Home / WordPress / Cara Mudah Mematikan Update Otomatis WordPress

Cara Mudah Mematikan Update Otomatis WordPress

Cara Mematikan Update Otomatis Di WordPress Tanpa Plugin – Fitur update otomatis yang dimiliki oleh CMS WordPress bisa menguntungkan bisa juga merugikan. Untungnya adalah untuk meningkatkan keamanan WordPress dari sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Namun update otomatis WordPress ini terkadang bisa merugikan. Bagi kita yang biasa melakukan perubahan pada file direktori utama WordPress seperti wp-includes, wp-content, dan lain-lain maka kita harus melakukan perubahan lagi setelah kita mengupdate versi WordPress. Jika kita tidak membutuhkan pemberitahuan atau update otomatis WordPress ketika WordPress diperbarui, maka kita harus mematikan atau menonaktifkan update WordPress tersebut.

Baca Juga : Cara Pasang Halaman Facebook Terbaru Di WordPress

Untuk mematikan pemberitahuan update otomatis di WordPress kita bisa menggunakan sebuah plugin. Tapi alangkah baiknya penggunaan plugin tersebut jangan kita pakai. Karena tanpa plugin kita bisa melakukan disable update otomatis WordPress. Penggunaan plugin yang berlebihan, maka efeknya akan memberatkan loading WordPress.

Cara-Mudah-Mematikan-Update-Otomatis-WordPress

Berikut Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Update WordPress

Jenis update WordPress terdapat dua macam, ada pemberitahuan update ada juga update otomatis. Bedanya jika pemberitahuan update adalah sebuah pemberitahuan jika versi WordPress sudah tersedia versi terbarunya (perbedaan versi). Contohnya versi WordPress dari 4.1 ke WordPress 4.2. Selanjutnya kita bisa mengupdate WordPress secara otomatis atau dengan cara manual.

Sedangkan untuk update otomatis WordPress adalah ketika ada versi terbaru WordPress, maka CMS WordPress akan mengupdate secara otomatis. Cara yang satu ini tidak akan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Biasanya update otomatis ini terjadi jika ada perbaikan versi WordPress dari versi sebelumnya. Contohnya perbaikan WordPress dari versi 4.1 ke versi WordPress 4.1.1.

Nah yang akan kita bahas pertama adalah cara menghilangkan pemberitahuan update WordPress jika WordPress sudah meluncurkan versi terbaru atau beda versi. Cara ini kita hanya membutuhkan sedikit kode saja dan tidak perlu menggunakan plugin.

Kode untuk disable pemberitahuan update WordPress adalah :

add_filter( 'pre_site_transient_update_core', create_function( '$a', "return null;" ) );

Tambahkan kode diatas pada file functions.php tema yang Anda gunakan. Bisa melalui cPanel Hosting atau dashboard wp-admin WordPress. Setelah menambahkan kode diatas, selesai sudah untuk menonaktifkan pemberitahuan update WordPress. Kedepannya Anda tidak akan lagi mendapatkan sebuah pemberitahuan update WordPress jika WordPress menerbitkan versi terbaru.

Bagaimana Cara Mematikan Update Otomatis WordPress ?

Sekarang kita bahas untuk update otomatisnya. Ketika WordPress melakukan perubahan atau perbaikan dari versi yang sudah diluncurkannya, maka WordPress tidak akan memberitahu pengguna terlebih dahulu. Artinya WordPress akan melakukan update secara otomatis.

Kode untuk disable update otomatis WordPress adalah sebagai berikut :

define( 'WP_AUTO_UPDATE_CORE', false );

Tambahkan kode tersebut di dalam file wp-config.php WordPress yang Anda gunakan. Untuk membuka file wp-config.php kita harus pergi ke cPanel Hosting. Biasanya file wp-config.php terdapat di dalam root public_html Hosting.

Alhamdulillah selesai sudah tulisan Cara Mematikan Update Otomatis Di WordPress. Saya harap semoga tulisan ini ada manfa’atnya bagi yang membutuhkan.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Mangkanya saya kadang malas otak-atik file php nya Mas. Soalnya kalau pas lagi apdet wordpress, bisa-bisa harus setel ulang pengaturannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *