Home / Teknologi / 4 Cara Bijak Menggunakan Teknologi Terkini, Jangan Sampai Salah Menggunakannya!

4 Cara Bijak Menggunakan Teknologi Terkini, Jangan Sampai Salah Menggunakannya!

Cara Bijak Menggunakan Teknologi Terkini – Sebagai bagian dari masa milenial, dimana teknologi memegang peranan yang sangat kuat dalam kehidupan sehari-hari, tidak dapat kita pungkiri bahwa teknologi memang mengubah segala aspek dalam kehidupan kita. Walaupun begitu, menggunakan teknologi harus disertai dengan panduan bijak yang memang harus disadari oleh setiap orang.

Baca Juga : Cara Menggunakan Teknologi Masa Kini Agar Tidak Menimbulkan Dampak Negatif

Sayangnya, cara bijak dalam memanfaatkan atau teknologi ini masih disadari oleh sedikit orang. Padahal, hal ini menjadi hal yang cukup penting untuk kelangsungan diri sendiri dan juga sejauh mana teknologi itu dapat memberikan pengaruh yang baik bagi hidup kita. Nah, untuk itulah informasi mengenai cara bijak menggunakan teknologi ini akan sesuai untuk Anda simak.

Dampak Positif Pemanfaatan Teknologi

Seperti yang telah kita ketahui, teknologi saat ini tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap harinya, ada saja sebuah terobosan baru yang dihadirkan oleh para pelaku industri teknologi tersebut. Sebagai konsumen yang menggunakan teknologi, kita juga tidak bisa memungkiri jika pekerjaan kita sehari-hari sangat terbantu dengan adanya teknologi tersebut.

Sebagai buktinya, coba lihat disekitar kita, bidang apa dalam kehidupan kita kini yang luput dari sentuhan teknologi? Tidak ada. Mulai dari bidang bisnis, kesehatan, pendidikan, dan juga komunikasi, semua bergantung pada kecanggihan teknologi dalam penggunaannya. Memang hal ini jika dilihat dari segi positif sangat memberikan kita kemudahan saat menggunakan teknologi tersebut.

Namun, tidak dapat kita pungkiri juga teknologi yang kita gunakan ini bisa membawa dampak yang tergolong negatif. Akhir-akhir ini contohnya, bisa kita lihat banyak sekali kasus kejahatan yang dilakukan dalam bentuk penyalah gunaan teknologi. Hal itu mau tidak mau membuka mata kita bahwa teknologi yang kita gunakan ternyata juga bisa menjadi boomerang kepada kita sendiri jika dalam menggunakannya kita tidak bijak.

Baca Juga : Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Bijak Menggunakan Teknologi Terkini

Lalu, seperti apa sih bijak dalam menggunakan teknologi itu? Pada dasarnya, bijak dalam hal ini dapat diartikan sebagai sikap yang harus kita lakukan dalam proses pemanfaatan teknologi dalam kehidupan kita. Dan beberapa hal berikut ini merupakan contohnya :

1. Menggunakan teknologi untuk hal positif

Bijak menggunakan teknologi yang pertama bisa dilakukan dengan membuat mindset yang kuat mengenai pemanfaatan teknologi terkini hanya untuk hal positif. Hoax, bullying, dan cybercrime merupakan beberapa fenomena kejahatan yang muncul karena penyalah gunaan teknologi oleh oknum-oknum tertentu.

Fenomena kejahatan tersebut sebenarnya bisa dihindari jika setiap pengguna teknologi menyadari jika teknologi harus digunakan dalam hal yang positif atau baik saja. Dan ini merupakan bentuk dari bijak berteknologi yang utama.

2. Gunakan sesuai tempat dan keadaan

Yang kedua adalah menggunakan teknologi sesuai tempat dan keadaan. Banyak contoh kasus dimana pekerjaan atau aktivitas kita sehari-hari justru bisa diperlambat atau menjadi lalai karena adanya teknologi. Misalnya, ketika sedang meeting disuatu tempat Anda justru asyik menggunakan smartphone yang mana hal tersebut adalah hal yang tidak baik dan bisa mengganggu fokus Anda.

3. Gunakan dengan baik dan tepat

Hampir sama seperti poin pertama dan kedua, dalam pemanfaatan teknologi, hendaknya kita sebagai pengguna yang memanfaatkannya harus bisa menggunakannya untuk hal yang baik dan tepat. Selain itu, gunakan teknologi dengan baik sehingga dampak negatif dari teknologi bagi kesehatan bisa diminimalisir, misalnya menggunakan laptop atau HP dalam jarak tertentu sehingga bisa menjaga kesehatan mata.

4. Sadari bahwa teknologi hanyalah media, bukan segalanya

Dan bijak menggunakan teknologi yang terkakhir dapat diwujudkan dari mengingat selalu bahwa “Teknologi merupakan media, bukan segalanya”. Hal ini dapat membuat kita selalu mengingat bahwa sepenting apapun teknologi bagi kita, akan tetapi dalam penggunaannya juga harus disertai aturan dan juga batasan.

Teknologi sesungguhnya hanyalah media yang diciptakan untuk membantu kehidupan kita dalam proses pengerjaan aktivitas sehari-hari dan mempermudah kita. Bukan malah menjadikan kita sebagai “budak” dari teknologi yang malah membuat kehidupan nyata kita terbengkalai karena adanya teknologi tersebut. Misalnya, karena teknologi frekuensi kita untuk bertemu keluarga ataupun teman menjadi berkurang dan tidak berkualitas karena sibuk dengan gadget masing-masing.

Baca Juga : Penting Diketahui, Cara Membantu Anak Memanfaatkan Teknologi Dengan Tepat

Nah, itulah beberapa poin penting mengenai bijak menggunakan teknologi terkini yang bisa Anda terapkan untuk kehidupan Anda.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Saat ini teknologi makin buram, digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum. Entah benarkah kita akan masuk ke kegelapan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.