Home / Pendidikan / Perlukah Anak Sekolah PAUD Sebelum Masuk Ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi?

Perlukah Anak Sekolah PAUD Sebelum Masuk Ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi?

Perlukah Anak Sekolah PAUD – Pertumbuhan anak semakin cepat, tidak terasa kini anak memasuki usia 3 tahun lebih dan akan berumur 4 tahun. Jika anak sudah umur segitu maka, orangtua kepikiran untuk menentukan apakah anak dimasukkan ke PAUD atau tidak. PAUD atau pendidikan anak usia dini sudah banyak di masyarakat, menurut sebagian orangtua menyebutkan bahwa pentingnya melakukan pendidikan PAUD.

Baca Juga : Mengenal Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Orangtua

PAUD adalah pendidikan pra sekolah yang sudah tidak asing. Banyak sekali orangtua yang memasukkan buah hatinya ke PAUD sebelum melakukan sekolah di Taman Kanak-kanak. Pentinya melakukan pendidikan PAUD menurut orangtua sangat cocok dengan pendapat para ahli. Tood Grindal menyatakan bahwa pendidikan PAUD membantu dalam perkembangan serta proses belajar anak pada jenjang pendidikan selanjutnya.

6 Pentingnya Melakukan Pendidikan PAUD

Nah sekarang Anda harus mengetahui betapa pentinya melakukan pendidikan PAUD untuk anak. Para ahli menyatakan banyak sekali keuntungan memasukkan anak ke PAUD. Meskipun sebagian orang menganggap bahwa anak terlalu dini untuk sekolah namun ingatlah bahwa PAUD adalah pendidikan disertai bermain yang menyenangkan. Anak akan diajari dengan bermain sambil belajar.

Berikut merupakan pentingnya melakukan pendidikan PAUD.

1. Merangsang perkembangan sosial pada anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Heckman, diperolah hasil pendidikan dini adalah waktu yang sesuai untuk memberikan pelajarsoft skill. Beberapa kemampuan soft kill yang diajarkan yaitu fokus pada tujuan anak, mengontrol emosi dan membuka pikiran anak agar lebih terbuka lagi. Akhirnya dengan mempersiapkan soft skill, anak lebih siap melakukan interaksi kepada teman, guru serta orang disekitarnya. Rasa percaya diri pun lebih tinggi dibandingkan dengan anak lainnya.

2. Melatih perkembangan emosional

Pendidikan PAUD mampu melatih emosional anak. Nobel Laurete James Heckman adalah ekonomis University of Chicago. Beliau mencatat pengaruh pendidikan anak usia dini dalam jangka panjang dan mendapat hasil mengejutkan. Hasilnya yaitu anak yang mengikuti pendidikan PAUD mampu mengontrol emosinya dengan baik, sehingga anak bisa melakukan interaksi dengan orang di sekitarnya secara baik, benar dan efektif.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Karakter Upaya Membentuk Generasi Yang Berkualitas

Pendidikan PAUD menekankan anak untuk mengenali dirinya melalui berbagai macam kegiatan. Adapun kegiatannya yaitu mengenali lingkungan, dan membangun rasa percaya diri. Hebatnya lagi pendidikan PAUD mengajarkan anak untuk mengetahui dunia luar dengan cara eksperimen, eksplorasi serta melakukan percakapan.

3. Mempersiapkan anak untuk masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi

Pentingnya melakukan pendidikan PAUD berikutnya yaitu membantu anak supaya lebih siap memasuki dunia pendidikan lebih tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan pendidikan prasekolah bisa mempengaruhi kesiapan buah hati untuk ke jenjang pendidikan TK. Hal positifnya, pendidikan PAUD membantu meningkatkan nilai, meningkatkan kemampuan berhitung dan membaca. Jadi mereka sudah menguasai semuanya ketika berada di sekolah TK.

4. Meningkatkan prestasi akademik

Pendidikan PAUD ternyata sangat berpengaruh pada peningkatan nilai akademik usia dini, menurunkan jumlah anak tinggal kelas serta menaikkkan angka kelulusan. Pasalnya saat memasuki pendidikan TK, anak telah dibekali materi membaca, menulis, dan lainnya di PAUD. Merekapun dapat bernyanyi dengan fasih sehingga nilai akademiknya meningkat.

5. Mengisi waktu luang anak

Pentingnya melakukan pendidikan PAUD adalah meminimalisir waktu luang anak yang dihabiskan untuk bermain. Jika mereka hanya bermain di rumah saja, mereka tidak mendapatkan apa-apa. Sebaliknya kalau sekolah PAUD, anak bisa menjalankan sekolah dengan strategi belajar sambil belajar. Lihatlah waktu luang anak Anda bisa bermanfaat apabila mereka melakukan pendidikan PAUD. Walau sekolahnya hanya sebentar namun, membawakan hasil yang bagus pada pendidikan anak.

6. Anak lebih disiplin

Anak kecil selalu susah diatur, nah Anda bisa merasakan kalau anak yang belajar di PAUD disiplinnya lebih tinggi. Mereka diajarkan untuk duduk rapi di dalam kelas, sabar dalam mengantri dan mengikuti arahan guru. Selain disiplin, mereka juga berusaha untuk bersikap ramah.

Baca Juga : Pentingnya Membentuk Karakter Disiplin Dalam Belajar Dari Sejak Usia Dini

Itulah pentingnya melakukan pendidikan PAUD. Sekarang Anda dapat menyimpulkan bahwa pendidikan PAUD perlu atau tidak. Setelah membaca di atas, pasti Anda berpikiran melakukan pendidikan PAUD begitu penting dan membawa efek positif bagi pendidikan anak. Bila memutuskan untuk memasukkan anak ke PAUD, Anda sebaiknya memilihkan sekolah PAUD yang terbaik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.