Home / EPS-Topik Korea / Lulus Tes EPS Topik Korea Inilah Kuncinya

Lulus Tes EPS Topik Korea Inilah Kuncinya

Lulus Tes EPS Topik Korea Inilah Kuncinya – Lulus tes EPS Topik Korea memang dambaan setiap CTKI yang sedang menjalani proses bekerja ke Korea Selatan. Lulus tes EPS Topik Korea adalah kelayakan untuk mengajukan lamaran pekerjaan di Korea Selatan. Sangat mustahil jika CTKI dinyatakan tidak lulus tes EPS Topik Korea, namun bisa mengajukan lamaran. Karena kelulusan ini adalah syarat utamanya. Namun walaupun begitu, lulus tes EPS Topik bukan jaminan sepenuhnya bisa diterima bekerja. Karena, setelah mengajukan lamaran akan diadakan seleksi lagi di Korea. Yang menentukan setelah lulus adalah, calon majikan yang dilamar. Apakah dia mau menerima atau tidak.

Baca Juga : Info Lowongan Kerja Korea Selatan 2015

Dari tahun ke tahun peminat untuk bekerja di Korea Selatan semakin bertambah. Mungkin mereka melihat karena gajinya lumayan besar, bonusnya banyak, makan dan asrama ditanggung perusahaan, mendapat pensiunan, dan lain-lain. Namun perlu dipahami dibalik itu semua, proses ke Korea tidak semudah membalikkan tangan. Rata-rata jika mulus perosesnya, dari lulus tes EPS Topik Korea sampai terbang paling sebentar selama 1 tahun. Apalagi jika dihitung dari semenjak pendidikan Bahasa Korea. Yang paling tidak beruntung, banyak yang lulus tes EPS Topik Korea namun sampai habis keberlakuan Sertifikat tidak berangkat-berangkat juga.

Setiap satu tahun sekali, diadakan tes EPS Topik yang diselenggarakan langsung oleh HRD Korea di negara peserta EPS Topik, seperti Indonesia. Kelulusan peserta tes ini dibatasi setiap tahunnya, berdasarkan kuota yang telah ditentukan oleh pihak Korea. Karena itu, semakin sulitlah peluang untuk lulus tes EPS Topik. Mengingat pendaftar sangat banyak tapi kuota kelulusan sedikit. Belum peserta yang tidak lulus tahun sebelumnya, banyak yang mengikuti tes lagi.

Kesulitan mengikuti proses ke Korea, dirasakan sejak pendidikan awal. CTKI dituntut untuk balajar Bahasa Korea agar berhasil menghadapi tes EPS Topik. Mau tidak mau, CTKI harus menghapal ribuan kosakata dan ratusan simulasi latihan soal-soal materi ujian. Saya ingatkan, bahwa tes EPS Topik bukanlah formalitas belaka. Tes ini adalah tes yang sebenarnya. Peserta harus bisa menjawab soal yang terdiri dari 25 soal membaca dan 25 soal mendengar.

Bagaimana Agar Lulus Tes EPS Topik Korea?

Pasti yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana caranya supaya bisa lulus dalam tes EPS Topik? Jawabannya mudah saja, belajar dengan rajin dan jangan lupa selalu berdo’a dan berusaha semaksimal mungkin. Namun keputusan akhir, tentunya hanya milik Allah SWT.

Selain berdo’a dan berusaha, saya mempunyai tips dan trik rahasia supaya Anda bisa lulus dalam tes EPS Topik. Semoga trik ini bisa membantu Anda apalagi sekarang sudah dibuka pendaftaran online EPS Topik, maka dari itu kemungkinan pelaksanaan tes EPS Topik 2015 akan segera dilaksanakan. Namun bukan berarti jika Anda mengikuti trik ini dijamin lulus tes, ini hanya mengarahkan saja jangan sampai Anda menggunakan trik yang keliru.

Berikut Tips dan Trik Agar Lulus Tes EPS Topik Korea

  1. Hapalkan kosakata sebanyak-banyaknya. Karena dengan banyak menghapal kosakata, Anda akan lebih mudah memahami soal-soal tes EPS Topik. Minimal 2000 kosakata harus Anda kuasai;
  2. Pahami bentuk tulisan hangul atau huruf Korea. Banyak yang tahu arti jika mendengar ucapan orang lain, tapi begitu melihat tulisan Korea jadi tidak tahu sama sekali artinya;
  3. Belajar membaca cepat tulisan Korea. Trik ini jangan terpaku sama modul saja, coba belajar membaca huruf Korea lainnya. Misalnya, Koran yang bertuliskan huruf Korea dan lain-lain. Tes EPS Topik dilaksanakan dengan waktu yang relatif cepat. Jika Anda masih gugup dalam membaca huruf Korea, saya yakin Anda akan ketinggalan dari waktu yang telah ditetapkan;
  4. Jangan sering menghapal cara menulis huruf Korea, karena nanti juga tes EPS Topik tidak ada materi menulis. Anda hanya menjawab soal-soal pilihan ganda saja;
  5. Sering belajar mendengar percakapan Bahasa Korea yang diucapkan oleh orang Korea langsung. Soal tes selain materi reading (membaca) ada juga materi listening (mendengar). Latihan memahami maksud percakapan bisa dengan sering menonton film drama Korea, materi percakapan yang terdapat di Textbook, dan lain-lain. Untuk itu sebaiknya Anda harus memahami dulu aturan pelafalan Bachim;
  6. Ketika Anda menghadapi soal membaca yang panjang, usahakan jangan menerjemahkan semua soal. Karena ini akan memakan waktu yang lama. Cukup Anda pahami maksud dari kalimat soal tersebut. Pahami dulu pertanyaannya, apa yang ditanyakan dalam soal tersebut. Jangan sampai Anda diperintah untuk mencari jawaban yang salah/tidak sesuai malah menjawab yang benar. Biasanya pernyataan yang salah selalu diberi garis bawah;
  7. Kerjakan lebih dulu pertanyaan yang menurut Anda mudah. Jangan berpikir lama pada satu soal yang menurut Anda sulit untuk dikerjakan. Belajar menghemat waktu yang disediakan panitia. Usahakan soal bergambar dan melengkapi kalimat yang kosong (빈칸) harus benar. Karena itu menurut saya termasuk soal yang dikategorikan mudah;
  8. Jangan membuang waktu secara percuma. Artinya salah menerapkan dalam konsep menghapal. Buang konsep menghapal dengan cara menghapal kata kunci soal. Karena sejak tahun 2013 konsep tersebut sudah hilang total. Materi tes EPS Topik sekarang diambil dari materi Textbook 2013. Untuk itu tetap fokus menghapal semua materi Textbook yang diterbitkan oleh Korea;
  9. Jika semua pembendaharaan kosakata sudah banyak yang Anda kuasai, selanjutnya sering-seringlah latihan menjawab latihan soal-soal. Dalam melatih kemampuan Anda dalam menjawab soal, banyak cara untuk melakukannya. Seperti latihan menjawab soal yang terdapat pada setiap akhir materi Textbook. Latihan mengerjakan soal-soal EPS Topik tahun-tahun sebelumnya. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, saya telah membuat soal-soal yang dikemas kedalam aplikasi CBT Simulator. Bisa Anda lihat keterangan lengkapnya pada tulisan CBT Simulator EPS-Topik PBT 2013;
  10. Gunakan media online untuk dijadikan sarana pembelajaran Bahasa Korea. Seperti aktif di forum Bahasa Korea, grup Facebook yang membahas seputar tenaga kerja Korea, dan lain-lain. Saya sarankan Anda agar ikut bergabung di grup Facebook yang saya dirikan. Di grup Anda bisa bertanya, berbagi ilmu, menjawab pertanyaan member, dan lain-lain yang masih mempunyai hubungannya dengan seputar EPS Topik. Selengkapnya sudah pernah saya tulis disini.

lulus tes eps topik korea 1

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang beberapa trik agar lulus tes EPS Topik Korea. Diharapkan ada manfa’atnya bagi yang membutuhkan. Yang paling utama adalah berusaha dan terus berusaha. Jangan takut gagal, terkadang kepintaran akan dikalahkan sama kebodohan jika terus menerus dihantui pikiran kegagalan. Bangkitkan rasa percaya diri bahwa “saya pasti bisa !”. Tentunya didorong juga dengan rajinnya berdo’a, semoga semuanya dilancarkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

84 comments

  1. wah kalau saya yang mendaftar dijamin deh gak bakalan lulus. hehee

    • Ya pasti ga lulus kalau mas budi ga mau belajar bahasa korea … :D

      • Mas klo udah lulus ujian itu udah pasti berangkat ya? Bagaimana klo yg lulus ujiannya melebihi kuota yg dibutuhkan pihak hrd korea?

  2. wah 2000 kosakata
    banyak juga ya mesti hapal

  3. itu 2000 kosakata apa gax pusing mas ? kalau saya dah nyerah duluuan deh wkwkw.. .

  4. 2000 kosakata ya mas. Hhehe bnyak bnget ya mas :D . Ow ya mas, mohon dibuka emailnya ya. Saya ingin tanya” mas :D

  5. 2000 kosakata ya mas. Bnyak sekali ya mas. Sekitar brp bulan tuh ngpalinnya hhehe. Ow ya mas, emailnya tolong dibuka ya mas. Saya mau tanya” mas

    • untuk 2000 Kosakata murid saya cuma butuh waktu 2 bulan ngafalinnya, bulan 3 ikut pemantaban. lulus ujian skor 180. kalo berminat ikut kursus bahasa korea saya, hubungi saya di 087886029739.

  6. soal soal ujian skrg ngambil’y dr text book 2013 y

  7. salam mas,kepingin tanya nih,
    materi yang digunakan eps topik 2014 atau yang baru keluar skrg mas tahun 2015…?

    • Kayaknya untuk ujian sekarang 80 % dari materi 2015. Tapi jangan khawatir karena materi baru juga bukan materi perubahan total namun hanyalah revisi saja dari materi sebelumnya.

  8. bos saya mau nanya ?bos ujian 2015 apa ada bocoran jawaban bos.apa bos bisa ngasi membantu kami,gimana ya bos saya dua kali tidak lulus ,yg ketiga cara nya mau lulus gimana cara nya ? klo bos bisa membantu saya siap bos menghadapi ujian 2015

    • Bocor dari genting kali bos waktu hujan … :D Nyari sampai kemanapun saya jamin tidak akan sukses. Karena memang bocoran jawaban ujian EPS-Topik tidak pernah ada …

    • Ambil kursus privat bahasa korea sama saya, saya jamin kamu lulus. Kamu gagal 2 kali bukan karena kamu bodoh, tapi karena pengajarnya tidak bisa Fokus 100% buat mengajar kamu dikarenakan murid di LPK terlalu banyak.. ditambah lagi tidak semua pengajar memiliki skill yang bagus. banyak yang sering salah ngasih terjemahan kosakata maupun rumus. kalo berminat hubungi saya di 087886029739

  9. Gan kalo untuk cewek katanya lebih sulit yaa agar bisa kerja ke korea, saya ingin nyoba ikut tes tahun depan.
    Kira2 bisa gk yaa !!
    N yg 2.000 kosakata itu ada gak tutorialnya di situsnya agan ini.

    • Betul biasanya untuk perempuan lebih sulit daripada laki-laki. Tapi bukan berarti perempuan tidak bisa bekerja di Korea Selatan. Biasanya perempuan yang gampang prosesnya itu rata-rata perempuan yang ikut skill test. Skill test adalah test tambahan tentang kemampuan keterampilan dan berbahasa Korea. Untuk mengikuti test skill ini nilai ujian EPS-Topiknya harus diatas rata-rata.
      2.000 kosakata itu sudah ada di blog ini, semua kosakata berada dalam buku materi Textbook yang sudah saya share diblog.

    • Cewe bisa berangkat juga, tapi skor yang dipatok lebih tinggi ketimbang cowok.. misal standar kelulusan 152, maka cewek minimal harus 172 gitu.

  10. Parasti ifta

    Pak, untuk perempuan berkacamata dan berkerudung apakah menjadi bahan pertimbangan bagi penerimaan TKI ke korea, ya?

    • Berkacamata dan berkerudung tidak masalah mba. Cuma untuk perempuan usahakan nilai ujiannya harus besar agar bisa ikut skill test/kemampuan. Agar nanti proses berangkatnya cepat.

  11. cara pendaftaran nya yg susah yah ribet bgt..
    tiap tes nya jtuh pd bln brpa…
    biaya nya brpa yg ….
    saya minat mw ksna..
    tpi lg bingung cara dftar nya bhsa dan tulisan sya sedikit tahu..
    krna saya prnh kerja di hotel korea

    • Ujian EPS-Topik sektor PBT dilaksanakan setiap bulan Juni setiap tahunnya. Namun untuk sektor CBT bisa lebih dari satu kali dalam setahun. Tidak perlu bingung cara daftar untuk bekerja di Korea. Yang penting syarat utamanya mas lulus ujian Bahasa Korea.

    • Pelaksanaan tes antara Juni-Juli
      Biaya Testnya murah hanya 325.000 saja
      Untuk biaya keberangkatan ke korea, bisa diajukan pinjaman lunak ke BRI dengan syarat Jaminan Ijazah (Bila gtidak punya uang).
      Untuk biaya pelatihan bahasa korea, bisa Nego dengan saya di 087886029739

  12. 안녕하세요..
    오빠 도와 주세요..
    한국에 너무 가고싶었어요

    untuk thn dpan bisakah saya ksna..
    pasti saingan nya ribuan orang
    emang bner yah klow cwek sulit ya

    • Setiap tahun yang berminat bekerja di Korea puluhan ribu orang. Dan untuk perempuan sebaiknya usahakan nilai ujiannya masuk kriteria untuk mengikuti Skill Test (nilai terbaik). Karena jika tidak memperoleh nilai terbaik, maka akan sulit untuk berangkat kerja.

    • Ga sulit mbak, intinya situ harus punya niat kuat belajar didukung dengan pengajar yang kompeten dan fokus, dijamin lulus. Ambil kursus privat bahasa korea sama saya, saya jamin kamu lulus. Kamu gagal 2 kali bukan karena kamu bodoh, tapi karena pengajarnya tidak bisa Fokus 100% buat mengajar kamu dikarenakan murid di LPK terlalu banyak.. ditambah lagi tidak semua pengajar memiliki skill yang bagus. banyak yang sering salah ngasih terjemahan kosakata maupun rumus. kalo berminat hubungi saya di 087886029739

  13. Hendrik Rafif

    Mas bos ktanya oktober da ujian eps topik lgi bos untk pbt ..sektor pertanian sama fiseng darat tlong di bantu infonya ya ms bos

  14. akbar_radiarta

    Wah bagus bgt blog mas ini..

    Sy mau brtanya mas ttg misalkan niy saya bisa lolos di tes bhs koreanya,, namun gimna lg ttg tes kesehatannya bro,,istilahnya saran ssuai dgn pengalamanx sodara agar pasti lolos di tes kesehatan,,sebab klw sya pahami dr materi sodara spertinya tes bhs koreanya yg mnjdi tingkat kesulitan pertama..jd misalkan kita sudah lolos disini gmn lg ttg proses tes kesehatannya mas bro..?trm kasih..

    • Jika yang dipermasalahkan masalah kesehatan, kuncinya gampang mas, mas tinggal menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga, makan makanan yang sehat, dan lain-lain.

  15. saya akn mncoba nya lagi. krn kegagalan adlah awal dr kberhasilan. jdi saya ngga akn menyerah dn saya yakin tahun dpan nnti saya akn mncoba ny kmbali. untk tahun dpan biasa nya soal diambil dr textbook 2013 atau dri 2016. dn saya akn lbih giat lgi..

  16. riefanriefan

    Untk pnyakit hbsag ap obatny y mas..trs biaya ny brp?ap taun skrng msh ad tes untuk fhising ..brp prtnyaan dlm tes…trs brp poin. Dlm 1 pertanyaan.

    • Sebaiknya konsultasi langsung dengan ahli kesehatan mas. Tahun sekarang belum ada info tentang pelaksanaan test baik CBT atau PBT. Pertanyaan dalam tes 50 soal dan bobot nilai persoal 4 jumlah 200 jika benar semua.

  17. saya baru pemula,, emang ckup susah bgi yg blum tau atau blum prnh blajar. saya akui kalau ingin sukses dlm Eps Topik butuh perjuangan. minta doanya buat smua yg msh brjuang

    • Ambil kursus privat bahasa korea sama saya, saya jamin kamu lulus. Kamu gagal 2 kali bukan karena kamu bodoh, tapi karena pengajarnya tidak bisa Fokus 100% buat mengajar kamu dikarenakan murid di LPK terlalu banyak.. ditambah lagi tidak semua pengajar memiliki skill yang bagus. banyak yang sering salah ngasih terjemahan kosakata maupun rumus. kalo berminat hubungi saya di 087886029739

  18. Assalamualaikum.
    Ternyata tes nya begitu sulitnya ya.terus seperti saya ini yang rencananya tahun ini baru mau ikut pendidikan bahasa korea gimana ya ??kalau boleh minta fb nya apa yaa agar saya bisa berteman dengan panjenengan biar saya bisa bertanya-tanya dengan panjenengan yang sudah berpengalaman.matur suwun

    • Waktu yang cocok jika sekarang berniat ingin belajar Bahasa Korea untuk bekerja di Korea. Karena waktu ke ujian EPS-Topik diprediksi bulan Juni 2016 nanti. Jadi akan banyak waktu luang untuk belajarnya. Kontak saya ada dihalaman ini.

    • Ambil kursus privat bahasa korea sama saya, saya jamin kamu lulus. Kamu gagal 2 kali bukan karena kamu bodoh, tapi karena pengajarnya tidak bisa Fokus 100% buat mengajar kamu dikarenakan murid di LPK terlalu banyak.. ditambah lagi tidak semua pengajar memiliki skill yang bagus. banyak yang sering salah ngasih terjemahan kosakata maupun rumus. kalo berminat hubungi saya di 087886029739

  19. Anyong hasimnika?
    Saya sudah membaca tips yg brmanfaat dari anda, kamsahamnida.
    apa ada kontk person yg bsa d’hubngi bbm ato sjnisnya, untk konsultasi tntng eps topik 2016, saya saat ini lg proses persiapan.

    • Jika ingin menghubungi silakan mas lihat di halaman kontak blog ini. Disana sudah saya sertakan lengkap.

    • Ambil kursus privat bahasa korea sama saya, saya jamin kamu lulus. Kamu gagal 2 kali bukan karena kamu bodoh, tapi karena pengajarnya tidak bisa Fokus 100% buat mengajar kamu dikarenakan murid di LPK terlalu banyak.. ditambah lagi tidak semua pengajar memiliki skill yang bagus. banyak yang sering salah ngasih terjemahan kosakata maupun rumus. kalo berminat hubungi saya di 087886029739

  20. Mas saya mau tanya .kosa-katanya jenengan apa nggak ada semacam rekaman cara pengucapan gitu .terkadang kan kita yang hafalan kan bingung gimana ini bacanya.pasti kita ngawur kayak saya ini yang penting tulisanya gitu ya bacanya gitu.kan kalau ada rekamanya kan kita kan kayak di tuntun gitu.kan lebih enak gitu mas.saya tunggu balasanya .matur sembah nuwun.

    • Ma’af mas untuk yang mas butuhkan kali ini saya tidak memiliki koleksinya. Namun jika kosakata dasar format mp3 saya ada koleksinya, silakan kunjungi halaman ini.

  21. Untuk tahun 2016 kemungkinan soal nya udah dari text book baru ya mas.
    Agar mudah menghafl kan kosa kata gomana cara nya mas???ohon berbagi ilmu Dan pengalan mas

    • Begitu Textbook diterbitkan, maka materi ujian akan langsung mengambil dari materi terbaru tersebut. Semangat!

  22. bagus banget blog ini, terima kasih mas.
    saya masih belajar secara otodidak nih ..
    sudah bisa nulis dan baca.
    pertanyaanya, susah tidak kalau ikut test nanti tanpa melalui lembaga tertentu, ada yang bilang katanya susah ya mas karna gak ada yang bawa dll , mohon pencerahannya …

    • Ah itu cuma gosip dari orang-orang LPK saja mas! Tidak pengaruh dan perbedaannya ko ikut test melalui LPK dan tanpa LPK. Intinya kita bisa dan mampu menjawab soal.

    • Mas saya mau tanya
      Aku x korea thn 2009
      Tp paspor nya hilang gara2 pndaftarn kja taiwan
      Biisa di urus gak ya..

      • Insya Allah bisa mas. Asal mas ketika di Koreanya tidak pernah melakukan tindakan yang melanggar dan sampai ketahuan pihak berwajib disana.

  23. Saya hafal sekitar 3000 mosakata mas
    Ini kali pertama saya mau ikut ujian… Saya sudah belajar di lpk yg cukup mumpuni.. Kemaran slama 3mnggu latihan soal eps reading+lisyening rata2 salah 10 kebawah… Minta trik jitu dong supaya siap dngan berbagai kemungkinan soal

  24. Bener gak kalo belajar di LPK Bhs.Korea milik orang bekerja d BNP2TKI, mka klo lulus eps topik mereka akan membantu secepat nya sampai keberangkatan ke korea.
    Ada yg tau ga
    dmn lpk b
    Korea d kota cirebon, yg pemilik nya orang bnp…?

    • Info tidak benar itu mas. Kecepatan dan kelambatan proses keberangkatan ke Korea bukan wewenang pihak BNP2TKI. Wewenang sepenuhnya ada di HRD-Korea.

  25. rondly pura pura jaya

    Mas kalau kursus sambik kerja ada gak mas,karena biaya tidak mampu,tapi saya minat berangkat ke korea

    • Asal bisa membagi waktunya silakan mas kursus sambil kerja juga tidak apa-apa. Tetap semangat mas dan semoga prosesnya lancar.

  26. mas berarti untuk ikut tes eps topik tersebut tdak melalui lembaga atau semacamnya …bisa to mas ? dengan kita belajar ke teman yang sudah bisa …kemudian langsung daftar gitu bsa gk yhaa???

    • Iya mas tepat sekali! Nanti juga ketika daftar EPS-Topik tidak akan ditanya kita itu belajar di LPK mana, bahkan sampai Prelim dan Terbang-pun tidak akan pernah ada yang tanya. Wewenang LPK hanya tempat belajar saja!

  27. Mas dalam tahun 2016 ini kapan ujian nya diselenggarakan?
    dan biasanya dlm satu tahun ada brapa x seleksi mas?

    • Untuk PBT biasanya pendaftaran akan dibuka bulan April dan ujian pada bulan Juni. Artinya ujian jenis PBT dilaksanakan sekali dalam setahun.

  28. mas mau tanya kalau saya dulu dah prnh krj di malaysia dan kbur dari majikan trs ada pengaruhnya ga untuk proses ke korea.trmksh

    • Sama sekali tidak mas! Pernah ilegal di negara lain tidak akan berpengaruh sedikitpun untuk bekerja lagi di negara selain tempat mas ilegal.

  29. Bapak…mau nanya..temenku sedikit ada masalah…di situs eps topik..ccv di batalkan dengan alasan: entri dibatasi(riwayat imigrasi gelap) dan itu apa maksudnya trs di bnp2tki ada panggilan prelim..lah itu bgmn…mohon pencerahanya terima kasih

    • Apakah sebelumnya orang tersebut pernah ilegal di Korea dan overstay atau tidak? Coba konsultasikan dulu sama pihak BNP2TKI.

  30. Mas mau tanya.
    Kalo ikut tes apa harus ikut kursus Lpk dulu, bisa gak kalo bljr otodidak di rumah sendiri.?
    ( krn sibuk keja gak bisa ditingal apalagi ikut kursus memakan waktu 1bulanan) sebelum nya terimakasih.
    Nb; tempat pendaftaran Eps tes di solo di mana ya.

    • Belajar secara otodidak atau mandiripun bisa mas. Yang penting nanti mas mampu menjawab soal-soal tes EPS-Topik saja. Untuk pendaftaran ujian jenis PBT setiap tahun satu kali dan biasanya akan dibuka pada akhir bulan Pebruari sampai dengan bulan Maret. Pantau terus web resmi BN2TKI.

  31. Mas kapan ada ujian, EPS TOPIK,, untuk CTKI
    Mohon di bls mas,,, solanya sya pengen ke korea,, untuk merubah nasib,,,
    Sya sudah ikut kursus 3 bln.

  32. Mas saya mau nanya, saya lagi belajar otodidak yang utama menghafal kosakata atau belajar dari teksbook, soalnya saya kalo hafalan kosakata, kosakata yang lama mesti banyak yang lupa mohon pencerahanya

  33. mas…mhon di jawab ?tahun 2015 sudah mulai bnyak yang ikut tes .,.,.,kedengarannya dari pihak atasan kok tdak di selelnggrakan ujian eps topik tahun ini mas/./.mhon pnjelasannya ??

  34. mas,mau nanya,kalo utk sektor perikanan apakah poin/hasil nilai eps topik nya sama dgn sektor manufaktur?.mohon infonya ya mas

    • Melihat ujian perikanan tahun-tahun lalu berbeda mas. Dulu nilai tertinggi cuma 80 saja sudah lulus. Tidak tahu juga untuk tahun ini. Biasanya SKL akan ditentukan kemudian disesuaikan dengan kuota dan jumlah pendaftar.

  35. Mas , saya berminat mau ke korea , saya masih mau daftar kursus bahasa mas , denger2 tahun ini ga ada tes EPS TOPIK ya mas ?? Tes itu biasanya di selenggarakan bulan apa mas ?

  36. Saya saat ini sedang menempuh kuliah di jurusan bahasa korea, semoga dapat nilai bagus di tes topik ?

  37. Persiapkan mulai hari ini,. Semoga taun depan bisa lulus tes eps topik.aamiin
    Memang harus punya keinginan kuat mas, kalau mau lulus. Bener apa kata mas admintnya harus hapal kosakata. Kalau pengen lulus tesnya. Dari reading n listening harus menguasi. Untuk yg mau kekorea dengan gaji yg menggiurkan mulailah belajar bahasa korea secepatnya. Bocoran katanya taun depan gaji pokok udah mulai 20jt kerja di manufaktur korea. Siapa yg ga mau hayoo,..??

  38. biasanya ada berapa jumlah soalnya tesnya. Reading berapa dan listening berapa? saya lagi belajar otodidak melalui youtube, buku, textbook revisi 2015 yg dr mas admin juga sangat membantu. saya baru bisa membaca dan menulis. masih berjuang keras untuk membuat dan memahami kalimat serta memperbanyak hafalan kosakata. semoga tahun 2017 bisa sukses ujian EPS TOPIK dan kerja di korea. Aamiin. :)

    • Soal tes untuk Membaca 25 soal dan Mendengar 25 soal juga gan, jadi jumlah 50 soal. Membaca diberi waktu 40 menit dan Mendengar 30 menit.

      • Jini Okta refo

        Gan mau tanya kalau di Bengkulu atau Palembang ada gak tempat kursus nya n berapa bulan kita kursus agar bisa itu gan. Tolong di jawab

  39. mas klu udah lulus test eps topik tanpa ikut kursus lpk trus kita krim ke bnp2tki katanya bnp2tki minta sertifikat dari lpk?ap bnar klu g kursus gmna

  40. mila rahmawati

    saya pernah ikut ujian mas tahun 2012, latihan 1 bulan, pemantapan 1 blan. nilai ujian 192. pesertanya 28000, tapi ngga ada panggilan, expirednya kan 2 tahun, jadi harus ikut ujian lagi. gimana tuh?

  41. Jika ada yang mau kasih solusi saya terimakasih..
    Saya thun depan ingin ikut test eps Topik, tapi saya masih dtaiwan, langkah apa yg akan saya lakukan agar tetap ikut test dan sambil menunggu kerja dsini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *