Apakah Mungkin Bisnis Online Bisa Besar Tanpa Menggunakan Iklan Berbayar?

Bisnis Online Tanpa Iklan Berbayar

Info Menarik – Bisnis online tanpa iklan berbayar bisa sukses sangat mungkin terjadi. Ya, banyak faktor yang bisa membuat bisnis online besar tanpa harus menggunakan iklan berbayar, entah dari Google, Facebook dan Instagram.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis online berkembang semakin besar. Misalnya saja dimulai dari jenis bisnis online yang ingin Anda geluti dan masih banyak lagi. Daripada penasaran, simak tips dan kiat di bawah ini untuk membuat bisnis online besar tanpa harus menggunakan iklan berbayar.

Kiat Menyukseskan Bisnis Online Tanpa Iklan Berbayar

1. Menjual Jasa/Produk yang Unik

Kiat pertama menyukseskan bisnis online tanpa iklan berbayar adalah dengan menjual jasa atau produk yang unik. Ya, keunikan jasa/produk yang Anda tawarkan memang sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis online Anda.

Mulai sekarang rubah mindset bahwa untuk sukses maka harus jadi pioneer bukannya pengekor. Jika bisnis online yang Anda jalankan sudah ada dan banyak dilakukan orang lain, maka Anda sudah kalah start.

Anda tentu tidak mau mengalahkan pelaku usaha yang sudah menancapkan roda bisnisnya dalam jangka waktu lama. Alih-alih bersaing dengan pebisnis besar, lebih baik Anda memikirkan jenis bisnis unik yang potensial dan masih jarang dilirik oleh orang lain.

Keunikan dari barang atau jasa yang ditawarkan akan membuat calon pelanggan potensial penasaran dan ingin membeli/menggunakan produk tersebut. Rasa penasaran inilah yang bisa menjadi pondasi utama untuk membesarkan bisnis online tanpa iklan  berbayar.

Perlu dipahami, bahwa maksud unik dalam poin ini bukanlah jenis bisnis yang sama sekali orisinil dan belum pernah ada. Namun lebih ke modifikasi bagaimana jenis bisnis yang sudah ada tersebut bisa menjadi berbeda dari milik orang lain.

Jadi perlu dilakukan pengamatan yang matang agar hasil yang didapatkan benar-benar baru dan belum pernah dipikirkan oleh orang lain. Jika dalam proses menentukan usaha ini lancar, Anda hanya perlu meneruskannya dengan memaksimalkan faktor-faktor pendukung lainnya.

2. Unik Saja Tidak Cukup, Kualitas Juga Penting

Kiat membesarkan bisnis online tanpa iklan berbayar  selanjutnya adalah dengan menawarkan produk yang berkualitas. Produk yang unik memang penting, namun jangan pernah mengabaikan kualitas.

Calon pembeli potensial Anda memang menyukai barang/jasa yang unik. Namun mereka juga mengharapkan keunikan yang berkualitas sempurna. Bukan saja di komoditi, kualitas pelayanan yang diberikan kepada mereka juga sebisa mungkin sempurna tanpa cela.

Ini merupakan langkah penting untuk mendapatkan pelanggan dan mengikatnya hanya ke bisnis online Anda. Tentu saja dengan pelanggan setia yang banyak, Anda bisa membuat bisnis online besar tanpa harus menggunakan jasa iklan berbayar.

Jadi pastikan kualitas barang/jasa dan layanan yang Anda berikan berkualitas, sehingga pelanggan tidak akan kapok bertransaksi dengan Anda. Produk dan layanan yang  berkualitas juga bisa menjadi promosi yang bagus untuk bisnis online Anda. Apalagi jika pelanggan bersedia untuk testimoni positif, maka usaha yang Anda jalankan akan semakin dikenal masyarakat luas.

3. Buat Toko Online

Kiat membesarkan bisnis online tanpa iklan berbayar selanjutnya adalah dengan memiliki toko online sendiri. Sudah menjadi keharusan bagi pebisnis era milenial untuk memiliki toko online. Toko online merupakan salah satu alat pemasaran online yang sangat efektif untuk menyukseskan bisnis Anda.

Dengan toko online, Anda tidak saja memiliki alat paling efektif untuk memasarkan dan mempromosikan produk/jasa Anda. Selain itu Anda juga bisa menciptakan branding bisnis online Anda sehingga semakin dikenal oleh masyarakat dan pelanggan potensial.

Baca Juga : 5 Alasan Utama Kenapa Saat Ini Bisnis Anda Wajib Memiliki Sebuah Website

Jadi bisa dibilang, toko online merupakan aset digital yang harus dimiliki setiap pebisnis online yang ingin sukses. Biayanya mungkin saja tidak murah, namun anggap saja sebagai investasi masa depan. Dijamin tidak akan rugi dengan memiliki sebuah toko online yang berkualitas.

4. Tingkatkan Layanan

Kita sukses bisnis tanpa harus menggunakan iklan berbayar adalah dengan selalu meningkatkan layanan yang diberikan. Layanan yang optimal harus menjadi fokus Anda jika ingin bisnis sukses dan menghasilkan keuntungan yang banyak.

Bisnis online dengan segala instrumennya memang sangat menjanjikan, namun harus disadari bahwa pelayanannya sedikit kompleks. Maksudnya adalah layanan kepada pelanggan bisa sama sekali berbeda dibandingkan dengan bisnis konvensional alias offline.

Dalam bisnis online, Anda harus bersabar melayani pertanyaan dari konsumen untuk kemudian melayani pesanan mereka. Belum lagi jika harus melakukan rekap transfer agar tidak terjadi kesalahan dalam transaksi.

Jadi Anda tidak bisa jauh-jauh dari smartphone/laptop karena sifat bisnis online adalah buka 24 jam per 7 hari. Ya meski pelayanan memang harus ekstra, yakinkan dalam diri Anda bahwa usaha tidak akan menghianati hasil.

Mungkin kalau bisnis online baru saja dimulai, belum banyak kerepotan yang harus Anda hadapi. Namun jika bisnis tersebut sudah mulai berkembang, pertimbangkan untuk merekrut seorang admin untuk meringankan beban Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa kualitas pelayanan kepada pelanggan tidak berkurang satu pun.

5. Optimasi SEO

Kiat membesarkan bisnis online tanpa iklan berbayar selanjutnya adalah dengan optimasi SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah optimasi mesin pencari agar website bisnis atau toko online Anda bisa masuk di halaman awal Google. Sistem kerja dari SEO ini adalah mengoptimalkan kata kunci yang relevan dengan jasa/produk yang Anda tawarkan.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan optimasi SEO ini. Misalnya saja traffic pengunjung website/toko online akan meningkat. Dengan pengunjung yang meningkat, maka peluang terjadinya transaksi juga besar.

Baca Juga : Bingung, Bagaimana Cara Meningkatkan SEO WordPress? Berikut Ulasannya …

Selain itu optimasi SEO juga bisa membantu Anda menciptakan branding bisnis yang kuat. Dengan website bisnis/toko online yang setia pada halaman 1 Google menujukkan bahwa bisnis online Anda kredibel dan profesional.

6. Maksimalkan Promo Media Sosial Organik

Kiat menyukseskan bisnis online tanpa iklan berbayar yang selanjutnya ialah dengan memanfaatkan sosial media. Memang sosial media semisal FB atau instagram melayani sosmed Ads atau iklan berbayar. Namun ada juga opsi marketing dengan gratis menggunakan jenis sosial media organik.

Cara bisnis online tanpa iklan berbayar yang satu ini dengan mengoptimalkan target marketing dari pertemanan organik Anda di sosial media. Cara efisiensi sosmed organik ini jika misal menggunakan instagram harus memaksimalkan kualitas postingan iklan di akun pribadi Anda tersebut.

Anda bisa mengoptimalkannya dengan beragam tips berikut ini. Yakni gunakan caption singkat tepat sasaran, tambahkan hashtag, sinkronkan tema harmoni postingan foto serta maksimalkan kompilasi promosi secara epik namun natural. Sangat gampang bukan? Membuat iklan gratisan namun efektif bukanlah hal mustahil jika kemauan Anda untuk sukses benar-benar bisa dibuktikan.

Baca Juga : Pelajari 10 Penyebab Penting Kenapa Bisnis Online Anda Sering Gagal

Demikianlah kiat yang bisa diterapkan pengusaha manapun untuk menyukseskan bisnis online tanpa iklan berbayar. Sejatinya hal utama yang kita butuhkan untuk bisa bertahan serta berkembang dalam dunia usaha bukanlah semata-mata dari modal uang saja. Faktanya ada banyak kiat yang bisa ditempuh untuk memaksimalkan bisnis. Dan tentunya secara gratis tanpa dipungut biaya ya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. saya rasa lebih mudah menjaring konsumen bila menggunakan iklan berbayar karena ada fitur untuk memfilter audience sehingga iklan tertarget dab produk cpt laku.

  2. Sepertinya sulit pk, soalnya kalau mengembangkan tanpa melakukan iklan berbayar agak lambat dikenal orang dan sangat berat untuk bisa besar dengan lebih cepat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.