda lakukan seperti biasa saja yaitu dari My ads > + New ad unit.

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (5)

Tidak ada yang aneh dalam membuat unit iklan Matched Content ini. Seperti biasa Anda buat judul atau nama iklan yang akan dibuat pada kolom Name, contoh Iklan Konten Sesuai. Kemudian disarankan untuk memilih jenis iklan yang Responsive agar nanti iklan Matched Content bisa tampil menyesuaikan layar. Kemudian yang terpenting adalah pada Ad type Anda klik pilih Matched Content BETA. Klik Save dan silakan ambil kode dengan meng-Copy-nya.

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (6)

Setelah Anda memperoleh kode jenis iklan Matched Content, sekarang Anda login di wp-admin untuk masuk ke Dashboard WordPress. Disarankan iklan Matched Content Anda pasang didalam postingan blog, dengan begitu kita harus masuk ke Editor > Single Post. Saya memasang Matched Content di bawah Tag dan diatas Author Box. Untuk Anda silakan sesuaikan saja, menurut Anda dimana letak iklan Matched Content yang pantas diterapkan di blog.

Cara Pasang Matched Content Google AdSense (7)

Saran dari Google AdSense untuk unit iklan Matched Content sebaiknya dipasang di halaman blog yang mempunyai konten (artikel) panjang atau jenis artikel yang pembahasannya mendalam, minimal 300-400 kata/artikel. Dan sebaiknya setiap artikel memiliki gambar atau setidaknya memiliki satu gambar thumbnails. Karena nanti tampilan Matched Content akan semakin menarik dengan adanya gambar thumbnails sehingga memungkinkan untuk di klik pembaca. Untuk hasil klik terbaik, sebaiknya Matched Content dipasang tepat di bawah artikel layaknya related post. Selengkapnya Anda bisa baca sampai tuntas disini.

Baca Juga : 4 Solusi Mengatasi Penghasilan AdSense Menurun Disebabkan GoogleWeblight

Ok mungkin hanya itu saja artikel tentang Cara Pasang Matched Content Google AdSense Di Blog WordPress. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai jumpa lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

9 comments

  1. wah makin keren gan tampilan blognya dengan ada match konten, adakah tips agar adsense bisa mendapatkan fitur match conten?

  2. ini blog saya masih belum mendapatkan matched content. Untuk mendapatkannya apa ada syarat tertentunya mas ?

  3. Blog saya belum dapat kang, apa karena masih gado gado ya, semoga kedepan akun saya mendapatkannya hehe

  4. Jayson Ciolek

    apakah sudah full approve google adsense agan? jika sudah di full approve nanti akan muncul secara otomatis iklan di situs agan. jika belum akan tetap blank.

  5. terima kasih mas,, sangat membantu. lumayan juga buat nambahin earning. ini bisa menjadi salah satu cara alternatif meningkatkan pageviews blog mudah dan cepat

  6. Apa match content itu ngaruh sama pendapatan adsense juga gan? Atau hanya sekedar fitur related post aja dari adsense?

  7. cuma related post doang toh..berarti ga di hitung ya tiap klik nya??
    wah percuma dong, kirain di hitung gitu tiap kliknya.

  8. wah sangat keren dan bagus artikelnya gan semoga makin jaya terus :)
    jangan lupa kunjungi situs yang saya punya trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *