Home / Teknologi / Ketahuilah Bahwa Penipuan Lewat Telepon Saat Ini Tak Kenal Waktu, Waspada!

Ketahuilah Bahwa Penipuan Lewat Telepon Saat Ini Tak Kenal Waktu, Waspada!

Sumber gambar : appuals.com

Info-Menarik.NET – Menurut situs numbeo.com, Indonesia menempati urutan ke 12 untuk negara dengan tingkat kejahatan tertinggi. Hal tersebut tidak asing lagi karena Indonesia memiliki faktor pendukung akan tingginya tingkat kejahatan. Mulai dari gaya hidup mewah yang ingin dijalani, tingginya jumlah penduduk usia produktif yang tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan sehingga banyak pengangguran, serta jumlah uang yang bisa didapatkan dalam waktu singkat dan mudah. Para pelaku kejahatan juga tampaknya tidak takut dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga : Segudang Manfaat Teknologi Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari Manusia

Peningkatan angka kejahatan di Indonesia setiap harinya membuat kita patut waspada setiap saat karena bisa saja kita menjadi korban berikutnya. Dari berbagai tindak kejahatan yang ada di Indonesia, yang belakangan ini kembali marak adalah penipuan lewat telepon. Kamu pasti sudah sering mendengar cerita tentang penipuan tersebut. Ada beberapa plot yang sering dimainkan oleh pelaku kejahatan tersebut. Ada yang dimintai uang untuk membayar biaya operasi kerabat, ada yang diiming-imingi menang undian ratusan juta rupiah tapi diminta untuk membayar pajak terlebih dahulu, bahkan ada yang mengaku ditangkap polisi kemudian minta dikirimi pulsa ratusan ribu.

Aksi penipuan lewat telepon ini seringkali dianggap sebagai aksi hipnotis. Padahal aksi tersebut hanya mengakali pikiran si korban yang panik mendengar kerabatnya terkena musibah. Semua orang yang panik tentu mudah dipengaruhi karena mereka tidak diberi kesempatan untuk berpikir.

Kamu tidak akan pernah tahu kapan giliranmu menjadi korban penipuan tersebut, sehingga tidak ada salahnya bersikap waspada, mengingat, dan menerapkan beberapa tips berikut. Pertama-tama, jika kamu menerima telepon masuk dari nomor yang tidak dikenal, sebaiknya jangan langsung diangkat. Lebih baik kamu meminta teman atau orang di sekitarmu untuk menemani mengangkat telepon tersebut. Seandainya yang menelepon tersebut benar si penipu, teman kamu bisa membantu meredakan panikmu dan mengingatkan kamu untuk mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Lebih baik lagi kalau kamu mengangkat telepon tersebut menggunakan loud speaker supaya bisa didengarkan bersama.

Penipuan lewat telepon tidak selamanya meminta uang dari korban. Bisa jadi mereka membutuhkan data diri kamu untuk aksi kejahatan lainnya. Jadi, jangan pernah menyebutkan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat tinggal, nomor kartu kredit atau PIN kartu ATM. Ingat, pihak bank pun tidak berhak meminta kamu untuk menyebutkan PIN kartu ATM!

Sumber gambar : news18.com

Bagaimana jika menerima telepon saat sedang sendirian? Kuncinya adalah tetap tenang. Jangan terlalu cepat percaya dengan semua yang disampaikan oleh penelepon. Misalnya kamu dikabari ada kerabat yang masuk rumah sakit karena kecelakaan dan harus bayar uang operasi yang jumlahnya tidak masuk akal saat itu juga kalau tidak orang tersebut akan meninggal. Coba kamu pikirkan, korban kecelakaan yang masuk rumah sakit pasti akan langsung ditangani oleh dokter. Masalah biaya bisa diurus setelah kerabat korban datang menemui. Jadi kamu tidak perlu langsung mengirimkan uang.

Sebaiknya segera matikan telepon tersebut dan coba hubungi kerabat yang bersangkutan untuk memastikan keadaannya saat itu. Jika kerabat tersebut tidak bisa dihubungi, coba hubungi kerabat lainnya untuk membantu kamu memastikannya. Begitu juga kalau kamu ditelepon dan diberi tahu kalau telah memenangkan undian dengan jumlah hadiah yang menggiurkan. Coba diingat-ingat apakah kamu pernah mengikuti undian semacam itu. Kalau pernah mengikutinya, lakukan pengecekan di website resmi atau hubungi pihak penyelenggara. Kalau tidak pernah, abaikan saja telepon tersebut.

Nah, untuk mengatasi kejadian tak terduga seperti ini, kamu harus rajin cek dan mengisi pulsa secukupnya agar bisa digunakan untuk menelepon dan browsing internet kapan pun. Kalau kamu lupa cara mengecek atau ingin isi ulang pulsa Simpati, kunjungi https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa/simpati untuk penjelasan yang disediakan oleh Traveloka. Isi pulsa Simpati pun jadi lebih mudah, tidak perlu ke counter penjualan pulsa.

Baca Juga : 4 Tips Keren Dan Menarik Meningkatkan Keuntungan Usaha Konter Pulsa Anda

Pada waktu mendatang mungkin saja kamu mendapati teman yang menjadi korban penipuan lewat telepon. Saat kamu merasa ada yang aneh dengan orang tersebut karena membeli pulsa dalam jumlah yang tidak wajar atau mentransfer uang dalam jumlah besar, segera bantu dia untuk mematikan teleponnya.

Seandainya kamu atau kerabat terlanjur menjadi korban penipuan lewat telepon baik dalam jumlah besar atau kecil, segera laporkan penipuan tersebut kepada polisi untuk proses hukum lebih lanjut. Dengan demikian kamu telah berpartisipasi dalam pemberantasan penipuan tersebut.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Iya, bener ini, kudu waspada sekarang kalau ada nomor baru yang nelfon..temen ane ada yang pernah hampir ketipu, untung dicegah sama satpam ATM..jadi kayak orang (bego’) gitu waktu pertama kali disadarkan..tetep waspada ya gan :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *