Home / Teknologi / 5 Teknologi Medis Terbaru Berhasil Diciptakan Yang Membuat Takjub Siapapun

5 Teknologi Medis Terbaru Berhasil Diciptakan Yang Membuat Takjub Siapapun

Teknologi Medis Terbaru – Teknologi medis terbaru seolah menjadi suatu hal penting untuk menghadapi jenis virus yang semakin beragam, bakteri yang berevolusi dan juga menunjang harapan hidup para pasien yang menderita jenis penyakit yang belum ditemukan obatnya.

Teknologi kini telah menjadi hal penting yang seolah tak mungkin dilepaskan dari keseharian kebanyakan orang di zaman modern ini. Apabila hanya mengandalkan tenaga manusia, tentunya terdapat banyak pekerjaan yang tidak sanggup diselesaikan dalam waktu yang singkat, secara cepat, tepat dalam jumlah banyak. Sebab bagaimana pun tenaga manusia pastinya memiliki keterbatasan, terlebih bila dituntut waktu singkat, kerja cepat, hasil tepat dan jumlah banyak.

Baca Juga : Dengan Adanya Teknologi Sensor Sidik Jari Bisa Mempermudah Proses Investigasi

Dalam dunia medis, teknologi yang semakin berkembang hadir mempermudah pembuatan berbagai obat-obatan, penelitian virus maupun penyakit baru, dan membantu pengembangan fasilitas pendukung untuk hasil pemeriksaan pasien yang lebih akurat, serta pengembangan fasilitas pendukung selama masa penyembuhan bagi pasien. Berikut ini lima teknologi medis terbaru diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Teknologi untuk menyambung sel kulit dan memperbaiki sel saraf

Cedera yang mengakibatkan luka terbuka, terlebih apabila berukuran besar, tentunya memerlukan penanganan medis segera dan terbaik. Sebuah penelitian dari Ohio University, menemukan teknologi medis terbaru berupa chip TNT (Tissue Nanotransfection ) yang dapat langsung tersambung dengan sel-sel kulit dan memperbaiki sel saraf.

Chip khusus tersebut telah diprogram khusus agar dapat langsung menyatukan sel kulit dan memperbaiki sel saraf. Suatu aliran listrik yang dialirkan dapat menginstruksikan kulit untuk menutup luka dan memperbaiki sel saraf. Penemuan teknologi TNT awalnya diuji pada babi dan tikus yang sengaja dilukai parah. Dengan ditanam TNT, aliran darah tikus percobaan dapat kembali normal begitu pula dengan sel-sel sarafnya yang mengalami kerusakan.

2. Teknologi pembakaran lemak tubuh

Bagi para penderita obesitas penemuan baru dalam dunia medis ini dapat mencairkan tumpukan lemak. Teknologi nano patch yang dinamai Microneedle Patch dibuat oleh peneliti Colombia University bagian Medical Centre. Obat pada Microneedle akan diinjeksikan pada area yang telah ditentukan. Kemudian teknologi medis terbaru ini secara perlahan akan membuat lemak mencair.

Terdapat dua jenis lemak pada tubuh manusia, yaitu lemak putih dan lemak coklat (lemak jenuh). Lemak putih berfungsi menjadi cadangan energi tubuh. Sedangkan lemak coklat ialah lemak yang sifatnya mengendap. Selain lemak coklat mengakibatkan kegemukan, bila mengendap dalam pembuluh darah, maka dapat menghambat aliran darah ke organ vital tubuh seperti, otak, jantung dan sebagainya. Bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Pada penelitiannya, tikus percobaan yang telah memperoleh aplikasi teknologi medis terbaru, menunjukkan penurunan kadar lemak sekitar 20% sejalan pula dengan penurunan kadar glukosa dalam darah tikus uji coba.

3. Teknologi pengontrolan melalui pikiran

BCIS (Brain Computer Interfaces) merupakan penemuan Graz University. Teknologi medis terbaru dapat menangkap pesan yang terdapat dalam otak, kemudian diteruskan jadi suatu perintah yang berguna untuk pasien penderita kelumpuhan parah. BCIS menerjemahkan data perintah otak manusia, kemudian outputnya BCIS membantu menerjemahkan apa yang diinginkan pasien lumpuh parah.

4. Teknologi pendeteksi kanker dengan mudah

Peneliti asal Universitas Texas merupakan penemu Masspec Pen yang berfungsi mendeteksi kanker. Pena ini juga berfungsi membedakan kanker pada masa penyembuhan hanya dalam waktu sekitar 10 detik. Sedangkan Frozen Analysis butuh waktu sekitar 30 menit. Keunggulannya, 10-20 % kanker dapat terdeteksi meski sel kanker membeku.

5. Teknologi pendeteksi tingkat harapan hidup

Peneliti di Universitas Adelaide menemukan teknologi bidang medis yakni artificial intelligence yang berfungsi memprediksi tingkat harapan hidup berdasarkan analisa medis. Hasil keakuratan dari pendeteksian alat tersebut yakni sekitar 69%. Pendeteksian artificial intelligence ini menggunakan teknik algoritma, lalu membuat suatu observasi  serta prediksi. Namun alat yang satu ini masih memerlukan banyak pengembangan yang lebih lagi, untuk menyempurnakannya.

Baca Juga : Perusahaan Teknologi Tercerdas Di Dunia, Selain Google, Facebook dan Apple

Medis atau kesehatan merupakan salah satu bidang yang secara terus menerus seiring berjalannya waktu semakin dikembangkan, baik tentang pengobatannya maupun berbagai fasilitas medis yang berbasis teknologi. Dengan teknologi medis terbaru, usaha pencapaian kesembuhan pasien serta antisipasi terhadap virus dan penyakit juga lebih efektif.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *