Home / WordPress / Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly

Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly – Tema responsive memang penting untuk mengoptimasi website atau blog. Tapi dengan tema yang responsive belum tentu bisa dikatakan Mobile Friendly. Jadi kita tidak cukup desain tema website hanya fokus ke responsive saja. Selain itu kita juga harus berusaha semaksimal mungkin membuat tema yang Mobile Friendly. Jika kedua hal ini tidak kita lakukan, maka website atau blog kita belum bisa dikatakan SEO Friendly dari segi tampilan tema, khusus untuk versi mobile.

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap HTML Di WordPress

Bagaimana Cara Cek Tema Responsive?

Kenapa tema website atau blog harus responsive? Jawabannya adalah karena pengunjung blog yang datang tidak hanya dari satu media yang mempunyai resolusi layar sama. Pengunjung blog mampir untuk mengakses blog kita datang dari berbagai jenis, contoh komputer, laptop, handphone, tablet, dan lain-lain. Terkadang resolusi layar monitor komputerpun berbeda-beda belum yang lainnya. Untuk itu supaya memberi kenyamanan pengunjung agar tampilan blog sedap dipandang mata, maka disarankan kita menggunakan tema yang full responsive. Jika tema yang digunakan responsive, maka otomatis tampilan blog akan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis device.

Sebagai contoh coba perbesar (zoom) blog ini sampai mentok (habis tidak bisa diperbesar lagi). Lalu lihat monitor bagian bawah, apakah ditemukan sebuah navigasi untuk menggeser tampilan blog atau tidak? Jika navigasi monitor bawah tidak ditemukan, berarti tema sudah responsive. Tema ketika diperbesar maka tampilan widget/sidebar otomatis akan pindah kebawah menyesuaikan dirinya rengan resolusi monitor yang digunakan.

Kenapa Juga Kalau Tema Itu Harus Mobile Friendly?

Lalu kenapa tema website atau blog harus Mobile Friendly? Sebenarnya tema responsive itu masih ada hubungannya dengan tema moblie friendly. Tapi seperti judul artikel ini bahwa belum tentu kalau tema yang responsive otomatis akan menjadi tema mobile friendly. Sebetulnya blog inipun kalau dilihat dari segi mobile friendly belum mencapai skor 100%. Banyak hal yang harus dilakukan perubahan agar tema bisa benar-benar dikatakan mobile friendly.

Tema yang mobile friendly fokusnya kepada hal kecepatan loading blog. Diantaranya kita harus mengurangi penggunaan kode Javascript, mengoptimasi gambar agar diperkecil atau disesuaikan sizenya, mengkompress kode CSS, dan masih banyak lagi.

Tema mobile friendly artinya jika sebuah website atau blog ketika diakses menggunakan jenis mobile maka loadingnya harus kencang. Tampilan website atau blog ketika diakses menggunakan komputer/laptop harus berbeda dengan tampilan mobile. Solusinya kita harus memangkas fitur-fitur blog yang anggap tidak penting untuk ditampilkan disebuah layar mobile. Tampilan tema yang mobile friendly harus fokus kepada tampilan konten saja. Untuk tampilan embel-embel yang dirasa tidak akan maksimal tampil di mobile maka sebaiknya dibuang saja.

Baca Juga : Optimalkan Gambar Web Dengan Plugin WP Smush.it

Dengar kabar bahwa pihak Google akan memberlakukan hasil pencarian mobile yang tampil terdepan hanya blog mobile friendly saja. Artinya blog-blog yang tidak menggunakan tema mobile friendly akan tersisihkan. Dengan begitu, sangat penting bagi kita khususnya sebagai pengelola blog agar mulai membenahi tema supaya benar-benar menjadi tema yang mobile friendly.

Lalu Bagaimana Cara Mengecek Tema Yang Bisa Dikategorikan Mobile Friendly?

Tentu kita bingung letak kesalahannya dimana sebelum kita mulai membenahi tema supaya bisa dikatakan mobile friendly. Sebelumnya Anda harus mengecek kecepatan blog. Saya sarankan gunakan tool PageSpeed Insights. Dan agar gampang dalam memantau seluruh elemen blog serta letak kesalahan yang harus diperbaiki, maka installah add-ons PageSpeed Insights di media browser yang Anda gunakan. Untuk rekomendasi bagi pengguna Google Chrome download add-ons add-ons PageSpeed Insights disini. Nanti setelah sukses install add-ons PageSpeed Insights, maka pada tab Google Chrome akan muncul sebuah add-ons baru.

Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly 1

Bagaimana Cara Menggunakan add-ons PageSpeed Insights

Caranya sangat mudah, Anda cukup klik kanan dilayar monitor jika blog sudah aktif. Lalu klik Periksa elemen, selanjutnya klik PageSpeed. Maka dihadapan Anda sekarang adalah tampilan dari add-ons PageSpeed Insights yang fungsinya untuk mengecek bagian mana yang harus diperbaiki demi untuk mempercepat web. Sekarang klik ANALISIS untuk memulai menganalisis seluruh elemen web yang bisa menimbulkan memperlambat kecepatan web.

Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly 2

Nah nanti setelah melakukan analisis seluruh elemen web, maka Anda akan memperoleh Ringkasan Saran dari PageSpeed Insights. Bagian mana saja yang harus diperbaiki semuanya akan ditunjukkan pada Ringkasan Saran ini. Anda klik saja yang disarankannya, lalu ikuti semua petunjuknya untuk memperbaiki yang selanjutnya blog Anda bisa dikatakan Mobile Friendly.

Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly 3

Terus terang blog ini juga belum bisa dikategorikan sebagai blog yang Mobile Friendly setelah dicek di Tool Google Developers PageSpeed Insights. Terutama di bagian tab Seluler, blog ini masih banyak ditemui kesalahan-kesalahannya. Seperti kecepatan blog ini menurut PageSpeed Insights skornya adalah 68 dari kesempurnaan nilai 100.

Tema Responsive Belum Tentu Mobile Friendly 4

Ok mungkin hanya itu saja tulisan tentang pernyataan bahwa tema yang responsive belum bisa dikatakan sebagai tema yang Mobile Friendly. Sekarang sayapun sedang berusaha keras untuk memperbaiki seluruh point-point penting agar menjadi blog yang Mobile Friendly.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

22 comments

  1. saya masih bingung nih dengan artikelnya.jadi yg dimaksud tema mobil friendly itu yg responsive dan yg cepat saja maksudnya?

    • Responsive belum tentu juga mobile friendly mas. Responsive hanya menyesuaikan device layar monitor. Sedangkan mobile friendly artinya benar-benar berteman dengan mobile. Blog ketika diakses oleh handphone tampilannya harus beda ketika diakses menggunakan komputer. Karena terkadang fitur blog yang tampil dikomputer belum tentu sempurna tampil di handphone. Untuk itu yang demikian sebaiknya dibuang saja. Contoh kita ingin membuang tampilan widget/sidebar yang mengandung javascript di tampilan handphone, pertama kita tentukan script media screen yang akan menjadi patokan minimal resolusi, lalu tambahkan kode display : none;. Jujur sayapun sedang berusaha keras mas untuk desain blog ini menjadi mobile friendly.

      • masih membingungkan saya nih mas.
        soalnya tolok ukur perbedaannya nggak jelas.soalnya setau saya tema yg responsive itu tampilannya juga akan beda ketika diakses via mobile.
        gini aja mas kalau blog saya itu sudah mobil friendly belum?

        • Setelah dicek di hasilnya memuaskan mas. Versi Seluler 93/100 dan Desktop 85/100, selamat ya mas ! :)

  2. saya kira sama mas responsive sama mobile friendly

    • Awalnya sayapun begitu mas. Saya merasa percaya diri kalau blog ini sudah menggunakan desain responsive, ternyata setelah dicek jika dilihat dari segi mobile friendly, blog ini masih butuh banyak perbaikan …

  3. Nice post…langsung cek tkp

  4. tapi untuk blog sepertinya sudah mumpuni kalau di setel responsive ya mas, hanya saja loadingnya itu yang sering bermasalah :D

  5. Dwi sugiarto

    Wah ada pr lagi nih perlu dicek juga dari sekarang

  6. mobile friendly ada 2 blog sih yg oke dan masuk daftar, tapi blog pribadi gak. hehe, susahnya sama page speed google itu klo gak paham programming, sewa orang juga belum tentu masalah selesai. Belum lagi sama nilai di GTmetrix bisa beda jauh.

    • Iya terkadang hasil GTMetrix sama PageSpeed beda jauh. Sayapun hasil di GTMetrix sudah lumayan OK, namun di PageSpeed masih banyak yang harus diperbaiki. Sepertinya hasil PageSpeed lebih menitikberatkan sama kompress CSS dan meminimalis kode Javascript … :)

  7. Ternyata masih banyak jga yang harus dibenahi dan dibetulkan, pelan-pelan deh, sambil belajar. Terimakasih kang atas sharingnya.

  8. ulasannya mantap banget gan, saya sendiri udah beberapa kali ganti template blogger dan sedikit tahu beda antara responsif dan mobile friendly,

    gak semua template responsif itu mobile friendly (bener banget), karena ketika blog tersebut dibuka lewat perangkat mobile terutama yang ber-resolusi 320px dan 480px,

    tampilannya gak sempurna, dalam arti ada beberapa bagian (widget) yang melewati batas pandang (tidak terlihat secara utuh) bahkan harus pake “ketuk” terlebih dahulu supaya tampilan blog tersebut itu sempurna

    tapi intinya tergantung apa yang dibahas blog yang bersangkutan, kalo blog tersebut membahas soal tutorial blogger, saya rasa gak perlu ambil pusing soal mobile friendly karena toh para pengunjung blog tersebut tetap kembali ke versi desktop.

    dan sebaliknya, bila blog tersebut membahas artikel untuk kalangan umum, udah selayaknya blog itu “harus mobile friendly”

    • Iya mas intinya kembali kepada diri masing-masing. Sebetulnya mudah saja kalau untuk mengecek tema itu responsive atau tidak, kita tinggal gunakan scrool mouse. Perbesar sampai habis tampilan blog, jika ternyata hasilnya acak-acakan itu tandanya tema tidak responsive.

  9. Bahasan ini sedang ramai nih. Katanya sebentar lagi akan ada algoritma mobilegedoon, yang ngurusin blog yang responsif dan layak dibuka di ponsel.

    • Betul mas, tepatnya tanggal 21 April 2015 Google akan meluncurkan algoritma mobilegeddon …

  10. baru tahu bahwa responsive belum tentu mobile friendly. btw utk ngecek mobile frendly di webmastertool ternyata sdh ada ya, https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

  11. tema blog sy malah belum responsive, jadi musti nebeng pake tema mobilenya blogger supaya lebih mobile friendly.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *