Home / Pendidikan / 8 Cara Belajar Efisien, Efektif Sehingga Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

8 Cara Belajar Efisien, Efektif Sehingga Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Cara Belajar Efisien, Efektif dan Menyenangkan

Info Menarik – Kunci utama kesuksesan seseorang adalah dengan mau belajar. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan dalam belajar, tapi yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menerapkan cara belajar yang berkualitas.

Belajar yang berkualitas adalah cara belajar yang efektif dan efisien, sehingga tidak banyak membuang waktu, tenaga dan pikiran. Dan hal yang paling banyak diabaikan banyak orang adalah, belajar dengan cara yang menyenangkan sehingga belajar bukan lagi menjadi rutinitas hal yang membosankan.

Baca Juga : 7 Tips Belajar Efektif Yang Tidak Ada Salahnya Untuk Anda Coba

Menemukan metode dan cara belajar efisien memang perlu proses. Tidak semua individu memiliki cara belajar efektif yang sama dengan individu yang lainnya. Diperlukan pengamatan sekaligus kemampuan analisa untuk mengetahui metode belajar yang paling pas bagi seseorang untuk dapat belajar efisien dan efektif.

Nah, berikut ini tips cara belajar berkualitas yang efektif, efisien dan menyenangkan yang bisa Anda coba.

Tips Belajar Berkualitas yang Efektif Efisien dan Menyenangkan

1.     Tentukan Tujuan Belajar

Tips pertama agar belajar efisien dan efektif adalah menentukan terlebih dahulu apa tujuan Anda melakukan hal tersebut. Menentukan tujuan belajar akan membuat belajar bisa lurus di jalurnya dan fokus pada tujuan yang akan Anda capai.

2.     Belajar Dengan Disiplin

Disiplin sangat diperlukan dalam belajar, karena dengan cara itu Anda dapat mengatur waktu dan hal apa yang akan dipelajari. Belajar itu juga perlu mengatur waktu. Kapan Anda memulai dan kapan juga istirahat. Disiplin sangat diperlukan dalam menuntut ilmu. Sebab dari disiplin lah orang bisa menjadi sukses.

Apabila dalam belajar Anda  tidak disiplin maka cita-cita untuk menjadi orang sukses akan terhambat. Buatlah daftar belajar lengkap dengan waktunya. Jalankan semua daftar belajar tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat. Fokus pada tujuan dan cita-cita yang akan Anda raih dengan belajar.

Jangan biasakan belajar di saat besok akan ulangan atau ujian. Hal ini akan memberatkan Anda dalam menyerap materi pelajaran. Waktu yang efektif dalam belajar di rumah adalah 1-2 jam untuk mengulang pelajaran. Belajar terlalu lama juga tidak baik, karena akan membuat lelah dan konsentrasi menurun sehingga kurang efektif.

Ingatlah, belajar bukanlah harus menunggu datangnya PR, namun sewaktu PR di sekolah tidak ada. Maka Anda perlu membaca ataupun mengulang materi-materi yang telah disampaikan oleh guru.

3.     Belajar Dengan Orang Lain

Kebiasaan masing-masing individu tentu berbeda-beda. Ada yang lebih bisa berkonsentrasi dan menyerap pelajaran dengan belajar sendiri. Tapi ada juga yang lebih suka belajar bersama teman atau berkelompok.  Belajar dengan teman sekelas atau anggota keluarga bisa menjadi salah satu poin penting yang mempermudah belajar efisien dan efeketif bisa tercipta.

Kelebihan dari metode ini adalah keadaan dimana Anda bisa mendiskusikan suatu materi tertentu. Anda bisa saling bertukar pendapat, bertanya jawab, atau bahkan saling mengajari untuk memecahkan soal-soal tertentu.

Baca Juga : Pentingnya Membentuk Karakter Disiplin Dalam Belajar Dari Sejak Usia Dini

Satu hal yang harus Anda waspadai, belajar kelompok akan sama sekali tidak berguna apabila orang-orang di dalamnya tidak fokus dengan materi pelajaran di dalamnya. Biasakan juga untuk tidak bergantung pada satu orang tertentu dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok. Dan yang penting carilah teman yang serius ingin belajar bukan hanya sekedar berkumpul bersama. Itu bisa menjadikan belajar efisien.

4.     Cari Tempat Yang Nyaman

Salah satu yang mendukung Anda dalam belajar efisien adalah tempat belajar. Ternyata tempat atau lokasi belajar juga mempengaruhi Anda dalam berkonsentrasi. Suasana yang nyaman akan membantu otak bekerja lebih prima. Ketika pikiran sudah nyaman maka hati akan turut senang. Sehingga belajar akan terasa mudah dicerna.

Akan tetapi tempat yang nyaman tidaklah harus luas melainkan tempat tersebut rapi dan bersih. Buanglah benda-benda yang tidak penting di sekitar tempat Anda belajar sehingga ruangan terlihat lebih nyaman dan rapi. Usahakan lampu di ruangan Anda belajar mendukung dan pas di mata Anda untuk membaca. Namun, tak bisa kami pungkiri versi nyaman sangatlah relative tergantung dari hati Anda sendiri.

5.     Kenali Tipe Belajar

Agar belajar efisien dan efektif terwujud, maka mengetahui tipe belajar yang tepat untuk setiap individu sangat penting. Kalau Anda suka belajar dengan gambar dan visualisasi, maka belajarlah yang melibatkan hal-hal tersebut. Misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya. Gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatan agar selalu berminat untuk mempelarinya.

Jika suka belajar dengan mendengarkan suara, Anda bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang Anda sukai. Atau ada juga dengan cara membuat catatan kecil yang berisi point-point penting dari hal yang Anda pelajari.

6.     Buat Catatan

Saat Guru menjelaskan materi pelajaran di sekolah, tidak ada salahnya jika Anda meringkas apa yang Anda dengarkan dalam sebuah catatan kecil. Hal ini akan memudahkan Anda, apabila mengulang pelajaran ketika di rumah. Selain dari pada itu, buatlah catatan khusus yang berisi materi inti dari setiap bab.

Dengan merangkum materi belajar maka akan menguatkan daya ingat Anda. Sebab ketika Anda  menulis maka otak akan turut bekerja dalam memproses pelajaran.

Catatan yang baik itu adalah catatan yang memuat inti sari. Anda boleh saja menulis dengan berbagai kreasi. Sehingga memudahkan Anda dalam membacanya di kemudian hari terutama ketika ulangan mendadak.

7.     Minum Air Putih

Air putih memiliki fungsi alami untuk membuat tubuh menjadi segar, apalagi setelah berkonsentrasi lama mempelajari sesuatu. Sediakan segelas air putih di saat Anda belajar. Minum ketika mata mulai terasa lelah atau konsentrasi mulai menurun.

Selain berfungsi untuk mengembalikan konsentrasi yang mulai buyar, air putih juga bisa membuat Anda lebih sehat dan segar. Sangat membantu proses belajar efisien dan efektif.

8.     Camilan

Belajar terus menerus kadang membuat seseorang bosan dan lelah. Tidak ada salahnya jika saat badan dan mata mulai lelah, serta konsentrasi menurun Anda istirahat sejenak dengan makan camilan.

Baca Juga : Motivasi Meningkatkan Semangat Belajar Bagi Siswa Serta Mahasiswa

Sepanjang tidak membuat Anda terlalu kenyang, cemilan terbukti ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi. Oleh karena itu, selalu sediakan snack dan berbagai makanan ringan untuk menemani Anda belajar. Hal ini sangat bisa membuat belajar efisien dan efeketif.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.