Tips Langkah-langkah Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Efektif

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan 1

Info Menarik – Surat lamaran kerja merupakan faktor penting dalam perekrutan karyawan. Maka dari itu pelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang efektif. Sebab kebanyakan orang justru menuliskan ulang informasi pribadinya di surat lamaran. Padahal informasi tersebut sudah tercantum di daftar riwayat hidup.

Baca Juga : Bagaimana Cara Melamar Kerja Agar Cepat Mendapat Panggilan Diterima Bekerja

Alhasil jika demikian, staff HRD justru tidak berminat lagi melirik CV yang Anda kirimkan. Surat lamaran pekerjaan juga bisa menjadi representasi bagaimana karakter Anda. Tak jarang pihak HRD pun lebih tertarik membaca surat lamaran hasil tulisan tangan. Agar lamaran pekerjaan efektif, simak cara membuat surat lamaran pekerjaan berikut ini.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Efektif

1. Gunakan Tata Bahasa Yang Benar

Baik diketik atau tulis tangan, pastikan bahasa yang Anda gunakan dalam menulis surat lamaran adalah baku. Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan.

Jangan gunakan frasa percakapan sehari-hari dan hindari menyingkat kata. Sampaikan maksud dan tujuan melamar secara singkat dan jelas. Hindari gaya bahasa yang penuh majas karena akan terkesan berbelit-belit.

2. Baca Baik-baik Persyaratan Lowongan

Agar lamaran yang Anda tujukan efektif, baca dan pahami baik-baik persyaratan lowongan terlebih dahulu. Jangan asal mengirim lamaran. Hal ini hanya akan menyulitkan diri sendiri.

Selain itu jika pelamar tahu apa saja persyaratan dan ketentuan lowongan secara baik, maka nilai plus juga akan didapatkan. Perekrut pun akan menilai Anda sebagai pribadi yang teliti.

3. Perhatikan Tampilan Surat Lamaran Kerja

Cara membuat surat lamaran pekerjaan selanjutnya adalah dengan memperhatikan detail tampilan surat lamaran kerja. Jangan terlalu panjang atau pendek dalam menulis surat lamaran. Hindari menulis lebih dari satu halaman. Jika diketik, gunakan spasi satu dengan format rata kanan-kiri.

Baca Juga : Tips Melamar Kerja di Perusahaan Agar Diterima dan Terhindar dari Kata Ditolak

Idealnya gunakan font umum seperti Arial atau Times New Roman dengan ukuran 10-11 font. Hindari memilih font yang aneh-aneh karena akan mengurangi sisi profesionalisme Anda.

4. Tulis Tujuan Surat Lamaran Secara Jelas

Jangan sampai surat lamaran pekerjaan yang Anda tulis dinilai sebagai ‘surat kaleng’. Hal tersebut bisa saja terjadi jika penerima surat dan maksudnya tidak jelas ditulis. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar sudah meriset perusahaan yang dituju dengan baik.

Cara dengan tidak hanya menyertakan nama perusahaan namun tuliskan pula alamatnya. Sertakan alasan Anda melamar di posisi yang dimaksud dan darimana informasi lowongan pekerjaan diterima. Bubuhkan hal tersebut di awal paragraf agar lamaran tidak terkesan bertele-tele.

5. Hindari Menggunakan Kata “Saya” Terlalu Banyak

Dalam cara membuat surat lamaran pekerjaan yang efektif, kata “saya” sebaiknya jangan terlalu sering digunakan. Meskipun “saya” merupakan bentuk kata formal, namun dalam sisi psikologis terkesan individualis. Boleh menggunakan kata tersebut namun sebaiknya dibatasi.

Jika terlalu banyak menggunakan kata “saya”, maka terkesan Anda hanya menginginkan sesuatu dari perusahaan tanpa memberi apapun. Alternatifnya, ubah fokus kalimat menjadi apa saja yang diperoleh perusahaan jika mempekerjakan Anda.

6. Jangan Menulis Ulang Informasi di CV

Cara membuat surat lamaran pekerjaan selanjutnya adalah dengan tidak menulis ulang informasi di CV. Perlu Anda ingat selalu bahwa CV merupakan daftar riwayat hidup yang isinya adalah data diri pelamar pekerjaan secara lengkap. Informasi di CV dapat dicek kebenarannya dengan verifikasi langsung.

Surat lamaran kerja berisi komunikasi pelamar dengan penyedia lowongan. Maka dari itu tulislah dalam surat lamaran alasan ingin bergabung, apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan, hingga karakter diri. Bisa dikatakan surat lamaran merupakan sarana Anda ‘menjual diri’ secara halus di depan HRD.

Baca Juga : Cara Melamar Kerja Agar HRD Atau Pimpinan Perusahaan Terkesan Dengan Kamu

7. Tuliskan Rasa Antusias

Calon karyawan yang loyal serta antusias terhadap pekerjaannya adalah yang dicari oleh sebuah perusahaan. Maka dari itu jangan lupa tuliskan rasa antusias Anda terhadap pekerjaan yang dibidik. Gunakan frasa yang menggambarkan bahwa Anda begitu tertarik dengan posisi tersebut.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.