Home / Teknologi / Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

5 Tips Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis РArtikel ini adalah lanjutan dari pembahasan Penyebab Kuota Internet Cepat Habis. Pada artikel tersebut tidak dibahas bagaimana cara menghemat kuota internet agar awet. Maka daripada itu disini saya akan membahasnya yang barangkali ada manfaatnya bagi siapa saja. Jika paket internet yang Anda gunakan adalah paket kuota, mau tidak mau Anda harus menerapkan trik ini agar kuotanya tidak cepat habis. Beda lagi dengan paket internet unlimited, dimana penggunaannya tidak terbatas.

Baca Juga : Cara Download File Besar Di Internet Hasil Cepat Dengan Software Gratis & Legal

Banyak yang memilih paket internet limited (kuota) daripada paket internet unlimited. Penyebab utamanya paket internet kuota harganya relatif terjangkau. Sebaiknya Anda jangan melihat harganya saja, karena jika paket kuota tersebut Anda gunakan semaunya maka paket internet akan cepat habis.

5-tips-agar-kuota-internet-tidak-cepat-habis

Berikut 5 Tips Ampuh Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

1. Jangan Menggunakan Fitur Update Otomatis

Hampir setiap aplikasi atau software yang terpasang di komputer memerlukan update. Fitur update aplikasi ini biasanya akan dilakukan secara otomatis. Artinya setiap kali komputer Anda terhubung ke internet, maka aplikasi ini akan melakukan update. Memang ada keuntungannya jika fitur update otomatis ini kita aktifkan. Aplikasi yang kita pasang di komputer akan senantiasa up to date setiap terdapat fitur terbarunya. Namun sebetulnya tidak semua aplikasi perlu kita update terlebih jika paket internet yang kita gunakan adalah paket kuota. Update-update aplikasi yang tidak perlu ini tentunya akan membuat boros paket internet Anda. Maka daripada itu sebaiknya Anda matikan saja fitur auto update setiap aplikasi yang terpasang di internet. Bahkan jika terdapat aplikasi yang perlu di update, sebaiknya Anda gunakan update secara manual saja menggunakan jaringan internet WiFi atau download update aplikasi di warnet.

2. Selalu Mengecek Penggunaan Data

Mulai saat ini coba luangkan waktu sebentar untuk selalu mengecek penggunaan data internet Anda. Kegiatan apa saja yang suka Anda lakukan dengan menggunakan jaringan internet. Dengan internet kita bisa streaming video, bermain game online, download aplikasi, upload aplikasi, video chating, dan sebagainya. Cek satu persatu kegiatan mana yang dapat menghabiskan paket kuota internet Anda membengkak. Jika sudah ditemukan, silakan Anda kurangi kegiatan tersebut sehingga paket kuota internet tetap awet.

Alternatif lainnya jika memang kegiatan yang meski dikurangi tersebut penting harus Anda lakukan, maka silakan gunakan jaringan internet gratisan. Misalnya Anda bisa menggunakan jaringan internet WiFi kampus, tempat-tempat umum, dan sebagainya. Atau mungkin Anda bisa menggunakan internet di warnet.

3. Selalu Kompres Data Pada Setiap Web Browser

Saat ini semua web browser seperti Chrome, Firefox, Opera Mini, sudah mendukung fitur kompres data. Dengan mengkompres data maka kita telah menghemat penggunaan internet. Karena data yang telah dikompres akan lebih kecil lagi ukurannya. Dalam hal kompres bisa Anda lakukan juga ketika Anda ingin mengirim file kepada orang lain melalui internet. Anda bisa mengkompres data terlebih dahulu dengan aplikasi kompressi seperti WinRAR, WinZIP, dan sebagainya. Selanjutnya foto yang ingin Anda upload ke internet sebaiknya Anda kompres terlebih dahulu. Banyak aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk mengkompres foto, seperti software gratis ini.

4. Selalu Mematikan Koneksi Data Jika Sudah Tidak Digunakan

Kebiasaan buruk yang dapat menguras cepat paket kuota internet Anda adalah malas mematikan paket data internet jika sudah tidak diperlukan. Terutama di Smartphone, paket data internet yang terus menerus aktif maka seluruh aplikasi yang terhubung ke internet akan melakukan notifikasi. Sangat disayangkan jika hal ini terjadi, karena hal yang tidak diperlukan ini akan menguras paket kuota internet. Sebaiknya matikan saja paket data ini jika Anda sudah tidak memerlukannya lagi.

5. Ganti Kebiasaan Streaming Video Dengan Download Video

Ketika Anda menonton video melalui proses streaming maka Anda hanya bisa melihat video saat itu saja. Ketika Anda membutuhkan kembali video tersebut, maka Anda harus melakukan streaming lagi. Bisa Anda bayangkan jika setiap hari Anda nonton video streaming, tentu saja hal ini akan cepat menguras kuota internet. Terlebih jika video streaming tersebut berkualitas HD. Coba ganti kebiasaan jelek ini dengan melakukan download video. Dengan begitu Anda cukup menghabiskan kuota internet sekali saja ketika download. Apalagi jika Anda melakukan download menggunakan WiFi gratis.

Ok mungkin hanya itu saja artikel 5 Tips Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis. Semoga dengan adanya artikel ini kuota internet Anda bisa awet dan tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda perbulan. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *