Cara Efektif Melamar Pekerjaan Tapi Tidak Sesuai Dengan Keahlian Yang Dimiliki

Cara Efektif Melamar Pekerjaan

Info Menarik – Dunia kerja yang kiat ketat persaingannya memang menuntut Anda untuk tidak terlalu idealis dalam satu bidang saja. Meskipun di luar keahlian yang dimiliki, namun tetap ada cara efektif melamar pekerjaan yang bisa Anda coba. Memang terasa berat di awal karena mesti bekerja diluar keahlian, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal tersebut.

Baca Juga : Tips Melamar Kerja di Perusahaan Agar Diterima dan Terhindar dari Kata Ditolak

Cara efektif melamar pekerjaan di luar keahlian ini juga dapat dicoba bagi para lulusan baru yang notabene masih minim skill. Jadi jangan merasa rendah diri dulu jika keadaan memaksa Anda untuk memutar haluan. Nah, berikut ini beberapa cara efektif melamar kerja yang tidak sesuai dengan keahlian.

Cara Efektif Melamar Pekerjaan Diluar Keahlian

1. Benahi Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup

Belum memiliki pengalaman di bidang pekerjaan yang hendak Anda lamar, bukan berarti minim peluang diterima. Setidaknya daftar riwayat hidup yang Anda buat sudah menarik. Jangan asal-asalan dalam membuat surat lamaran dan CV.

Keduanya merupakan amunisi agar dapat memenangkan hati pihak HRD. Jadi, cek lagi bagaimana cara Anda menulis surat lamaran serta membuat daftar riwayat hidup. Anda pun bisa menyebutkan kemampuan yang paling berdekatan dengan bidang pekerjaan tersebut untuk menambah daya tarik HRD.

Baca Juga : Tips Langkah-langkah Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Efektif

2. Berikan Contoh Keberhasilan

Berikan contoh keberhasilan yang pernah Anda raih sebelumnya. Jika Anda adalah lulusan baru, cobalah torehkan pengalaman berorganisasi selama pendidikan atau ketika magang. Tidak semua perusahaan mengharuskan pelamarnya memiliki pengalaman di bidang yang sama.

Beberapa bahkan ada yang menilai dari organisasi apa yang pernah pelamar ikuti. Torehkan keberhasilan yang pernah Anda raih. Meskipun bukan di bidang yang sama, setidaknya hal ini akan meraih perhatian pewawancara dan menjadi nilai plus Anda.

3. Tunjukan Soft Skill

Tidak hanya hard skill saja yang harus ditunjukkan ketika wawancara. Pewawancara terkadang lebih tertarik melirik soft skill yang dimiliki pelamar. Soft skill terkadang dilirik sebab perusahaan menilai kemauan belajar pelamar lebih utama dibandingkan kemampuan utamanya.

Jadi ketika wawancara, cobalah tunjukkan apa saja saja soft skill Anda. Misalnya bagaimana Anda berinteraksi dengan sesama karyawan, kemampuan dalam mencari solusi apabila ada masalah di pekerjaan, kemauan dalam belajar, dll. Cobalah sebagai pendukung cara efektif melamar pekerjaan.

4. Lirik Pekerjaan yang Menerima Semua Jurusan

Memang tidak semua posisi pekerjaan yang didapatkan sesuai dengan bidang keahlian. Fakta baiknya, sejumlah perusahaan justru membuka lowongan kerja tanpa melihat embel-embel jurusan tertentu. Cobalah melamar di bidang yang tidak memperhatikan latar belakang jurusan pendidikan.

Di pekerjaan tersebut, potensi Anda diterima tentu lebih besar dibanding pekerjaan yang menjatuhkan kriteria jurusan tertentu. Biasanya lowongan customer service, admin, bahkan sales marketing bisa menerima semua jurusan pendidikan.

5. Coba Rekomendasi Orang Terdekat

Rekomendasi orang terdekat juga begitu berpengaruh dalam melamar pekerjaan. Hal ini sudah menjadi rahasia umum dalam dunia kerja. Bukan berarti mencoba hal tersebut sama seperti nepotisme dan membuat cara efektif melamar pekerjaan menjadi tidak terpakai sama sekali.

Sebab, Anda tetap berusaha melamar dan interview seperti orang lain. Hanya saja dalam mendapatkan informasi pekerjaan tersebut melalui jalur kenalan di perusahaan yang bersangkutan. Tidak ada salahnya mencoba hal demikian. Berhasil atau tidaknya toh akan kembali lagi pada bagaimana Anda mengeksekusinya.

6. Hindari Bicara Terlalu Banyak

Baik sedang melamar pekerjaan di bidang yang Anda kuasai maupun bukan, tetap jaga adab dalam berbicara. Saat wawancara hindari terlalu banyak berbicara. Hal ini tidak akan membuat Anda tampak pintar dihadapan pewawancara.

Justru terlalu banyak bicara akan membuat citra pelamar tampak buruk. Meskipun terlihat remeh, namun ini merupakan salah satu cara efektif melamar pekerjaan yang mesti Anda lakukan. Makin banyak bicara juga akan membuat ketidaktahuan Anda dalam bidang yang dilamar semakin terlihat.

7. Hindari Kata “Belum” Dalam Menjawab Wawancara

Ketika wawancara dan dihadapkan dengan pertanyaan “pernah/belum”, jangan terburu-buru menjawab “belum” meskipun itu adalah jawabah yang sebenarnya. Sebab jawaban tersebut hanya akan menghentikan percakapan Anda dan pewawancara.

Lebih baik jika Anda menjawabnya dengan pengalaman yang masih cukup berkaitan dengan bidang tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu cara efektif melamar pekerjaan di berbagai situasi. Setidaknya dengan jawaban tersebut Anda dapat menunjukkan kemampuan menangani masalah pada situasi yang hampir mirip.

Baca Juga : 9 Tips Mengikuti Wawancara Kerja Dengan Baik Agar Sukses Bisa Diterima

8. Catat Segala Keahlian Yang Dimiliki

Coba ingat-ingat dan catat apa saja pengalaman dan keahlian yang Anda miliki. Hal ini mesti anda ingat baik-baik sebagai cara efektif melamar pekerjaan. Catat di selembar kertas dan jangan batasi diri hanya pada jabatan tertentu di kantor. Sebab, peluang bekerja sebenarnya bisa datang dari arah manapun.

Cocokkan kemampuan dan pengalaman yang anda miliki dengan bidang pekerjaan yang hendak dilamar. Meskipun tidak sama, setidaknya masih ada keterkaitan. Gunakan segala kemampuan yang dimiliki sebagai bekal yang menjual di hadapan pewawancara.

9. Siapkan Wawancara Sebaik Mungkin

Wawancara memang menjadi tahap krusial dalam meraih pekerjaan. Agar peluang diterima lebih besar meskipun diluar bidang yang dikuasai, persiapkanlah segalanya sebaik mungkin. Mulai dari surat lamaran, CV, pengetahuan, hingga mental.

Cobalah cari tahu dulu mengenai perusahaan yang akan dituju. Kenali pula bagaimana cara kerja posisi yang hendak ditempati secara detail. Hal ini akan membantu Anda ketika interview. Jawablah dengan mantap dan gunakan pengalaman-pengalaman yang dimiliki untuk semakin meyakinkan pewawancara.

10. Rela Berakit-rakit Ke Hulu

Pindah haluan bekerja di bidang yang tidak sesuai keahlian memang membutuhkan perjuangan yang lebih besar. Anda mesti menekan gengsi karena bidang yang dituju tergolong baru. Maka dari itu jangan malu untuk belajar dan memulai segalanya dari bawah.

Jika Anda rela memulai semuanya dari bawah, maka hal ini sudah cukup menunjukkan sifat kooperatif dan selalu ingin belajar. Dampak untuk kedepannya pun sangat baik bagi Anda.

Baca Juga : Cara Melamar Kerja Agar HRD Atau Pimpinan Perusahaan Terkesan Dengan Kamu

11. Jangan Lupa Berdoa

Yang terakhir sebagai cara efektif melamar pekerjaan, jangan lupa berdoa. Sekeras apapun berusaha jangan lupakan bahwa diterima atau tidaknya Anda adalah atas kuasa Tuhan. Sebelum menyerahkan berkas lamaran, saat wawancara, hingga mulai bekerja, jangan sampai lupa berdoa agar hati semakin tenang.

Hal-hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Bagi Anda yang termasuk lulusan baru, tentu masih bingung apa saja hal yang harus disiapkan sebelum melamar pekerjaan selain surat lamaran dan CV. Hal ini juga perlu diperhatikan sebagai bagian dari cara efektif melamar pekerjaan.

1. KTP

Pastikan Anda sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk. KTP merupakan dokumen penting yang wajib disiapkan. Ketika seleksi berkas, pihak HRD akan menggunakan KTP sebagai tanda pengenal yang sah. Selain itu dokumen ini juga digunakan untuk memastikan kecocokan dengan CV.

2. Ijazah dan Transkrip Nilai

Jangan lupa untuk selalu menyetok foto kopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Jika Anda lulusan S1, cukup sertakan ijazah dan transkrip dua pendidikan terakhir. Jika lulusan SMA/SMK, lampirkan ijazah beserta hasil raport terakhitr.

3. Sertifikat Pendukung

Selain dokumen pendidikan formal, jangan lupakan sertifikat pendukung. Misalnya piagam TOEFL, IELTS, atau sertifikat prestasi lainnya. HRD akan lebih melirik surat lamaran yang menyertakan sertifikat pendukung.

4. Pas Foto

Lampirkan pula pas foto sebagai pelengkap dokumen melamar pekerjaan. Anda bisa melampirkan pas foto ukuran 2×3, 3×4, hingga 4×6. Jangan lupa kenakan busana yang formal ketika pengambilan foto.

5. SKCK

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian juga wajib disertakan. Terlebih jika hendak memburu posisi di instansi pemerintahan, SKCK adalah dokumen wajib. Jika sudah memiliki SKCK, perhatikan masa berlakunya dan segera perpanjang jika sudah kadaluarsa.

Baca Juga : Apakah Bisa Melamar Kerja Tanpa Lowongan? Berikut Tipsnya Wajib Kamu Simak

 Jadi jangan terburu berkecil hati jika ada kesempatan bekerja di luar keahlian. Asalkan berniat kuat dan tahu bagaimana cara efektif melamar pekerjaan, maka hal tersebut bukanlah angan-angan lagi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.